MEMAKSIMALKAN PENDAPATAN BLOG MELALUI IKLAN DI BLOG

Sabtu, 16 Februari 2019 saya mengikuti sebuah event yang di-arrange oleh KEB alias Kumpulan Emak-Emak Blogger Jogjakarta yang kolab dengan ProPS dengan mengusung tema “Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan”. 

BERMULA DARI KEB (KUMPULAN EMAK BLOGGER)

Daftar ke Emak Jul (salah satu emaknya blogger Jogja yang ngehits abis), meski sedikit gak pede secara saya pemula di dunia blogging. Namun Emak Jul meyakinkan saya untuk ikut buat belajar, baiklah karena sadar masih harus banyak belajar.

“klik… terima kasih anda sudah melakukan registrasi untuk acara ini” akhirnya saya melihat tulisan itu di google form di hp kesayangan saya yang sudah pecah-pecah layarnya.

KEB ini cukup ngehits loh di Jogjakarta, KEB ini komunitas emak-emak gahul yang aktif dalam kegiatan menulis melalui dunia maya atau dikenal dengan nama blogging, pokoknya keren-kerenlah mereka, biarpun udah emak-emak beranak pinak tapi goresan-goresan tangannya di dunia maya jangan ditanya, lewatlah tuh jurnal-jurnal yang saya baca (ya iyalah beda segmen kali heheeh). Mereka punya banyak prestasi dibidangnya masing-masing.

MENGENAL PT ProPS

PT Promedia Punggawa Satu atau disingkat dengan nama ProPS yaitu “an advertising technology company, providing managed services, tech platform, training and consultation. ProPS is focusing its service in programmatic advertising for sell-side (publisher)”, atau dalam bahasa sundanya merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang iklan, yang menyediakan jasa pengelolaan bahkan menyediakan juga jasa training dan konsultasi pastinya di bidang teknologi dong ya. 

Props yang juga Google Channel Partner resmi yang ada di Indonesia ini merupakan perusahaan yang bakal ngebantuin iklan di blog kita termasuk dalam urusan adsense. Perusahaan ini masih tergolong muda loh, baru didiriin tahun 2016 tapi track recordnya udah keren loh dapat penghargaan ”Granted as Top 1 Google Healthy Inventory Award 2017 in SouthEast Asia” (sumber Linkedin).

Seneng banget ikutan acaranya ini banyak ilmu yang didapat dari pembicaranya yang super keren-keren ahli dibidangnya pastinya. Ada Mba Ilona, beliau adalah COO-nya Props. Sharing Mba Ilona ini memberikan ilmu baru yang sama sekali gak pernah saya denger sebelumnya, seperti apa itu menetasi, masalah-masalah yang dihadapi dalam monetasi seperti page latency dan viewbility rendah, ada juga berkaitan dengan platform monetasi iklan seperti CPC dan CPM. 

Nah yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara memaksimalkan paltform monetasi. Satu lagi terdapat beberapa peluang yang bakal didapat di masa yang akan datang kalau kita memaksimalkan monetasi yaitu dapat meningkatkan international traffic, meningkatkan RPM (biarpun traffic-nya rendah tapi RPM-nya tinggi) dan mampu mendatangkan demand untuk targetting global audience

Waahah keren dan banyak sekali manfaatnya ya ternyata pemirsah kalau kita mampu mengelola blog kita dengan menggunakan adsense. Meski masih meraba-raba istilah yang digunakan dalam dunia blogging, sedikit-sedikit saya mulai ngerti kenapa selama ini blogger-blogger yang udah profesional mengelola blognya dengan sangat apik, ternyata hal ini dapat menarik money, money, money ternyata, duuuhhh si pemula ini malu-maluin banget ya hehehe.

BAGAIMANA BLOG BERTAHAN

Pembicara kedua adalah Mba Carolina Ratri, jangan ditanya kalau udah urusan konten dalam urusan blogging, secara Mba Carolina ini adalah seorang content creator yang udah lama malang melintang dalam dunia per-blog-an. 

Salah satu sharingnya adalah mengenai bagaimana caranya supaya blog kita bertahan lama dan dicari oleh banyak orang yaitu tulisan dalam blog harus evergreen, tulisan berumur panjang dan informasinya tidak usang oleh waktu atau informasinya berlaku dalam jangka panjang, tulisan sejenis ini bakal membuat pengunjung stabil, trafficnya bakal terus ada alias banyak yang nyari.

Berkumpul dengan emak-emak blogger dan dengerin sharing knowledge dari kedua pembicara ini, bikin saya termotivasi untuk menulis semua perjalanan wisata saya, kebetulan blog saya bertema perjalanan, seenggaknya itu yang lebih penting buat blogger pemula seperti saya. 

Untuk menghasilkan uang seperti emak-emak keceh ini, saya harus improve kualitas tulisan saya dulu dan banyak belajar juga sama tulisan-tulisan mereka, uang nanti juga ngikutin sendiri, bukan begitu emak-emak keceh…. semoga setelah ikut seminar ini, dapat memaksimalkan pendapatan blog melalui tawaran iklan di blog niy. 

Satu lagi, acara ini diadakan di salah satu café kece di Jogja, siapa yang gak kenal dengan Kunena Eatary. Café instagramable doyanan anak-anak nongkrong Jogja, tapi beberapa temen mahasiswa mikir-mikir katanya kalau ke sini, harus siapin fulus yang lumayan hahahahha tapi berbanding lurus dengan suasananya yang asik dan tenang….

So, mulai ngelist deh tulisan-tulisan yang mau diposting.

4 Comment

  1. Keren ya, kulihatin komunitas emak-emak blogger ini sering banget ngadain acara ya ..
    Lalu ..., mana niiih para bapak-bapak blogger, kok .. kayaknya ngga pernah denger nih kopi daratnya 😏

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Bapak-bapaknya buat komunitas juga Mas heheheh

      Delete
  2. Wahhh pengen banget pasang adsense biar berpenghasilan juga :(

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.