TIPS TRAVELING KE PULAU DERAWAN

Derawan adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Selain karena keindahan pulaunya, Derawan juga memiliki ubur-ubur jinak yang hanya ada dua di dunia. Namun untuk menuju tempat ini memang tidak semudah anda menuju seperti ke Kepulauan Seribu. Karena anda harus menggunakan pesawat menuju Kalimantan, dilanjutkan dengan menyebrang laut dengan menggunakan kapal.

kepulauan derawan


Fasilitas yang ada di tempat ini juga tidak selengkap fasilitas pulau-pulau seperti yang ada di Pantai Marina atau Pantai Ancol. Jadi wajib banget mempersiapkan beberapa hal sebelum pergi ke sana, termasuk jangan salah satunya jangan sampai salah kostum. Apa saja tips traveling ke Pulau Derawan, ini dia tipsnya. 

Beli tiket lebih awal

Carilah tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah. Apalagi saat pandemi seperti ini, harga tiket lumayan tinggi juga karena adanya pembatasan pesawat. Pilihan lainnya berkunjunglah ke tempat ini saat sedang low season.

Perhatikan musim

Perhatikan musim atau cuaca saat berkunjung ke pulau cantik ini. Berkunjung pada musim kemarau karena cuaca sedang bagus, cerah, dan gelombang rendah. Selain itu juga lebih aman.

Jika musim penghujan, maka gelombang akan naik dan tinggi sehingga selain berbahaya kamu juga tidka bisa bermain di laut cantik ini untuk melihat binatang-binatang laiut penghuni pulau ini.

Gunakan jasa travel agent

Lebih baik menggunakan jasa travel agent untuk mengunjungi pulau surga ini. Karena jika sendirian biayanya akan jauh lebih mahal. karena kita harus sewa kapal besar. Setelah saya menghitung biaya sendirian dengan menggunakan travel egent ternyata jauh lebih murah.

Menggunakan travel agent semuanya kamu terima beres. Kamu akan dijemput dari bandara sampai pulang lagi ke bandara semuanya sudah diurus.

Tapi jika kamu memilih untuk backpackeran, wajib cek semua persiapannya ya, mulai dari pesawat, kapal, penginapan, transportasi termasuk kapal selama mengelingi pulau, makanan, dan juga tempat yang akan kamu kunjungi, wajib dipelajari terlebih dahulu. 

Membawa uang tunai seperlunya

Bawalah uang cash secukupnya yang diperlukan, karena di pulau ini belum tersedia ATM dan pembayaran semuanya masih cash. Jangan sampai kamu kebingungan karena kekurangan uang untuk membayar ini itu.

Membawa makanan dan minuman

Membawa makanan cemilan kesukaan sendiri rasanya akan lebih tepat membelinya dari kota, karena di pulau ini belum begitu banyak warung yang menjual berbagai cemilan. Kalaupun ada harapnya cukup mahal seperti di resort.

Membawa alat snorkling sendiri

Saran saya jika kamu hendak snorkling, bawalah peralatan snorkling sendiri. Seperti fins, google, snorkle dan lainnya. Selain lebih aman apalagi di masa pandemi seperti ini, alat-alat yang tersedia yang kamu akan sewa belum tentu cocok dengan ukuran tubuh kamu. Selain itu juga rasanya lebih hemat.

Lindungi kulitmu dengan sunblock, topi, payung

Sayangi kulitmu dimanapun dan kapanpun. Jangan lupa untuk membawa sunblock yang cukup karena tempat ini panas sekali dan pastinya cocok dengan kulit kamu ya.

Selain sunblock kamu juga bisa membawa topi atau payung untuk berjalan-jalan agar tidak terkena sengatan matahari secara langsung.

Membawa pakaian musim panas

Kalimantan terkenal dengan cuacanya yang panas, apalagi dipantainya. Jadi bawalah pakaian sesuai musim panas. Seperti yang menyerap keringat, tidak terlalu tebal, dan paling penting nyaman digunakan, jangan sampai kamu merasa kepanasan.

Membawa perlengkapan pribadi dan obat-obatan

Barang-barang ini seharusnya tidak akan pernah terlewatkan. Tapi tidak ada salahnya untuk mengingatkan. Bawa perlengkapan pribadi kamu seperti peralatan mandi, pakaian ganti untuk berenang dan lainnya. Termasuk juga obat-obatan pribadi yang kamu perlukan. Karena di tempat ini kamu tidka bisa bebas mencari obat-obatan yang kamu perlukan. Akan lebih baik kamu siapkan dan membawanya dari rumah.

Gunakan daypack daripada koper

Bawalah daypack jangan gunakan koper, waktu saya ada yang menggunakan heel dan daypack. Menurut saya membawa koper belum tepat untuk menuju tempat ini, karena kapal yang digunakan lebih ramah anda membawa daypack. Jalan turun dari dermaga juga harus melewati hembatan-jembatan yang kurang ramah jika kamu membawa koper. Mungkin lebih ke kenyamanan saja.

Siapkan memori HP atau kamera cadangan

Membawa cadangan memori untuk HP atau kamera sangat disarankan, apalagi buat kamu yang suka berfoto. tempat ini setiap spotnya sangat indah. Sayang jika dilewatkan untuk diambil gambarnya. Apalagi lautnya. Selain itu juga nanti jika menggunakan jasa travel agent kamu akan mendapatkan dokumentasi yang lumayan besar ukurannya.

Membawa powerbank

Listrik di pulau ini belum sepenuhnya nyala 24 jam, sehingga pastikan kamu charge HP dan kamera kamu selagi nyala. Membawa cadangan powerbank menjadi salah satu solusi jika kamu kehabisan baterai. Waktu saya ke sana listrik masih dibatasi.

Membawa pelindung HP atau kamera

Karena kamu mau bermain air, jangan lupa bawa pelindung perlengkapan fotographi kamu. Daripada nangis alat-alat photography kena air. Pastikan terbungkus aman dengan plastik untuk jaga-jaga agar tidak kena air.

Membawa kamera underwater

Ini salah satu barang yang wajib kamu bawa. Karena keindahan bawah laut Kepulauan Derawan ini ciamik banget. Apalagi nanti kamu bisa mandi dengan ubur-ubur jinak yang hanya ada dua di dunia. 

Membawa perlengkapan diving

Nah buat kamu yang hobi diving, wajib banget kamu membawa perlengkapan diving kamu yang biasa kamu pakai yaitu pakaian diving. Perlengkapan lainnya akan disediakan oleh operator diving di sana. Better kamu menggunakan baju diving yang kamu punya. Lagi-lagi masalah keamanan dan kenyamanan.

Jangan lupa juga bawa log kartu identitas atau kartu lisensis kamu sebagai diver untuk ditunjukin saat kamu mendaftar diving. Karena untuk bisa diving dimanapun tidak sembarangan, karena terkait dengan keamanan. Hanya orang-orang yang sudah mempunyai sertifikat diving yang diizinan untuk menyelam. 

Menjaga etika

Last but not least and important thing, hormati adat dan budaya masyarakat lokal ketika kita berkunjung kemanapun dan dimanapun. Ingat prinsip traveler sejati. 

“Jangan ambil apapun kecuali gambar (don’t take anything but pictures). Jangan bunuh apapun kecuali waktu (don’t kill anything but times). Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki (don’t leave anything but foot prints).

Jadi hormati budaya adat setempat dan jangan rusak lingkungannya. Be smart traveler.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Kepulauan Derawan. Atau kamu ada tips lainnya, yuk sharing di kolom komentar.

12 Comment

  1. yaampun Derawaaannn. dulu sempet tinggal di Balikpapan dan nggak sepet ke Derawan karena baru booming setelah aku pindah hiks sebel
    semoga besok-besok bisa ke sini
    soalnya bukan cuma aku, ibuku pun pengen ke sini haha 😁

    ReplyDelete
  2. Liburan yang enak itu liburan yang murah dan simple. Tapi ya pasti gak semenarik liburan yang butuh persiapan matang..

    ReplyDelete
  3. Dulu tahun 2016 pengen banget honeymoon ke derawan. Tapi karena aksesnya masih agak susah jadinya batal. Tapi di derawan itu ada penginapan di pulaunya atau harus di kota nginepnya kak?

    ReplyDelete
  4. Derawan ini di Kalimantan mana ya Kak? Teddy di Kalimantan Barat soalnya dan baru dengar destinasi wisata ini.

    Lengkap juga semua poin persiapan yang ada di artikel ini, keren.

    Terima Kasih Kak.

    ReplyDelete
  5. Tipsnya detail sekali.
    Beda sama artikel kebanyakan, yang kalau jelasin hanya pangkalnya saja kaya "butuh perencanaan matang" dah itu aja..wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Bener banget nih persoalan menjaga etika kadang kelupaan, dan jadi masalah rumit ketika kita ngga bisa menghargai atau ikut menjunjung tinggi yaa kak

    ReplyDelete
  7. Semoga next time bisa bareng keluarga. Udah lama ga liat pantai nih sejak pandemi

    ReplyDelete
  8. Saya baru 1x berkunjung ke kepulauan Derawan ini, dan pemandangannya memang bagus banget.

    ReplyDelete
  9. Wah seru nih kayanya kalau ada kesempatan mungkin bisa kesana kapan-kapan, semoga. Banyak juga yang perlu disiapkan ya hehe

    ReplyDelete
  10. Travelling paling sering lupa pake sunblock nih. Infonya bermanfaat banget. Thank u ya kak udah dirangkum.

    ReplyDelete
  11. Yaallah seru banget sepertinya kalau kesana dan pastinya banyak hal menarik. Semoga nanti bisa kesana. Terimakasih tipsnya kak 🥰

    ReplyDelete
  12. keren banget ini kegiatannya, aku belum pernah diving dan kalau travelling perlu banget ya bawa power bank. Makasih tipsnya buat aku makin termotivasi untuk jalan-jalan lagi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.