REKOMENDASI WISATA KOTA DENGAN BANGUNAN UNIK DI RUSIA

Setelah sebelumnya membahas mengenai destinasi wisata alamnya, kali ini saya ingin membahas mengenai wisata kotanya. Kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk melihat destinasi wisata di Moskow dengan bangunan-bangunannya yang unik dan futuristik. Semua bangunan tersebut mempunyai sejarah besar untuk negara Matrioska ini.

benteng kremlin di rusia
Foto: Grimarika https://www.goodfon.com/

Dan pastinya wisata kota dengan bangunan unik dan bersejarah ini juga sangat rekomended dan masuk dalam bucket list para traveler dunia. Apa saja? Ini dia deretan rekomendasi wisata kota di Rusia.

BENTENG KREMLIN

Kremlin merupakan salah satu bangunan bersejarah di Moskow, Rusia. Benteng yang didirikan pada abad ke-15 dari batu bata ini, dibangun berbatasan dengan sungai, St. Basil Cathedral dan Red Square. Benteng yang awal mulanya digunakan untuk Tsar atau penguasa Rusia ini  memiliki 20 menara. Dan menara yang paling terkenal adalah Menara Spasskaya dengan tinggi 67,3 meter. Saat ini benteng indah ini menjadi tempat kantor Presiden dan sebagai pusat pemerintahan Rusia.

Para wisatawan dapat mengunjungi benteng ini untuk sekedar berfoto, melihat interiornya serta melihat-lihat desain bentengnya yang super futuristik. Instagramable banget untuk yang suka foto. Kremlin juga menjadi destinasi wisata paling poluler di Rusia saat ini.

MASJID QUL SHARIF

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata yang kaya akan sejarah. Masjid indah ini dibangun oleh I. Sayfullin dan S. Shakurof dan desain interiornya adalah A. Sattarov pada abad ke-16. Masjid dengan desain arsitektur yang cantik dan menawan dengan warna putih dan biru ini bergaya modern dan tradisional khas Rusia. Dan saat ini menjadi masjid utama di Republik Tatarstan dan Kazan dimana di kota ini penduduknya 50% beragama muslim.

qul sharif mosque in rusia
Forto: Canva


Masjid dengan tinggi menara 52 meter ini mampu menampung 1500 jamaah. Namun lapangan yang dimiliki masjid yang menghabiskan dana sekitar 400 rubel dalam pembangunannya ini, mampu menampung 10.000an jamaah. Saat ini masjid terbesar di Rusia ini dibuka untuk masyarakat umum sebagai destinasi wisata sejarah religi di Rusia.

Jadi jangan lupa mengunjungi Kul Sharif Mosque saat kamu berkunjung ke Rusia.

MASJID LALA TULPAN

Masjid yang dikelilingi hutan dan dibangun pada tahun 1900an ini terletak di Kota Ufa, dekat dengan sungai Belaya. Pembangunan masjid ini memakan waktu hampir 9 tahun. Kubahnya mirip dengan bunga tulip ketika sedang bermekaran.

Masjid yang didesain dengan dominasi warna merah ini merupakan karya arsitek moder ternama bernama Wakil Davlyatshin. Masjid yang memiliki menara kembar setinggi 53 meter ini merupakan masjid terbesar ketiga di Rusia setelah Masjid Akhmad Kadyrov di Kota Grozny dan Masjid Qolsharif di Kazan. Masjid yang pernah digunakan oleh Presiden Valdimir Putin dalam acara Talgat Tadzhuddin dengan para ulama muslim pada tahun 2001 ini dibangun sekitar tahun 1990 - 1998.

KAZAN CATHEDRAL

Adalah Gereja Ortodoks Rusia yang memiliki desain bangunan yang sangat futuristik. Nama lain dari gereja ini adalah Cathedral Our lady of Kazan yang didirikan pada tahun 1801 - 1811 oleh Andre Voronikhin yang merupakan salah satu arsitek hebat.

kazan cathedral di rusia
Foto: Canva

Bangunannnya dari luar telihat begitu kokoh dan futuristik. Unik pastinya. Buat yang hobi foto ini menjadi salah satu tempat wisata yang instagramable. Tiangnya yang berjumlah 56 tiang terbuat dari granit merah besar dan lantai marmer mosaik membuat gereja ini terlihat sangat mewah dan megah. Jadi wajib banget kamu kunjungi saat ke Rusia.

PALACE SQUARE

Bangunan Palace Square terletak di Dvortsovata Ploscha dikelilingi gedung-gedung penting di St Petersburg. Tempat yang banyak dijadikan acara besar Rusia ini dibangun pad atahun 1819 - 1829 oleh Carlo Rosi yaitu seorang arsitek neoklasik yang berasal dari Rusia.

Keindahan Palace Square sangat memanjakan mata. Lagi-lagi desainnya yang unik menarik banyak wisatawan untuk memasukan bangunan ini sebagai destinasi wsiata wajib saat ke Rusia. Cocok banget buat kamu yang suka berfoto. Cocok untuk dinikmati siang dan malam hari bersama bestie kamu.

RED SQUARE

Red Square dalah tempat wisata kota berupa hamparan lapangan di kota Moskow. Merupakan tempat sejarah dan sering digunakan sebagai tempat hiburan, parade militer, dan event-event besar masyarakat Rusia.

red square rusia
Foto: Canva

Awal berdirinya tempat dengan luas 7 hektar ini merupakan sebuah pasar dan sekarang sudah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO yang disahkan pada tahun 1990.

Landmark paling terkenal di Rusia ini dikelilingi oleh tempat-tempat bersejarah Rusia seperti Gereja St. Basil Cathedral, Dinding Kremlin, Lenin Mausoleum, dan State Historical Museum.

St. BASIL'S CATHEDRAL

Gereja dengan nama lain Pokrovsky Cathedral atau Pokrovsky Sobor, dan juga Svyatoy Vasily Blazhenny ini dibangun pada tahun 1551-1561 oleh Tsar Ivan Grozny atau Ivan The Terrible. Yaitu Tsar (penguasa) pertama Rusia untuk mengenang kemenangan Kazan Khanate pada hari raya keagamaan Perantaraan Perawan Suci.

st basil cathedral rusia
Foto: Canva

Gereja yang bmempunyai banyak kubah berbentuk bawang ini memiliki tinggi 46 meter dan luas hanya 64 meter persegi saja. Mempunyai desain warna yang sangat menarik yang ternyata deskripsi dari kitab suci. Keindahan gereja ini membuatnya masuk dalam Situs Warisan Budaya yang disahkan oleh UNESCO pada tahu 1990 bersamaan dengan Red Square.

Itu dia beberapa destinasi wisata di Rusia dengan bangunannya yang unik dan futuristik. Tapi jika kamu menyukai destinasi wisata alam, saya juga sudah menulikannya di artikel sebelumnya. Wajib banget didatangin pas ke sana ya. Atau kamu sudah pergi ke sana? Sharing yuk, pengalamannya di kolom komentar.

8 Comment

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Masya allah cantik bgt rusia ya mba, ada mesjid biru putih jug a d tengah kota. Red castle nya jg rasanya sayang bgt utk dilewatkan klo lg berkunjung ksana

    ReplyDelete
  3. masya allah bagus banget bangunan bangunannya keren banget sumpah design arsitekturnya

    ReplyDelete
  4. Cantik banget ya bangunan di Rusia, kubahnya unik dan warna-warni, segeerr!

    ReplyDelete
  5. Baca wisata ke rusia aku jadi inget boneka rusia yg khas banget, matryoskha yg lucu-lucu itu. Semoga suatu hari nanti bisa berkunjung ke Rusia

    ReplyDelete
  6. ya ampun cantik2 ya bangunannya dan colorful <3 semoga suatu hari aku bisa ke sana dan lihat sendiri, amiin!

    ReplyDelete
  7. Ih gemes bgt dari segi arsitektural juga unik bgt karna punya ciri khas yg bedaa wajib bgt dikujungi nih mba

    ReplyDelete
  8. saya baru tahu klu di rusia ada meesji yang bagus
    ternyata wawasan sy sangat minim tentang negara ini
    tapi senang bisa baca artikel ini krn nambah pengetahuan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.