TANJUNG PAPUMA, PANTAI PASIR PUTIH MALIKAN DI KOTA TEMBAKAU

Pantai cantik di Kota Tembakau, Jember ini, belakangan menjadi destinasi wisata yang populer. Yap, Pantai Tanjung Papuma. Tahun 2012 pertama kalinya, saya mengunjungi tempat ini, masih dalam kondisi seadanya dan belum seramai sekarang. Pantai cantik yang memiliki pasir putih dan penuh dengan batu-batu besar ini menyuguhkan keindahan sunset dan sunrise.




Berniat menikmati sunsetnya, saya dan teman-teman datang siang hari ke tempat ini. Makan siang dengan nasi yang dibungkus daun pisang membuat nasinya begitu beraroma wangi. Ditambah dengan ikan bakar segar dan kami makan di pinggir pantai. Nikmatnya tiada duanya, sesederhana itu kami menikmati keindahan Tanjung Papumapantai pasir putih dengan gugusan bebatuan karangnya.



Sementara nama Tanjung-nya sendiri diambil karena pantai ini menjorok ke laut secara langsung yaitu laut Samudera Hindia. Nama Papuma sendiri ternyata kepanjangan dari Pantai Putih Malikan. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini, mempunyai gugusan batu karang yang membuatnya menjadi unik. Spot-spot batu karang tersebut menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan yang berkunjung. Spot foto inipun ternyata ada namanya loh, ada Nusa Barong, Kodok, Batu Kajang, Nusa Barong, Narada, dan juga Kresna.




Apa saja yang bisa dilakukan di Tanjung Papuma

Banyak yang bisa kita nikmati di pantai kota tembakau ini. Namun sayangnya saya tidak menikmati semua atraksinya. 



1. Kemping Ceria

Di Pantai Tanjung Papuma, wisatawan juga bisa menikmati kemping ceria bersama sahabat atau keluarga. Rebahan di dalam tenda sambil menikmati indahnya bulan dan bintang ditemani pula hembusan udara segar serta hembusan ombak yang datang sesekali, indahnya. Amannya lagi tempat ini tersedia camping ground untuk mendirikan tenda.


2. Sunset dan Sunrise

Nah, biasanya yang suka dengan pantai, pasti mau menikmati keindahan sunset atau sunrise-nya. Diklaim sebagai tempat sunrise  paling indah di Kota Tembakau ini. Membuat orang penasaran berkunjung ke destinasi wisata ini.




3. Batu Karang dan Batu Malikan

Di Pantai Tanjung Pasir Putih Malikan, kita juga bisa menikmati batu karang yang menjulang tinggi. Batu karang ini juga menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan. Bentuknya ada runcing, instagramable banget buat diphoto.



Selain itu juga batu-batu di sini berbentuk unik dan saya hampir tidak pernah melihatnya di pantai lain. Seperti dibentuk atau dicetak.



4. Pemandangan Pantai Indah

Jika kamu suka dengan pemandangan pantai yang indah, kita bisa bermain di pinggir pantai yang membiru ini. Anda dapat menikmati deburan ombak dengan ditemani hembusan khas pantai yang membuat kita menjadi lebih damai.


Tapi karena Tanjung Papuma masuk dalam laut selatan yang ombaknya terkenal sangat besar dan ganas, tidak diizinkan untuk mandi atau melakukan aktivitas air di pantai ini, tanpa seizin petugas.

5. Bukit Siti Hinggil

Merupakan salah satu spot favorit untuk menikmati sunset. Bukitnya tidak terlalu luas, dan harus hati-hati juga bermain di atas bukit ini, karena berbentuk tebing dan curam, bawahnya langsung laut berkarang.



Sekarang sudah dibangun tempat instagramable buat foto dan menyaksikan sunrise. Kita bisa menikmati Samudra Hindia dari atas bukit ini yang maha luas sejauh memandang.

6. Kuliner

Saya paling suka menikmati makan siang dengan suasana di pinggir pantai. Nah tempat ini juga menyediakan kuliner yang dapat dinikmati. Saya waktu itu memesan ikan bakar segar dan makannya di pinggir pantai Malikan bersama teman-teman. Wahhh, indahnya.




7. Menyewa boat

Nah, di pantai milik Kota Tembakau ini kita juga bisa melihat banyak perahu yang berjejer dna ternyata itu disewakan loh untuk mengelilingi beberapa spot. Sayangkan kalau dilewatkan?




8. Pemandangan hutan

Saat hendak masuk atau keluar dari Pantai Putih Malikan, kita bisa menikmati pemandangan hijau hutan yang terbuka dan penuh dengan pohon-pohon yang berwarna coklat dan hijau. Cantik banget deh.



Akses menuju Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma berjarak sekitar 35 menit atau 40 km dari Kota Jember. Karena memang jalannya ada beberapa yang belum bagus, sehingga membutuhkan waktu lebih lama.



Tahun 2013 saya mengunjungi tempat ini, belum ada kendaraan umum. Kami menyewa mobil pribadi. Ternyata sampai 2020 juga masih belum ada kendaraan umum. Menuju tempat ini kita akan melewati hutan terbuka dna cukup aman. Serta akan melewati beberapa bukit dan jalanan menanjak. Jadi jika akan menyewa kendaraan, pastikan kendaraan sanggup dibawa ke tempat berbukit.

Alamat Tanjung Papuma

Jalan Raya Lojejer, Area Kebun, Desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 68162.

Waktu Berkunjung

Berkunjung pada musim kemarau ke Pantai Putih Malikan ini, untuk menikmati pemandangan biru langit dan indah.
Berkunjunglah menuju sore untuk menghindari panas terik dan menunggu sunset yang indah.

Suhu Pantai Tanjung Papuma

Namanya pantai pasti sudah dipastikan suhunya kadang dingin kadang panas ya tergantung waktunya. Tapi rata-rata suhu di tempat ini antara 22 - 33 derajat. Jadi, pastikan anda membawa pakaian yang tepat ke tempat ini. Karena pengalaman saya menggunakan kaos tebal, kepanasan banget.

Harga Tiket Masuk (Per Desember 2019)

Wisatawan Domestik Rp. 15.000-, (hari biasa) dan Rp. 17.500-, (hari libur)
Wisatawan Mancanegara Rp. 30.000-,

Harga Tiket Parkir

Mobil Rp 5.000-,
Motor Rp 2.000-,
Mobil besar Rp. 10.000-,

Fasilitas

  • Area parkir
  • Tempat makan
  • Toilet
  • Mushola dan Vihara
  • Penginapan
  • Penyewaan ATV
  • Camping Ground
  • Banana Boat
  • Suvenir


Larangan di Tanjung Papuma

Beberapa aktivitas di larang di tempat ini untuk keselamatan wisatawan. Di mana bumi dipijak maka disitu langit dijunjung. Be smart traveler, mari kita ikuti aturan yang ada.



Disclaimer

Semua gambar yang diupload merupakan koleksi pribadi dan jepretan teman-teman JKT24.

Jadi buat teman-teman yang ingin berkunjung ke tempat ini jangan lupa perhatikan kondisi cuaca, cari informasi akses, tiket masuk terbaru, dan lainnya. Pastinya siapkan uang secukupnya karena tempat ini tidak ATM, dan juga jangan lupa bawa kameranya ya.

See you Tanjung Papuma, pantai pasir putih malikan di kota tembakau.



80 Comment

  1. Padahal sering banget melewati Jember tapi belum sempat ke tanjung Papuma, indah banget ya...pengen main air pantai disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ka nyobain ke sana hehehe bagus tempatnya

      Delete
  2. pantainya indah banget ya mbak, emang paling enak tu sambil nunggu sunset makan ikan atau aneka seafood rame2 hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa di pantai milik orang Sunda ya mba WInd, sambil makannya pakai lalapan heheh

      Delete
  3. Ternyata di Jember banyak destinasi yang bisa di explore ya kak, terutama pantai pasir putih ini. aku malah ngences lihat ikan bakarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kangen sama rumah saya juga mba, punya kolam ikan, mau tinggal ambil dna bakar

      Delete
  4. Masih asri dan indah sekali! Aku baru tau di Jember ada pantai seindah ini, mainnya kurang jauh :( hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mainnya kejauhan, yang deket malah kelewat mba Ell hehe

      Delete
  5. Belum pernah eksplore wisata di Jember. Wahh aslikk, aku udah gasabar pandemi ini buruan selesai sampai tuntas biar bisa buruan jalan-jalan dan piknik :D

    ReplyDelete
  6. asli sih ini keren banget kak, bisa banget buat refresh sejenak otak karena full aktifitas sehari-hari. jadi pngn ke sana juga deh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain ke sana Mba Reva kalau sudah aman

      Delete
  7. Liat foto2 karang batunya itu aku ikutan ngerasa kemagisan alam yang maha dahsyat ya. Perasaan ini jg dl aku rasain waktu naik ke uluwatu dan di bawahnya langsung lautan luas (mungkin samudra kali ya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uluwatu lebih berasa mba Mels

      Delete
    2. belum pernah kemana2 hahaa cuma bisa ngebayangin aja, aku ke pantai paling pangandaran sama pulau sepa di pulau seribu aja itu juga udha melongo, apalagi ke uluwatu dan tanjung papuma ini ya

      Delete
    3. Betul banget mba. Merinding aiu di atas sana betapa kita beneran cuma butiran debu

      Delete
  8. Wah ternyata Jember menyimpan keindahan Seperti ini yaa. Pengen banget bisa eksplore Jember Dan ke sini juga sama keluarga pengen liat sunrise dab sunset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jember banyak mba destinasi wisatanya, cuman jaraknya memang agak jauh2

      Delete
  9. Yaa ampun dulu banget aku pernah kesini, nginep di mesjid krn udh kemalemam sampenya. Pagi2 buta bangun langsung meluncur. Waktu itu masih sepi bgt dan enjoy bgt sama tmn2 serasa pantainya milik sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pertama juga tahun 2012 ya masih sepi, sekarang ramai banget

      Delete
  10. Foto-foto Tanjung Papumanya cantik semua, Mbak Mei. Langsung berasa suasana laut dengan batu-batu karang raksasa yang indah itu. Nah kalau mau hunting sunrise sepertinya bagus kalau nenda di sini ya..Berarti di sana juga ada tempat untuk penyewaan tenda dan fasilitas umum macam toilet yak. Siiip..Jadi pengen ke sini..

    ReplyDelete
  11. Ternyata di Jember banyak juga spot tempat wisatanya yg indah2 banget... Kdg bersyukur belum ada fasilitas angkutan umumnya juga kak, biar tetap asri dan nyaman tempatnya untuk dikunjungi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mba Lily, biar alamnya tetep asri

      Delete
  12. Ikannyaaa...
    Suka banget makan ikan yang fresh baru ditangkep. Pasti rasanya enduulls ya, kak Mei.

    ReplyDelete
  13. Indonesia memang kaya akan pulau pulau nya yang Indah. Duh itu pantainya bersih dan Putih, begitu juga dengan laut nya. Ngebayangin makan ikan di pinggir pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil liatin sunset or sunrise ya mba Cilya

      Delete
  14. AKu jatuh cinta dengan pantai Papuma Kak, aku pernah ke sini acara blogger Jember. Rejeki banget bisa keliling jember dengan gratis.
    Ah jadi kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah ya mba senang dengarnya

      Delete
  15. Masya Allah cantik banget pantainya, terutama pancaran sinar marahari saat sunrise itu.

    Batu-batunya besar-besar, cocok banget jadi spot foto keren.

    Tapi lihat itu, saya jadi ingat pantai di Belitung, tempat syuting Laskar Pelangi.

    ReplyDelete
  16. Ga ush pake larangan jgn berenang pun, aku ga bakal berani juga berenang di sana, ngeliat ombaknya, dan baru2 karang Segede gaban gitu hahahahahah.

    Tapi cakeeeep bgt nih pantai. Kalo kesana udh paling bener makan ikan bakar aja Mei. Itu ngiler beuuut liat ikan nyaaaa :D. Pasti segeeer dan enaaak yaaaa ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin nagih di sana, nenda liatin sunrise sunset sambil makan ikan bakar hehhe

      Delete
  17. cantik banget pantainya, aku baru tahu sih ada yang namanya pantai tembakau. menarik untuk dikunjungi nih

    ReplyDelete
  18. Saya suka sekali Pantai ini. Unik banget ada Dua Sisi yang berbeda banget. Kepengennya nginep disana biar lebih menikmati suasannya. Pemandangan dari Siti Hinggil spektakuler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke sana laginka Aif dan nginap nyobain

      Delete
  19. Iya kalau ke pantai lebih baik Di waktu musim kemarau ya, puas mainnya. Kalau musim hujan ga bisa ngapa ngapain karena lautnya juga ga bisa berenang karena lautnya ganas.

    Btw ikan yang di panggang itu ikan apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya lupa mba nama ikannya, sempat nanya juga kita waktu itu, warnanya ijo kuning2 gitu

      Delete
  20. Kereen banget pemandangan pantai sunsetnya mba duh jadi bikin kangen pergi ke pantai juga

    ReplyDelete
  21. Harga tiket masuk dan parkir nya masih terjangkau ya. Duh jd pengen liburan juga deh.

    ReplyDelete
  22. Kemarin pas ke Jember, gak sempat datang ke Pantai Papuma

    ReplyDelete
  23. Bener banget mbak, sekarang spot foto di Papuma makin dipercantik, bisa dibilang bagus.

    ReplyDelete
  24. paling suak itu pantai ada bebatuan karang yang besar2 sangat eksotis

    ReplyDelete
  25. Pantai pasir putih di Jember luar biasa ya. Belum lagi bebatuan yang khas dan pemandangan yang indah

    ReplyDelete
  26. Semoga suatu hari nanti saya bisa ke jember apalagi pasir putih aamiin ya. .

    ReplyDelete
  27. Ada pantai yang bagus sekali di Jember, wah itu batu karangnya bagus banget kayak dibentuk.

    ReplyDelete
  28. Kalau ada yang cerita tentang Papuma aku selalu ngiri, pingin kesana tapi tidak pernah kesampaian

    ReplyDelete
  29. Baru tau di Jember ada pantai seindah ini...batu batu karangnya kokoh gitu berdiri...air nya biru pasirnya putih dduuh bikin gatal kakiku deh pengen kesana😀

    ReplyDelete
  30. Sukaa banget kalau lihat blog traveling seperti ini .. ada laut, pantai dan makanan laut yangsegar dan enak enak.. aduuh ini ikan bakar bisa kebawa ke mimpi deh.. yummy banget

    ReplyDelete
  31. Rekreasi ke Pantai Papuma, saya membayangkannya seperti berpetualangan ya karena ada tempat kempingnya. Seruu.

    ReplyDelete
  32. Tempatnya bagus banget ini, aku kalau kesini pasti banyakan foto-foto deh karena banyak objek yang bagus disini. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan bisa jalan-jalan lagi.

    ReplyDelete
  33. MasyaAllah, cantik banget Tanjung Papuma ini, Mbak. Sudah lama pengen ke Jember nih lanjut Banyuwangi karena banyak wisata bagus di sana ya. Dan kalau ke sana pantai ini bakal jadi salah satu tujuan aku.

    ReplyDelete
  34. Udah lama nggak ke Jember lagi. Tapi belum begitu ngeh Jember punya pantai yang sangat indah seperti ini. Makasih referensinya. Berharap bisa ke sana lagi

    ReplyDelete
  35. aku selalu ngiler kalau mba mei pergi jalan-jalan, destinasinya unik-unik pula. Pingin ke pantai, tapi sedang Covid. Semoga covid cepat selesai amin.

    ReplyDelete
  36. Belum pernah ke Jember saya...ternyata bagus juga ya pemandangannya jadi pengen ke sana jadinya..btw pantainya unik ya ada batu karangnya gitu..

    ReplyDelete
  37. Baru tau klo Jember punya pantai indah. Duh jadi pingin ke sana.. segera atuh pandemi pergiii

    ReplyDelete
  38. Tiket masuknya tidak mahal ya. Bisa dicoba ini. Penasaran. Cantik banget pemandangannya. Apalagi yang batu-batu karangnya itu, sekilas mirip batu-batu karang yang sering ada di foto-foto Raja Ampat, Papua. Di Jember, adakah hotel yang bisa jadi rekomendasi menginap?

    ReplyDelete
  39. Masya Allah ini di Jember toh, kirain di luar jawa. Cantik ya pantainya, betah deh aku lihat sunset plus sunrise

    ReplyDelete
  40. aku tuh suka pengen ngerasain gimana rasanya camping pinggir pantai. seru banget kayaknya.

    ReplyDelete
  41. Ke Papuma emang bikin nagih ya Kak. Aku ke sana sekali acara Famtrip Jember, menyenangkan banget dan sejukk pantainya.

    ReplyDelete
  42. Ya ampun aku kemana aja. Baru tau kalo ada pantai sebagus ini di jember!! 🤣

    ReplyDelete
  43. Yaampun ternyata ada banyakkk destinasi wisata yang indah di Indonesia ini termasuk Tanjung Papuma ini yang baru pertama kali aku tau

    ReplyDelete
  44. Sunset dan sunrise di tanjung papuma cantik bgt ya, aku baru tau kalo di jember ada pantai secantik ini

    ReplyDelete
  45. Sungguh ya setiap kali mampir ke blog ini selalu dapat insight baru tempat wisata yang belum pernah aku kunjungi dan jadi bikin mau kesana gitu. Jadi tambah rindu sama pantai deh.

    ReplyDelete
  46. aku belum pernah kesini mba tapi liat pantai pasir putihnya bagus sekali jadi kangen rindu main ke pantai

    ReplyDelete
  47. sekitar 3 th lalu ke sana, jalannya melewati seperti hutan2 dan ada monyet gitu. hihi. pantainya bagus dan bersih. saya suka warna pasirnya yg indah

    ReplyDelete
  48. MasyaAllah suka banget dengan view di foto pertama kak. beneran asyik banget main di tanjung papuma, mana pasirnya putih dan bersih lagi. auto pengen gugulingan di sana hehe

    ReplyDelete
  49. Suka banget lihat pemandangan luat dan langit yang biru, cantik banget ya pantai pasir putih Malikan ini.Pantai dengan pasir yang putih kayak gini biasanya memang jadi primadona pariwisata. Aku belum pernah ke Jember, one day pengen banget ekspor wisata pantai di Jawa Timur siapa tahu bisa mampir ke sini ya kan.

    ReplyDelete
  50. Cantik banget pemandangan dan pantainya ya bersih lagi. Waktu blogger pada main ke sini aku nggak bisa ikutan hanya bisa nonton foto mereka huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan-kapan bisa main ke Papuma beach ya Teh. Asli di sini indah dan keren pemandangannya.

      Delete
  51. Ternyata Jember punya pantai seindah ini ya. Indah, khas pantai selatan. Bisa nih jadi next destination ku sama keluarga buat jalan-jalan

    ReplyDelete
  52. Ampuuun, pemandangannya indah bangeeeet. Aku belum pernah denger lo ada pantai seindah ini di jember. Habis yang aku tau tu kalau Jember adanya cuma Mas Anang. Wakaka.
    *Plak!*
    *Ditabok warga jember*

    ReplyDelete
  53. Jadi inget pernah ada temen cerita tentang tanjung papuma katanya memang bagus ya, jadi pengen kesana. Jauh gak ya dr surabaya?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.