MENGENAL GAYA DADA PADA RENANG DAN MANFAATNYA


Menjadi seorang pendaki perempuan, mempunyai badan fit menjadi sebuah keharusan. Dan salah satu olahraga rutin yang wajib saya lakukan adalah berenang. Mengenal gaya dada pada renang, sangat menyenangkan terutama bagi pemula seperti saya waktu itu. Kenapa, karena buat saya gaya ini adalah paling mudah dibandingkan gaya lainnya. Pastinya, banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

mengenal gaya dada pada renang


Berenang dengan gaya dada atau breaststroke ini, cocok banget buat kamu yang pemula. Karena gaya ini adalah teknik berenang paling dasar. Sering disebut juga dengan istilah gaya katak, karena memang gerakannya mirip dengan katak saat berenang. Lalu apa manfaat dari olahraga air dengan gaya dada ini? yuk, check it out.

1. Cocok buat pemula

Pengalaman pertama kali belajar berenang, saya menggunakan jasa pelatih, agar teknik dasar yang saya miliki benar. Saya diminta coach saya untuk melakukan beberapa gerakan gaya. Dan gaya dada ini lah menurut saya paling mudah. So, gaya dada ini cocok banget buat pemula.

2. Melatih seluruh tubuh

Setelah saya melakukan beberapa kali latihan, yang saya rasakan adalah seluruh badan saya bergerak. Mulai dari kepala, badan, tangan, sampai kaki. Sehingga membuat badan sehat secara menyeluruh. Pastinya akan membentuk otot seluruh tubuh kamu.

3. Membentuk tubuh ideal

Nah ini sih impian sebagian banyak perempuan. Berenang gaya dada ini akan membantu kamu dalam mendapatkan tubuh ideal. Sekali dua kali sih memang badan kita akan terasa pegal, tapi lama kelamaan terasa banget badan kita karena ketarik makin ramping area pinggangnya itu.

4. Membantu membakar lemak

Gaya dada juga termasuk olahraga yang akan membakar kalori di tubuh kamu. Berapa jumlah kalori yang terbakar? Kalau ini tergantung berapa lama kamu melakukannya. Rata-rata dalam 30 menit kalori yang terbakar adalah sekitar 200 kalori. Saya biasa lakukan 30-60 menit dalam sekali kegiatan. Lumayan lemaknya berguguran.

5. Membantu menguatkan jantung dan paru-paru

Mau jantung kamu sehat? Olahraga renang gaya dada juga bisa membantu menyehatkan jantung kamu. Tapi ingat ya, lakukan olahraganya dengan benar, seperti lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang, agar jantung kamu tidak terkejut dengan gerakan yang tiba-tiba.

Paru-paru kamu juga akan lebih sehat dengan olahraga yang rutin, dan olahraga renang dengan gaya dada bisa jadi salah satu pilihan kamu.

6. Menjaga tekanan darah dan gula darah

Seperti disinggung pada poin 5, olahraga renang dapat menyehatkan jantung. Dengan kondisi jantung yang sehat, maka tekanan darah juga akan selalu terjaga dan lebih terkontrol. Selain itu, kadar gula darah dalam tubuh juga dapat dikontrol dengan olahraga air ini.

7. Olahraga hemat energi

Setelah mencoba beberapa gaya renang, rasanya gaya dada ini adalah paling mudah buat saya, tapi manfaatnya sangat banyak. Energi yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan gaya dada lainnya. Gerakan kaki dan tangan yang bergantian, membuat saya tidak cepat lelah.

8. Meredakan stress

Saat berenang saya akan menggunakan kacamata renang, kadang saya berhenti di tengah kolam membiarkan badan saya mengambang, dan mata saya melihat kebawah kolam yang berwarna biru bercampur dengan sinar matahari, memberi efek tenang buat saya. Perlahan itu membuat saya happy. Hormon endorfin yang muncul membuat saya jadi lebih rileks.

9. Membuat tidur lebih nyenyak

Selesai olahraga badan kita akan sedikit terasa lelah, termasuk gaya renang yang dikenal dengan nama lain gaya katak ini. Gaya ini fokus juga terhadap kaki dan tangan. Buat saya rasa pegalnya justru membuat saya tidur lebih nyenyak.

10. Melatih otot tangan

Nah ini, salah satu manfaat yang didapat dalam olahraga berenang, khususnya dengan gaya yang cocok untuk pemula ini. Buat kamu yang suka mendaki gunung, ini sangat bermanfaat. Otot tangan kamu akan semakin kuat. Jangan ga manja lagi ya saat harus angkat-angkat beban kerir kamu hehehe.

11. Menguatkan otot kaki

Saat mendaki, kamu membutuhkan otot kaki yang kuat. Breaststroke ini akan membantu otot kami kamu menjadi lebih kuat.  Karena gaya renang ini juga berfokus pada otot kaki. Dimana gerakannya akan bergantian dengan lengan kamu.

12. Membentuk otot badan

Manfaat lain dari olahraga gaya katak ini adalah dapat membentuk otot tubuh kamu semakin kuat. Terutama daerah punggung dan dada. Hal ini sangat bermanfaat buat kamu yang senang dengan trekking.

Ga menyesalkan mengenal gaya dada pada renang, karena ternyata punya segudang manfaat buat kesehatan dan kekuatan otot tubuh kita. Terutama untuk kamu yang hobinya trekking seperti saya, otot kaki dan punggungnya makin kuat untuk bawa barang bawaan saat mendaki.

Punya manfaat lain dari olahraga gaya ini? yuk, share di kolom komentar.

34 Comment

  1. Kangen berenang. Belum ada yg buka di tempatku. Btw, gaya dada ini adalah gaya andalanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kangen berenang mba, sayangnya belum berani niy kondisi masih belum aman

      Delete
  2. Ya ampunnn aku suka banget berenang, tapi semenjak pandemi jadi ngga pernah berenang. Sedih banget. Padahal berernang kan releasing stress banget.

    ReplyDelete
  3. Kalau pas lihat atlet renang apalagi yang kemarin di olimpiade dengan gaya katak ini, memang tampak semua anggota tubuh bergerak. Jadi wajar sih dapat bikin tubuh jadi ideal

    ReplyDelete
  4. banyak juga ya ternyata manfaatnya, setua ini aku termasuk dalam ga bisa renang wkwkw (nutup muka). Pernah belajar yg gaya dada ini, tapi belum bener-2 bisa udah ga pernah renang lagi, apalagi sejak pandemi ga pernah kemana-mana, hihi

    ReplyDelete
  5. Manfaat renang ternyata banyak sekali ya. Sayang aku masih takut nih ama air. Apalagi bentuk badanku yang masih one pack. Hahaha..Semoga suatu saat ada yang ngajarin gaya renang apa aja, asal jangan gaya batu. Wkwkwkw.

    ReplyDelete
  6. Andalan saya banget nih gaya dada saat berenang dibanding gaya bebas yang bikin ngos-ngosan wkwk, tapi pas pandemi emang udah jarang berenang lagi sih

    ReplyDelete
  7. Anak bungsuku nih yang suka berenang. Cuma selama pandemi ini jadi mandek. Padahal ke kolam renang mah tinggal jalan kaki 10 menit dari rumah. Sempga pandemi cepat udahan, biar bisa ke kolam renang lagi. Kangen jajan di kolam renangnya *eh :D

    ReplyDelete
  8. Selama pandemi nyaris ga pernah berenang lagi, Kak. Jadi kangen renang nih. Tapi aku biasanya pakai gaya katak, hehe. Mau coba gaya dada ah buat nurunin stres. Tetap sehat selalu, Kak! :)

    ReplyDelete
  9. Aku gak bisa renang, huuuu. Jadi iri nih lihat ternyata banyak banget gunanya bisa berenang, apalagi dengan gaya dada.

    ReplyDelete
  10. Hwaa aku renang aja nggabisa apalagi pake berbagai macam gaya gayaan seperti ini hiks. Jadi pengin bisa renang nihh kak meiii bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik, ada temennya, wkwk..

      Dari dulu entah kenapa nggak sempet belajar renang, ada aja kendalanya, huhu..

      Delete
  11. Gaya dada tuh kayaknya santai gitu ya...padahal ternyata banyak banget faedahnya.. yang pasti kalo gaya dada atur nafasnya lebih mudah ya

    ReplyDelete
  12. saya suka berenang.. dah lama ga berenang gara2 pandemi. Ngga tahu apa masih inget ngga ya caranya. Dulu sempat salah jadi tangan pake gaya dada kaki pake gaya punggung. wkwkwk.

    ReplyDelete
  13. ah iya, dari sekian banyak gaya pada cabang olahraga renang, yang kubisa ya gaya dada ini aja
    maklum baru belajar renang

    ReplyDelete
  14. Waaa... aku belum bisa berenang sampe sekarang.
    belajar ernang terbentur fasilitas dan pandemi :(

    ReplyDelete
  15. Aku klo berenang gak mikir gaya nih yang penting bisa ngapung aja bersyukur banget. Hihi.
    Tp untung juga rumahku deket sungai jadi sedari kecil udah akrab ama aktifitas berenang. Cuma ya itu gak tau pake gaya apaan

    ReplyDelete
  16. kata suamiku, gaya dada itu paling susah karena butuh power yang lebih....
    kalo aq sendiri sih, bisa ngapung udah alhamdulillah..wkwkkw

    ReplyDelete
  17. Aku belum bisa renang. Jadi nanti kalau belajar pun yang penting bisa aja, hahaha. Gaya dada ternyata banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  18. rasanya sudah lama gak olahraga berenang, saya merasakan ingin banget berenang di kolam untuk mengurangi rasa bosan dan juga refreshing

    ReplyDelete
  19. Bener banget gaya dada ini ini banyak banget manfaatnya untuk kesehatan dan pembentukan tubuh juga. Berharap sih pandemi segera berakhir agar bisa beraktivitas renang kembali.

    ReplyDelete
  20. Gaya renang dada ini paling mudah untuk diterapakan, inget bener waktu main pertama kali di sungai depan rumah, renang dg gaya dada. Ternyata banyak bangt manfaatnya yaa ka. Aku baru tahu

    ReplyDelete
  21. aku dulu sempat bisa berenang, lalu lama banget enggak renang, gatau sekarang masih bisa apa enggak hihihi

    ReplyDelete
  22. Untuk aku yang nggak jago berenang, gaya dada emang menjadi andalan banget sih yaaa. gaya renag paling umum soalnyaaa.. hihihi

    ReplyDelete
  23. Dulu, pas awal belajar berenang saya pakai gaya dada bahkan udah bisa seperti saat ini gaya dada buat saya paling gamoang, yang lai belum bisa, hehehe

    ReplyDelete
  24. Seru sekali ya kayaknya berenang ini, aku sendiri sampai sekarang masih gak bisa renang tapi kadang suka iri sama yang bisa berenang, katanya salah satu yang bisa bikin tinggi itu berenang ya :(

    ReplyDelete
  25. Kalau aku berenang pake gaya batu kak hehehe alias asal nyemplung aja. Ternyata gaya dada banyak yah manfaat nya. Mau belajar juga nanti. Kangen berenang

    ReplyDelete
  26. Gaya dada pada saat renang ialah gaya andalan saya di jaman sekolah. Karena mengambil napasnya mudah. Jadi saya suka banget. Pas ujian praktek renang, yang lain gaya bebas, saya pakai gaya dada.

    Tapi udah lama banget nih, saya gak renang lagi, padahal banyak manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  27. Aku juga lumayan bisa nih gaya dada mba. Tapi sayang udah lama nggak berenang takut lupa cara berenang. Lihat ini jadi pingin banget bisa berenang lagi

    ReplyDelete
  28. Aku disarankan dokterku untuk memilih renang sebagai olahraga rutin, namun masih ngambang-ngambang gitu aja wkwkw

    ReplyDelete
  29. Renang adalah cabang olahraga yang gak bisa aku taklukkin dari zaman SD mbak. Sampe malu sendiri kalau pas penilaian renang dulu di sekolah karena mesti gak bisa

    ReplyDelete
  30. Pernah nyoba nih, tapi memang mungkin masih salah triknya, wkwk.. next coba lagi ah, biar makin mantep berenangnya, khususnya gaya dada.

    ReplyDelete
  31. Ternyata ada banyak sekali manfaat dari berenang dengan gaya dada ya Teh. Hmm iya sih. Gaya dada jadi gaya renang yang paling mudah dilatih. Sayangnya aku masih payah kalau berenang di kolam yang dalam banget. Pokoknya kalau udah nggak bisa mijak atau pegangan, suka deg degan.

    ReplyDelete
  32. gaya dada bener-bener membutuhkan tenaga yang cukup makanya kalo habis berenang gaya ini langsung lemes aku *lebay. hahaha

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.