KREASI RESEP TELUR BALADO SEDERHANA ALA SUNDA

Negara kita kaya akan rempah sehingga bumbu apa saja dapat kita temukan. Hal ini membuat makanan kita dapat diolah dan dikreasi dengan berbagai cara dengan bumbu dan bentuk yang unik. Salah satu makanan enak Indonesia adalah Telur Balado dengan bumbu yang sangat melimpah. Resep Balado Telur ini sudah banyak macam dan kreasinya salah satunya adalah resep Telur Balado Sunda.

resep telur balado
Source: Personal Picture




Jika kamu berniat membuka usaha makanan, yang pertama paling dibutuhkan adalah kreatifitas pemilik usaha. Harus selalu inovatif untuk membuat makanan-makanan baru yang unik dan belum ada dimanapun. Kreatifitas yang dapat kamu kembangkan soal makanan salah satunya adalah membuat  balado telur dengan menambahkan bahan lainnya agar rasanya semakin unik atau bentuknya membuat yang melihatnya ingin mencobanya.

KREASI RESEP TELUR BALADO SEDERHANA ALA SUNDA DENGAN SUSU OMELA

Membahas Telur Balado, sepertinya Resep Telur Balado Padang adalah resep paling terkenal, karena memang asalnya dari Minangkabau. Dan kamu pastinya sudah hapal bagaimana membuat resep Balado Telur sederhana ini. Namun masih jarang bukan mendengar resep Telur Balado Sunda? Penasaran bukan apa bedanya?

Saya hanya akan menambahkan susu dalam penyajiannya, yang akan membuat rasanya semakin nikmat dan lezatoos pastinya. Jadi sudah siap membuat resep balado sederhana ala meimoodaema.com?

Bahan dan Bumbu

Bahan yang dibutuhkan sama dengan resep untuk membuat resep Telur Balado utuh atau resep telor balado ceplok pada umumnya, namun saya hanya menambahkan olahan susu saja untuk membuat rasanya lebih enak dan nikmat. Bahan-bahannya adalah:

🌿 1/2 kg butir telur
🌿 Minyak untuk menumis dan menggoreng
🌿 3 sendok teh susu Omela
🌿 Air secukupnya
🌿 2 helai daun bawang
🌿 15 cabe keriting
🌿 Cabai rawit sesuai selera pedas
🌿 4 siung bawang merah ukuran sedang
🌿 2 siung bawang putih ukuran besar
🌿 2 butir kemiri
🌿 1/2 sendok teh garam
🌿 1/2 sendok teh bumbu penyedap
🌿 1 gandu gula merah atau secukupnya
🌿 1 tomat ukuran besar

Cara Membuat

🥚Rebus telur kurang lebih selama 15-20 menit untuk mendapatkan matang yang sempurna. Setelah matang, angkat, tiriskan, kupas. Kupaslah setelah dingin agar putihnya tidak rusak.

🥚Goreng telur sampai berwarna kecoklatan. Setelah semuanya digoreng, angkat dan tiriskan.

🥚 Haluskan bumbu cabai keriting, cabai rawit, kemiri, bawang merah, dan juga bawang putih. Untuk rasa yang lebih enak biasanya di rumah menghaluskan bumbu dengan menggunakan cobek. Jangan menggunakan blender. Untuk kamu yang suka dengan resep telur balado pedas manis, maka rawit bisa ditambahkan sesuai selera.

🥚 Iris kecil daun bawang atau sesuai selera.

🥚Goreng semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan api sedang, sampai warna kekuningan dan mengeluarkan aroma wangi. Jangan lupa diaduk agar bumbu matang merata dan tidak hangus. Masukan daun bawang, dan oseng-oseng sampai layu.

🥚 Masukan garam, gula, dan penyedap secukupnya, serta potongan tomat yang sudah diiris. Buat kamu yang ingin membuat resep telur balado Jawa, pastinya gulanya akan lebih banyak.

🥚 Jangan lupa masukan susu dan aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata. Tes rasa bumbu, apakah bumbunya sudah cukup sesuai selera kamu, jika masih ada yang kurang langsung tambahkan dan aduk kembali sampai tercampur dengan baik.

🥚Setelah semua bumbu dan campuran susu matang dan cukup, masukan telur yang sudah digoreng, aduk sampai bumbu melumuri semua telur. Biarkan sampai harum dan bumbu meresap ke dalam terur, gunakan api sedang.

🥚 Angkat telur balado, hidangkan, dan siap disantap.

Mudah sekali bukan bahan dan bumbunya, juga cara buatnya. Membuat resep telur balado dengan menggunakan susu krimer mungkin masih jarang ditemui, tapi setelah mencoba berkreasi resep, ternyata rasanya nampol, rasanya makin gurih dan lezatnya agak berbeda dari biasanya. Nah untuk membuat olahan resep telur balado pedas ini saya menggunakan susu krimer dari Omela.

Jika kamu memasak balado telur ini dalam jumlah banyak, jangan lupa perhatikan tips menyimpan makanan enak ini. Biar ga basi alias awet sampai beberapa hari.

YUK #GantiCaraMasak DENGAN OMELA

Susu Omela Krimer Kental Manis memiliki rasa yang gurih dan sangat lezat, sehingga membuat olahan semakin nikmat. Susu krimer ini juga dapat digunakan untuk pelengkap minuman, penganan, dan juga olahan masakan kesukaan kamu.

susu omela


Sebenarnya saya tidak asing dengan merek susu ini saya sering melihatnya di beberapa swalayan bahkan di beberapa e-commerce. Selain itu saya juga sering melihat beberapa penjual seperti martabak langganan saya menggunakan taburan susunya menggunakan Susu Omela ini, dan martabak keju kesukaan saya alhasil rasanya makin mantapu. Enak banget, gurih dan makin lezat.

Penasaran dong saya, makanya mencoba mengkreasikannya di olahan makanan gurih yaitu resep Balado Telur, ternyata enak banget hasilnya. Masakan telur balado saya jadi luar biasa rasanya. Mencium aroma masakannya sangat menggugah selera, teksturnya juga sangat menggiurkan mata, jadi ga sabar kan pengen menyantap masakannya. 

Pantesan selama ini saya makan martabak kesukaan saya rasanya istimewa banget, ternyata karena susunya menggunakan susu Omela. Jadi penasaran deh buat coba kreasiin makanan atau minuman lainnya. Dan sepertinya saya penasaran ingin membuat es alpukat kocok yang dicampur dengan susu Omela. Duh bayanginnya kayaknya enak banget, seger.

Kamu sudah mencoba menambahkan Omela Krimer Kental Manis dalam olahan masakan atau minuman kamu di rumah, yuk sharing di kolom komentar jika sudah. Jika belum yuk mulai mencoba kreasi masakan atau minuman favorit kamu di rumah dengan menggunakan susu Omela.

18 Comment

  1. Boleh juga nih ditambah olahan susu biar rasanya terasa lebih istimewa. Selama ini ya bikin olahan balado telur gitu-gitu aja sih. Very nice artikel 👍👍

    ReplyDelete
  2. Susunya sebagai pengganti santan, biasanya pakai santan, atau kalau pakai susu lebih creamy? Bisa nih dijadikan hidangan favorite keluarga

    ReplyDelete
  3. Belum.pernah pakai susu omela maak...next coba beli mau cobain bikin telur balado kesukaan anak n suami. Kadang aq gagalnya di aduk2 sambalnya kelamaan jd gosong😭 (gusti yeni)

    ReplyDelete
  4. Kalau di rumah saya, telur rebus, terus digoreng sebentar, terus ditumis lagi dengan cabe, itu namanya telur bumbu bali, Mbak. Dan rasanya itu manis, gurih hehehe.
    Kadang juga, kalau masak rendang jawa, itu dikasih telur rebus.
    Tapi boleh juga ya, telur balado ditambah susu krimer, sebagai pengganti santan. Jadi penasaran pengin coba.

    ReplyDelete
  5. Hwah saya juga pakai omela, kemarin nyoba resep buat ayam goreng gurih dan memang gurih beneran hasilnya, krimer omela bisa banget jadi pengganti santan. Sehat dan ga ribet jadinya

    ReplyDelete
  6. eh bisa ya pakai susu kental manis gitu kak? wah jadi penasaran nih pengen niruin resepnya

    ReplyDelete
  7. Wow, resepnya tampak menggoda nih, Mbak. Kalau telurnya gak digoreng dulu, gapapa kan ya? Soalnya menggoreng telur itu agak tricky, takut nyiprat2 minyak, hehe. Makasih resepnya, otw recook, nih.

    ReplyDelete
  8. Saya biasanya kalo repot saya blender wkwwk padahal enak diulek ya mba.. beda tekstur tuh rasanya juga beda.. lebih sedep aja kynya..

    ReplyDelete
  9. Balado telur pakai krimer wah jadi pengen membayangkan rasanya bakal senikmat apa. Ah tapi ngapain dibayangkan ya, kan udah ada resepnya kak Mei, cuss kita coba hehe

    ReplyDelete
  10. Duhhh. aku jadi pengen coba buat juga dirumah nih. tinggal siapin nasi panas ama lalaapan... pasti ngebuat makan jadi makin bersemangat apalagi ada pedes dan gurih.... sedaaaap

    ReplyDelete
  11. Resep yg mudah untuk diaplikasikan, apalagi telor rebus salah satu makanan yg kugemari, dari putih ampe kuning kudoyan bgt.

    ReplyDelete
  12. ala Sunda jadi inget masakan mamaku deh jadinya mba, boleh juga nih dicoba resepnya, tar wiken praktekkin ah

    ReplyDelete
  13. Wah iya telur balado emang sudah biasa
    Yang beda adalah dimasak menggunakan susu Omela ini ya mbak

    ReplyDelete
  14. Wah, perlu dicoba nih... biasanya kalau bikin telor balado pakai santan... kalau pakai Omela pasti makin gurih dan lebih sehat tentunya ya.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah cobain bikin telur balado dengan Omela, jadi penasaran nih sama rasanya. So beleh juga nih resepnya, bikin telur balado jadi lebih spesial yang dengan pake Omela

    ReplyDelete
  16. Bumbunya simpel banget. Aku suka sama resep resep yanng simpel gini. Besok bisa di coba..

    ReplyDelete
  17. Aku jadi ingin ikutan mencoba resep rekomendasi kak Mei.
    Aku suka sama menu yang simpel tapi tetap lezat dan bahannya sehat, menggunakan Omela.

    ReplyDelete
  18. Baru tahu Omela bisa bikin telur balado enak. Bisa dicoba nih. Jadi pengen bikin deh

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.