PERSATUAN PANAHAN INDONESIA: DUKUNG ATLIT PANAHAN INDONESIA RAIH JUARA

Olahraga memanah atau panahan adalah jenis olahraga yang menarik bagi saya. Awal mula saya menyukai olahraga ini karena sering membaca banyak tentang Persatuan Panahan Indonesia yang menaungi para atlit panahan di Indonesia. Dan ternyata banyak sekali fakta menarik olahraga panahan atau memanah ini yang baru saya ketahui. Apa saja, let's check it out.

persatuan panahan Indonesia


Fakta Menarik Tentang Olahraga Panahan

Apa saja fakta menarik tentang olahraga panahan atau memanah? 

1. Masuk cabang olahraga dari Olimpiade

Fakta menarik lainnya mengenai olahraga panahan adalah olahraga ini masuk dalam cabang olimpiade sejak tahun 1900 yang saat itu pertama kali dilaksanakan di Paris. Olahraga ini banyak diminati dan hal ini terbukti dengan menjadikan panahan salah satu cabang olahraga yang dilombakan. Selain itu juga semakin banyak lahirnya para atlet panahan di dunia juga Indonesia.

Di Indonesia olahraga panahan mulai berdiri sejak 12 Juli 1953 di Yogyakarta berkat prakarsa dari Sri Paku Alam VIII sekaligus ketua umum Persatuan Panahan Indonesia dari mulai berdiri sampai tahun 1977.

2. Sunnah rasul

Bagi anda yang beragama muslim mungkin sudah banyak yang tahu, selain berkuda, panahan adalah olahraga yang dianjurkan oleh rasul, sehingga masuk dalam sunnah rasul. Jadi bagi anda yang melakukannya maka akan mendapatkan pahala. Jadi mari kita lakukan salah satu sunnah rasul yang akan membuat tubuh kita semakin sehat.

3. Salah satu olahraga tertua di dunia

Olahraga ini sudah ada sejak 5000 tahun lalu sehingga masuk dalam kategori olahraga tertua di dunia. Dahulu kala olahraga ini digunakan sebagai salah satu cara untuk bertahan dari serangan musuh. Dengan bergesernya waktu, kemudian berkembang menjadi salah satu cabang olahraga untuk menjaga kesehatan.

4. Meningkatkan fokus

Salah satu manfaat dari olahraga panahan ini adalah dapat meningkatkan fokus bagi yang melakukannya. Lakukan olahraga ini dengan rutin dan teratur, maka dapat membantu meningkatkan fokus anda.

5. Dapat dilakukan oleh semua usia

Fakta lainnya mengenai olahraga panahan ini adalah, jika olahraga ini dapat dilakukan oleh siapapun atau semua usia. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Karena faktanya olahraga ini tidak begitu membebani soal fisik.

6. Memiliki jenis busur yang beranekaragam

Fakta menarik lainnya tentang olahraga panahan ini ternyata adalah memiliki jenis busur yang beranekaragam. Ada yang terbuat dari kayu atau bambu yang merupakan busur tradisional. Biasanya busur jenis ini hanya mampu mencapai jarak panahan kurang lebih 40 meter saja. 

Kedua, adalah busur standar yang biasanya terbuat dari laminasi kayu dengan maksimal panahannya 30-40 meter saja. Trakhir adalah jenis busur logam karbon atau magnesium alloy yang jarak panahnya mampu mencapai 70-80 meter.

7. Olahraga terjangkau

Panahan adalah salah satu jenis olahraga yang sangat terjangkau jikau ingin melakukannya. Belakangan ini banyak sekali tempat olahraga atau bahkan komunitas yang menyediakan jenis olahraga ini untuk melakukannya. Harganya pun sangat terjangkau.

8. Memiliki banyak komunitas

Bagi anda yang ingin belajar panahan, saat ini sudah banyak sekali komunitas. Anda dapat bergabung bersama mereka untuk belajar panahan, mulai dari dasar sampai mahir. Bahkan di beberapa sekolah olahraga panahan ini sudah masuk sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler bahkan dimulai dari tingkat sekolah PAUD atau TK jika di Indonesia.

Lalu bagaimana olahraga panahan di Indonesia? Di bawah naungan Persatuan Panahan Indonesia atau (PERPANI), dunia panahan Indonesia mulai berkembang.

Persatuan Panahan Indonesia: Dukung Atlit Panahan Indonesia Raih Juara

Lalu bagaimana dengan olahraga panahan di Indonesia? Sama halnya dengan negara lain, Indonesia juga mengenal olahraga panahan ini bahkan Indonesia sudah beberapa kali menang dalam acara Sea Games dan Asian Games di bawah naungan Persatuan Panahan Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa olahraga ini cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sehingga banyak atlet yang memilih cabang olahraga ini. Lebih dari itu, negara kita memiliki potensi yang baik untuk mendapatkan juara di berbagai kegiatan olahraga dunia.

Atlet Putri Panahan Indonesia yaitu Lilis Handayani, Kusuma Wardhani, Nurfitriyana yang dijuluki sebagai Srikandi Indonesia, pernah mencapai titik terbaik bagi Indonesia pada Olimpiade Seoul 1998 dengan mempersembahkan medali perak untuk pertama kalinya bagi Indonesia. Hal ini menjadi momen yang sangat membanggakan bagi Indonesia, mengingat sejak Olimpiade pertama di Helsinki tahun 1952, Indonesia tidak pernah meraih apapun.

Melihat dari pengalaman kejuaraan sebelumnya, menurut Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia yaitu Arsjad Rasjid, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi juara, sayangnya belum maksimal. Maka dari itu para pelatih dan atlet harus meningkatkan dan memaksimalkan lagi potensi-potensi yang ada. Sehingga pada saat pesta olahraga bangsa-bangsa sedunia yaitu Olimpiade berikutnya, Indonesia dapat memberikan persembahan terbaiknya.

Dengan modal kepemimpinan yang dimilikinya dan berbagai pengalaman memimpin beberapa usaha serta dukungan dari berbagai pihak, Arsjad Rasjid yakin para atlit Panahan Indonesia akan meraih yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Jadi mari kita dukung Persatuan Panahan Indonesia di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid semakin berkembang dan dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Dan semoga target medali tercapai dengan lancar dan menjadi hadiah bagi Indonesia tercinta.

Sumber:

https://arsjadrasjid.com/panahan-indonesia/

https://nuansa.nusaputra.ac.id/2021/12/09/mahasiswa-wajib-tahu-inilah-5-fakta-menarik-mengenai-olahraga-panahan/

11 Comment

  1. Memanah itu sebenarnya salah satu hobi aku setelah berkuda. Aku pernah coba memanah dan pernah menang dalam event memanah antar komunitas disaat umurku 10 tahun. Dari situ aku semakin bersemangat untuk memanah. Namun karena terkendala biaya, akhirnya sekarang Aku sudah tidak ikut komunitas memanah lagi

    ReplyDelete
  2. Cabang Panahan sejak dahulu menjadi andalan Indonesia, bahkan sudah pernah memenangkan pertandingan internasional, sayangnya di sekolah anakku ngak ada eskul panahan, mungkin susah cari pelatihnya.

    ReplyDelete
  3. Di sekolah anakku ada eskul panahan juga. Kami ikutkan karena ini olahraga Sunnah. Si anak mau aja tetapi hanya bertahan setahun. Dia belum mau untuk lanjut panahan lagi.

    ReplyDelete
  4. Salut dengan atlit panah indonesia yang sudah membanggakan nama indonesia, semoga lahir atlit atlit muda panahan yang menekuni olahraga panahan sejak dini

    ReplyDelete
  5. Saya pernah coba memanah sewaktu ke tempat wisata dengan menggunakan busur yang asli, itu megang alatnya berat, butuh kekuatan tangan dan fokus, tapi setelah mencobanya rasanya puas. Sayang nya tidak banyak sih komunitas panah di kota saya, pengen ikut juga (iidyanie.com)

    ReplyDelete
  6. Panahan ternyata salah satu olahraga tertua ya, olahraga yang menarik perhatian anak saya juga nih, belum saya daftarkan sessuai keinginannya, semoga segera ketemu yang lokasinya dekat rumah

    ReplyDelete
  7. Jadi inget pernah diajak ke lokasi panahan dan berkuda milik pesantren Daarut Tauhiid di Bandung. Sempet nyobain panahan juga. Ternyata berat ya busurnya panahan heu. Fix, kalau rajin olahraga panahan otot tangan jadi kuat.

    Mudah-mudahan persatuan panahan Indonesia berbenah jadi lebih baik supaya bisa mendukung atlet-atlet baru

    ReplyDelete
  8. Di jogja banyak nih komunitas panahan. Ya, selain bagian dari Sunnah Nabi, olahraga ini memang ningkatkan banget masalah fokus, dan bahkan banyak dari orang tua di komunitas panahan ini, bawa anak-anaknya

    ReplyDelete
  9. Olahraga panahan ini memang berikan banyak manfaat ya, Sayang memang untuk perhatian di cabang olahraga yang diperlombakan kurang diminati. Padahal sudah beberapa kali menang sea game ya. Butuh perhatian nih, agar perhatian olahraga yang diperlombakan gak melulu soal sepak bola

    ReplyDelete
  10. Pengenn banget les memanah tapi waktunya belum cocok...ada temen muslimah les memanah segroup gitu seruuu ...(gusti yeni)

    ReplyDelete
  11. Salah satu cabang olah raga yang sepertinya nggak akan aku coba ya panahan ini walaupun pengin banget sebenarnya. Fasilitasnya yang nggak ada di kota aku.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.