Looking for My Article

30 September 2020

Tanjung Papuma, Pantai Pasir Putih Malikan Di Kota Tembakau

Pantai cantik di Kota Tembakau, Jember ini, belakangan menjadi destinasi wisata yang populer. Yap, Pantai Tanjung Papuma. Tahun 2012 pertama kalinya, saya mengunjungi tempat ini, masih dalam kondisi seadanya dan belum seramai sekarang. Pantai cantik yang memiliki pasir putih dan penuh dengan batu-batu besar ini menyuguhkan keindahan sunset dan sunrise.




Berniat menikmati sunsetnya, saya dan teman-teman datang siang hari ke tempat ini. Makan siang dengan nasi yang dibungkus daun pisang membuat nasinya begitu beraroma wangi. Ditambah dengan ikan bakar segar dan kami makan di pinggir pantai. Nikmatnya tiada duanya, sesederhana itu kami menikmati keindahan Tanjung Papumapantai pasir putih dengan gugusan bebatuan karangnya.



Sementara nama Tanjung-nya sendiri diambil karena pantai ini menjorok ke laut secara langsung yaitu laut Samudera Hindia. Nama Papuma sendiri ternyata kepanjangan dari Pantai Putih Malikan. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini, mempunyai gugusan batu karang yang membuatnya menjadi unik. Spot-spot batu karang tersebut menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan yang berkunjung. Spot foto inipun ternyata ada namanya loh, ada Nusa Barong, Kodok, Batu Kajang, Nusa Barong, Narada, dan juga Kresna.



Apa saja yang bisa dilakukan di Tanjung Papuma

Banyak yang bisa kita nikmati di pantai kota tembakau ini. Namun sayangnya saya tidak menikmati semua atraksinya. 



1. Kemping Ceria

Di Pantai Tanjung Papuma, wisatawan juga bisa menikmati kemping ceria bersama sahabat atau keluarga. Rebahan di dalam tenda sambil menikmati indahnya bulan dan bintang ditemani pula hembusan udara segar serta hembusan ombak yang datang sesekali, indahnya. Amannya lagi tempat ini tersedia camping ground untuk mendirikan tenda.


2. Sunset dan Sunrise

Nah, biasanya yang suka dengan pantai, pasti mau menikmati keindahan sunset atau sunrise-nya. Diklaim sebagai tempat sunrise  paling indah di Kota Tembakau ini. Membuat orang penasaran berkunjung ke destinasi wisata ini.




3. Batu Karang dan Batu Malikan

Di Pantai Tanjung Pasir Putih Malikan, kita juga bisa menikmati batu karang yang menjulang tinggi. Batu karang ini juga menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan. Bentuknya ada runcing, instagramable banget buat diphoto.



Selain itu juga batu-batu di sini berbentuk unik dan saya hampir tidak pernah melihatnya di pantai lain. Seperti dibentuk atau dicetak.



4. Pemandangan Pantai Indah

Jika kamu suka dengan pemandangan pantai yang indah, kita bisa bermain di pinggir pantai yang membiru ini. Anda dapat menikmati deburan ombak dengan ditemani hembusan khas pantai yang membuat kita menjadi lebih damai.


Tapi karena Tanjung Papuma masuk dalam laut selatan yang ombaknya terkenal sangat besar dan ganas, tidak diizinkan untuk mandi atau melakukan aktivitas air di pantai ini, tanpa seizin petugas.

5. Bukit Siti Hinggil

Merupakan salah satu spot favorit untuk menikmati sunset. Bukitnya tidak terlalu luas, dan harus hati-hati juga bermain di atas bukit ini, karena berbentuk tebing dan curam, bawahnya langsung laut berkarang.



Sekarang sudah dibangun tempat instagramable buat foto dan menyaksikan sunrise. Kita bisa menikmati Samudra Hindia dari atas bukit ini yang maha luas sejauh memandang.

6. Kuliner

Saya paling suka menikmati makan siang dengan suasana di pinggir pantai. Nah tempat ini juga menyediakan kuliner yang dapat dinikmati. Saya waktu itu memesan ikan bakar segar dan makannya di pinggir pantai Malikan bersama teman-teman. Wahhh, indahnya.




7. Menyewa boat

Nah, di pantai milik Kota Tembakau ini kita juga bisa melihat banyak perahu yang berjejer dna ternyata itu disewakan loh untuk mengelilingi beberapa spot. Sayangkan kalau dilewatkan?




8. Pemandangan hutan

Saat hendak masuk atau keluar dari Pantai Putih Malikan, kita bisa menikmati pemandangan hijau hutan yang terbuka dan penuh dengan pohon-pohon yang berwarna coklat dan hijau. Cantik banget deh.



Akses menuju Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma berjarak sekitar 35 menit atau 40 km dari Kota Jember. Karena memang jalannya ada beberapa yang belum bagus, sehingga membutuhkan waktu lebih lama.



Tahun 2013 saya mengunjungi tempat ini, belum ada kendaraan umum. Kami menyewa mobil pribadi. Ternyata sampai 2020 juga masih belum ada kendaraan umum. Menuju tempat ini kita akan melewati hutan terbuka dna cukup aman. Serta akan melewati beberapa bukit dan jalanan menanjak. Jadi jika akan menyewa kendaraan, pastikan kendaraan sanggup dibawa ke tempat berbukit.

Alamat Tanjung Papuma

Jalan Raya Lojejer, Area Kebun, Desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 68162.

Waktu Berkunjung

Berkunjung pada musim kemarau ke Pantai Putih Malikan ini, untuk menikmati pemandangan biru langit dan indah.
Berkunjunglah menuju sore untuk menghindari panas terik dan menunggu sunset yang indah.

Suhu Pantai Tanjung Papuma

Namanya pantai pasti sudah dipastikan suhunya kadang dingin kadang panas ya tergantung waktunya. Tapi rata-rata suhu di tempat ini antara 22 - 33 derajat. Jadi, pastikan anda membawa pakaian yang tepat ke tempat ini. Karena pengalaman saya menggunakan kaos tebal, kepanasan banget.

Harga Tiket Masuk (Per Desember 2019)

Wisatawan Domestik Rp. 15.000-, (hari biasa) dan Rp. 17.500-, (hari libur)
Wisatawan Mancanegara Rp. 30.000-,

Harga Tiket Parkir

Mobil Rp 5.000-,
Motor Rp 2.000-,
Mobil besar Rp. 10.000-,

Fasilitas

  • Area parkir
  • Tempat makan
  • Toilet
  • Mushola dan Vihara
  • Penginapan
  • Penyewaan ATV
  • Camping Ground
  • Banana Boat
  • Suvenir


Larangan di Tanjung Papuma

Beberapa aktivitas di larang di tempat ini untuk keselamatan wisatawan. Di mana bumi dipijak maka disitu langit dijunjung. Be smart traveler, mari kita ikuti aturan yang ada.



Disclaimer

Semua gambar yang diupload merupakan koleksi pribadi dan jepretan teman-teman JKT24.

See you Tanjung Papuma.



29 comments :

  1. Padahal sering banget melewati Jember tapi belum sempat ke tanjung Papuma, indah banget ya...pengen main air pantai disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ka nyobain ke sana hehehe bagus tempatnya

      Delete
  2. pantainya indah banget ya mbak, emang paling enak tu sambil nunggu sunset makan ikan atau aneka seafood rame2 hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa di pantai milik orang Sunda ya mba WInd, sambil makannya pakai lalapan heheh

      Delete
  3. Ternyata di Jember banyak destinasi yang bisa di explore ya kak, terutama pantai pasir putih ini. aku malah ngences lihat ikan bakarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kangen sama rumah saya juga mba, punya kolam ikan, mau tinggal ambil dna bakar

      Delete
  4. Masih asri dan indah sekali! Aku baru tau di Jember ada pantai seindah ini, mainnya kurang jauh :( hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mainnya kejauhan, yang deket malah kelewat mba Ell hehe

      Delete
  5. Belum pernah eksplore wisata di Jember. Wahh aslikk, aku udah gasabar pandemi ini buruan selesai sampai tuntas biar bisa buruan jalan-jalan dan piknik :D

    ReplyDelete
  6. asli sih ini keren banget kak, bisa banget buat refresh sejenak otak karena full aktifitas sehari-hari. jadi pngn ke sana juga deh ^^

    ReplyDelete
  7. Liat foto2 karang batunya itu aku ikutan ngerasa kemagisan alam yang maha dahsyat ya. Perasaan ini jg dl aku rasain waktu naik ke uluwatu dan di bawahnya langsung lautan luas (mungkin samudra kali ya)

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata Jember menyimpan keindahan Seperti ini yaa. Pengen banget bisa eksplore Jember Dan ke sini juga sama keluarga pengen liat sunrise dab sunset

    ReplyDelete
  9. Yaa ampun dulu banget aku pernah kesini, nginep di mesjid krn udh kemalemam sampenya. Pagi2 buta bangun langsung meluncur. Waktu itu masih sepi bgt dan enjoy bgt sama tmn2 serasa pantainya milik sendiri

    ReplyDelete
  10. Foto-foto Tanjung Papumanya cantik semua, Mbak Mei. Langsung berasa suasana laut dengan batu-batu karang raksasa yang indah itu. Nah kalau mau hunting sunrise sepertinya bagus kalau nenda di sini ya..Berarti di sana juga ada tempat untuk penyewaan tenda dan fasilitas umum macam toilet yak. Siiip..Jadi pengen ke sini..

    ReplyDelete
  11. Ternyata di Jember banyak juga spot tempat wisatanya yg indah2 banget... Kdg bersyukur belum ada fasilitas angkutan umumnya juga kak, biar tetap asri dan nyaman tempatnya untuk dikunjungi:)

    ReplyDelete
  12. Ikannyaaa...
    Suka banget makan ikan yang fresh baru ditangkep. Pasti rasanya enduulls ya, kak Mei.

    ReplyDelete
  13. Indonesia memang kaya akan pulau pulau nya yang Indah. Duh itu pantainya bersih dan Putih, begitu juga dengan laut nya. Ngebayangin makan ikan di pinggir pantai.

    ReplyDelete
  14. AKu jatuh cinta dengan pantai Papuma Kak, aku pernah ke sini acara blogger Jember. Rejeki banget bisa keliling jember dengan gratis.
    Ah jadi kangen

    ReplyDelete
  15. Masya Allah cantik banget pantainya, terutama pancaran sinar marahari saat sunrise itu.

    Batu-batunya besar-besar, cocok banget jadi spot foto keren.

    Tapi lihat itu, saya jadi ingat pantai di Belitung, tempat syuting Laskar Pelangi.

    ReplyDelete
  16. Ga ush pake larangan jgn berenang pun, aku ga bakal berani juga berenang di sana, ngeliat ombaknya, dan baru2 karang Segede gaban gitu hahahahahah.

    Tapi cakeeeep bgt nih pantai. Kalo kesana udh paling bener makan ikan bakar aja Mei. Itu ngiler beuuut liat ikan nyaaaa :D. Pasti segeeer dan enaaak yaaaa ;).

    ReplyDelete
  17. cantik banget pantainya, aku baru tahu sih ada yang namanya pantai tembakau. menarik untuk dikunjungi nih

    ReplyDelete
  18. Saya suka sekali Pantai ini. Unik banget ada Dua Sisi yang berbeda banget. Kepengennya nginep disana biar lebih menikmati suasannya. Pemandangan dari Siti Hinggil spektakuler

    ReplyDelete
  19. Iya kalau ke pantai lebih baik Di waktu musim kemarau ya, puas mainnya. Kalau musim hujan ga bisa ngapa ngapain karena lautnya juga ga bisa berenang karena lautnya ganas.

    Btw ikan yang di panggang itu ikan apa ya kak?

    ReplyDelete
  20. Kereen banget pemandangan pantai sunsetnya mba duh jadi bikin kangen pergi ke pantai juga

    ReplyDelete
  21. Harga tiket masuk dan parkir nya masih terjangkau ya. Duh jd pengen liburan juga deh.

    ReplyDelete
  22. Kemarin pas ke Jember, gak sempat datang ke Pantai Papuma

    ReplyDelete
  23. Bener banget mbak, sekarang spot foto di Papuma makin dipercantik, bisa dibilang bagus.

    ReplyDelete
  24. paling suak itu pantai ada bebatuan karang yang besar2 sangat eksotis

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top