CERDASKAN SI KECIL DENGAN LAGU ANAK ANIMASI 3D HOALA & KOALA

Mempunyai saudara seorang guru PAUD memiliki manfaat tersendiri bagi saya. Saya banyak bertanya apakah banyak lagu anak-anak terbaru untuk didengarkan anak-anak. Jawabnya masih sama saja lagu-lagunya dengan sebelumnya. Kami juga sering sharing apa sih manfaat musik untuk anak-anak. Dia sebutkan satu persatu dan ternyata banyak loh.

hoala koala meimoodaema
Sumber gambar : https://www.hoaladankoala.com/musik-anak-indonesia-dan-hoala-koala/


Manfaat Kenalkan Musik Sejak Dini Bagi Si Kecil 

1. Mencerdaskan otak anak

Ternyata hasil penelitian, ketika seseorang mendengarkan musik, termasuk anak-anak, getaran musik akan masuk ke dalam jiwa kita melalui neuron otak, neuron-neuron yang jumlahnya jutaan itu kemudian akan aktif dan hal itu dapat mencerdaskan otak kita.

So, mulai sekarang yuk ajak si kecil untuk mendengarkan musik sesuai dengan usianya, untuk membantu meningkatkan kecerdasannya.

2. Menambah kosa kata anak

Dengan mendengarkan sebuah lagu pastinya sesuai dengan usianya, akan membantu memperkaya kosa kata atau bahasa si kecil. Hal ini tentu saja akan pelan-pelan membantu perbendahaaran kata si kecil.

3. Mengubah mood anak

Lagu membuat perasaan kita lebih baik, tidak hanya bagi orang dewasa, begitupun untuk anak-anak. Bila si kecil sedang sedih atau menangis, mendengarkan atau menonton musik membuat mood si kecil menjadi ceria, atau bisa dicoba dengan lagu yang nadanya lebih kencang atau nge-beat dikit.

4. Melatih kreatifitas si kecil

Mengajaknya mendengarkan dan menonton sebuah musik berupa lagu anak, akan membuatnya lebih kreatif. Momi bisa mengajaknya sambil menari dan mempraktekan dari lirik yang didengarkan.

5. Membangun bonding  anak dengan orangtua

Saya sering menyaksikan saudara saya sambil masak mengajak anaknya ikut memasak dan bernyanyi bersama. Kadang ada lirik yang keliru yang diucapkan oleh keponakan saya, sesaat mereka akan berhenti dan saling tatap. Lalu keduanya tertawa bersama. 

"Yah dede lupa, Mah" ucap keponakanku.

"Gpp namanya juga belajar, entar dede pela-pelan hapal ko" jawab mamanya.

Terus saya yang lihat adem and I can see how their chemistry. Make me feeling happy.

6. Melatih percaya diri anak

Semenjak sering mendengarkan musik dan ikut bernyanyi, saya melihat keponakan saya lebih percaya diri. Sudah tidak malu lagi kalau saya suruh nyanyi. Terus kalau ga hapal liriknya dia akan tanya saya. Padahal sebelumnya dia kalau disuruh nyanyi, akan diam aja, malu-malu gitu.

7. Meningkatkan kemampuan berpikir

Kadang keponakan saya suka lupa dengan liriknya untuk lagu yang lumayan panjang. Dia akan berdiam sejenak dan mengingat liriknya. Secara tidak langsung saya melihat ini salah satu proses dia untuk belajar berpikir yaitu mengingat lirik.

8. Mengajarkan si kecil untuk membaca, menulis, dan menghitung

Memintanya membaca lirik, atau menuliskannya pada kertas atau papan tulis, serta menyanyikan sebuah lagu yang ada hitungannya, secara tidak langsung sedang mengajarkan anak membaca, menulis, dan menghitung.

9. Melatih konsentrasi anak sejak kecil

Mendengarkan musik tertentu juga dapat meningkatkan konsentrasi anak. tentu saja hal ini akan sangat bagus untuk tumbuhkembangnya di masa yang akan datang. Tapi pastikan lagu yang didengarkannya adalah lagu yang sesuai dengan usianya. Dan carikan lagu yang menyenangkan serta mengedukasinya.

Yuk kenalan dengan Hoala & Koala

Tahun 2020 channel Youtube Hoala & Koala lahir sebagai bentuk jawaban keresahan orang tua. Dimana lagu-lagu anak sudah hampir punah. Dikemas dengan animasi 3D dengan karakter disesuaikan zaman sekarang yaitu era digital. Dan saat ini sudah mempunyai 5 album dan lebih dari 45 lagu anak anak terbaru yang dapat dinikmati tidak hanya di Youtube, tapi juga di Spotify dan juga iTunes.

Cerita Hoala & Koala dikemas dengan karakter 3D dengan tujuan agar karakternya tidak lekang oleh waktu. Sehingga tidak khawatir karakter mereka akan tumbuh dewasa dan merubah suara mereka.

keluarga hoala koala
Sumber gambar : https://www.hoaladankoala.com/musik-anak-indonesia-dan-hoala-koala/


Karakter dalam animasi ini adalah seorang anak kecil dengan nama Hoala dan seekor Koala. Keduanya adalah sepasang sahabat yang senang bernyanyi. Sehingga kedepannya akan mengeluarkan banyak lagu untuk anak-anak.

Selain Hoala & Koala, ada juga karakter Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan juga lainnya yang akan mewarnai karakter suara dalam nyanyian yang disajikan. Dengan banyaknya karakter dalam animasi ini, akan membuat pendengarnya tidak bosan dan juga akan membuat orang tua terhibur ketika mendengar dan menonton animasi ini.

Sebagai bentuk keseriusan pendiri Hoala & Koala dalam menciptakan lagu anak-anak ini, telah melibatkan banyak musisi internasional juga loh dalam aransemen musiknya.

Selain itu juga banyak alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak-anak dalam pembuatan lagu animasi ini. Seperti Saxophone, Terompet, Double Bass, Trombon, Klarinet, Cello, dan juga Harpa. Serta melibatkan instrumen musik etnik milik Indonesia juga loh yaitu Gamelan dan Angklung.

Uniknya lagi dalam pembuatan lagu anak Hoala & Koala ini tidak hanya mengusung genre Children Pop, tapi dibuat variasi lainnya juga seperti genre Jazz, Big Band, Swing, Kpop, hingga variasi genre Etnik.

Karakter dalam Hoala & Koala

Sebelum menontonnya, yuk kenalan siapa saja karakter animasi 3D dalam Hoala & Koala.

  • Hoala yaitu seorang anak perempuan cerdas dan pandai menyanyi dari keluarga Awandi yang masih berusia 3 tahun yang gemar minum susu coklat dan stroberi.
  • Koala yaitu seekor hewan yang mampu berbicara berasal dari negeri Mykonos yaitu merupakan dunia yang ada dalam buku cerita milik Hoala. Dimana Miss Jeruk mengabulkan keinginan Hoala untuk menemaninya saat pandemi.
  • Miss Jeruk adalah seorang peri baik hati yang berbentuk jeruk berasal dari negeri di atas awan. Miss Jeruk ini lah yang menemani Hoala dan mewujudkan banyak mimpinya dan mendidiknya menjadi anak yang baik. 
  • Amar Awandi adalah ayah dari Hoala yang sangat menyayangi putri semata wayangnya yang merupakan seorang pengusaha dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital.
  • Nara Awandi adalah Ibu dari Hoala yang merupakan seorang Ibu Rumah Tangga. Sosok ibu yang mendidik anaknya agar tumbuh dengan baik dan banyak menyampaikan nasehatnya dalam bentuk lagu.
  • Rubin merupakan seorang rubah pemalu yaitu lebih sering mengintip dari kejauhan dan selalu berbicara tanpa menatap lawannya. Rubin diperkenalkan pertama kalinya dalam lagu Rubah Ngintip.
  • Lincul adalah seekor ular betina yang periang dan dibesarkan oleh keluarga kelinci. Dan selalu menggunakan bando kelinci agar dapat berbaur dengan keluarga kelinci.
  • Burhan adalah pesulap burung hantu yang memiliki mata rabun pada siang hari. Burhan menyukai semua yang berhubungan dengan sulap, meskipun triknya dalam sulap sering mengalami kegagalan karena matanya sering terganggu.
  • Bu Aya adalah seorang guru tamna kanak-kanak. Sosok yang bijaksana namun sering teledor. Seorang yang sabar dan disayangi oleh murid-muridnya termasuk Hoala.
  • Serigili adalah seorang srigala jantan yang baik hati namun ditakuti karena perawakannya yang menyeramkan sehingga memutuskan untuk menggunakan bulu domba warna merah muda agar tidak menyeramkan.
  • Om Pong adalah seorang macan jantan pemalu karena memiliki gigi yang berbeda pada umumnya sehingga selalu ditertawakan oleh macan lainnya.
  • Om Bre adalah sosok singa jantan yang lihai menari dan menggemari K-Pop sehingga mewarnai rambutnya ala Korea. Sosoknya yang ramah membuatnya mudah berteman dengan siapa saja.

Nah itu dia karakter-karakter yang ada dalam animasi 3D Hoala & Koala. Banyak  lagu anak anak terbaru yang sangat enak didengar secara musik dan liriknya. Pastinya akan membuat si kecil sangat tertarik dalam menonton animasi dan mendengarkan lagu-lagunya.


susu favoritku hoala koala
Sumber gambar : https://www.hoaladankoala.com/musik-anak-indonesia-dan-hoala-koala/


Jadi, yuk ibu-ibu jangan lupa mengajak si kecil untuk menonton dan mendengarkan lagu-lagu Hoala & Koala. Banyak lagu yang bisa didengarkan dengan animasi yang sangat menarik, salah satunya lagu anak Susu Favoritku Hoala Koala. Atau lagu-lagu lainnya yang tak kalah menarik dari lirik dan animasinya. Suara Hoala yang merdu membuat si kecil pasti senang mendengarkannya. 

Nah, harapannya dengan adanya animasi 3D Hoala & Koala ini dapat kembali membangkitkan lagu-lagu anak yang hampir punah selama ini. Sehingga anak-anak menyanyi sesuai dengan usianya. Yuk nonton Hoala & Koala yang akan membuat si kecil makin cerdas.

22 Comment

  1. Baguss dulu waktu anak saya kecil saya dengerin dan lihatin youtube baby einstein coba ini dulu sdh ada pasti saya pakai

    ReplyDelete
  2. senangnya ada lagu anak-anak yang animasinya lucu2, jadi anak2 bisa semakin kreatif dan imaginasinya jalan yaaa

    ReplyDelete
  3. Iyaaa banget! Musik tuh salah satu cara untuk bonding time aku dan si kecil. Bisa nyanyi sama-sama sambil liat dia happy ketawa-ketawa

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu saya ada animasi 3D Hoala Koala, terima kasih rekomendasinya, Kak. Memang zaman sekarang anak-anak sering menyanyikan lagu orang dewasa, tidak seperti di zaman saya kecil pas 90an. Saat itu masih banyak acara anak-anak dan penyanyi cilik pun terbilang banyak.

    ReplyDelete
  5. Banyak cara untuk bangun bonding ya mb, salah satunya melalui musik, dan kreasi bersama anak juga bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  6. wah ini ngebantu banget nih buat yang punya anak kecil bisa juga buat ningkating bonding dengan anak nih mbak

    ReplyDelete
  7. Aku baru ini mengetahui karakter Hoala dan Koala, jadi penasaran nih krn suamiki kebetulan pengajar anak2. Jadi aku jg selalu tertarik dengan bidang yang membawa kebaikan untuk pendidikan anak.

    ReplyDelete
  8. beberapa temen merekomendasikan hoala koala ini deh, bikin makin penasaran kaya apa ya kalo anakku sampe nonton karena dia suka lagu-lagu anak

    ReplyDelete
  9. Wah sennagnya akhirnya anak Indonesia punya jujugan buat mendengarkan lagu anak2 ya mbak? Soalnya emang agak miris klau anak2 gk punya lagu anak di zamannya, beda ma kita yang kenangan lagu anaknya banyak
    Semoga makin banyak nih lagu dan musik yg dihasilkan Hoala Koala

    ReplyDelete
  10. Manfaat dr menengalkan music ke anak sejak dini banyak juga ya. Wajib banget ni buat moms" tau, supaya anak tumbuh dan berkembang lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Duh bener banget, lagu anak-anak sekarang udah mulai jarang. Kesian anak-anak sekarang deh dengerinnya hampir lagu dewasa semua. Untung ada Hoala Koala ya. Mau aku kasih lihat dan dengerin juga ke ponakanku nanti.

    ReplyDelete
  12. Hoala dan koala yaa, jujur sih walaupun idah gede aku juga masih suka nonton dan dengerin lagu animasi anak indonesia ini. Lagunya kekinian dan khas anak gen aplha banget

    ReplyDelete
  13. Wua gemasnya! Akhirnya ada tambahan tontonan buat anak-anak yaa! Biar makin banyak deh drpd harus nonton tontonan yang ga sesuai umurnya

    ReplyDelete
  14. Seneng ya sekarang ada lagu anak2 animasi jadi anakku bisa menikmatinya gak hanya lagu dewasa jaman now

    ReplyDelete
  15. gambarnya lucukk, keponakanku pasti seneng kalau ada gambarnya lucu begini

    ReplyDelete
  16. Karakternya semua menggemaskan ya..
    Dengan karakter unik, anak-anak berasa masuk ke dunianya dan menikmati lagu yang ternyata ada sisipan moralnya juga.
    HOala Koala pas sekali untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  17. Bagus bgt deh mba buat edukasi anak2 yaa... Sambil dengerin lagu dapat nilai2 moral

    ReplyDelete
  18. Nambah lagi nih animasi lokal buat anak-anak. Bisa jadi hiburan buat anak2ku juga.

    ReplyDelete
  19. ya ampun, animasi baru nih, hoala koala. anak2 pasti suka deh ini ^^ anakku suka musik dan lagu2. jadi ga sabar pengen nunjukin ini ke dia xD

    ReplyDelete
  20. Pertama kali nonton dan denger lagu anak Indonesia Hoala Koala, anakku langsung seneng lho mbak. Animasi dan tokohny

    ReplyDelete
  21. yaampuunn aku gemes banget deh ini sama Hoala Koala!!
    lagu-lagunya juga bagus, edukatif, berasa pelepas dahaga dari kekurangan tontonan edukasi buat anak-anak.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.