GAMES EDUKASI KEUANGAN UNTUK ANAK

Setiap orang tua punya cara masing-masing untuk mengenalkan anaknya perihal keuangan sejak dini. Ketika saya SD cara sederhana yang diajarkan orangtua saya untuk edukasi keuangan adalah menabung di sekolah. Selain itu saya juga diajarkan untuk menyisihkan uang jajan, dan saya menyimpannya dalam sebuah toples kecil di rumah. 

Mortgage Calculator Money Games for Kids


Dari situ saya mulai belajar tentang mengelola keuangan dengan baik. Itu lah cara orang tua saya mengedukasi keuangan, bagaimana dengan orang tua lain? Ada banyak cara edukasi keuangan yang dapat dilakukan oleh orang tua mulai dari mengajarkan games edukasi keuangan sampai dengan menabung seperti yang orang tua saya lakukan.

Cara Edukasi Keuangan Kepada Anak

1. Menabung

Ini adalah cara klasik namun tetap digunakan banyak orang tua untuk mengenalkan edukasi keuangan kepada anak sejak dini. Bisa menabung di rumah, di sekolah, bahkan di bank. Cara ini efektif mengenalkan anak pada literasi keuangan. 

2. Berbagi

Selain mengajarkan anak untuk menabung atau menyisihkan sebagian uang jajannya, ajarkan juga kepada anak untuk berbagi dengan apa yang kita miliki. Hal ini mengajarkan anak bahwa uang bukanlah segalanya. Juga mengajarkan anak bahwa dalam uang yang kita miliki ada rezeki orang lain.

Ajarkan anak-anak sejak kecil untuk membagi uangnya untuk orang-orang yang membutuhkan seperti panti asuhan, dan lainnya. Dari berbagi ini juga anak akan belajar bagaimana dalam membagi uang untuk beberapa kebutuhan.

3. Berbelanja

Ajak anak untuk ikut berbelanja misalnya membeli kebutuhan rumah tangga dan lainnya. Beritahu anak mengenai anggaran yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan rumah tangga. Sehingga pada saat belanja anak-anak hanya akan membeli barang yang dibutuhkan. Hal ini juga akan mengajarkan anak pentingnya membuat rencana anggaran untuk semua kebutuhan.

4. Mencatat

Terdengar sederhana tapi ini sangat efektif untuk mengedukasi keuangan pada anak. Kegiatan mencatat juga tidak banyak orang lakukan yaitu melakukan pencatatan untuk semua pengeluaran dan pendapatan.

Dengan melakukan pencatatan anak akan belajar untuk mengelola uang semaksimal mungkin agar tidak besar pasak daripada tiang. Selain itu anak akan belajar meng-organize semua pendapatan dan pengeluaran dengan baik dan dapat melakukan evaluasi setiap akhir bulannya.

5. Bermain games edukasi keuangan

Cara efektif berikutnya dalam mengedukasi keuangan kepada anak adalah dengan melakukan games yang berkaitan dengan keuangan. Hal ini membuat anak belajar soal keuangan dengan lebih fun. Baik itu games yang sifatnya nyata seperti bermain monopoli, bermain games jual beli, dan lainnya. Atau anda juga dapat mengajarkan games online sederhana yang syarat akan edukasi soal literasi keuangan. 

Ada beberapa situs games gratis yang dapat anda kunjungi berkaitan dengan edukasi keuangan untuk anak.

Cara Seru Kenalkan Edukasi Keuangan Kepada Anak dengan Games

Ada beberapa situs games gratis yang dapat anda kunjungi untuk bermain games online untuk mengajarkan anak tentang literasi keuangan. Dan ini dia beberapa rekomendasi video games online keuangan untuk anak di situs gratis yang saya temukan.

1. Cash Back

Games pertama berkaitan dengan keuangan yang dapat dipelajari anak adalah Games Cash Back. Dari nama gamesnya saja sudah sangat jelas. Permainan ini tentang cara memberikan kembalian uang dengan tepat. Dapat menggunakan uang koin ataupun uang kertas. Sebelum memainkan permainan ini ajak si anak untuk membaca aturan mainnya.

Moral insight Cash Back Games

  • Belajar berhitung. Pelajaran penting pertama adalah anak belajar bagaimana berhitung penambahan, pengurangan, pengalian, dan juga pembagian dalam games keuangan ini.
  • Mengenal uang koin dan pecahan. Dalam permainan ini, anak juga mulai dikenalkan bahwa uang itu terdiri dari uang koin dan pecahan. Dan juga mengenal uang pecahan terkecil sampai dengan nilai uang paling besar.
  • Disiplin. Games ini akan membuat anak selalu disiplin dan melakukan sesuatu sesuai dengan aturan. Sehingga sebelum melakukan permainan ini ajarkan anak membaca aturannya terlebih dahulu.
  • Jujur. Mengajari anak untuk jujur karena permainan ini mengajarkan anak untuk memberikan kembalian uang sesuai dengan yang seharusnya.
  • Teliti dan sabar. Mengajari anak untuk teliti dan sabar. Games keuangan ini mengajari anak untuk memberikan kembalian uang dengan tepat sehingga harus benar-benar teliti. Dan pastinya ketika si anak beberapa kali melakukan kesalahan dalam memberikan kembalian, anak diajarkan untuk terus mencobanya sehingga harus sabar.
  • Waktu. Anak juga akan belajar untuk memanfaatkan waktu yang diberikan dalam permainan keuangan ini.

Games Online Cash Back


2. Grocery Cashier

Games keuangan online kedua yang saya rekomendasikan adalah Grocery Cashier. Games ini cukup mudah juga dimainkan dan akan membuat anak-anak tertarik. Ingat baca aturan mainnya sebelum memainkan permainan ini. Agar si anak paham apa yang harus dilakukan dan cara mainnya. Permainan ini menggambarkan aktivitas belanja saat di kasir. Sehingga banyak yang dapat dipelajari anak ketika melakukan permainan ini.

Moral insight  Grocery Cashier Games:

  • Belajar berhitung. Anak-anak akan belajar tentang keuangan bagaimana menambahkan dan mengurangi. Selain itu juga anak-anak akan mengenal angka dalam bentuk uang.
  • Mengenal uang pecahan. Dalam permainan ini anak-anak akan belajar mengenal uang pecahan baik itu koin maupun uang kertas. Mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar.
  • Teliti. Anak akan belajar soal ketelitian pada saat menginput harga barang ke dalam mesin, menghitung total belanja, teliti pada saat menerima uang dan memberikan kembalian kepada pelanggan.
  • Mengenal dunia Cashier. Dalam permainan ini anak juga akan mengenal dunia keuangan terkait dengan kasir, alat yang digunakan seperti mesin penghitung uang, conveyor, layar input dan lainnya.

Games Online Grocery Cashier


3. Treze Coin

Permainan ketiga yang saya rekomendasikan untuk dimainkan oleh anak untuk edukasi keuangan adalah games online Treze Coin. Permainannya cukup mudah seperti Cash Back dan Grocery Cashier. Jangan lupa baca aturan mainnya dan sampaikan ke anak agar mereka juga memahaminya. 

Permainan ini untuk mengumpulkan uang ke dalam kotak sesuai dengan jumlah angka yang tertera. Cukup klik angka yang diminta dan pindahkan ke dalam celengan yang berbentuk balon. Setelah itu jika benar maka anak akan mendapatkan balon yang berbeda-beda warnanya.

Moral Insight Treze Coins Games:

  • Belajar berhitung. Dalam permainan ini akan diminta berapa uang yang harus dimasukan ke dalam kotak. Sehingga anak akan belajar menghitung angka dalam bentuk uang dan juga belajar tambahan dan pengurangan.
  • Teliti. Anak akan belajar soal ketelitian, yaitu menghitung berapa koin yang sudah dimasukkan ke dalam kotak. Hal ini tentu saja memerlukan ketelitian, karena angka yang diminta, kotak hitung, dan jumlah koin berbeda-beda.
  • Belajar warna. Selain belajar hitung-hitungan dan ketelitian, anak juga belajar soal warna. Dalam permainan ini jika angka yang diinput benar maka si anak akan mendapatkan satu buah bola dengan warna yang berbeda-beda setiap mendapatkan jawaban benar.

Games Online Treze Coins


Itu dia beberapa rekomendasi video games online untuk mengedukasi anak terkait dengan keuangan. Semua permainan di atas dapat dimainkan secara gratis dan sangat ramah anak. Anda dapat memainkan permainan ini di situs games online keuangan untuk anak-anak yaitu Mortgage Calculator.  Sehingga anak akan lebih fun ketika belajar tentang edukasi keuangan.

Banyak sekali games online gratis yang dapat dimainkan di situs games ini. Khususnya games online terkait edukasi keuangan untuk anak. Penasaran? Yuk coba mainkan games-gamesnya, dijamin seru-seru dan bakal mengingat keseruan semasa kecil, karena di situs games ini banyak juga games yang sering dimainkan semasa kecil dulu.

19 Comment

  1. Pentingnya mengajarkan tetnang keuangan sejak dini memang akan terasa manfaatnya di masa depan. Karena pengelolaan keuangan harus benar-benar teratur agar tidak besar pasak daripada tiang

    ReplyDelete
  2. Mortgage calculator bisa nih jadi alternatif media pembelajaran bagi anak di rumah atau siswa di sekolah ya, Kak. Jadi anak bisa terasah kemampuan dan fokusnya

    ReplyDelete
  3. Bagus ya game nya, sedari kecil anak sudah diedukasi untuk mencoba mengatur banhkan merencanakan keuangan. Menghitung sederhana dan memilih dan memilah kebutuhan dan keinginan. Keren games nya

    ReplyDelete
  4. Dengan bermain games pun, kesadaran anak akan mengelola keuangan sedari dini pun ikut terasah ya. Banyak pula pilihan permainan yang bisa dicoba. Berasa belajar sambil bermain deh jadinya.

    ReplyDelete
  5. Sekarang belajar literasi finansial sederhana untuk anak tak harus melulu dengan cara formal, bisa dengan cara alternatif seperti main game, ya.
    Anak-anak kayanya bakal seneng banget dikenalkan dengan game ini

    ReplyDelete
  6. kalau belajarnya pakai games gini enak yaa karena mereka jadi lebih fun dalam mencerna permasalahan keuangan sehari2

    ReplyDelete
  7. Seru sekali bisa belajar keuangan lewat game online ya,mbak Mei. Kalo dulu aku pun sama diajarin buat nabung di celengan ayam, hehe

    ReplyDelete
  8. Tidak hanya belajar teknologi, tapi juga sekaligus belajar memanage keuangan sejak dini. Bagus ini. Diharapkan anak terbiasa dan bisa mengatur keuangannya kelak

    ReplyDelete
  9. Mengajarkan sesuatu pada anak memang asyik kalau sambil bermain ya. Apalagi soal keuangan. Mereka bakal lebih cepat nangkapnya. Bener nggak?

    ReplyDelete
  10. Makasih rekomendasinya ya kak Mei. Habis ini mau ajak anakku buat mainin game2 yg disebutin di atas. Biar dia bisa main sambil belajar atur keuangan.


    Eh yg dewasa juga bisa banget main game ini ya karena ga hanua untuk relaxing. Tapi juga buat belajar biar lebih cerdas finansial.

    ReplyDelete
  11. Wih ada yaa game kayak gini, boleh juga nih aku rekomendasiin buat sepupuku yang masih kecil, dia suka main yang jual-jual kayak gini hehhe.

    ReplyDelete
  12. Wah mainannya lucu-lucu, ya. Tentunya membuat edukasi literasi keuangan semakin menyenangkan buat anak nih.

    ReplyDelete
  13. Wah, menarik nih
    Aku jadi pengen juga ajak anakku main game ini
    Biar sekalian belajar tentang keuangan

    ReplyDelete
  14. Pas banget nih aku lagi cari game berhitung buat anak. Soalnya dia males banget kl diajarin pelajaran berhitung manual. Enak kalo diajarin sambil main game. Dia bs lgsg nyantol. Ga kerasa belajarnya.

    ReplyDelete
  15. seru banget ya rekomendasi game tentang edukasi keuangan gini, anak-anak pasti seneng deh maininnya dan secara ga langsung kita jg ajarin dia ttg finansial deh

    ReplyDelete
  16. Wah seru nih gamesnya. Bisa belajar juga tentang literasi keuangan secara umum. Kalau kayak gini aku juga mau main gamesnya hehe

    ReplyDelete
  17. Lucunyaa..
    Ada pembelajatan mengenai pengaturan keuangan melalui games yang seru dan mengasyikkan.
    Anak-anak itu cerdas sih, pasti paham dan bisa langsung dipraktekin ketika di dunia nyata.

    ReplyDelete
  18. makasih mba sharingnya. Penting banget nih mengajarkan anak tentang keuangan seperti menabung bisa melalui game salah satunya

    ReplyDelete
  19. Games yang bisa jadi ponakan daku ini.
    Karena lengkap ada belajar menghitungnya yang full warna ya. Sehingga mengenal tentang keuangan dipelajarinya dengan asik

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.