11 TIPS MAKAN SAAT TRAVELING

Setiap restoran atau rumah makan di tiap daerah atau negara pasti mempunyai aturan yang berbeda. Sehingga kita harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah makan tersebut. Atau juga terkait hal-hal lainnya. Nah buat kamu yang sering traveling, saya mempunyai 11 tips makan saat traveling. Tips ini berlaku di Indonesia ataupun saat berkunjung e luar negeri dan semua rumah makan.

tips makan saat traveling



1. MEMBAWA ALAT MAKAN DAN MINUM SENDIRI

Salah satu tips yang sering saya lakukan adalah membawa perlengkapan makan sendiri. Saya pernah melihat petugas rumah makan melap sendok dan garpu bekas makan pelanggannya. Kemudian dia menyimpannya kembali ke piring baru untuk disajikan ke tamu yang baru datang.

Jadi be aware ya soal kebersihan dan kesehatan kamu dari hal kecil seperti ini. We can't control what they do. Mungkin akan berbeda ketika kamu makan di resto yang mewah, gunakan saja peralatan yang mereka sediakan tapi tetap lap dengan tisu terlebih dahulu ya alat makan seperti sendok garpunya.

2. SAAT DI RESTO PASTIKAN MENU MAKAN YANG DIPESAN BARU

Nah, saya mengalami juga, ada satu menu yang tidak disentuh sama sekali oleh pelanggan, lalu disajikan lagi ke tamu yang memesan menu yang sama. 

Pastikan hidangan yang kita pesan yang fresh, atau baru. Caranya? Jika itu makanan, kalau misalkan baru pasti masih hangat atau panas. Jika minuman hangat ya pasti akan panas atau hangat. Jika minuman dingin, pasti esnya juga dalam kondisi masih beku. Jika tanpa es tapi minuman dingin, pasti digelasnya akan ada air yang mengembun.

3. JANGAN MAKAN BUMBU TENGAH DI RESTO

Di beberapa resto atau rumah makan biasanya tersedia bumbu tengah seperti saos, kecap, sambal, garam, lada, atau lainnya. Biasanya tempat bumbu tengah bisa dibuka. Saya pernah melihat seorang tamu memasukan gigitan makanannya langsung ke bumbu tengah tersebut. Well, we never know. Apakah dia sehat atau tidak.

Saya belajar dari pengalaman itu. Karena itu sangat jorok dan pastinya juga ga etis. Jadi kalau kamu mau memakannya, pastikan tempat bumbu tengah tersebut tidak mudah dibuka atau menggunakan botol dan tidak bisa diambil dengan sendok. Better kalau ga ribet kamu bawa bumbu tengah sendiri kemasan kecil. Ribet ya? Big no, demi kesehatan kita.

Tentu saja akan berbeda ya jika kamu makan di tempat mewah. Biasanya bumbu tengah akan disajikan dalam bentuk botol yang terlihat lebih higienis dan tidak bisa asal celup makanannya. Tapi saat ini sudah banyak ko rumah makan yang sudah menyajikan bumbu tengah dengan botol atau tempat yang lebih aman.

4. SISTEM PEMBAYARAN

Sebelum kamu memesan makanan jika kamu ingin menggunakan pembayaran dengan kartu atau e-wallet, pastikan mereka mempunyai fasilitas ini. Jangan sampai pada saat membayar ternyata mereka hanya menerima cash, sementara kamu tidak memiliki uang cash. Kan ribet harus mencari ATM terlebih dahulu.

5. CEK TERM & CONDITION PEMBAYARAN DENGAN KARTU

Seandainya restoran atau rumah makannya menerima pembayaran menggunakan kartu, pastikan juga ketentuannya. Jangan sampai jika menggunakan kartu ternyata dikenakan biaya gesek. Baik itu untuk kartu kredit ataupun kartu debit ya.

6. CEK TERM & CONDITION UNTUK PROMO DAN DISKON

Tips traveling lain saat makan di restoran yang wajib banget kamu perhatikan adalah, ketika ada promo atau diskon, pastikan ya term and condition bisa kamu penuhi. Jangan langsung senang atau percaya dengan promo atau diskon.

Misalkan biasanya promo hanya berlaku bagi pemegang kartu bank tertentu dengan warna apa juga wajib banget kamu perhatikan. Kemudian minimum ordernya juga harus berapa, wajib kamu cek ya.

Nah kalau di luar negeri ada juga ketentuannya misalkan promo diskon hanya berlaku bagi lansia. Jangan sampai kamu sudah mengantri ternyata bukan untuk kamu. Wajib cek ya.

7. TANYA HARGA

Jika saat traveling kamu masuk ke restoran atau rumah makan dan ternyata dimenunya tidak mencantumkan harga. Jangan malu, tanya masing-masing harga makanan yang ingin kita pesan. Hal ini untuk mengurangi pembayaran yang membengkak. Banyak kejadian belakangan ini di tempat wisata, traveler harus membayar harga tidak masuk akal untuk makanan yang mereka makan.

8. PASTIKAN BOLEH MEMBAWA MAKANAN ATAU MINUMAN DARI LUAR

Ada beberapa restoran atau rumah makan yang mempunyai ketentuan, saat makan di tempat mereka, semua pengunjung dilarang membawa makanan dari tempat lain.

tips makan di restoran saat traveling



Apalagi kalau kita traveling ke luar negeri, membawa saus atau bubuk cabe, atau kerupuk mungkin menjadi salah satu alternatif dan sering dilakukan para traveler. Karena kita terbiasa dengan makanan itu sehingga merasa tidak lengkap kalau makan berat tanpa itu. Jadi, sebelum kita ditegur, alangkah baiknya kita bertanya ke petugas restoran boleh atau tidak membawa makanan atau minuman dari luar.

8. PELAJARI TENTANG MEMBERI UANG TIP

Jika kamu makan di negara luar, hati-hati soal tip. Tidak semua negara menganggap tip hal yang menyenangkan. Untuk beberapa negara, memberikan tip kepada mereka bisa jadi sebuah hal yang kurang baik. Misalkan Jepang, jangan pernah memberikan uang tip saat makan di restoran ketika ke Jepang. Mereka akan merasa tersinggung karena itu perbuatan yang dianggap tidak sopan.

Atau bahkan dibeberapa negara, uang tip sudah termasuk dalam struk pembayaran yaitu biaya pelayanan seperti di negara Australia, Denmark, Belgia, dan Malaysia.

9. JAGA KETENANGAN

Restoran atau rumah makan adalah tempat umum. Jadi ketika kamu makan bersama dengan teman-teman travelermu, tetap jaga ketenangan suasana alias jangan berisik. Jadi wajib pelajari juga kebiasaan di daerah atau negara tujuan ketika sedang makan.

10. RAPIKAN BEKAS MAKAN

Di beberapa negara, semua tamu resto atau rumah makan biasanya akan membersihkan dan merapikan bekas makan sendiri atau self service. Membuang sisa makanan ketempatnya dan merapikan alat makan ke tempat yang sudah disediakan.

11. INGAT 4 MAGIC WORDS

Selama makan di rumah makan selalu ingat 4 magic word yaitu tolong, terima kasih, maaf, permisi. Ucapkan tolong ketika kamu membutuhkan bantuan semua petugas restoran atau warung makan. Ucapkan terima kasih untuk semua bantuannya, misalkan mereka selesai menyajikan makanan. Maaf atau permisi juga jika kamu hendak merepotkan atau meminta bantuan kepada mereka.

Itu dia 11 tips makan saat traveling. Mungkin pengalaman setiap orang akan berbda-beda ya. Yuk sharing pengalaman kamu ketika makan saat traveling. Ada yang mengalami hal kurang menyenangkan? Bisa jadi pelajaran untuk traveler lainnya. Sharing di kolom komentar ya.

27 Comment

  1. wah good tips banget nih :) setuju nih sama jangan makan bumbu tengah atau bumbu tambahan di resto, karena sering banget nemuin saos atau kecap yang udh jamuran huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gegara baca poin bumbu tengah, saya jd kepikiran. biasanya saya makan mi ayam, dg tempat saos dan sambal yg pastinya terbuka lebar buat cocolan2 kerupuk / pangsit. jd kepikiran...iya juga ya, apalagi di masa begini kalo ada bekas gigitan orang...engggggg

      Delete
  2. Wah, soal bumbu pun harus menjadi perhatian ya Mbak. Emang sih, sau saus gitu kalau jorok kan ya serem yak. Huhu.

    ReplyDelete
  3. aku lebih concern dgn etika sih, yaitu bawa makanan dr luar..suka2 org gak paham soal itu, karena sbrnya GAK BOLEH makanan dr luar lho guys, so jgn lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kadang kasian ya sama yang punya restorannya, kaya gak menghargai gitu huhu

      Delete
  4. Tipsnya bagus sekali, Mbak. Dan sudah ada beberapa tips yang saya terapkan. Salah satunya, saya selalu menanyakan harga dulu sebelum memesan makanan. Karena pernah saya langsung pesan, pas bayar, harganya melonjak hehehe. Terus sekarang, saya pas ngebolang bawa alat makan sendiri. Karena itu, pernah minum es sop buah, kok sendoknya ga ada. pas minta ke abangnya, eh, langsung dikasih sendok bekas orang hahaha.

    ReplyDelete
  5. Wah jorok banget ya ada yang masukin langsung makanannya ke bumbu tengah. Memang lebih aman kalo bawa bumbu sendiri. Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  6. Bawa makan sendiri saat traveling memang lebih nyaman. Meski pas saat makan perlu diperhatikan sekeliling apakah boleh makan di situ dan juga jangan sembarangan buang sampahnya

    ReplyDelete
  7. Aku baru sadar soal bumbu tengah biasanya malah di hotel sih mbak yg ada n iya juga y klo ada tamu lain yg sejorok itu jijiknya sih engga terlalu cuma mikir aja berkuman g nantinya

    ReplyDelete
  8. Yacckkkss jorok banget sih masak bekas gigitan dicocolin ke bumbu tengah. Eh ada juga yang menghidangkan sendok garpu yang blm dicuci wew, mana pandemi gini kita kan jadi serba waswas yah.

    ReplyDelete
  9. duuh geli ya Mbak saat lihat kejadian seperti itu di depan mata kita, saya auto gak jadi makan deh kalau seperti itu. Mendadak kenyang karena ilfil.
    noted banget nih tipsnya, semoga nanti bisa traveling lagi :)

    ReplyDelete
  10. duh soal bumbu di tengah itu ya.. aku juga jadi overthinking gara2 kapan hari lihat video yang viral ada mbak2 seenaknya masukin aja itu tahu ke dalam wadah sambal yang besar, padahal itu udah bekas dia gigit. aslii jorok banget

    ReplyDelete
  11. aku masih bingung soal bumbu tengah ini mba mei., apa kayak misal bakso biasanya di meja ada sambal, saos, kecap gitu ya?

    aku suka sih bawa makanan dari luar, tapi emang kebanyakan resto itu ya melarang membawa makanan dari luar sih ya

    ReplyDelete
  12. Ewww mbaa, aku ga kepikiran sampe ada orang yg nyocolin makanannya ke bumbu tengah. astagaaaa T_T ngga kebayang yg makandisitu bakal bereaksi seperti apa yg nyadar tuh yaa.

    ReplyDelete
  13. Wah susah nih kalo makan bakso ya karena sambalnya itu pasti ada di meja dan baru diganti setelah habis. Kalau rumah makan lain, rata-rata baru semua sih termasuk sambalnya.

    ReplyDelete
  14. Good tips, mba. Karena terkadang bukan tentang rasa dan pelayanan resto aja ya, tapi etika kita juga sebagai pembeli.

    ReplyDelete
  15. Waduh, bagian bumbu tengah itu aku baru tahu, kak Mei.
    Selama ini yaa..kalau makan di tempat makan umum yaa..mengandalkan bumbu yang ada di warung plus peralatan makannya.

    Dan aku sempat kena Hepatitis A, kak Mei.
    Akibat suka makan di tempat makan sembarangan.

    ReplyDelete
  16. Langsung bisa dipraktekin nih semuanya kalau traveling. Terutama magic wordnya. Penting banget sih dan biasanya ini juga jadi penolong di banyak hal ngga cuman makan

    ReplyDelete
  17. yang paling penting sih bawa hand sanityzer, tisu dan e-wallet sih kalau aku mba. aman deh kalau bawa semua itu

    ReplyDelete
  18. makasih tipsnya, Mba. pengetahuan yang bermanfaat banget bagi para traveler

    ReplyDelete
  19. Tips yg nomor 9 daku rada gak pede Mbak soalnya kl traveling bareng keluarga anak yg bungsu meski sudah dibriefing dari rumah tetep kadang suka lari2an keliling2 resto, hiks... kl di negara lain takutnya mengganggu publik yahh

    ReplyDelete
  20. Kalau aku kadang suka baca review tempat makan yang mau dikunjungi dulu, yaa itung-itung bisa mempersiapkan beberapa hal yang perlu/tidak perlu.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengingat buat aku yang butuh informasi ini ketika traveling apalagi kalau sama anak anak perginya

    ReplyDelete
  22. yang bagian bumbu tengah itu mbak. hihihihi...ternyata ada yang seperti itu ya. Saya sering kepikiran juga kalau pas makan bakso itu rasanya pengin bawa sendiri saus dan kecapnya.

    ReplyDelete
  23. Wah tipsnya keren dan suip. Tapi saya suka sungkan kalau pas traveling mau tanya harga menu bila tdk ada daftar harga. Ini penting ya ternyata biar gak kebablasan harga

    ReplyDelete
  24. Saya juga berusaha merapikan meja sewajarnya setelah makan di resto. Agar saya nyaman juga, selain kayaknya lebih beradab, ya.
    Untuk saos dsb si bumbu tengah itu, kebetulan saya jarang ambil juga. Tapi ngeri kalau ada pelanggan yang ngawur gitu.

    ReplyDelete
  25. Tips nya bermanfaat banget nih buat saya yang berencana mau traveling bareng suami. Soal makan kt memang perlu savety bgt

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.