TOKO OLEH-OLEH BANDENG JUWANA DAN LUMPIA SEMARANG DI JAKARTA

Sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 saya bolak bolak Kota Semarang hampir setiap bulan untuk urusan pekerjaan. Tak jarang saya juga berkeliling ke beberapa destinasi wisata serta menikmati berbagai kuliner makanan khas Semarang. Banyak sekali makanan yang cocok dengan lidah saya, dan akhirnya ketagihan dengan lezatnya makanan khas kota Venetia Van Java ini. Tak ayal jika ada teman yang dinas ke Semarang saya titipi beberapa makanan kesukaan saya. Kalau misalkan diminta sebutkan 3 makanan khas semarang, ini dia makanan favorit saya.

oleh-oleh khas semarang


Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian ini, Wajib Kamu Coba

1. Lumpia Semarang

Makanan khas Semarang pertama yang sering saya nikmati dan pasti saya beli ketika ke Semarang adalah Lumpia. Lumpia adalah makanan khas Tionghoa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sehingga tak aneh jika Semarang dijuluki sebagai Kota Lumpia. Terbuat dari adonan terigu dan dadar telur yang diisi dengan beberapa bahan pilihan seperti daging, rebung, tahu, dan lainnya. Bahkan isinya adalah kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

lumpia semarang di jakarta


Rasanya yang sangat lezat, menjadikan makanan ini menjadi makanan khas kota Semarang dan banyak menjadikannya sebagai oleh-oleh ketika sepulang dari Semarang. Banyak sekali merek lumpia legendaris yang dapat dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh. Bahkan ada yang berdiri sejak tahun 1930. 

Terdapat 2 jenis lumpia yang biasa dijual yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Rasanya memang sudah tidak diragukan lagi, sangat lezat dan cocok di lidah saya yang orang Sunda. Gurih, renyah, dan tasty banget di lidah. Pilihan rasanya pun cukup variatif, ada original special udang dan ayam, ada rasa seafood, ada juga pilihan rasa yang Western. Seandainya menemukan Lumpia Semarang di Jakarta, happy banget, bisa makan kapan aja.

2. Bandeng Juwana

Oleh-oleh khas Semarang kekinian kedua yang sering saya nikmati dan saya jadikan sebagai oleh-oleh utama sepulang dari Semarang adalah bandeng presto. Siapa yang tak mengenal nikmatnya bandeng presto ikan yang diracik dengan bumbu lezat dan lembut ini?

bandeng juwana di jakarta


Saya biasanya membeli Bandeng Juwana yang sudah terpercaya dan dikenal sangat enak. Dan pastinya mencari bandeng presto terlezat yang ada di Kota Semarang. Beberapa varian bandeng ini ada yang dengan tulang, tanpa tulang, dan bandeng asap. 

Bandeng presto ini memang sangat lezat dan orangtua saya suka sekali dengan rasanya. Apalagi dengan duri lunaknya yang sangat lembut menjadikan makanan ini menjadi buruan banyak wisatawan. Pokoknya rasanya sangat lezat dan gurih. Semoga nanti ada Bandeng Juwana di Jakarta, pasti pesan sering-sering.

3. Tahu Baso

Makanan khas Semarang ketiga yang sering saya beli dan tidak pernah saya lewatkan adalah tahu baso yang menjadi kesukaan tante saya. Oleh-oleh khas Ungaran Semarang ini menjadi oleh-oleh yang juga banyak diburu oleh para traveler seperti saya.

tahu baso di jakarta


Sayangnya untuk menikmati tahu baso ini, saya harus selalu ke Semarang. Seandainya ada tahu baso di Jakarta, seru banget bisa setiap kali pengen makan, tinggal cus ke tokonya saat mau makan makanan khas Semarang murah ini.

Tatasnacks, Toko Lumpia Semarang Di Jakarta

Tapi eh tapi, belakangan ini saya sudah jarang lagi ke Semarang. Teman-teman saya pun sudah jarang sekali dinas ke sana. Sehingga saya cukup kesulitan jika ingin menitip makanan khas ini. Apalagi ketika pandemi, teman-teman saya sudah tidak ada yang dinas-dinas lagi, fully work from home. Dan dinas dihilangkan.

Tahun 2021 saya sempat ke Semarang, sayangnya karena acara saya cukup padat akhirnya tidak sempat berkeliling mencari oleh-oleh kesukaan saya ini. 

Terus saya cerita ke teman saya dan tanya kapan ada dinas lagi. Saya bilang kalau saya akan menitip oleh-oleh dari Semarang. "Kenapa jauh-jauh beli ke Semarang, kan di Jakarta udah ada toko yang jualan oleh-oleh makanan khas Semarang". Jawabnya.

Wah saya langsung browsing nama tokonya dan akhirnya saya menemukannya, namanya Tatasnacks. Di toko ini menjual semua makanan khas Semarang kesukaan saya yaitu Lumpia Semarang, Bandeng Juwana, dan juga Tahu Baso. Selain itu toko ini juga menjual makanan khas nusantara lainnya.

Asiknya lagi ternyata makanan khas di toko ini sudah bisa diorder di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Instagram, dan juga melalui COD. Cukup menghubungi tokonya secara langsung di nomor whatsapp wa.me/6281398915391Pesanan siap diantar dengan layanan same day atau next day.

Akhirnya saya menemukan Lumpia Semarang di Jakarta, Bandeng Juwana di Jakarta dan Tahu Baso di Jakarta. Jadi kalau pas pengen banget makan makanan khas Semarang ini, saya tinggal pesan ketokonya.

Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Bisa loh oleh-oleh khas Semarang kekinian ini menjadi salah satu menu untuk buka puasa dan juga menu untuk sahur.

Apakah kamu sering membeli makanan khas ini ketika berkunjung ke Semarang? Atau bahkan ga sempat dan ga keburu untuk membelinya? Tenang, sekarang oleh-oleh makanan khas Semarang ini sudah bisa dibeli di Jakarta. Bisa beli kapan aja, asik bukan? Atau kamu sudah sering membelinya di toko Tatasnacks? Boleh dong sharing di kolom komentar.

15 Comment

  1. Semarang kotanya panaaasss, mirip Sby.

    Untunglaahh kota ini diberkati dgn aneka kuliner endeuss. Lumpianya juaraaaaa😍🙏

    ReplyDelete
  2. Tata Snack ini di Jakartaa ya, wah mana udah jualan di shopee juga. Jadi kalau kangen jajanan semarang bisa beli kapan aja ya Mbak.
    _Iidn_

    ReplyDelete
  3. Semarang oleh-olehnya memang macam-macam ya, Kak. Lumpia itu salah satu yang nggak boleh ketinggalan. Hehe.

    ReplyDelete
  4. Ketiga makanan khas Semarang di atas emang enak semuaa aku suka aku suka, untung sekarang udah ada di tatasnack jadi enggak usah beli jauh -jauh ke Semarang.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mb rekomendasi nya.. jadi pingin banget ini sama oleh-olehnya paling suka bandeng

    ReplyDelete
  6. Auto lapaar pagi-pagi, mbak... Enak bangeeet membayangkan makan Bandeng Juwono sama nasi anget. Brb, mo beli Bandeng dulu. Lapaarrr...

    ReplyDelete
  7. Waduh, suka banget sama Loenpia sama Bandeng Juwana. Tidak mesti ke Semarang bisa didapatkan ya oleh-oleh dari Semarang

    ReplyDelete
  8. Waww untung ada Tata Snacks yaa.. ga perlu jauh-jauh ke Semarang kalau ngidam lumpia .. oleh-oleh yg legend banget dari Semarang

    ReplyDelete
  9. Wah, jadi sekarang bisa pesan lumpia goreng atau bandeng pake delivery instan atau same day ya hehehe. Dulu kalau ada kerabat dari Semarang, biasanya memang selalu bawa oleh-oleh yang identik dengan 3 item itu sih, termasuk tahu baso yang memang rasanya enak.

    ReplyDelete
  10. Biasanya aku beli mochi gemini, lumpia rebung khas semarang sih favoritku kalau bawa oleh-oleh dari Semarang

    ReplyDelete
  11. Solusi terbaik ya, kak Mei..
    Ketika mau memberikan buah tangan setelah dari Semarang, tapi gak sempat. Alhamdulillah ada Tata Snacks. Ini sih jadi super praktis apalagi bisa pengiriman same day.

    ReplyDelete
  12. Wah kalau outletnya sudah ada di Jakara, yang kepingin makan oleh oleh khas Semarang jadi gampang ya. Tinggal pesan pakai aplikasi bisa sampai di rumah ga perlu keluar rumah.

    ReplyDelete
  13. Saya dulu pernah tinggal di Semarang beberapa waktu yang lalu. Bandeng yang belum pernah saya makan waktu di sana. Lumpia ama tahu baso cukup sering makan. Jadi pengen deh lumpia semarang

    ReplyDelete
  14. kalau disuruh milih saya skip lumpia deh, mau bandeng dana tahu baso nya aja soalnya gak terlalu suka lumpia. hehehe

    ReplyDelete
  15. Nah, gak perlu jauh-jauh ya kalau lagi ingin icip-icip 'kenangan' kota Malang. Bisa beli di Jakarta nih. Secara, kadang-kadang rasa rindu hadir dan makanan khas bisa jadi pengobatnya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.