TEMPAT WISATA DI LOMBOK SELAIN PANTAI

Sebagai propinsi yang terletak di timur Indonesia, Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang memukau. Namun jika kamu merasa bosan dan ingin mencoba tempat wisata di Lombok selain pantai, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti perbukitan, trekking, berkunjung ke desa wisata, atau sekedar menikmati suasana desa dengan ada budaya lokal.

Tempat wisata di Lombok selain pantai

AIK NYET SESAOT

Saya mengunjugi tempat wisata ini sekitar tahun 2015 diantar teman saya yang orang Lombok asli. Saat itu masih belum terlalu ramai. Saya perhatikan hampir semua pengunjungnya adalah masyarakat lokal. Air Nyek Sesaot adalah pemandian air yang lokasinya berada di area hutan yang sejuk. Lokasinya berada di Lombok Barat. Saat itu saya hanya berkeliling karena memang airnya cukup dingin.

aik nyot sesaot lombok


BUKIT MERESE

Bukit Merese ini lokasinya berdekatan dengan Pantai sekitar Tanjung Aan. Kamu bisa menikmati hamparan padang sabana yang hijau saat musim hujan dengan view pantai. Kamu juga bisa berfoto dengan beberapa ekor sapi atau domba milik warga yang sedang digembala di sekitar bukit ini.

bukit merese


BUKIT SELONG

Bukit Selong terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur. Di bukit ini pengunjung dapat menikmati hamparan sawah warga desa yang berwarna-warni. Kamu bisa mengunjunginya sepanjang hari. Saya mengunjunginya waktu itu sore hari. Udaranya sangat segar. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Rinjani yang hijau. Dulu waktu saya ke tempat ini masih belum ada spot photo. Sekarang sudah disediakan beberapa spot photo yang ciamik buat berswaphoto.

bukit selong lombok


DANAU SEGARA ANAK

Jika kamu suka dengan wisata air namun bukan pantai, Danau Segara Anak menjadi salah satu pilihannya. Danau Segara Anak berada di kawasan Gunung Rinjani. Sehingga kamu harus melakukan trekking dan menginap untuk menikmati keindahannya. Dari danau ini kita bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani yang sangat indah.

Wisatawan bisa melakukan kemping di dekat danau ini dan memancing ikan di sekitar danau ini. Pagi atau sorenya kamu juga bisa menikmati sunrise atau sunset dari depan tenda ini. Indah sekali.

DESA BAYAN

Desa bayan terkenal dengan kekentalan adat budayanya, salah satunya terkait dengan pelestarian hutan sebagai sumber kehidupan masyarakat di desa ini. Sehingga terdapat hutan adat yang dikelola oleh masyarakat di Desa Bayan ini, lengkap dengan peraturannya. Hutan adat ini memiliki fungsi sosial, ekologi dan ekonomi yang menjamin keberlangsungan hidup masyarakat Desa Adat Bayan.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan wisata di desa yang terletak di Lombok Utara ini diantaranya menikmati pemandian alam, mengenal adat budaya setempat tentang budaya sejarah Islam di Lombok, menikmati sajian kuliner, menikmati kesenian setempat, serta membeli kerajinan asli masyarakat Desa Adat Bayan sebagai cindera mata.

DESA SASAK SADE

Desa Adat Sasak Sade ini berada di Lombok Tengah tepatnya. Desa adat yang terkenal dengan kainnya, masih memegang adat budaya yang sangat kental. Bangunan rumah juga masih menggambarkan rumah adat Suku Sasak asli. Salah satu khas dari desa adat ini adalah kainnya, dimana kain khas Sade menjadi salah satu suvenir bagi para wisatawan. Pengunjung bisa belajar menenun dengan ibu-ibu di desa wisata ini.

desa sasak sade


DESA WISATA SUKARARA

Desa Wisata Sukarara adalah destinasi wisata yang berada di Lombok Tengah. Desa wisata ini terkenal dengan kain tenun dan songketnya. Dimana kain ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Harganya pun tidak main-main. Sehingga sebagian masyarakat di desa wisata ini hidup sebagai penenun sebagai mata pencaharian utamanya. Pengunjung juga bisa belajar menenun dengan masyarakat lokal di sana.

GOA PRABU BANGKANG

Dikenal juga sebutan Goa Gale-gale, dan goa yang berusia ratusan tahun ini, hanya boleh mengunjungi goa ini sebelum matahari terbenam. Tempat wisata yang berada di Lombok Tengah ini, menawarkan atraksi wisata melihat kelelawar dengan sinar matahari alami. Namun tetap wajib ditemani penduduk lokal agar tidak tersasar. Dulu masuk ke tempat ini masih 10 ribu saja.

DESA WISATA ENDE

Buat kamu yang suka dengan adat budaya, tepat sekali mengunjungi tempat wisata Suku Ende. Suku ini merupakan suku adat yang masih mempunyai budaya asli yaitu Suku Sasak. Di desa wisata ini, bangunan rumah asli suku Sasak masih berdiri kokoh dan berbagai adat dan ritual masih rutin dijalankan.

GUNUNG RINJANI

Pesona wisata di Lombok lainnya adalah Gunung Rinjani. Tentu saja ini cocok untuk kamu yang senang dengan mendaki atau trekking. Butuh waktu sekitar 3-5 hari untuk mencapai gunung yang masuk dalam Seven Summit Indonesia ini. Mau mencoba mendaki gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini? Jangan lupa persiapkan fisik dan mental kamu.

gunung rinjani


GUNUNG PERGASINGAN

Berbeda degan Gunung Rinjani, Gunung Pergasingan tidak setinggi Rinjani yaitu sekitar 1.670 mdpl dan hanya butuh waktu 2-3 jam saja untuk mencapai puncaknya. Kamu bisa naik turun gunung ini dalam sehari. Tapi jika kamu ingin menikmati suasana malam dan menyaksikan sunrise atau sunset dengan pemandangan Gunung Rinjani kamu bisa berkemah di puncak gunung ini.

bukit pergasingan


TAMAN WISATA PUSUK SEMBALUN

Taman wisata ini berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl. Lokasinya berada di Lombok Timur. Dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang sangat indah. Terdapat gardu pandang untuk berfoto di taman wisata yang banya binatang monyetnya ini. Karena suhunya lumayan dingin jangan lupa perhatikan soal pakaian saat berkunjung ke taman wisata yang instagramable ini.

Itu dia beberapa tempat wisata di Lombok selain pantai. Apakah kamu sudah mengunjungi semuanya? Atau baru beberapa saja? Yuk sharing di kolom komentar.

6 Comment

  1. Wajar banget Lombok itu sampe ada judul lagunya: Lombok I Love You...sayang aku blum pernah ke sana. Wishlist ini..apalagi naik Rinjani ituuuu 😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Lombok syurgaa banget ya . Selain pantai ternyata banyak tempat lain yg menarik . Next smoga bisa trip dan explore Lombok lg

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen ke Lombok lagi, Mei makasih referensinya yaa.. aku pengen icip sate Rembigenya lagi kl berkesempatan ke lombok

    ReplyDelete
  4. Kebanyakan tuh kalo dengar Lombok pasti ingat pantainya yang indah. Padahal ya ada keindahan desa yang masih asri dengan kearifan penduduk lokal dan bukitnya jg banyk ya. Nambah referensi utk liburan

    ReplyDelete
  5. Saya bakalan diajak sama kakak ipar kalau misalnya ke Lombok. Bakalan kukasih lihat ini tujuan wisatanya.

    ReplyDelete
  6. Destinasi wisata Lombok memang banyak banget ya, pantai memang paling di suka tapi pesona Bukit ga kalah juga ya, aku sendiri belum pernah explore Lombok nih, makasih ulasannya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.