PRISKA YENIRIATNO: PEMBATIK PEREMPUAN INSPIRATIF DARI SINGKAWANG

Semakin banyaknya dukungan dari berbagai pihak, membuat banyak perempuan semakin menunjukan eksistensinya. Para puan ini sudah tak ragu lagi menunjukan semua bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Dukungan dan fasilitas seperti pendidikan juga melahirkan banyak kreativitas tak terbatas para puan ini. Salah satunya adalah Priska Yeniriatno, sebagai salah satu pemenang Desa Sejatera Astra (DSA) 2021, yang sudah mengembangkan Batik di Kota Singkawang.

priska yeniriatno
Source: https://www.instagram.com/p/CZfCMIIPjWp/


Mengenal lebih dekat Priska Yeniriatno

Priska mulai menyukai kegiatan membatik sejak tahun 2010, ketika berkuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta. Ia mulai mendalami pembuatan batik ketika tinggal di rumah nenek angkatnya di Jogja yang  merupakan seorang pengrajin batik. Hal ini lah yang menumbuhkan kecintaannya pada dunia batik.

Sepulangnya dari Yogyakarta tahun 2011, Priska menyadari bahwa Singkawang sebagai kota kelahirannya belum mempunyai batik khusus yang khas ala daerahnya. Sehingga membuatnya berinisiatif untuk membuat batik khas Singkawang dengan cara membentuk Galeri Workshop Kote Singkawang. Kemudian berproses dan berkembang menjadi Kampung Wisata Batik seperti halnya yang sudah banyak di Yogyakarta.

Perempuan hebat kelahiran 23 januari 1988 ini ternyata adalah Juara Wirausaha Muda Pemula Berprestasi tingkat nasional Bidang Industri Kreatif (Kemenpora). Prestasi lainnya adalah pernah menjadi The Big Starts Indonesia Top 100 Industri Kreatif, Satu Indonesia Awards terbaik tingkat provinsi. Ia juga pernah meraih Wirausaha Muda Mandiri Terbaik Kalimantan 2016 tingkat nasional dalam bidang industri kreatif.

Pernah terpilih juga sebagai Pemuda Pelopor Bidang Sosial Budaya, Pariwisata, dan Bela Negara Mewakili provinsi nasional. Juga pernah terpilih mewakili Indonesia dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia di Kuching, Serawak tahun 2015, dan juga meraih juara II Instruktur Batik se-Kalbar pada tahun 2014. Ternyata banyak sekali ya prestasinya. Benar-benar perempuan inspirasi.

Empowering Women dengan Kampung Wisata Batik Singkawang

Setelah tahun 2013 mendirikan rumah batik, maka tahun 2014, Priska mendapatkan bantuan dana dari Kementerian untuk melakukan pembinaan perempuan dalam hal pembuatan batik yaitu para ibu rumah tangga yang ada di sekitar Kota Singkawang selama empat bulan. Sayangnya sampai akhir pembinaan dari berjumlah 28 orang, hanya bertahan 8 orang saja yang sampai selesai.

Perjalanan panjang yang dilewati Priska dalam membangun dan mengembangkan batik khas Singkawang berbuah hasil. Yaitu dengan berdirinya kampung Wisata Batik Singkawang tepatnya pada 1 Agustus 2019.

Kampung Wisata Batik yang didirikannya, saat ini sudah banyak menghasilkan karya batik dengan jenis etnik suku-suku  yang ada di Kalimantan Barat seperti Melayu, Dayak, dan Tiongoa. Corak yang dibuatnya pun memiliki aneka ragam filosofi, ada yang bermotif tumbuhan, binatang lokal, sampai dengan filosofi kehidupan masyarakat setempat.

Saat ini Priska memiliki tiga Kampung Wisata Batik yang terletak di Kota Singkawang, yaitu Singkawang Barat, Singkawang Timur,, dan Singkawang Selatan. Kampung wisata batik ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan proses pembuatan batik secara langsung. Atau hanya sekedar membelinya sebagai buah tangan. Kampung wisata batik miliknya juga menyediakan workshop membatik bagi yang ingin belajar membatik.

Selain itu galeri batiknya yang semakin terkenal banyak juga dikunjungi dari wisatawan luar negeri, bahkan banyak diajdikan sebagai pusat belajar membatik di Kota Singkawang. Yang belajar di kampung batik ini ada dari wisatawan, masyarakat umum, pelajar atau mahasiswa, dan lainnya.

Lebih dari sekedar menghasilkan karya batik khas Singkawang, Priska sudah membuka wawasan banyak perempuan di sekitar kota Singkawang. Pemberdayaan perempuan yang dilakukannya melalui pembuatan batik, sudah banyak membantu perekonomian perempuan didaerahnya.

Pastinya pelatihan-pelatihan yang diberikan olehnya, sudah banyak membuka wawasan dan pengetahuan banyak perempuan, bahwa kita sebagai perempuan dapat mencapai prestasi selama kita mempunyai keinginan untuk berkembang.

Kegigihannya dalam membangun batik didaerahnya, pun menghasilkan sebuah prestasi sehingga kampung batik yang dibangunnya dengan penuh harapan dan semangat, juga menjadi salah satu pemenang Desa Astra Terbaik tahun 2021.

Referensi:

Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara. 2021. Membatik Dengan Hati, Priska Ajak Perempuan Percaya Diri dan mandiri. https://ppmn.or.id/membatik-dengan-hati-priska-ajak-perempuan-percaya-diri-dan-mandiri/. (Diakses pada 28 November 2022).

Pontianak Post. 2021. Membatik dengan Hati, Priska Ajak Perempuan Percaya Diri dan Mandiri. https://pontianakpost.jawapos.com/features/08/03/2021/membatik-dengan-hati-priska-ajak-perempuan-percaya-diri-dan-mandiri/. (Diakses pada 28 November 2022).

Tribun Pontianak. 2021. PROFIL Priska Yeniriatno, Pemilik Brand Batik Kote Singkawang. https://tribunpontianakwiki.tribunnews.com/2020/12/13/profil-priska-yeniriatno-pemilik-brand-batik-kote-singkawang?page=all. (Diakses pada 28 November 2022).

20 Comment

  1. Definisi perempuan muda dalam bilangan usia tetapi sudah melanglang buana dalam kiprah dan karya. Keren sekali mbak Priska.

    ReplyDelete
  2. Keren dan sangat inspiratifff
    Perempuan Indonesia bs belajar banyak dari sosok satu ini.
    Giat berkarya dan memberdayakan ya

    ReplyDelete
  3. Dengan kesabaran dan konsistensi semua bisa terwujud insyaallah
    Pastiny dengan izin Allah jg
    Inilah yg bisa kupetik pelajaranny dr beliau mba, aplg bidang yg dipilih rada ga umum, tp ga mnghalangi untuk berkibar

    ReplyDelete
  4. Mba Priska keren banget, capaian prestasinya ga main2. Hebat!
    Mba Priska, perempuan pembatik inspiratif yang sangat bisa ditiru semangat dan konsistensinya dalam menjalankan pekerjaan yang ditekuninya.

    ReplyDelete
  5. Dengan uraian motif batik yang dijelaskan oleh Mbak Mei aku jadi penasaran kaya apa ya batiknya. Kalau disini Kalimantan Selatan itu batiknya biasa disebut Sasirangan, Mbak.

    Selalu suka deh membaca kisah perempuan yang berdaya gini, dengan tekad bulat dan tentu saja kesabaran akan menghasilkan sesuatu.

    ReplyDelete
  6. Mbak Priska memang inspiratif (wuih ...nama kami hampir sama). Dalam usia yang relatif muda sudah memiliki karya dan prestasi yang membanggakan. Beliau tidak mau sukses sendiri, tapi ikut memberdayakan wanita yang memiliki minat dan potensi yang sama.

    ReplyDelete
  7. Waaa jadi penasaran sama batik Singkawangnyaa hihi.. keren banget yaa, inspiratif. Pastinya ngga mudah untuk menghasilkan karya itu apalagi ikut memberdayakan orang2 di sekitarnya

    ReplyDelete
  8. Batik setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khasnya masing-masing ya..
    Dan kagum dengan langkah Kak Priska dalam melestarikan salah satu budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Inspiratif sekali.. Benar perempuan bisa berdaya dalam ranahnya. Melestarikan kebudayaan sekaligus mengembangkannya.. Keren

    ReplyDelete
  10. Patut diapresiasi mba Friska karena melestarikan batik yang sudah jadi warisan budaya dunia

    ReplyDelete
  11. Keren sekali ya
    Masih ada orang yang peduli dengan batik sebagai warisan budaya ini
    Sangat inspiratif ya mbak

    ReplyDelete
  12. Batik ini memang nggak akan pernah lekang oleh waktu. Dan salut banget dengan anak Muda yang sangat perduli dengan baTik

    ReplyDelete
  13. Masya Allah keren sekali ya . Perempuan yang mampu berdaya dan melestarikan batik

    ReplyDelete
  14. Keren ya Kak Priska, mengangkat kearifan lokal untuk dikenal Indonesia, bukan hal mudah tapi juga bukan hal yag mustahil

    ReplyDelete
  15. Dengan kegigihan Mbak Priska akhirnya Singkawang punya batik ya. Keren.

    ReplyDelete
  16. selalu salut untuk perempuan-perempuan yang tak henti berkarya dan menggerakkan masyarakat dimanapun dia berada 😍 salut juga untuk astra yg ikut memperhatikan kesejahteraan Desa dan harta karunnya 👏

    ReplyDelete
  17. Hebat berkat dukungan semua pihak dan keuletan para puan akhirnya singkawang dapat mempunyai batikbdengan corak khasnya tersendiri...keyeennn

    ReplyDelete
  18. Wah belajar batik di Jogja dan akhirnya memperkenalkan batik2 asal Singkawang ya. Menarik dan salut banget deh membuat banyak orang berdaya

    ReplyDelete
  19. Wah baru tau saya di Singkawang ada batik juga pasti motifnya beda dengan tanah jawa ya

    ReplyDelete
  20. so shining so inspiring, mba Priska kereen ! Batik Singkawang semakin menambah kekayaan lokal Indonesia. Semoga makin banyak yang mengenal batik Singkawang.. termasuk saya nih, baru tahu kalau daerah Singkawang juga punya batik..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.