OLAHRAGA DI RUMAH KETIKA SEDANG MENSTRUASI

Olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan ketika sedang menstruasi Sangat banyak. Tapi di awal memang jangan terlalu berat. Meskipun selama ini banyak mitos yang menyebutkan bahwa selama menstruasi itu dilarang olahraga. Pada kenyataannya banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa olahraga saat menstruasi itu sangat bagus. Salah satunya dari International Journal of Health Education yaitu dengan olahraga yang teratur dapat mengurangi nyeri pada saat mentruasi. 

olah raga di rumah
Foto: Canva


AEROBIK

Olahraga pertama yang bisa kamu lakukan saat di rumah ketika sedang haid adalah aerobik. Kamu bisa menontonnya di Youtube. Cari gerakan yang ringan saja. Cari yang olahraga aerobik yang melibatkan orang lain. Sehingga kamu bisa mengajak saudara atau pasangan untuk melakukan gerakan itu. Kebersamaan dan interaksi ini akan membawa efek positif pada emosi kamu. Sehingga secara tidak langsung dapat meredam rasa sakit di perut kamu.

BERENANG

Buat kamu yang mempunyai kolam renang sendiri di rumah, boleh banget kamu olahraga renang saat haid. Sebenarnya karena tekanan air lebih besar, maka daerah haid tidak akan mengotori air kolam renang. 

Namun saya sarankan lakukan olahraga ini menjelang haid kamu berakhir. Hal ini untuk mengurangi rasa khawatir kamu, kalau darah haid akan mengotori air kolam renang. Renang akan membantu kamu mengurangi rasa nyeri dan stress akibat sedang haid. Pastikan juga jangan terlalu lama, karena meskipun hampir selesai, pembuluh darah vagina masih terbuka selama haid belum berakhir, agar bakteri tidak masuk.

BERSEPEDA

Olahraga ini juga bagus dilakukan saat kamu sedang haid. Tapi jangan lakukan ini ketika haid masih dalam kondisi deras. Lakukan olahraga ini setelah beberapa hari haid. Kamu bisa melakukan sepeda di sekitar rumah kamu saja jangan terlalu lauh.

Selain dapat mengurangi sakit keram si perut, dengan bersepda kamu dapat melihat pemandangan sekitar rumah, atau melihat tetangga yang pastinya akan membuat kamu lebih rileks dan mendorong perasaan kamu.

JALAN KAKI

Kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah misalnya bolak balik di ruangan, keliling rumah melihat pemandangan. Olahraga ringan ini akan membantu mood  menjadi lebih baik. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

JOGGING

Olahraga ini bagus kamu lakukan menjelang akhir haid. Kamu bisa melakukan jogging di sekitar rumah atau berkeliling rumah. Lakukan gerakan dengan santai tapi menyenangkan. Semakin banyak bergerak maka akan mendorong kamu memiliki kekuatan. Karena biasanya menstruasi membuat badan kita lemas dan bawaannya ingin rebahan saja. Nah dengan jogging akan memberikan kamu energi yang bagus untuk tubuh kamu.

MENARI

Olahraga di rumah saat sedang haid yang biasa saya lakukan adalah menari. Efek dari menari ini selain dapat meredam rasa nyeri di perut, pastinya juga akan membuat efek bahagia dalam tubuh kita. Saya biasanya menontonnya di Youtube dan mengikuti gerakannya. 

Kadang kesalahan yang saya buat membuat saya tertawa. Tertawa sebagai bentuk bahgaia ini saya rasakan dapat mengurangi rasa sakit di perut saat haid. Tapi pastinya menarinya juga dengan gerakan yang ringan saja.

PILATES

Olahraga ini sangat bagus untuk membentuk otot tertentu di bagian tubuh kamu. Olahraga ini akan meredakan beberapa sakit di bagian belakang kamu. Dan hasil penelitian Sari dan Mukarammah (2017) olahraga ini dapat membantu meredakan nyeri saat haid.

PEREGANGAN

Salah satu olahraga saat haid yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan melakukan peregangan. Olahraga ini akan cukup membantu mengurangi rasa sakit di perut ketika haid. Kamu bisa melakukannya di tempat yang nyaman. Misalnya di tempat tidur atau sofa. Misalnya kamu bisa telentang dan sandarkan kaki kamu ke dinding, hal itu akan membantu meredakan nyeri di perut kamu.

PUSH UP

Olahraga satu ini sangat membantu otot tangan menjadi lebih kuat. Namun ternyata olahraga ini juga sangat bagus kamu lakukan ketika sedang haid. Karena olahraga ringan ini dapat mengurangi nyeri dan keram pada otot perut. Lakukan olahraga ini dengan perlahan dan jangan terlalu lama.

SIT UP

Sit up rutin saya lakukan untuk kekuatan otot perut dan pernapasan. Perut dan pernapasan yang baik sangat berpengaruh terhadap perjalanan mendaki kita.

Selain itu olahraga ini juga sangat baik untuk jantung, dapat membakar kalori, memperbaiki postur tubuh, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, memperlancar peredaran darah, dan juga memperbaiki dan memperkuat otot pinggul dan punggung. Sehingga akan membantu kita lebih kuat saat membawa beban carier.

SENAM RINGAN

Senam ringan akan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan membuat mood kamu jadi lebih baik. Dapat mengatasi pegal yang mengganggu selama haid dan mendorong good mood kamu. Kamu bisa menontonnya dari Youtube dan ikuti gerakan ringan yang mereka rekomendasikan.

YOGA

Nah, ini dia olahraga terakhir yang bisa kamu lakukan di rumah saat sedang monthly period. Olahraga ini akan membantu kamu lebih tenang dan menaikan mood baik kamu, sehingga dapat membuat emosi kamu lebih terkontrol. Selain melatih pernapasan dan konsentrasi, juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid kamu. 

Tapi ingat ya ada beberapa gerakan yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat haid, seperti handstand atau yang memposisikan kepala di atas.

ZUMBA

Nah, olahraga di rumah terakhir yang saya rekomendasikan untuk kamu ketika sedang haid adalah Zumba. Kamu bisa menontonnya di Youtube. Lakukan dengan keluarga di rumah akan lebih menyenangkan. Pilih gerakan zumba yang ringan saja. Zumba biasanya akan membuat kita lebih banyak bergerak dari ujung rambut sampai ujung kepala. hal ini akan mendorong hormon bahagia kamu semakin meningkat dan perlahan mengurangi sakit atau lemas saat haid. 

Tapi ingat ada beberapa yang harus kamu perhatikan ketika melakukan olahraga saat haid. Pertama, durasi olahraganya di atur jangan terlalu lama. Kedua, jangan melakukan olahraga yang berat seperti Muay Thai, Taekwondo dan sejenisnya. Ketiga, hindari olahraga angkat beban. Keempat, hindari olahraga di air seperti berenang ketika masih deras. Kelima, lakukan olahraga ringan yang membuat kamu lebih happy dan enjoy saat melakukannya, ini paling penting.

Itu dia olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan saat sedang menstruasi. Pastinya akan membantu mengurangi sakit saat sedang haid dan membuat mood kamu menjadi lebih baik. Selamat olahraga dan jangan lupa bahagia

20 Comment

  1. olahraga perlu banget ini menjaga kesehatan ya apalagi aku sekarang udah usia 41 tahun jadi perlu banget rajin olahraga nih, biar haid juga jadi lancar

    ReplyDelete
  2. Yes, gak ada alasan lagi buat skip olga meski sedang haid ya Mbak, kl saya suka dumble juga, lumayan ada pergerakan tubuh biar gak males2an hihi. Nice share Mbak, makasih ^^

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya cuma jalan kaki or senam ringan di rumah mbak. Emang ngebantu buat ngurangin nyeri saat menstruasi datang.

    ReplyDelete
  4. Penting banget nih untuk gaja imun, selagi kita sedang M tiap bulan, secara jika keluar butuh banyak persiapan, salam sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Olahraga simple, tapi jadi hal yang mujarab buat daku dengan berjalan kaki, karena efeknya rasa mulas jelang hari-H bisa bubar, hehe.

    ReplyDelete
  7. Tantangan banget nih olahraga kalau lagi haid tuh, apalagi di masa2 awal baru haid badan rasanya lemes banget pengin dibawa rebahan aja.

    Tapi sepakat sih mbak, tetep mesti semangat olahraga akhirnya menyiasatinya dengan yang ringan-ringan.

    Aku tertarik yoga sih mbak. Kayaknya bakalan dicoba nanti.

    ReplyDelete
  8. Aku jujur suka skip olahraga nih kalo pas lagi haid, gak nyaman aja gitu pake pembalut terus olahraga, ngeri bocor aja gitu, kayanya enak work out ringan di rumah pakai mat gitu yaa

    ReplyDelete
  9. Terimakasih sharingnya mba. Memang pd saat haid biasanya mager ya pengennya tiduran aja sambil merasakan nyeri tapi ternyata dengan bergerak dan berolahraga justru mengurangi rasa nyeri dan membuat bahagia

    ReplyDelete
  10. Ternyata bagus juga olahraga saat haid ya mbak.. Biasanya kalau lagi dapet suka mager gitu. Padahal olahraga bisa bikin seger dan badan fit.

    ReplyDelete
  11. Menstruasi bukan jadi penghalang dong bagi perempuan untuk tetap bisa menjalani olahraga

    ReplyDelete
  12. Aku tuh kalau mens malah males bangett olahragaa hikss, padahal ini penting banget yaa mbaa :(( biar lancar dan tetepp enak di badan

    ReplyDelete
  13. Kalau lagi menstruasi rasanya pingin rebahan mulu, males banget buat nggerakinbadan. gimana donk kak biar meski sedang menstruasi tetep semangat olahraga.

    ReplyDelete
  14. Hari-hari awal menstruasi tuh enggak enak banget, segala terasa, bikin mager... Tapi kalau dibawa olahraga , justru bikin enak...

    ReplyDelete
  15. Menstruasi emang sering jadi excuse biar libur olahraga, padahal banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan saat mens yaaa

    ReplyDelete
  16. Aku kalau lagi hadi bener bener sulit bergerak di hari 1-3
    Makanya rebahan aja terus kerjanya
    Semoga bisa yoga deh habis ini

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau kita lagi menstruasi boleh olah raga. Ternyata bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Boleh rensng juga ya? Tapi takut kalau darah menyebar di air hehe

    ReplyDelete
  18. Wah, ternyata ada banyak banget pilihan olahraga pas mens ya kak. Jadinya nggak sewot dan rebahan doang nih waktu datang bulan, tetap sehat dan produktif

    ReplyDelete
  19. Ternyata ada banyak jenis olahraga ya yang tetap bisa dilakukan di rumah sekalipun dalam kondisi haid. Boleh dicoba nih olahraganya.

    ReplyDelete
  20. Pingin coba yoga sejak beberapa bulan lalu tapi belum kesampaian euyy.
    Padahal ada teman instruktur yoga udah ngajakin. haha.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.