TIPS MENGUSIR RASA BOSAN SAAT DI PESAWAT

Perjalanan panjang dengan kendaraan itu sangat membosankan. Tidak hanya moda darat ataupun laut, menggunakan moda udara juga sama. Apalagi perjalanan udara tidak bisa berhenti selayaknya kendaraan di darat. Belum lagi memakan waktu perjalanan yang cukup lama sampai belasan atau puluhan jam, sangat melelahkan dan membosankan.

tips mengusir rasa bosan saat di pesawat


Saya ada sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi untuk dapat mengusir rasa bosan saat di pesawat. Terutama perjalanan jarak jauh. Apa saja? ini dia tips mengusir rasa bosan saat di pesawat ala meimoodaema.

BERMAIN GAMES

Salah satu cara mengusir rasa bosan di perjalanan panjang naik pesawat adalah dengan bermain games. Tapi ingat sesuai aturan, HP kamunya dalam posisi fly mode ya. Kamu bisa mengunduh banyak permainan sebelum kamu naik pesawat. Atau untuk beberapa pesawat saat ini sudah menyediakan fasilitas wifi, jika ya kamu bisa memanfaatkannya untuk bermain games online.

MEMBACA

Mungkin tidak semua orang merasa nyaman membaca di pesawat. Tapi saya suka, kaki di atas kursi dengan selimut hangat (ingat kalau mau melakukan ini izin dulu sama penumpang sebelah kamu ya dan aroma kaki kamu juga wajib aman), telinga mendengarkan musik favorit kita, sambil membaca, dan sesekali mata saya pasti akan melihat awan, itu sangat menyenangkan guys.

Cobain deh. Jadi jangan lupa bawa buku favorit kamu. Atau kamu bisa membacanya atau mengunduhnya melalui e-book.

Atau kamu juga bisa membaca majalah yang biasanya sudah tersedia di kursi penumpang. Biasanya banyak informasi penting dan menarik tentang maskapai, destinasi wisata, merchandise, kuliner, budaya, jadwal penerbangan, atau lainnya.

MENONTON

Cara terakhir yang saya lakukan untuk membuat nyaman di pesawat dengan menonton. Tapi saya lakukan setelah tidur, ketika saya terbangun dan sulit tidur lagi sesekali saya menonton. Tapi ini jarang sekali saya lakukan. Karena saya tidak begitu suka menonton di ketinggian.

MENGOBROL

Cara lain untuk mengusir kebosanan saat dalam pesawat adalah dengan mengobrol dengan teman perjalanan kamu. Jika kamu sendirian, boleh kok kamu menyapa penumpang yang duduk di sebelah kamu. Ajak mereka berkenalan. 

Tapi dengan etika yang baik ya. Kalau dia welcome saat kamu menyapa pertama kalinya, kamu bisa meneruskan obrolan kamu agar tidak bosan. Tapi kalau kesannya cuek, atau malas-malasan menjawab, stop it, maybe she or he feeling annoyed.

TIDUR

Salah satu cara saya mengusir kebosanan di pesawat untuk perjalanan panjang adalah dengan tidur. Pastikan tidur kamu tidak mengeluarkan suara yang dapat menganggu orang lain ya. Dan pastinya posisi tidur kamu juga tidak membuat orang lain tidak nyaman.

MEMESAN KURSI DEKAT JENDELA

Setiap kali membeli tiket penerbangan, saya akan selalu memesan tempat duduk dekat jendela. Alasannya karena dengan duduk di jendela kita bisa melihat pemandangan di luar sana.

Melihat awan putih, langit biru atau matahari bersinar, apalagi kalau pas sunrise atau sunset, wuih cakep banget. Ini ampuh banget buat mengusir rasa bosan kamu, ketika lama-lama duduk di pesawat.

MENGUNYAH PERMEN KARET

Kalau di atas pesawat kamu sering berdenging telinganya, kamu bisa mengatasinya dengan minum air mineral dan mengunyah permen karet. Perlahan nanti telinganya nyaman lagi. Tapi ingat permen karetnya jangan ditiup ya, cukup dikunyah saja hehehe dan jangan buang sembarangan.

Eits, selain ampuh mengatasi telinga berdenging, permen karet juga memberi efek positif terhadap otak kamu yang mampu mengusir rasa bosan kamu loh ketika perjalanan jarak jauh di pesawat. Penasaran? cobain deh.

MAKAN ATAU MINUM

Makan dan minum bisa juga menjadi salah satu cara mengusir kebosanan saat kamu berlama-lama di pesawat. Jadi jangan lupa pesan makanan favoritmu sebelumnya ke pihak penerbangan. Atau kamu bisa membeli makanan atau minuman favorit kamu di lounge. Pastinya kamu membawanya masuk ke pesawat atas seizin petugas ya.

MENGELILINGI KABIN

Eits bukan berjalan berkeliling sampai ke baling-baling pesawat ya hehehe. Tapi area dalamnya. Nah kalau perjalanan panjang, boleh kamu sesekali beranjaklah dari kursimu. Kamu bisa berjalan ke lorong pesawat dan pulangnya mengambil lorong lain. Biasanya pesawat luar negeri, kursi duduknya akan ada tiga baris. Agar kaki kamu tidak bosan karena duduk terus. Misalkan ke toilet.

Melihat para penumpang lain beraktivitas, sepengalaman saya, cukup membantu mengusir rasa bosan kamu loh.

BERIBADAH

Nah buat sahabat muslim, selain tips di atas kamu juga bisa melakukan ini. Kamu bisa membaca doa-doa atau membaca ayat suci Al-quran. Untuk yang beragama lain juga bisa banget membaca kitab sucinya. Selain ibadah, kamu juga mendapat pahala dan makin dekat dengan Tuhan.  Rasa bosan di pesawatpun akan hilang diganti dengan perasaan bahagia dan tenang.

Itu dia tips mengusir rasa bosan saat di pesawat ala meimoodaema, terutama perjalanan jarak jauh. Semuanya sudah saya lakukan dan cukup ampuh mengusir rasa bosan saat menghabiskan waktu perjalanan.

Kamu mempunyai pengalaman atau tips lainnya untuk mengusir rasa bosan selama perjalananmu naik pesawat, yuk share di kolom komentar.

18 Comment

  1. Kayaknya yanh makan minum itu aku banget deh sama tidur. Hehehhe

    Tapi sesuai pengalaman naik pesawat, krn sy takut, yg ada hanya tegang sambil istighfar mulu. Hehehhe

    ReplyDelete
  2. aku paling suka duduk deket jendela karena anti bosan liat oemandangan hehe
    tapi kalo flight lumayan lama yaa rata-rata poin di atas akan jadi solusi yang mujarab hehe 😁

    ReplyDelete
  3. Duduk di dekat jendela pesawat lalu memotret pemandangan lain. Jangan lupa smartphonenya mode pesawat. Kalau gak dapet tempat duduk di situ, ya tidur adalah jalan ninjaku mengusir kebosanan.

    ReplyDelete
  4. Paling seru sih tidur :D tahu-tahu sudah sampai tujuan.

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sih dengan cara tidur,, tidur dari awal take off sampai mau landing baru bangun.... tapi sayang banget ga bisa liat pemandangan dibawah pas terbang jadinya😅

    ReplyDelete
  6. Saya biasanya baca mba biar ga bosen di kabin, yg repot kalau bawa anak, mereka gampang banget bosan, udah nonton, udah bawa mainan tetep aja bosen akhirnya saya bawa jalan jalan di kabin, ngalor ngidul kayak setrika 🙈

    ReplyDelete
  7. Aku kalau bosen kadnag juga baca majalah yang disediakan di pesawat, atau dengerin lagu sambil merem gitu. Ngga pernah yang jaun sih paling perjalanan cuma 2-3 jam aja. Mayan lah ga bete amat.

    ReplyDelete
  8. Saya tipe orang yang memilih tidur jika sedang bosan dalam kendaraan. Kalau tidak ngantuk, paling milih makan camilan favorit. Wis, nyantai banget

    ReplyDelete
  9. Kalau main Hp atau baca buku di pesawat buat pusing ndak kak?
    Eh apa tergantung ding. Aku sendiri belum merasakan naik pesawat. hehe

    ReplyDelete
  10. intinya mah harus pesan kursi di dekat jendela, karena bisa lihat pemandangan hehe

    ReplyDelete
  11. Makan, minum sambil ngobroh trus buka majalah is the best

    ReplyDelete
  12. Kalau aku biasanya makan, minum, tidur, ato nonton film hehehe...

    ReplyDelete
  13. Saya tidur atau ngobrol muluuu kalau di pesawat. Enggak kepikiran kegiatan lain sih, wkwkwk. Thanks for sharing kakak~

    ReplyDelete
  14. Tips yang mungkin akan Teddy terapkan jika nanti Allah berikan kesempatan untuk menaiki pesawat.

    Mungkin Teddy akan Coba main Game, membaca dan Tidur sih.

    Terima Kasih Kak

    ReplyDelete
  15. Aku biasanya tidur mba hehe, atau kalo misal dapet seat deket jendela aku liatin awan2 sambil aku fotoin+

    ReplyDelete
  16. saya belum pernah naik pesawat sih, tapi kayaknya baca buku di pesawat asyik tuh, nyaman banget kayaknya ya hehe...

    ReplyDelete
  17. Waah ternyata ada beragam kegiatan yg bisa dilakukan ketika di pesawat, makasih tipsnya yaa kak. Jadi rekomendasi mengusir rasa bosan 🥰

    ReplyDelete
  18. Belum pernah naik pesawat, jadi ngga ada pengalaman. Tapi artikelnya bermanfaat mba untuk temen temen yang sering naik pesawat. Terima kasih

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.