MENYAPA WARISAN DUNIA, TAMAN NASIONAL KOMODO

Siapa yang tak pernah mendengar Taman Nasional Pulau Komodo, rasanya hampir semua orang sudah mendengar destinasi wisata Indonesia yang mendunia ini. Bagaimana tidak, karena taman nasional ini masuk dalam warisan dunia dan hanya ada di Indonesia. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pulau Padar untuk menuju tempat ini.

Tapi jangan khawatir feeling bored ya, karena sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan alam yang luar biasa, gugusan pulau terbentang luas indah kecoklatan, suara air laut, udara segar dan semilir angin, langit yang biru, awan yang indah, kenikmatan yang tidak semua orang bisa rasakan, menjadi daya tarik tersendiri, apalagi buat teman-teman yang hobbynya taking picture. Seru jadinya.

pemandangan selama perjalanan, ga bakalan bosenkan?

bukit-bukit kecoklatan, suasana kontras yang indah

TENTANG TAMAN NASIONAL KOMODO

Taman Nasional Komodo adalah taman nasional yang dikelola oleh pemerintah langsung yaitu Balai Taman Nasional Komodo yang terdiri dari 3 pulau besar yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Pulau konservasi ini berada di Nusa Tenggara Timur. Tahun 1991 pulau ini masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Bahkan 11 November 2011, masuk dalam nominasi Seven Wonder Dunia dan akhirnya sebagai pemenang dengan suara terbanyak.

Taman yang mempunyai luas 173.300 ha ini, melindungi berbagai spesies seperti mamalia, burung, dan reptil. Dan tujuan utamanya adalah untuk melindungi kelestarian hidup satwa biawak Komodo. Berdasarkan data dari http://ksdae.menlhk.go.id/ tahun 2018, terdapat sekitar 2.800an ekor Komodo yang dilindungi di taman nasional yang didirikan pada 6 Maret 1980 ini.

TIKET MASUK TAMAN NASIONAL KOMODO

Tadaaaappppp akhirnya sampailah di pulau yang masuk dalam warisan dunia ini, yap Welcome to Taman Nasional Pulau Komodotulisan tersebut menyambut kedatangan kami dan semua wisatawan dari berbagai belahan bumi. Sebelum berphoto dengan komodo, jangan lupa ya teman-teman ke tempat pembayaran tiket.

Untuk wisatawan lokal biayanya Rp 80.000-, sudah termasuk asuransi, biaya ranger yang akan menemani sekaligus menjadi guide kita. Teman saya warga asing dikenakan biaya Rp 250.000-, kalau ini rinciannya kurang paham, kebetulan saya ga nanya-nanya 😊. Ranger kita namanya Pak Basra, orangnya ramah dan sopan.

ga pernah berencana kesini, ngikutin kaki saja :)

Welcome to Balai Taman Nasional Komodo :)

baby komodo
picture taken by Rendra 

Let’s go, kita bertamu ke rumah komodooooooo…..

untuk keselamatan dan kenyamanan, pengunjung dikasih arahan dulu sebelum memasuki hutan

Sepanjang berkeliling di Taman Nasional Pulau Komodo ini, Pak Basra bercerita banyak tentang komodo-komodo ini perkembangan pariwisata di pulau ini.

mendengarkan yang berpengalaman berbagi cerita
picture taken by Rendra

Saat kita mulai memasuki hutan di Taman Nasional Pulau Komodo, kami melihat beberapa ekor komodo yang masih bayi, namun mereka seperti ketakutan dan menghilang kembali. Banyak juga burung-burung, dan saya sempat melihat juga beberapa ekor kijang kecil dan binatang lainnya. Cukup lama saya menunggu komodo-komodo itu keluar, Pak Basra bilang karena itu belum jam makannya, jadi mereka gak keluar.

ada binatang lain juga loh selain komodo di pulau ini, kijangnya ga sempet diphoto :)

Akhirnya setelah menunggu kurang lebih ½ jam, binatang yang hanya ada di Indonesia ini keluar dengan gagahnya dan banyak sekali. Badannya hampir 2 kali lipat dari badan saya dan panjang-panjang, wowed banget deh.

pura-pura berani
picture taken by Rendra

kalau liat aslinya hampir dua kali lipat ukuran badanku :)
picture taken by Rendra

Di Taman Nasional Pulau Komodo, semua ranger menggunakan tongkat kayu yang bercabang dua, kayu cagak kalau kata orang Sunda, konon katanya merupakan alat penakluk komodo-komodo ini, mereka terlihat tenang dan menurut sama ranger-ranger termasuk Pak Basra. Sempat takut dan gak mau berfoto, tapi sayang juga kalau ga ada kenang-kenangan, foto deh sama mereka.

akhirnya sang warisan dunia keluar banyak :)

friend from Canada
picture taken by Rendra

Setelah sekitar 1 jam mengelilingi hutan dan berfoto dengan komodo-komodo cantik ini, kami melanjutkan makan es kelapa milik para pedagang yang ada di Taman Nasional Pulau Komodo. Waktu sudah hampir pukul 12 dan wow puanasssssss…….



photo dulu sebelum pulang
picture taken by Rendra

See youuuu Taman Nasional Pulau Komodo…… keberadaanmu sudah membawa nama Indonesia harum di mata dunia sebagai warisan dunia.  Nah buat teman-teman yang hendak mengunjungi Pulau Komodo, bisa sekalian mengunjungi Desa Adat Wae Rebo, Pink Beach, Pulau Padar, dan beberapa destinasi wisata lainnya, yang pesonanya tak kalau indah. Lokasinya juga cukup berdekatan dengan Pulau Komodo ini.

Yuk, kunjungi Indonesia, kamu akan temukan keindahan alam yang memukau dan bikin nagih buat traveling terus.

31 Comment

  1. Selama ini lihat komodo di Gembiraloka kecil, ternyata di habitat aslinya jauh lebih besar ya? Jadi penasaran nih. Sama pengen ke Pulau Padar yang hits banget itu hihihi.

    ReplyDelete
  2. Indah sekali mbak panoramanya. Beruntung bisa mengunjungi langsung komodo di rumahnya..meskipun ngeri, penasaran juga lihat komodo dari dekat. Tfs mb...😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba coba ke sana psana pasti seey lihat komodo langsung, nanti ada ranger yang bakal jagain kita, selama kita ikut aturan rangernya, insyaallah aman

      Delete
  3. Sejak dulu bayangan saya di Pulau Komodo itu banyak Komodo yang berkeliaran bebas ditemui, ternyata perlu waktu menunggu mereka mau keluar ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya banyak Mba ada ratusan tapi ada jam2nya keluar, misal pas mau makan, atau sore kata rangernya begitu

      Delete
  4. Sama kayak mba Sasha, mbak mei ini suka banget jalan-jalan. Kalau tak ikuti ulasannya pasti udah jalan-jalan ke tempat yang beda lagi. jauh-jauh pula. Pengen banget akutuh bisa traveling kayak mba Mei hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Shasa siapa Mba, saya masih deket2 Mba jalannya 😄

      Delete
  5. Wah seru mbak, fotonya itu loh bagus-bagus... besok kalau ke sana lagi, ajakin dong mbak, aku belom pernah ke sanaa...

    ReplyDelete
  6. Salah satu tempat yang pengin saya kunjungi. Penasaran ama habitat komodo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah Mba bakal ke sini suatu hari nanti, aamiin allahuma aamiin

      Delete
  7. oot dikit: tahukah mba mei bahwa si komo adalah seekor komodo? *info tidak penting ini dipersembahkan oleh saya yang tetiba penasaran apakah komodo jalannya cepet atau lambat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan cepet Gi bisa 18-20 km/jam, tapi dia ga bisa belok belok alias zigzag, dia hanya bisa lurus, jadi kalau ampe dikejar larinya harus belok belok

      Delete
  8. Itu Deket banget sama komodo apa gak ngeri mbak 😂😂😂 yg foto lautnya keren bgt ya, biru gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba deket banget ngeri sih, tapi ada rangernya, so far aman

      Delete
  9. Komodo serem yaa, eh kalau lagi haid ga boleh masuk ya karena dia sensi sama bau darah wihhh hewan purba yang nyeremin

    ReplyDelete
  10. Menyenangkan sekali perjalanannya, Mei. Mumpung masih muda, go go go ya! Aku udh seneng baca perjalanan dan liat fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih idolakuhhh semangatttt terus buat keliling dunianya

      Delete
  11. Seremmm menurutku.
    Lihat kadal aja aku geli, apalagi lihat kommodo langsung..
    Btw seperti main film Jurassic Park ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya deg degan juga sih Mba, tapi aman insyaallah

      Delete
  12. jadi penasaran ke P. Komodo, mungkin next ama pacar boleh lah kesini. Tapi itu gpp kak sama komodo nya? ngejar gak sih kak?

    ReplyDelete
  13. Saya dari dulu pingin liat komodo langsung belum pernah kesampaian. Pingin ketemu komodo juga karena dulu sikat gigi kodomo teman baikku.
    Kalau kesana siapin budget berapa?

    ReplyDelete
  14. Saya takuuut sama Komodo. Ngeri dan agak geli gitu lihatnya (di TV). Makanya gak ada keinginan sama sekali untuk ke Pulau Komodo ��

    Takjub aja saya lihat orang yang berani foto dekat komodo itu padahal kan gede banget ya.
    Kalo tiba2 dia ngamuk, gimana? Huhuu...

    ReplyDelete
  15. Mba serius aku msh penasaran, soalnya kalo liat foto orang2 yg foto bareng Ama si komodo, itu kayak Deket banget. Sbnrnya jauuuuh kan yaaa? Teknik fotonya aja seolah terlihat Deket? Aku serem soalnya hahahaha.

    Belum pernah kesini. Penasaran, dan pasti aku bakal datangin sih

    ReplyDelete
  16. Aku waktu ke sini sedang haid. Jadi agak ngeri juga dekat-dekat para komodo ini. Jadi merelakan diri gak berfoto dengan mereka. Emang seru main ke sini, entah kapan lagi bisa ke sana 😀

    ReplyDelete
  17. Duh pulau-pulau Indonesia memang cantik-cantik deh 😍 bangga ya kita. Jadi kangen liburan sih ini huwaaaa... covid go go away please...

    Itu fotonya lumayan dekat ya Mbak sama komodonya ih keren

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah aku belum kesampaian nih ke pulau komodo semoga bisa keturutan ya berkunjung kesana

    ReplyDelete
  19. Salah satu destinasi wisata yang ingin aku datangi adalah pulau komodo. Penasaran banget pengen lihat satwa ini secara langsung. Orang2 bilang, air liur komodo ini mematikan, bener ga mbak?

    ReplyDelete
  20. MashaAllah~
    Bagus banget kak Mei...aku suka serem yaa...foto sama Komodo.
    Tapi Komodonya always in action gitu yaa...

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.