DAFTAR PASPOR TERKUAT DI DUNIA TAHUN 2022

Saat traveling ke negara lain, dokumen yang wajib dimiliki adalah paspor dan visa. Jenis visa ada yang berbayar ada yang gratis. Sepengalaman saya meskipun gratis, tetap wajib diajukan syarat administrasi saat pengecekan di imigrasi. Sementara paspor negara mana yang akan berpengaruh terhadap visa berbayar atau gratis. Lalu, negara mana sajakah sebagai pemegang paspor terkuat di dunia?

paspor terkuat di dunia


Kenapa ada istilah paspor terkuat di dunia, istilah ini digunakan dimana sebuah negara mempunyai akses lebih mudah untuk masuk ke negara lain. Bahkan saking kuatnya paspor negara tersebut, masuk ke negara lain cukup menggunakan paspor saja tanpa harus menggunakan visa.

Sebelum saya lanjut, saya ingin menjelaskan dahulu, beberapa faktor kenapa negara tersebut mendapatkan ranking negara pemegang paspor terkuat atau sebaliknya di dunia. 

Pertama, bisa jadi pamor negara tersebut sangat baik, meskipun tidak ada kerjasama (emang ada ya?). Sehingga negara lain memberikan privilage untuk masuk negaranya tanpa syarat alias free visa.

Kedua, adanya kerjasama bilateral (atau banyak negara), misalkan dalam bidang ekonomi, pendidikan, atau lainnya, sehingga memberikan keistimewaan untuk negara partnernya masuk tanpa menggunakan visa berbayar.

Well, kita akan membahas negara mana saja yang masuk dalam negara pemegang paspor terkuat di dunia tahun tahun 2022. Artikel ini saya kutip dari lamannya Henley & Partners yang mengambil dan mengolah data dari International Air Transport Authority (IATA). Data ini akan berbeda jika dibandingkan dengan hasil olah data miliknya Pasport Index.

Ini dia negara-negara prestise yang masuk dalam peringkat 10 negara dengan paspor terkuat di dunia versinya Henley & Partners.

PERINGKAT 1: JEPANG DAN SINGAPORE 

Wow sangat membanggakan. Mewakili Asia, Jepang dan Singapore menjadi negara pemegang paspor terkuat di dunia. Kedua negara ini mengantongi 192 akses masuk negara lain bebas visa. 

PERINGKAT 2: JERMAN DAN KOREA SELATAN

Peringkat kedua ditempati oleh Jerman dan Korea Selatan. Mereka bisa memasuki 190 negara di dunia dengan bebas visa. Patut bangga kedua negara ini, mereka tidak akan banyak mengalami kesulitan ketika berkunjung ke negara lain.

PERINGKAT 3: FINLANDIA, ITALY, LUXEMBOURG, SPANYOL

Dulu waktu kecil sering banget main monopoli, salah satu negara yang tertera di permainan klasik ini adalah Negara Luxembourg dan selalu harga sewa atau beli tanah dan rumah di negara ini mahal. Well, ternyata memang dalam dunia nyata juga masuk dalam negara pemegang paspor sakti. Artinya memang secara ekonomi atau hal lainnya negara ini sudah sangat kuat. 

Begitu pula dengan Finland, Italy, dan Spanyol. Sama dengan tahun lalu ke empat negara ini memegang 189 akses masuk ke negara lain dengan bebas visa.  

PERINGKAT 4: AUSTRIA, DENMARK, PRANCIS, BELANDA, SWEDIA

Peringkat ke-4 kembali diduduki oleh negara-negara Eropa yaitu Austria, Denmark, Prancis, Belanda, dan Swedia. Kelima negara ini mengantongi 188 akses memasuki negara lain bebas visa. Ada yang mau pindah ke salah satu negara ini? hehehe

PERINGKAT 5: IRLANDIA, PORTUGAL

Siapa yang bermimpi ke negara yang terkenal dengan sepakbolanya? Ternyata kedua negara ini mempunyai privilage yang luar biasa untuk memasuki negara lain. Kedua negara ini mempunyai 187 akses masuk ke negara lain free visa.

PERINGKAT 6: BELGIA, NEW ZEALAND, NORWEGIA, SWITZERLAND, AMERIKA SERIKAT, INGGRIS

Peringkat 6 diduduki oleh negara-negara di belahan benua Eropa dan juga Amerika. Ada negara impian saya yaitu New Zealand dan Switzerland. Keenam negara ini mengantongi 186 akses memasuki negara lain tanpa harus membayar visa. Soon bisa mengunjungi negara-negara ini dalam waktu dekat atau bahkan menetap lama di sana, sekolah atau bekerja. Aamiin.

PERINGKAT 7: AUSTRALIA, CANADA, CZECH REPUBLIC, YUNANI, MALTA

Siapa yang mau berkunjung ke negara ini, ada Yunani, salah satu negara yang ingin saya kunjungi, meskipun secara ekonomi mereka pernah mengalami keterpurukan, tapi ternyata masih masuk dalam negara pemegang paspor terkuat di dunia. Keenam negara ini mempunyai 185 akses memasuki negara lain tanpa visa.

PERINGKAT 8: HUNGARY, POLANDIA

Dua negara ini mempunyai kenangan tersendiri buat saya. Hungary adalah negara tujuan saya waktu pertukaran pelajar tentang tourism sebagai persiapan untuk Ph.D. dan ada senior master saya dari negara ini. Sementara Polandia mengingatkan saya pada Marie Curie, ilmuwan perempuan pertama di dunia pemenang Hadiah Nobel.

Saya membaca biografinya sewaktu saya SD. Perempuan ini memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan yang saya raih saat ini. Then kedua negara ini mempunyai 183 akses masuk ke negara-negara hebat di dunia tanpa harus menggunakan visa.

PERINGKAT 9: LITHUANIA, SLOVAKIA

Mungkin beberapa orang masih jarang mendengar kedua negara ini. Lithuania adalah negara cantik yang mempunyai tempat-tempat indah salah satunya adalah Vilnius yang sangat terkenal.  Negara yang berada di utara Eropa ini mempunya beragam sejarah dan budaya yang menarik serta terkenal dengan seniman-senimannya.

Sementara Slovakia adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan beribukota Bratislava ini, terkenal dengan pemandagan alamnya berupa gua-gua, dimana mereka memiliki lebih dari 6.000 gua.

Kedua negara ini mempunyai 183 akses memasuki negara lain di dunia.

PERINGKAT 10: ESTONIA, LATVIA, SLOVENIA 

Sama dengan peringkat 9, mungkin nama negara ini masih banyak yang asing bagi waga Indonesia. Tapi tidak untuk para traveler. Kenapa? Karena negara ini terkenal dengan keindahan bangunan dan kotanya. Estonia sendiri yang mempunyai 2 hari kemerdekaan, terkenal dengan museum ilmu pengetahuannya yaitu AHHA Science Center, sementara Latvia terkenal dengan Basilica of The Assumtion-nya yaitu bangunan gereja yang terkenal sangat megah.

Lain halnya dengan Slovenia, negara ini terkenal dengan keindahan alam dan kotanya. Salah satunya adalah Kranjska Gora yaitu tempat ski yang sangat cantik bahkan pernah digunakan sebagai FIS Alpine Ski World Cup. Ada juga Trizlav National Park yang sangat indah.

Kedua negara ini mengantongi 181 akses memasuki negara lain bebas visa. Wah keren ya.

Beruntung banget ya negara-negara ini dapat mengunjungi banyak negara tanpa harus membayar visa. Selain bisa menekan budget traveling, juga pastinya bakal lancar banget melewati imigrasi. Ga perlu kena interogasi panjang.

Itu dia 10 peringkat negara pemegang paspor terkuat di dunia tahun 2022 berdasarkan index dari Henley & Partners. By The way, kamu pasti penasaran kan Indonesia ada di posisi berapa, tunggu ya, saya bahas di artikel berikutnya.

SUMBER:

https://www.henleyglobal.com/

39 Comment

  1. Punya paspor yang kuat itu pertanda warga negaranya punya perilaku yang bisa dipercaya oleh bangsa lain ya.

    Pantes lah kalau Jepang dan Singapura menyandang predikat paspor terkuat itu. Mereka memang sip.

    ReplyDelete
  2. Rata-data didominasi negara Eropa ya. Dan diperingkat ke 10 itu adalah negara-negara dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik terbaik di dunia. Waktu dulu sempat mau belajar ke Latvia dan Estonia, tapi keburu pandemi. Batal deh perjalanan dari kantor :)

    ReplyDelete
  3. So glad Jepang jadi nomor 1 bareng Singapura. Memang paspor mereka kuat banget, orang Jepang mudah masuk kemanapun karena memang sistem mereka aman dan warganya disiplin.

    ReplyDelete
  4. Katanya kalau negara yg dapat keistimewaan bisa visa on board juga, eehh gak tau juga sih gimana prosesnya. Jepang sepertinya emang nggak ada lawan, berasa dapat black card, huhuhu tapi aku juga belum traveling ke Jepang

    ReplyDelete
  5. Swear aku kepo negeri ini di peringkat berapa hehehe. Kalo dilihat yang masuk peringkat awal yang udah maju ya kak

    ReplyDelete
  6. Aku gak nyangka Mbak, Jepang dan Singapura paspornya paling powerful di dunia. Singapura negara kecil, Jepang pernah remuk karena perang. Tapi kalau pemerintahnya bekerja dengan baik, ekonomi juga makmur, jadi welcome di banyak negara ya..

    Entah dimana letaknya paspor hijau kita heheheh

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu nih, Mbak ada paspor terkuat di dunia. Jadi warganya semakin enak dna nyaman kalau mau ke mana-mana, ya. Cukup bawa paspor saja, tidak perlu bawa Visa. Semoga Indonesia juga ketularan bisa masuk daftar paspor terkuat dunia dari Singapura.

    ReplyDelete
  8. Nggak heran sih kalau Jepang jadi pemegang paspor terkuat. Disiplin jadi kunci utama ya, tau sendiri gimana kehidupan di Jepang. Semua under control.

    ReplyDelete
  9. Wow, memang keren Jepang dan Singapura itu ya, memegang paspor terkuat di dunia. Serba canggih dan terupdate terus teknologinya. Selain itu orang2nya juga mendukung hal ini, kedisiplinan tinggi, kebiasaan baiknya dll. Mantul.

    ReplyDelete
  10. Bener nih jadi penasaran, Indonesia masuk peringkat ke berapa dalam hal kekuatan paspor. Tapi sebagai warga Asia, ikut bangga dengan Jepang dan Singapura yang menjadi terbaik, semoga Indonesia next bisa menyusul

    ReplyDelete
  11. Awalnya saya pikir free Visa itu hanya karena ada kerjasama kedua negara, ternyata ada istilah paspor terkuat yang salah satunya didasari dengan tingkat kemakmuran warga serta disipli diri mereka sepertinya ya. Negara lain nggak bakalan berprasangka mereka akan berulah di negara orang.

    ReplyDelete
  12. berati paspor negara yg kuat menunjukkan majunya negara tersebut ya. penasaran Indonesia peringkat berapa, menunggu kelanjutan artikelnya

    ReplyDelete
  13. Luxemburg. Ya ampun iya lho Teh. Teteh mengingatkan aku sama permainan monopoli jaman kecil dan kalau bisa punya rumah di situ saja, tiap ada pemain lain yang mampir, bakalan bayar mahal banget.

    Rupanya warganya mendapat banyak keuntungan karena termasuk dalam negara dengan passport terkuat di tahun ini.

    ReplyDelete
  14. Wah Spanyol dan Italia di nomor 3..saya suka, saya suka.
    Kalau tanpa visa kan lebih simple ya, dananya bisa digunakan buat hal lain.
    Siip nunggu artikel selanjutnya biar ketahuan negara kita ada di nomor berapa nih

    ReplyDelete
  15. Wah keren nih Jepang sama S'pore mewakili Asia dalam jajaran paspor terkuat. Semoga Indonesia juga bisa nyempil yah. Jadi bisa mengantongi banyak akses masuk ke negara lain tanpa visa. Huhu..

    ReplyDelete
  16. Sayang sekali indonesia tidak termasuk ya kak. Semoga segera bisa masuk list visa terkuat.

    ReplyDelete
  17. Kapan ya Indonesia punya power kayak gini. Diplomasi kita yg hrs dikuatin lagi nih. Selain itu, jaga harmonitas dan keamanan politik dalam negeri. Smg bbrp tahun lagi, paspor kita diakui dunia dan jadi salah satu yg terkuat. Singapore aja bisa. Masa kita nggak?

    ReplyDelete
  18. Nah iya, beruntung banget ya, negara-negara yang bisa masuk dengan bebas ke negara lain. Bisa menghemat biaya dan tentunya gak perlu melewati birokrasi yang panjang. Kapan, ya, Indonesia bisa seperti negara tetangga kita, Singapore?

    ReplyDelete
  19. Nggak heran sama peringkat 1-nya. Hampir semua adalah negara-negara maju, cukup amazed sama Portugal yang bisa menduduki peringkat itu.

    Paspor kita belum banyak dipercaya nih wkwk

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat paspor saya sampai sekarang belum ada kabar :(

    ReplyDelete
  21. Ngeri-ngeri, Jepang dan Singapore. Seperti yang diduga sih ya, dua negara maju di benua Asia, pantes aja paspornya kuat banget. Enak kali ya bisa bebas bepergian gitu. Jadi inget waktunya perpanjang paspor nih, haha!

    ReplyDelete
  22. Indonesia di urutan 70an bukan mba? hahaha. kemana mana susah keluar visanyaa. adekku kemarin ke Mesir aja masyaAllaah sampe h-1 penerbangan, padahal itu passpor dan visa untuk belajar :))

    ReplyDelete
  23. Oh ini alasan kenapa beberapa negara gak perlu visa yaa..
    Karena sudah mengantongi passport terkuat di dunia.

    ReplyDelete
  24. waw, serasa lagi travelling around the world jadinya mba baca artikel ini, ternyata paspor tuh bisa dibilang ada 'kasta-kastanya' ya aku baru tau sih ini, aku cuma sebatas tau ada beberapa paspor punya benefit khusus gitu

    ReplyDelete
  25. beberapa tahun lalu, bikin paspor karena ada rencana tugas keluar dan belum pernah dipake sampe sekarang, udh expired deh tuh heuheu

    ReplyDelete
  26. Jadi penasaran sama peringkat Indonesia. Semoga peringkatnya bisa terus membaik, ya. Singapore dan Jepang memang keren, ya

    ReplyDelete
  27. Duh senangnya ya punya passport terkuat sedunia. Pantes teman-temanku di Jepang bisa enak banget liburan kemana-mana, modal tiket pesawat aja hahaha. Ga perlu visa atau bisa bikin Visa on arival bagi mereka. Enaak

    ReplyDelete
  28. Jadi ingat, saudara dari Jerman kalau pas berkunjung ke Indo dalam waktu lama dan harus perpanjang visa, cukup ke Singapura sebentar, trus masuk lagi ke Indo. Pemegang paspor terkuat kedua ternyata.

    ReplyDelete
  29. Ternyata ada ya yang namanya pasport terkuat di dunia. Aku fikir sama aja. Dan baru tau juga Ternyata ada negara yang cukup make pasport aja dan nggak perlu visa. Kirain harus sepaket. Hehe

    ReplyDelete
  30. Saya jadi inget belum memperpanjang paspor... banyak negara yang ingin saya kunjungi, tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  31. Baca daftar ini, jadi bikin iri deh. Karena warga +62 "agak susah" ruang geraknya kalau mau ke luar negeri. Too many paperwork yang harus dipenuhi. Bikin lelah hahaha

    ReplyDelete
  32. Paspor ku sudah habis masa berlakunya. Belum perpanjang. Belum ada rencana keluar negeri juga sih. Mau keliling Indonesia dulu aja. Wkwkwk

    ReplyDelete
  33. sebagai warga asia cukup bangga juga karena salah satu negara asia merupakan pemilik paspor terkuat di dunia. semoga next time bisa berkunjung ke dua negara tersebut

    ReplyDelete
  34. Keren banget ya Singapura negara kecil bisa jadi nomor satu, sedangkan Korsel yang dulunya miskin bisa sehebat sekarang, kapan ya Indonesia sedigdaya mereka.. paspor kita lemah..

    ReplyDelete
  35. Aku mau pindah ke denmark, tapi boro-boro bahasa lokal sana, bahasa inggris iang menjadi bahasa internasional aja masih kaku 😂

    ReplyDelete
  36. Saat baca judulnya, aku langsung jawab: Japan, Singapore, dan Jerman. hahaha Karena baru editing berita ini dua pekan lalu.

    Tahu kenapa mostly negara-negara Eropa punya paspor sakti? itu karena dipengaruhi sejarah. The Occupy movement. Penjajahan dan dijajah. Turut berbangga dengan Singapura dan Jepang. Semoga Indonesia juga menyusul di masa-masa mendatang kalau hubungan bilatera, ekonomi, dan budaya kita makin kuat.

    ReplyDelete
  37. Keren juga ya Singapura bisa jadi yang pertama dengan paspor terkuat. Ini kayaknya warga negara dan pemerintahannya kredibel dan terpercaya banget ya.

    ReplyDelete
  38. Jepang dan negara tetangga, Singapore keren banget, peringkat pertama negara pemegang paspor terkuat. Btw, Indonesia kapan yak?

    ReplyDelete
  39. Jepang keren banget sih, pengen banget ke Jepang,semoga Indonesia juga bisa masuk di 3 besar nih.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.