HAL-HAL YANG SERING TERLEWATKAN SAAT TRAVELING

Sebelum rajin solo traveling, saya sering bepergian dengan teman-teman secara berkelompok. Hasil dari traveling bareng mereka, banyak yang saya pelajari. Misalnya berkaitan dengan kelamatan, kebersihan, keamanan, atau hal lainnya. 

Nah, saya mau sharing apa saja hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu traveling. Saya bercerita semuanya berdasarkan pengalaman saya dan semoga bermanfaat. Lalu apa saja hal-hal yang sering terlewatkan saat traveling? Yuk dilanjut.

hal-hal terlewatkan saat traveling

1. MEMBAWA SALINAN DOKUMEN

Dokumen itu banyak ya. Identitas diri, tiket pesawat atau kereta, tiket hotel, paspor atau visa, sampai dengan foto diri atau tiket-tiket masuk ke tempat destinasi wisata juga termasuk. Biasakan kamu punya salinan dokumen tersebut. We never know what will happen on our trip. Entah dokumen hilang, kena air, rusak, atau jika di HP baterainya habis dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi itu selalu buat salinan dokumen hardnya ya. Jika dokumen asli hilang kamu masih punya backup fotocopiannya. Kedua, kamu simpan di internet, misalnya di email, google drive, atau di HP kamu. Sehingga jika dokumen hilang kamu masih ada salinannya.

2. BERANGKAT LEBIH AWAL KE BANDARA ATAU STASIUN

Pengalaman saya yang suka mepet-mepet, banyak hal yang kurang menyenangkan. Meskipun saya tidak pernah dan jangan sampai ya, ketinggalan pesawat atau kereta. Pasti itu nyesek banget. Kita tidak tahu perjalanan akan seperti apa, jadi berangkatlah lebih awal. Spare 1-2 jam untuk hal-hal yang tidak terduga.

3. JADWAL KEBERANGKATAN

Lagi-lagi saya belajar dari pengalaman, pastikan jadwal keberangkatan kamu ya. Jangan sampai kelewat. Saya keliru melihat tanggal, ternyata jadwal saya masih beberapa hari berikutnya. Saya main nyelonong aja ke bandara. Untuk ini lebih awal ya, bukan kelewat. Jadi pastikan jadwal keberangkatanmu sudah sesuai ya.

4. BAWA BOTOL MINUM

Di beberapa negara seperti Singapore, Kolombia, New Zealand, Swiss dan beberapa negara lainnya menyedian air minum gratis di tempat umum. Termasuk Nepal, jika kamu melakukan pendakian ke gunung-gunung di Nepal, bawa botol air minum snediri ya. Karena sepanjang trekking, warung tidak menjual air minum kemasan plastik.

tumbler traveling


Pastinya hal ini membantu mengurangi sampah plastik. Jadi jangan lupa cari informasi tentang ini sebelum kamu mengunjungi negara tujuan. Jika negara tujuan traveling kamu, menyediakan jangan lupa bawa botol air minum ya untuk menekan budget traveling kamu juga loh. Selain itu kamu juga berkontribusi mengurangi sampah plastik.

5. BAWA COLOKAN/ADAPTOR CHARGER

Salah satu tips traveling yang sering terlewatkan oleh banyak traveler terutama keluar negeri adalah membawa colokan atau adaptor charger. Setiap negara mempunyai standar colokan atau adaptor atau tempat charger yang berbeda-beda.

Nah kamu enggak mau dokumentasi hilang semua hanya karena HP atau kamera kamu habis baterai dan ga bisa dicharge gara-gara colokannya ga cocok kan? Jadi siapkan ini sebelum kamu traveling ya.

6. ALAT IBADAH

Buat kamu yang muslimah, ini penting banget. Saya punya pengalaman alat ibadah saya ketinggalan. Alhasil saya sholat dengan barang seadanya, untuk menutup aurat. Karena tidak semua tempat yang kita kunjungi ada mesjid. Jikapun ada belum tentu tersedia juga alat ibadanya.

Terlebih untuk kebersihan dan kesehatan, saya tidak pernah menggunakan barang yang menempel ke badan kita secara bersama-sama atau digunakan oleh umum, termasuk mukena. Jadi jangan lupa bawa alat ibadah sendiri.

7. MEMORI CARD

Buat kamu yang hobinya selfie atau berfoto, jangan lupa membawa cadangan kartu memori untuk kamera kamu. Daripada ribet kamu harus menghapus foto lama atau memindahkannya ke cloud atau gdrive. Atau bisa saja kamu mengosongkannya terlebih dahulu sebelum berangkat. Jangan lupa juga untuk membawa baterai cadangan kalau kamu membawa kamera ya. Tips traveling ini sering orang lewatkan.

8. MEMBAWA UANG CASH

Salah satu pengalaman saya adalah pergi ke suatu tempat saya tidak membawa uang cash yang cukup. Karena sewaktu mencari informasi, daerah tujuan tersedia ATM. JAdi saya memutuskan membawa uang secukupnya. Pada saat kesana ternyata rusak, alhasil kesulitan untuk mengambil uang.

So, lebih baik kelebihan daripada kurang kan. tapi pastikan kamu simpan di tempat yang aman ya uangnya dan jangan digabung di satu tempat. Misalnya di tas A, di kantong, di kaos kaki atau lainnya yang menurut kamu aman.

9. MENERIMA MAKANAN MINUMAN DARI ORANG ASING

Well, ini sangat penting juga ya. Jangan pernah menerima makanan atau minuman dari orang asing manapaun. Jika kamu merasa ga enak, kamu bawa saja makanan dan minumannya, bilang ke mereka akan kamu santap di hotel atau nanti. Tetap say thanks ya to them and smile.

Tapi kita tidak tahu makanan atau minuman tersebut dalam kondisi seperti apa. Apakah aman dikonsumsi atau tidak. Hal ini sering orang lewatkan. Apalagi negara kita ya banyaknya pemburu gratis alias diskon, senang-senang aja ada yang memberi makanan atau minuman gratis. Mulai hati-hati ya sekarang.

10. MEMPELAJARI DO's DAN DONT'S 

Salah satu hal yang sering para traveler lewatkan adalah mempelajari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tujuan wisata. Jadi mulai sekarang pelajari apa ya teman. Karena hal ini penting untuk persiapan, keamanan, dan kenyamanan kamu selama di tempat tujuan wisata. 

Nah itu dia hal-hal yang sering terlewatkan saat traveling oleh para traveler. Saya juga dulu sering mengalami seperti hal yang di atas. Semoga bermanfaat ya. Atau kamu mempunyai tips lainnya, silakan sharing di kolom komentar ya.

5 Comment

  1. Wkwk nomor satu 10 wajib banget itu kak pokoknya paling penting menurut aku, apalagi kalau tujuan nya itu ke tempat yang bener-bener berlawanan dengan kebiasaan kita sehari-hari

    ReplyDelete
  2. Menerima makanan atau minuman dari orang asing itu bahaya sih. Takutnya malah nanti jadi sasaran empuk kejahatan.

    ReplyDelete
  3. Semuanya memang penting banget untuk dibawa ya, apalagi charger dan uang cash gak kebayang rempongnya klo gak ada benda2 penting ini

    ReplyDelete
  4. Betul bangett prepare dokumen yg utama duh jadi keinget mak aq pernah ketinggalan tiket jrpass, preparenya sudah jauh harii gara2 ganti tas malah jd ketinggalan 😭😭 untung ada bantuan tmn sosmed yg sama2 ke jepang tinggal di jakarta.

    ReplyDelete
  5. Betul semua ini kak.
    Kayak bawa perlengkapan ibadah, kadang beberapa orang keasikan traveling jadi lupa juga kewajibannya.
    .
    Untuk gak sembarangan menerima makanan dan minuman dari orang lain itu masuk safety security bagi personal dan kelompok ya agar tetap waspada di segala sikon

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.