RILIV, APLIKASI ONLINE PEREDA CEMAS

Kehilangan, merupakan salah satu hal yang orang takuti. Apapun bentuknya, termasuk kehilangan orang yang kita sayangi. Bagi sebagian banyak orang, hal itu akan melahirkan keterpurukan yang berlebih sehingga membuat semua aktivitasnya terganggu. Tidur tidak bisa lelap, produktivitas terganggu, rasa lelah yang berlebih, menarik diri dari lingkungan sosial, dan rasa cemas yang berlebih.

riliv aplikasi meditasi konseling online


Lalu apakah saya pernah mengalaminya? Pastinya, setiap orang pernah mengalami hal ini. Dan itu suatu hal yang wajar sebagai manusia. Life must go on, sehingga kita harus bangkit. Sedih boleh selama itu wajar dan dalam batas waktu tertentu. Itu prinsip saya. Lalu apa saja yang saya lakukan untuk bisa bangkit dari keterpurukan?

1. Dekatkan diri dengan Tuhan dan perbanyak bersyukur

Pernah mengalami saat kamu bersedih kamu merasa makin dekat dengan Tuhan? Itu pula yang saya rasakan. Mungkin saat semuanya baik-baik saja, ibadahnya hanya yang wajibnya saja. Tapi saat bersedih kita akan menambah ibadah sunnahnya juga. Waktu untuk meminta kepada Tuhan lebih lama. Berdoa lebih khusuk lagi.

Memperbanyak ibadah, kamu akan merasakan Tuhan selalu ada buat kita. Disitulah saya merasa kesedihan itu membuat saya jauh lebih dekat dangan Tuhan. Merasakan kehadirannya sangat dekat dengan kita. Merasakan bahwa Tuhan selalu ada untuk kita. Itulah cara Tuhan membuat kita kembali.

2. Ambil sisi baiknya dan tetap positive thinking

Saat kita bersedih, ada kalanya kita merasa hidup kita paling kurang baik. Padahal ada orang lain yang di luaran sana kehidupannya yang jauh lebih kurang beruntung dari kita. Nah, saat kita mengalami hal yang kurang menyenangkan, cobalah berpikir apa yang Tuhan lakukan sekarang, akan membuat kita jauh lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih baik lagi.

Intinya, semua yang terjadi ada hikmahnya dan sudah diatur oleh Tuhan, untuk membuat kita lebih baik lagi, lebih baik lagi, dan lebih baik lagi.

3. Biarkan diri menikmati kesedihan dengan batas waktu tertentu

"Orang kuat itu ga boleh nangis, ga boleh cengeng"

Tuhan ciptakan air mata itu salah satu fungsinya adalah untuk menangis, entah menangis sedih ataupun senang. Saat kamu sedih, kamu ingin menangis, menangislah. Agar kamu merasa lega, bebas, dan lepas dari beban yang mengimpit kamu.

"Stop Mei, sudah berbulan-bulan kamu menikmati sedihmu, mau sampai kapan? saatnya bangkit. Percaya semuanya akan baik-baik saja, dan inilah fase yang akan dilewati oleh semua orang, tidak hanya aku. Rencanakan hidup kamu kedepannya, dan berjalanlah dengan tegak, kebahagiaan menunggu kamu"

Waktu saya kehilangan ayah, saya menangis sejadi-jadinya. Sampai berbulan-bulan saya down, but I think it's ok. I enjoyed my sadness. Karena setelah menangis sepuasnya itu membuat saya lebih lega dan juga untuk mengurangi beban sedih yang menggunung di dada. Tidak suah peduikan omongan orang, kita yang lebih tahu bagaimana healing untuk diri kita.

Tapi setelah itu saya bangkit. Saya bilang ke diri saya

Itulah kata-kata yang saya tanamkan setiap hari, agar saya bangkit. Sampai akhirnya perlahan, saya mulai bangkit dan bisa berdiri tegak sampai hari ini. Boleh bersedih namun batasi waktunya. Targetkan kapan akan bangkit. 

4. Perbanyak aktivitas positif

Melakukan kegiatan positif seperti membaca, menonton film tentang kebaikan, ikut volunteering, berkumpul dengan sahabat, bercocok tanam, mendengarkan musik, memasak, ikut webinar, menulis blog, bermain dengan keponakan, pergi ke salon adalah cara saya untuk mengurangi kecemasan atau kesedihan yang terjadi.

Lakukan apa yang ingin kamu lakukan selama itu hal baik, untuk mengurangi kesedihan atau kecemasanmu.

5. Traveling

Nah ini salah satu tips andalan saya dalam menghilangkan kecemasan atau kesedihan, yap, traveling. Jalan-jalan akan membuat pikiran kamu lebih terbuka, mata kamu akan lebih segar melihat pemandangan di luar sana. Otak dan pikiran saya akan lebih fresh, melihat aktifitas banyak orang di luar sana.

Berkomunikasi dengan banyak orang akan membuat kamu lebih terbuka dan perlahan melupakan kesedihan dan kecemasan kamu.

6. Olahraga

Salah satu aktifitas baik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi cemas dan sedihmu adalah olahraga. Kenapa? Saat kamu bergerak berolahraga, maka hormon endorfin akan diproduksi oleh tubuh lebih banyak yang akan membuat kamu jadi bahagia. 

Olahraga juga mendorong dan meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang akan membuat kadar bahagiamu makin meningkat. Sehingga secara langsung mengurangi rasa cemas dan sedih kamu.

7. Sharing dengan orang terdekat

Cara lain yang saya lakukan adalah dengan sharing ke orang yang kita paling percayai. Pasangan, teman, keluarga, atau kamu bisa pergi ke Psikolog atau Terapis untuk sekedar konsultasi. Ingat loh, orang yang pergi ke Psikolog atau terapis bukan berarti mengalami stress atau depresi parah. Mereka adalah ahli untuk dijadikan tempat konsultasi saat kita merasa sedih atau urang nyaman.

Dan hal ini pula yang saya lakukan saat terpuruk kehilangan sosok ayah saya. Kebetulan saya punya beberapa teman psikolog, dan merea sangat membantu sekali untuk membuat saya lebih baik lagi.

8. Meditasi dan Konseling dengan Riliv

Tips terakhir yang saya sarankan untuk meredakan cemas dan sedihmu adalah Riliv. Riliv adalah aplikasi meditasi dan konseling online di Indonesia. Dapat menjadi salah satu solusi untuk mencari kesehatan mental kamu, termasuk di saat pandemi seperti ini.

riliv aplikasi meditasi konseling


Apa saja menu di aplikasi Riliv?

Meditasi dengan Hening 

Salah satu fitur andalan di Riliv adalah Riliv Hening dengan melakukan meditasi. Waktu meditasi dilakukan sekitar 7-10 menit saja untuk membuat kamu lebih tenang. Ada berbagai pilihan menu meditasi yang bisa kamu ambil. Seperti Tenang di Rumah, Belajar Meditasi, Meditasi Tidur, Stress dan Kecemasan, Kesehatan Fisik, Meditasi Spesial, Produktifitas dan Pekerjaan, Meditasi Darurat, dan Diri yang Lebih Baik.

Masing-masing menu tersebut juga terdapat beberapa series yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Menu ini akan membantu kamu lebih mindfull. Kamu akan mendapatkan arahan bagaimana melakukan meditasi sendiri di rumah, termasuk tips meditasi bagi pemula.

Konseling 

Kamu dapat melakukan konseling dengan sejumlah prsikolog yang kualitasnya tidak diragukan alias sudah berpengalaman melalui aplikasi yang didirikan tahun 2015 ini. Saat ini sudah lebih dari 100 ribu orang melakukan konseling melalui aplikasi Riliv ini.

Pastinya karena dilakukan secara online, kamu akan lebih terbuka mengungkapkan perasaan dan isi hati kamu. Pada aplikasi konseling ini, kamu dapat berkonsultasi tentang Hubungan asmara dan Keluarga, Karir & Akademik, Kecanduan, dan serta Gangguang Psikologis lainnya.

Riliv for Company

Nah, fitur lainnya dari Riliv adalah Riliv for Company. Aplikasi online yang didirikan oleh Audrey Maximilian Herli ini, juga menyediakan layanan kesehatan mental untuk sebuah perusahaan, dalam rangka menjaga kesehatan mental karyawannya.

Layanan yang disediakan adalah bagaimana menghadapai aryawan yang Tidak Produktif, Karyawan Cenderung Absen, dan juga bagaimana menghadapi Karyawan Turnover Tinggi.

Ciptakan bahagiamu

Nah bagi kamu yang merasa mengalami kesehatan mental dan ingin segera menyembuhkannya kamu bisa coba instal instal meditasi dan konseling ini di HP kamu. Atau klik di sini untuk mengetahui fitur-fitur yang kamu butuhkan. 

Jangan lupa ciptakan bahagiamu dan jaga kesehatan mentalmu agar hidup kamu lebih baik dan bermanfaat.

40 Comment

  1. wah aku baru tahu ada apps meditasi online ini, jadi gak hanya sekedar nonton di yutub aja, sekarang dengan adanya Riliv juga bisa konsultasi mengenai meditasi yang sesuai dengan kebutuhan tiap orang ya mbak

    ReplyDelete
  2. Keren banget ada aplikasi kaya gini... Harus punya nih di hp, terutama di masa pandemi seperti ini...

    ReplyDelete
  3. ini berarti bisa diunduh di appstore ya kak mei?

    benar nih, sekarang ini untungnya ada bnyk psikolog yang bilang bahwa kita perlu memvalidasi emosi ya, bukan menahannya. semoga kita sehat selalu

    ReplyDelete
  4. Aplikasi ini muncul saat pandemi ya? Masya Allah.. salah satu hikmah pandemi, ide kreatif bermunculan. Hehe.
    Btw kalau sedang terpuruk, menangis memang salah satu jalan untuk membuang emosi negatif ya. Aku kadang ya gitu sih :D

    ReplyDelete
  5. Baru saja mengalami kekecewaan, yaampun nemu artikel yg ngingetin untuk tetap bersyukur dan keep positive thinking gini. Terima kasih loh mbak, seneng banget mampir di artikel blog ini.

    ReplyDelete
  6. omg ada ya aplikasi untuk meredakan stres seperti ini
    aplikasi yang sangat membantu nih, menjaga kesehatan mental

    ReplyDelete
  7. Wah riliv ini penting juga dimiliki saat sekarang ini kak. Soalnya selama pandemi kita menghadapi banyak stressor. Jadi riliv ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk menenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga ya...
      stress di saat pandemi.
      gak bisa jalan-jalan, jadi guru dadakan, seperti waktu selalu kurang karena pekerjaan di rumah jadi bertambah, perlu riliv juga

      Delete
  8. Ikutt seneng ada yang udah sampe bikin aplikasi untuk kesehatan mental masyarakat. MasyaAllah. Keren bangett. Sekaligus terharu jugaa.
    Karena penyakit kejiwaan seringkali dianggap ngga serous.4

    ReplyDelete
  9. Yes, memang penting banget, saat kita gelisah, galau dan merana, harus mendekatkan diri dengan Allah di sepertiga malam. Biar perasaan jadi lebih tenang dan lega.

    Boljug nih curhat di Riliv. Proses meditasi online jadi lebih mudah ya. Perasaan juga jadi sedikit lebih lega.

    Boleh dicoba nih aplikasi Riliv, buat ngecek kesehatan mental saya, hahahahaha.....

    ReplyDelete
  10. Konseling dan meditasi pun ada yang online ya..sesuai banget sama kebutuhan masa seperti sekarang... Kita jadi gak perlu kemana-mana untuk meditasi sekaligus konseling

    ReplyDelete
  11. Wiiiih kereen, sampe ada aplikasinya sekarang :D. Apalagi di zaman pandemi yang mana banyak orang2 kehilangan orang terdekatnya yaaa. Butuh pastinya utk sharing, menenangkan diri.. tapi terkadang ada beberapa orang yg ga bisa terbuka Ama orang lain. Naaah, mungkin melalui aplikasi gini, dia bisa lebih nyaman utk bicara ato melepas kesedihannya. Aku ntr download riliv ini deh. Mau tau features nya LBH dalam

    ReplyDelete
  12. Makasih! kebetulan lagi dilanda anxiety parah beberapa hari ini karena trigger kerjaan dan banyak lainnya. Mau coba aplikasi Riliv ini deh, kayaknya menarik jugaa

    ReplyDelete
  13. Melibatkan diri dalam kegiatan positif itu work buat saya, pun juga mendekatkan diri ke Tuhan.

    Saya baru ngeh juga nih, biarpun sering dengar tentang Riliv, ternyata bagus banget dan membantu banget, khususnya di masa pandemi gini, banyak yang merasa sedang ga baik-baik aja

    ReplyDelete
  14. aku pakai Riliv juga mbak, dan membantu banget ini
    disaat lagi stres terus pengen curhat, udah bisa via smartphone aja, nggak perlu repot keluar nyari psikolog

    ReplyDelete
  15. Rasa sedih dan mengikhlaskan sesuatu memang butuh waktu. Meskipun enggak hilang, tapi ada energi positif yang mengalir ketimbang berhenti dan dilanda kegelisahan terus menerus. Saya jadi tertarik sama Riliv, bisa saja ia jadi salah satu solusi untuk membuat hari-hari terasa lebih baik dan berterima.

    ReplyDelete
  16. Waahh harus banget download deh aplikasi ini ya mbaa.
    Biar hidup bisa tenang dan bebas was was lagi...

    ReplyDelete
  17. Bener banget kak Mei, ketika kehilangan seseorang yang begitu kita cinta, pasti dunia akan terasa jungkir balik. Aku juga saat kehilangan Bapak rahimahullah, rasanya dunia jungkirbalik. Bawaannya suudzon sama orang melulu. Padahal pastinya orang tersebut gak berpikiran buruk tentang aku.

    Berasa "sakit" jiwa raga.
    Kudu dirawat dengan panduan yang tepat. Salah satu caranya dengan apps Riliv yaa..
    Terimakasih, kak Mei.

    ReplyDelete
  18. Wah, asyik ya ada aplikasi meditasi online gini. Penasaran dan pengen coba deh

    ReplyDelete
  19. Makasih rekomendasinya kak, butuh riliv nih aku
    karena stres dan mental health kadang dipicu dari berbagai masalah ya
    aku sendiri jujur setiap hari pun harus berusaha tidak emosi, dan meredakan stres sendiri
    pengen cek juga nih diriku

    ReplyDelete
  20. Aku barusan kehilangan kucing yang pernah hadir dalam satu masa di kehidupanku.
    Baru kemarin sore, doi menghadap ilaahirobbi.

    Btw,
    Sepertinya aku perlu nih cek ombak dengan Riliv, aplikasi meditasi konseling online.
    Kelihatannya fitur-fitur yang ditawarkan, menjanjikan!



    ReplyDelete
  21. Wah, aku baru tahu aplikasi ini mba, jadi pengen juga nih. Butuh ya kondisi pandemi buat menenangkan diri

    ReplyDelete
  22. Baru tahu ada riliv ini mba semoga bisa membantu teman teman yang sedang dalam kondisi psikis tidak baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. ikut seneng juga yaa mba karena saat ini kondisi mental seseorang juga diperhatikan

      Delete
  23. kadang kita memang bener-bener butuh untuk sharing ke orang yang justru gak kenal dan gak kita kenal ya, kayanya ceritanya lebih bar-bar kalo kata orang jaman sekarang hehe.. apalagi di wadahi gini, makin lebih terjaga rahasianya hehe.. suka deh sekarang banyak fasilitas konseling online yang makin mudah untuk dilakukan darimana aja :)

    ReplyDelete
  24. Nomor 5 setuju banget sih, apalagi traveling di wisata alam, dengan suasana yg tenang dan damai, membuat kecemasan jadi hilang.

    ReplyDelete
  25. Kabar ini baik yang punya kesehatan mental. Sudah ada Riliv , aplikasi meditasi konseling online yang membuat kesehatan mental bisa terbantu terpulihkan darimana dan kapan saja

    ReplyDelete
  26. Mendekatkan diri pada Allah SWT ini emang cara yang utama ya Mbak, namun selain itu melalui Riliv ini juga oke ya, jadi smua jalan ditempuh utk keadaan yg lebih baik lg ya

    ReplyDelete
  27. Aku juga pakai nih, kalau lagi insomnia, suka dengerin musik penghantar tidurnya. Buat bantuin meditasi juga enak.

    ReplyDelete
  28. Sepertinya boleh dicoba juga ini aplikasinya. Sangat menarik. Untuk meditasinya pengen coba ah

    ReplyDelete
  29. Riliv ini salah satu aplikasi wajib punya buat kita, apalagi yang mempunyai kecemasan berlebih. Riliv bisa jadi pertolongan pertama mandiri yang bisa kita dapat ya kak Mei..

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah sudah ada lagi bantuan kalo lagi galau,, lewat app riliv semoga smkin berkurang orang yang stress ditambah dimasa pndemi ini kan, ada aja yg bikin stres

    ReplyDelete
  31. Masya Allah, bahkan meditasipun bisa online sekarang, jadi stresnya bisa cpt hilang, ya mbak.

    ReplyDelete
  32. Saya juga sudah unduh Riliv. Suka banget dengan aplikasi ini karena bisa bantu buat jaga kesehatan mental termasuk mengatasi kecemasan seperti yang Mbak bahas ini. Fitur2nya juga menarik dan paling suka karena Riliv memungkinkan kita bisa lakukan konsultasi langsung dengan psikolog secara online.

    ReplyDelete
  33. Baru tahu ada aplikasi meditasi online seperti Riliv ini. Memang pas ya dengan kondisi pandemi

    ReplyDelete
  34. Wahh ternyata ada yaa aplikasinya. Ini membantu banget yaa buat mereka yang sedang stres

    ReplyDelete
  35. Aku juga install riliv nih mba. Rasanya tenang gitu dengerin musik untuk meditasi ya. Damai gitu

    ReplyDelete
  36. Sudah lama sih tau Riliv tapi belum ada nyoba aplikasinya. Semoga sih dengan adanya aplikasi ini, bisa banyak orang terbantu mengurangi stresnya.

    ReplyDelete
  37. Memang bukan hal mudah untuk ikhlas ditinggalkan orang terkasih, tapi kita harus kuat dan kembali menjalani hidup seperti biasa. Beruntung banget sekarang pada app sebagus riliv ini untuk orang yg membutuhkan ya kak

    ReplyDelete
  38. Menurutku ini aplikasi penting apalagi di masa pandemi begini saat metal helath mulai marak dibahas di mana-mana.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.