PERAN KURIKULUM INTERNASIONAL: DORONG AKSELERASI PENDIDIKAN INDONESIA LEBIH BERKUALITAS

Amerika Serikat adalah salah satu negara impian banyak orang di dunia dalam hal pendidikan. Karena menerapkan kurikulum internasional yang mumpuni. Sehingga lulusannya memiliki kualitas internasional. Karena hal ini, banyak negara yang mengadopsi standar kurikulum internasional dalam proses belajarnya mulai dari sekolah usia dini sampai perguruan tinggi, termasuk Indonesia.

kurikulum internasional




Apa Itu Kurikulum Internasional

Kurikulum internasional adalah pedoman yang digunakan oleh sebuah sekolah atau perguruan tinggi dimana memberikan kebebasan kepada peserta didiknya dalam memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya dan biasanya menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Penerapan kurikulum internasional diharapkan dapat membuat peserta didik meraih pendidikan di luar negeri lebih mudah. Karena kurikulum ini membiasakan peserta didiknya belajar dengan standar yang diterapkan dunia pendidikan internasional. Sehingga ketika lulus siap memasuki dunia internasional.

Mengenal Beberapa Kurikulum Internasional

Berikut adalah beberapa kurikulum pendidikan internasional yang ada di dunia dan beberapa sekolah di Indonesia mengadopsi kurikulum tersebut untuk mencetak generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

1. Cambridge International Curriculum

Kurikulum Cambridge berasal dari negara Inggris yang sudah mendapatkan pengakuan dari dunia. Kurikulum ini disupervisi langsung oleh Universitas Cambridge. Berdasarkan data tahun 2022 kurang lebih terdapat 15 sekolah Indonesia yang menerapkan kurikulum yang sudah berdiri sejak tahun 1858 ini.

Terdapat empat fokus utama dalam kurikulum Cambridge yaitu (1) Siswa mampu berbahasa Inggris dengan fasih, (2) Siswa mendapatkan cara pandang secara internasional, (3) Siswa mendapatkan pendidikan yang modern dan mutakhir, (4) Siswa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di kampus-kampus terbaik dunia.

2. International Baacalaureate (IB) Curriculum

Kurikulum IB merupakan kurikulum belajar yang dibuat oleh Yayasan internasional Jenewa, Swiss pada tahun 1960. Dilansir dari situs International Baacalaureate, tahun 2023 Indonesia memiliki 63 sekolah yang menerapkan kurikulum ini.

Kurikulum internasional ini memiliki empat level pendidikan formal yaitu (1) IB Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3 sampai 12 tahun, (2) IB Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11 sampai 14 tahun, (3) IB Diploma Programme (DP) untuk usia 15 sampai 18 tahun, dan (4) IB Career-Related Programme (CP) untuk usia 15 sampai 18 tahun.

3. International Primary Curriculum (IPC)

Merupakan kurikulum internasional yang fokus pada pembentukan dan pengembangan karakter peserta didiknya yang dikenal dengan istilah student centered. Seperti membangun karakter anak dalam hal kerjasama, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, memiliki mental yang tangguh, serta memiliki toleransi dan moral yang baik. Kurikulum ini lahir di negara Inggris sejak tahun 2000.

4. Montessori Curriculum

Kurikulum Montessori dilahirkan oleh Dr. Maria Montessori yang berkebangsaan Itali pada akhir abad 19 dan awal 20. Kurikulum Montessori hanya digunakan pada jenjang pra sekolah dan sekolah dasar sehingga fokus pada pengembangan dan pengarahan karakter anak sejak dini. Anak-anak tidak dituntut untuk mendapatkan nilai tinggi namun fokus pada kemampuan adaptasi anak pada lingkungan belajar.

5. Singapore Primary School (SPC) Curriculum

Kurikulum pendidikan yang berasal dari Singapore ini diterapkan di sekolah usia dini, sekolah dasar, dan tingkat menengah. Kurikulum SPC menitikberatkan pada fleksibilitas belajar peserta didik sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Sehingga para peserta didik mampu mengekspresikan dan menunjukan bakatnya. Membuatnya fokus pada cita-cita yang ingin dicapainya. Serta membuat mereka tumbuh lebih percaya diri dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

Peran Kurikulum Internasional Dalam Pendidikan Di Indonesia

Kurikulum internasional memiliki banyak keunggulan yang memberikan kesempatan kepada peserta didiknya lebih mudah masuk ke sekolah atau perguruan tinggi dunia, diantaranya:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa asing

Kurikulum internasional menerapkan bahasa pengantar sehari-hari dalam proses belajarnya dengan bahasa Inggris. Keterbiasaan penggunaan bahasa asing ini akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa global sebagai sarana komunikasi. Hal ini akan membuat peserta didik terbiasa belajar dengan standar internasional dan membuat bahasa Inggris peserta didik lebih fasih.

2. Memiliki pola pikir dan wawasan internasional

Kurikulum internasional akan memberikan cara pandang yang lebih luas karena interaksi sosial tidak hanya dengan orang Indonesia saja. Tetapi dari berbagai kalangan, termasuk warga asing.

Adanya interaksi sosial dengan pengajar dan lingkungan internasional tentu saja akan membuat pola pikir dan cara pandang kita menjadi lebih luas dan adaptif. Sehingga wawasan internasional ini akhirnya akan didapatkan.

pendidikan internasional


3. Siap menghadapi persaingan global

Kurikulum internasional disiapkan sedari awal agar peserta didik mampu memiliki kompetensi bekerja dan mampu bersaing secara global. Tidak hanya kemampuan bahasa asing, tapi juga cara pandang dan pola pikir yang terbentuk. Sehingga ketika lulus, peserta didik siap menghadapi dunia kerja dimana pun, karena kompetensi yang dimiliki berstandar internasional.

4. Mencetak leader yang kritis dan sebagai problem solver

Kurikulum internasional memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Tanpa ada paksaan dan dikejar mendapatkan nilai yang tinggi. Peserta didik dibangun untuk mampu mengekspresikan dirinya, bagaimana bersosial, beradaptasi, dan memahami sesuatu.

Hal ini akan membuat para peserta didik tumbuh dengan kritis terhadap sesuatu dan fokus mencari solusi ketika menghadapi masalah. Selain itu mereka akan berpikir secara global dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya.

kompetensi bekerja


Dan kampus Sampoerna University menjadi salah satu jawaban untuk mendapatkan standar pendidikan berbasis kurikulum internasional terbaik di Indonesia.

Sampoerna University: Kampus Indonesia Dengan Kurikulum Internasional Terbaik

Dengan mengadopsi kurikulum internasional dan metodologi terbaik dunia yang berbasis pada Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) yang diterapkan di banyak kampus di Amerika, maka Sampoerna University akan mempersiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan global yang diakui secara internasional.

Sampoerna University
Sumber: Situs Sampoerna University


Selain itu penerapan kurikulum internasional membuat proses belajar mengajar di Sampoerna University fokus pada kemampuan penguasaan kompetensi global. Di mana peserta didik difokuskan dalam mengembangkan kompetensi pola pikir yang kreatif dan kritis, mampu berkomunikasi dengan baik, menjadi seorang problem solver yang handal. Juga kemampuan mengeksplorasi, berkolaborasi, penerapan pengetahuan dan keterampilan melalui sistem belajar praktek project based learning dan studi kasus.

Dengan demikian Sampoerna Academy akan membantu peserta didik tumbuh menjadi pribadi yang kuat, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, bertanggung jawab, dan siap melakukan perubahan bagi dunia, karena sejak awal sudah dibekali dengan kompetensi bekerja bertaraf internasional.

Selain itu Sampoerna University juga sudah bekerjasama dengan banyak kampus di dunia, salah satunya adalah University of Arizona di Amerika Serikat dengan menyediakan program double degree. Sehingga peserta didiknya akan mendapatkan dua gelar dari University of Arizona dan Sampoerna University. Serta pengalaman mendapatkan pendidikan internasional terbaik.

Referensi:

https://ibo.org/programmes/find-an-ib-school/?SearchFields.Region=ibap&SearchFields.Country=ID&SearchFields.Keywords=&SearchFields.Language=English&SearchFields.BoardingFacilities=&SearchFields.SchoolGender=&page=4 (diakses pada 9 Februari 2023).

https://jms.sch.id/id/international-school-indonesia/ (diakses pada 9 Februari 2023).

https://www.kalderanews.com/2022/02/inilah-15-daftar-sekolah-dengan-kurikulum-cambridge-di-jakarta-beserta-alamat-dan-perkiraan-biayanya/. (diakses pada 7 Februari 2023).

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/ (diakses pada 9 Februari 2023).

34 Comment

  1. Salah satu kurikulum internasional yang saya tertarik adalah kurikulum Montessori. dalam kurikulum ini karakter anak sudah mulai diasah semenjak dini dan juga diajarkan untuk dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan belajar.
    Semoga Indonesia terus berbenah diri dalam hal pendidikannya dan salah satu pertimbangannya adalah penggunaan kurikulum internasional dalm pendidikan di negeri ini

    ReplyDelete
  2. udah gak diragukan lagi kalau kurikulum internasional terbukti mencetak peserta didik yang berkempuan kompetensi global ya, seperti berpikir kritis, berbahasa asing dan lain sebagainya. idealnya sih bisa diterapkan dalam sistem pendidikan indonesia ya, mengingat persaingan global saat ini.

    ReplyDelete
  3. Kurikulum Internasional memang sudah seharusnya diterapkan di pendidikan Indonesia. Karena banyak sekali manfaatnya. Salah satunya akan meningkatkan kemampuan berbahasa asing yang sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu modal utama untuk masuk ke dunia kerja. Apalagi persaingan kerja sudah semakin ketat. Dengan kurikulum Internasional, nantinya akan bisa bersaing di dunia kerja secara global juga.

    ReplyDelete
  4. Amerika tuh emang masih jadi patron pendidikan dan ekonomi sih ya,, jadi kurikulum internasional yang berkiblat ke Amerika kaya di Sampoerna University tuh bisa jadi potensi bagus buat masa depan.

    ReplyDelete
  5. Kurikulum internasional jadi terbuka peluang bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi diri ketika berkuliah, lalu sebagai bekal juga saat di tempat kerja nantinya

    ReplyDelete
  6. Bagi yang ingin mengeyam pendidikan tinggi dengan kurikulum internasional tanpa harus keluar negeri, Sampoerna University merupakan pilihan yang paling tepat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab sih ya akhirnya ada univ yg memiliki kurikulum internasional. Baru banget kan ini.

      Delete
  7. Kurikulum internasional jika diterapkan di semua tinkat pendidikan Indonesia bagus sih, bisa meningkatkan daya saing di dunia kerja. Apalagi saat ini SDM kita juga harus berpotensi dan berguna di kancah internasional.

    ReplyDelete
  8. Salut sama Sampoerna university yang menerapkan kurikulum internasional untuk mahasiswanya. Meraka jadi lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti.

    ReplyDelete
  9. Menurutku pribadi ya. Daya tarik Sampoerna University selain kurikulum Internasional dan pengembangan kompetensi global adalah kerja samanya dengan University of Arizona sih. Jadi, kita jadi seolah lulusan luar negeri padahal kuliahnya di Jakarta. Kan keren sih itu.

    ReplyDelete
  10. Jadi ngiri nih, sekarang sudah ada Kurikulum Internasional yang diterapkan di pendidikan Indonesia. Jaman saya sekolah dan kuliah masih belum ada Kurikulum Internasional, adanya CBSA

    ReplyDelete
  11. Ternyata, kurikulum internasional itu punya peran penting dalam pendidikan di Indonesia ya mbak
    Bisa mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia

    ReplyDelete
  12. bikin ketar ketir orang tua tapu bisa diatasi. Persaingan dunia kerja memang makin berat namun bisa diatasi dengan perispan sejak dini. Kurikulum Internasional ngebuat anak jadi siap menghadapi persaingan global

    ReplyDelete
  13. Salah satu kurikulum internasional yang menarik itu Montessori, tapi sayangnya di daerah aku enggak ada... Huhuhu
    Dan zaman sekarang, menurut aku kurikulum internasional tuh penting bgt yaa, apalagi zaman skrg anak2 juga harus bisa bahasa asing. Kalau enggak ya bakalan ketinggalan.

    ReplyDelete
  14. aku kalau melihat teman-teman yang lulusan kampus luar, dibikin takjub aja.
    Yang pasti kemampuan bahasa Inggris diutamakan, dulu cita-cita pengen lanjut S2 di luar negeri, sayang niatku kurang besar. Hiks
    sistem pendidikan di luar negeri beserta kurikulumnya nggak diragukan lagi ya, pastinya memberikan wawasan yang membuat siswanya lebih kritis

    ReplyDelete
  15. di era globalisasi kita memasuki era komptensi abad 21, kebutuhan akan kurikulum internasional perlu dipertimbangkan untuk mewarnai pendidikan kita

    ReplyDelete
  16. Kurikulum Internasional ini ada banyak dan karena sudah diterapkan di Sampoerna UNiversity, harapannya generasi masa kini bisa merasakan kemudahan akses belajar dan masa depan yang cerah di dunia kerja.

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat waktu sekolah dulu ada yang RSBI, terus jadi berasa "wih kayanya keren, nanti sekolahnya pakai Bahasa Inggris gitu", tapi kemudian ditiadakan ya. Adanya kurikulum internasional di Sampoerna University ini membuka kesempatan yang begitu luas berarti ya untuk lulusan sekolah tanpa perlu kuliah di LN dari awal, krn bisa diterapkan di sini. Selain akademik, link and match sama dunia profesional juga diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info ini bikin optimis ya, akan banyak generasi muda yang bisa mendapatkan pekerjaan yang keren di masa mendatang. Dengan mengantongi gelar internasional dari Sampoena University

      Delete
  18. Penginnya sih semua sekolah dan kampus d IND pakai kurikulum global yhaaa

    But, eniwei ini cita2 jangka panjang.

    Kalo saat ini, ya kita serahkan aja pd ahlinya. Yaitu Sampoerna Univ.

    ReplyDelete
  19. Bagus ya pake kurikulum internasional begini. Bikin bisa beradaptasi di belahan dunia mana pun

    ReplyDelete
  20. Kurikulum internasional ini sangat dibutuhkan generasi sekarang, demi bisa bersaing di dunia global. Saingan-saingan ngeri banget sekarang, kalau nggak punya skill dan pengetahuan mumpuni, kegilas dah

    ReplyDelete
  21. Programnya cocok banget bagi mahasiswa yang mencari kesetaraan dengan kurikulum internasional. Soalnya ada yang mau ngelanjutin ke luar negeri kan pendidikannya. Biar sekali jalan

    ReplyDelete
  22. Kurikulumnya keren-keren ini. Indonesia sudah waktunya juga menerapkan beberapa kurikulum baik ini agar sistem pendidikan di Indonesai dapat terus maju dan berkembang dengan baik sesuai perkembangan zaman, terlebih sekarang sudah masuk era digital.

    Namun tetap aja, mengadaptasi kurikurum Internasional juga harus memerhatikan beberapa aspek, apakah cocok diterapkan di negara kita dengan budaya yang beragam atau nggak.
    Just my opinion ^_^

    ReplyDelete
  23. Kurikulum internasional saat ini dibutuhkan untuk mendongkrak pendidikan di Indonesia apalagi yang namanya persaingan dunia kerja semakin berat. Biar makin maju dan berkembang kudu pilih sekolah yang tepat

    ReplyDelete
  24. Berhubung aku dulu kuliahnya pakai sistem yg sama, jadi ngerasain banget yg seperti ini tuh bagus. Bedanya aku dulu kuliah di kampus Malaysia yg afiliasi dengan university di UK.

    Kelebihannya hampir sama dengan samoerna ini.

    Pastinya dari segi biaya jauh lebih hemat Krn ga perlu ke UK. Dan ijazah yg aku dpt langsung dari university di UK. Kurikulumnya ikut di sana, dosennya native, bahasa udah pasti Inggris, so aku rekomen sistem kuliah yg seperti ini.

    Seneng juga kalo di Indonesia udah ada seperti itu. Jadi setidaknya ga usah jauh2 ke US, dan jelas bisa hemat biaya kan. Keren nih Sampoerna 👍

    ReplyDelete
  25. Sedetail itu ternyata pentingnya memilih kurikulum saat pembelajaran anak di sekolah ya..
    Senang sekali mengenal berbagai jenis kurikulum internasional. Dan bersama Sampoerna University, kesempatan untuk belajar di luar negeri, Amerika Serikat, menjadi terbuka lebar.

    ReplyDelete
  26. Peran Kurikulum Internasional benar² tepat untuk perkembangan generasi penerus dimana banyak terbukanya akses.

    ReplyDelete
  27. Menarik ini proses pembelajaraan dengan kurikulum internasional di Sampoerna University akan mendukung lulusannya siap berkompetensi di dunia persaingan global

    ReplyDelete
  28. Tapi sayang kurikulum ini hanya bisa dinikmati segelintir orang yang beruntung baik.dari.segi Financial atau keilmuan

    ReplyDelete
  29. Bener benar ya, harapannya kurikulum international ini bisa segera diterapkan ke banyak sekolah dan univ biar pendidikan di indo jg makin beekualitas

    ReplyDelete
  30. Setuju mba, menurutku Indonesia harus segera mengadopsi kurikulum internasional agar mental dan pola pikir anak bangsa bisa bersaing di dunia internasional

    ReplyDelete
  31. Untuk siap berdaya saing di dunia global, kurikulum internasional jadi penting untuk diterapkan. Alhamdulillah sekarang ada Sampoerna University buat mahasiswa yang ingin merasakan kurikulum internasional di Indonesia aja

    ReplyDelete
  32. Kurikulum seperti di Sampoerna Uni ini memang dipersiapkan agar anak-anak siap dengan persaingan global ya. Semakin ke sini memang metodologi STEAM yang semakin dikejar. Duh, semoga nanti anak-anak kita bisa masuk ke kampus-kampus bagus yang sudah memfasilitasi kebutuhan seperti ini ya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.