8 CARA MEMPERBAIKI SKIN BARRIER YANG RUSAK

Apa itu skin barrier? Perlu kamu ketahui, skin barrier adalah lapisan kulit paling atas yang berperan sebagai pelindung awal terhadap kulit wajah dari paparan kuman maupun zat iritan penyebab timbulnya masalah iritasi.

Akan tetapi, perlindungan alami dari skin barrier bisa mengalami kerusakan karena beberapa faktor. Ya, mulai dari penggunaan skincare yang tidak cocok, paparan sinar matahari, eksfoliasi berlebihan, dan lain sebagainya.

cara memperbaiki skin barrier


Nah bagi kamu yang bingung bagaimana cara memperbaiki skin barrier. Pada kesempatan ini kita, akan membahasnya. Mending simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Skin Barrier

1. Jangan Merokok & Hindari Asap Rokok

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebiasaan merokok atau sering terpapar asap rokok kerap menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, termasuk kulit.

Pasalnya, paparan asap rokok dapat membuat kulit menua lebih cepat, menimbulkan kerutan, hingga mempengaruhi kadar sel protein yang memberikan elastisitas terhadap kulit.

Bukan hanya itu, kebiasaan merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah di kulit, membatasi aliran darah, mengurangi pasokan darah, serta membuat kulit menjadi kering.

Jika kebiasaan buruk yang satu ini tidak segera ditinggalkan, maka bukan hanya skin barrier saja yang rusak, melainkan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker kulit lho!

2. Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Selain asap rokok, paparan sinar UV juga dapat memicu masalah penuaan dini, hiperpigmentasi, hingga kanker kulit yang dapat merusak skin barrier.

Agar terhindar dari masalah ini, disarankan bagi kamu untuk melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya.

Untuk mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan pakaian yang tertutup terlebih ketika cuaca panas agar kulitmu tidak terkena radiasi matahari secara langsung.

3. Mengontrol Stress

Cara memperbaiki skin barrier berikutnya adalah mengontrol stress. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa tingkat stress yang tinggi bisa menyebabkan skin barrier menjadi rusak.

Disaat pikiran sedang mengalami tekanan hebat, maka hormon stress yang dilepaskan oleh otak dan kelenjar adrenal akan berdampak negatif terhadap kulit.

Nah, hormon-hormon tersebutlah yang nantinya dapat memicu berbagai masalah, seperti psoriasis, jerawat, eksim, gatal, dan ruam pada kulit.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol stress agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk kondisi kesehatan kulitmu. Cara memperbaiki skin barrier ini wajib kamu lakukan.

4. Konsumsi Makanan yang Bagus Untuk Kulit

Ketika menerapkan pola makan yang sehat, secara otomatis kondisi kulitmu juga akan menjadi lebih sehat berkat kandungan nutrisinya.

Kabarnya, makanan yang tinggi dengan kandungan minyak ikan dan antioksidan cukup efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit serta membuatnya tampak lebih kencang.

skin barrier


Adapun mengenai berbagai jenis makanan yang dapat memperbaiki skin barrier rusak, seperti wortel, buah tomat, buah beri, kacang polong, ikan laut, aprikot, dan lain sebagainya.

5. Hindari Paparan Polusi

Sebenarnya skin barrier memiliki fungsi utama untuk menangkan beragam radikal bebas, termasuk polusi agar tidak dapat masuk dan mengiritasi kulit.

Akan tetapi, ketika skin barrier rusak, maka polusi menjadi lebih mudah masuk ke dalam kulit serta memperparah kondisi kulit yang sensitif.

Oleh karena itu, kamu harus sebisa mungkin untuk menghindari paparan polusi secara langsung, serta membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan. cara memperbaiki skin barrier ini sangat ampuh untuk menjaga kulit dari skin barrier.

6. Pilih Pelembab yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Moisturizer atau pelembab berperan untuk menahan air di skin barrier. Itu artinya, kamu harus mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit.

Menurut informasi yang didapat, produk pelembab yang cocok untuk memperbaiki skin barrier itu memiliki kandungan asam laktat dan gliserin.

Pasalnya, kedua kandungan tersebut mampu menarik air ke dalam kulit, membantu menjaga kulit tetap halus, hingga meningkatkan elastisitas kulit.

7. Mencukupi Waktu Tidur

Kebanyakan orang yang skin barrier-nya rusak adalah mereka yang sering bergadang. Ya, sebab ketika kurang tidur, maka tubuh cenderung stress dan rentan memicu pola hidup yang tidak sehat.

Maka dari itu, kamu harus mencukupi waktu tidur untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya membuat kulit sehat, tidur yang berkualitas juga akan membuat tubuhmu sehat.

8. Hindari Penggunaan Skincare Dengan Bahan Keras

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk memperbaiki skin barrier, yakni hindari penggunaan skincare yang bahannya keras.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena skincare dengan bahan keras malah membuat kulit menimbulkan berbagi reaksi alergi, seperti ruam, gata-gatal, mengelupas, hingga bengkak.

Adapun bahan keras pada skincare yang harus kamu hindari, seperti pewangi, pengawet, lateks, pewarna, dan logam.

Oleh karena itu, pilihlah skincare untuk memperbaiki skin barrier Naturally Speaking Baby Melon Skin Barrier Serum yang sudah terbukti aman dan nyaman digunakan untuk memperbaiki skin barriermu.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan cara memperbaiki skin barrier ini? Selain serum, Naturally Speaking juga mengeluarkan produk facial wash, toner, dan night cream untuk memaksimalkan perawatan kamu. Nah, seperti itulah beberapa tips alami yang dapat kamu coba untuk memperbaiki kerusakan pada skin barrier.

19 Comment

  1. Memperbaiki skin barrier tidak boleh sembarangan, ya. Harus pilih produk yang bebas dari pengawet, pewangi, pewarna, lateks dan logam. Jangan sampai niatnya mau memperbaiki malah rusak karena produk yang tidak aman

    ReplyDelete
  2. Yang namanya asap itu punya pengaruh yang sangat buruk ya untuk kesehatan kulit, misalnya aja asap rokok. Pantesan orang yang ngerokok itu kulitnya pada keriput dan awet tua. Lewat artikel super duper keren ini, saya jadi tau bagaimana langkah tepat untuk merawat lapisan kulit paling luar atau skin barrier.

    Selain menerapkan tips-tips di atas, tentu harus dibantu perawatan wajah pakai skincare Naturally Speaking Baby Melon Skin Barrier Serum. Very nice sharing !!

    ReplyDelete
  3. Ternyata stress juga mempengaruhi kondisi skin barrier ya. Memang harus banget sepertinya memiliki kemampuan kontrol emosi agar tidak berdampak ke mana-mana, termasuk ke kondisi kesehatan kulit

    ReplyDelete
  4. masalah skin barrier sepertinya paling banyak dihadapi saat ini. kudu banget memperhatikan lingkungan sehat dan menjauhkan diri dari polutan dan harus rutin melakukan perawatan dengan bahan yang tepat dan aman bagi kulit

    ReplyDelete
  5. Banyak juga penyebab kerusakan skin barrier ini ya, Mbak. Tapi semuanya itu bisa dihindari kok, dan semua tergantung dari pola hidup kita. pastinya memakai produk juga untuk memperbaiki skin barrier ini.

    ReplyDelete
  6. kayaknya saya yang masih belum bisa lepas tu, mengindari stress ini sama tidur yang cukup. Keknya tidurnya masih kurang. belum bisa tidur jam 9 malam. biasanya jam 11 malam.

    ReplyDelete
  7. Stress juga bisa merusak skin barrier ya, Kak. Waduh... Pelembab yang bagus buat skin barrier kulit tuh yang mengandung asam laktat dan gliserin tho...

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk orang yang mesti memperbaiki skin barrier saya. Terima kasih untuk tipsnya Mbak, saya masih banyak PR nih soal makanan. Huhuhu.... sebenarnya sadar, tapi tidak segera merealisasikan.

    ReplyDelete
  9. Adakalanya masih gak paham tentang skin barrier ini, dan salah satunya adalah daku hihi. Namun memang bener mbak Mei, penguatan skin barrier yang tepat menjadikan kulit lebih sehat dan paling penting untuk kulit wajah kelembabannya terjaga ya

    ReplyDelete
  10. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki skin barrier ya, Kak. Terkadang hal-hal ini kita anggap remeh ya, Kak. Padahal manfaatnya banyak

    ReplyDelete
  11. Menghindari paparan polusi di kota besar ini agaknya memang tantangan sekali ya, ka Mei..
    Makanya kudu menggunakan skincare yang memang khusus memberikan perlindungan untuk skin barier kulit kita. Secara tantangannya besar euuii~

    ReplyDelete
  12. Pernah beberapa minggu menderita karena kesalahan pake skin care, jadinya jerawat parah di muka huhu.. ngga lagi2 deh aku. Jadinya skrg kalo milih skincare perlu diteliti kandungannya juga kalo aku.

    ReplyDelete
  13. Noted nih, aku pernah loh ngalamin skin barrier rusak, rasanya enggak enak banget. Emang harus memperbaiki gaya hidup dan pilih-pilih skincare.

    ReplyDelete
  14. Skin barrier kalau dijaga dengan baik bikin kita cantik meskipun tanpa make-up. Jadi kayak udah cantik dari sononya. Bangun tidur terlihat fresh. Makanya perlu dirawat skin barrier dengan pemilihan skin care yang tepat

    ReplyDelete
  15. mba mei aku penasaran deh, salah satu ciri skin barrier kita rusak apa ya? apa jadi gak cocok pake skincare apapun, jadi lebih sensitif, kering dan berjerawat gitu kah?

    ReplyDelete
  16. Ternyata gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol itu bisa merusak skin barrier ya termasuk jika sedang mengalami stress gitu. Noted banget kalau mau kulit sehat harus perbaiki dulu gaya hidup dan usahakan bisa tetap hepi biar bisa terhindar dari stress

    ReplyDelete
  17. Bener banget nih, memang penting banget untuk hindari merokok ya. Selain buat kesehatan secara keseluruhan, ternyata juga berdampak buruk buat kulit kita. Makanya, yuk tinggalkan kebiasaan merokok dan jaga kesehatan kulit kita dengan lebih baik! ✨🚭

    ReplyDelete
  18. Ternyata emang ga boleh sesembarangan itu ya buat mengatasi skin barier, termasuk harus tidur cukup.

    ReplyDelete
  19. Sebenarnya tidak terlalu berat ya menjaga skin barriee itu, yang susah adalah konsistennya. Itu aku sih, mungkin beda buat orang lain hehe..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.