5 CARA MENINGKATKAN KECERDASAN FINANSIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN KEUANGAN

Banyak sekali orang mengalami kesulitan keuangan, tidak hanya pekerja kantoran, ibu rumah tangga, pengusaha, sampai dengan para kreator. Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya, salah satunya dengan belajar meningkatkan kecerdasan finansial.

mengatasi kesulitan keuangan dengan IndiHome


Cara Meningkatkan Kecerdasan Finansial Untuk Mengatasi Kesulitan Keuangan

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan finasial yang diharapkan dapat membantu keluar dari permasalahan atau kesulitan keuangan.

1. Mengelola Pengeluaran dan Pemasukan

Cara pertama untuk meningkatkan kecerdasan finansial adalah dengan mengetahui pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Anda perlu tahu berapa banyak uang yang dikeluarkan dan berapa banyak uang yang masuk setiap bulannya. Sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

Dengan mengetahuinya anda dapat membuat anggaran dengan efektif. Sehingga kita bisa merencanakan pengeluaran dengan lebih terencana dan matang. 

2. Belajar Investasi

Investasi menjadi salah satu solusi jangka panjang dalam mengatasi kesulitan keuangan. Namun, alangkah baiknya sebelum melakukan investasi, penting untuk mempelajari dasar-dasar investasi dan risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Beberapa jenis investasi yang dapat dipilih berupa investasi saham, reksadana, obligasi, dan deposito. Pelajari cara kerja masing-masing jenis investasi dan pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

3. Mengurangi Hutang

Salah satu cara lain dalam mengatasi keuangan adalah mengurangi hutang. Karena hutang bisa menjadi beban yang sangat berat bagi keuangan siapapun. Maka dari itu, mengurangi hutang dapat membantu Anda untuk mengatasi kesulitan keuangan dengan lebih baik. Beberapa cara yang bisa and alakukan untuk mengurangi hutang, seperti mengurangi pengeluaran bulanan, mencari sumber pendapatan tambahan lainnya, dan menyelesaikan hutang paling besar terlebih dahulu.

4. Meningkatkan Keterampilan Keuangan

Memiliki keterampilan keuangan merupakan adalah hal penting yang sangat penting dimiliki sebagai salah satu cara mengatasi kesulitan keuangan. Keterampilan keuangan dapat membantu Anda mengelola uang dengan lebih efektif dan efisien. Beberapa keterampilan keuangan yang perlu dikuasai berupa membuat anggaran keuangan, melacak pengeluaran, serta memilih produk keuangan yang tepat.

5. Mempersiapkan Tabungan Darurat

Cara berikutnya untuk mengatasi kesulitan keuangan adalah memiliki tabungan darurat yang dapat menjadi penyelamat ketika terjadi situasi darurat seperti kehilangan pekerjaan atau sakit yang membutuhkan biaya besar. Maka dari itu, persiapkan tabungan darurat dengan jumlah yang cukup untuk mengatasi situasi darurat tersebut. Jumlah tabungan darurat yang ideal adalah setidaknya tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan.

mengatasi kesulitan keuangan dengan IndiHome


Mengelola Keuangan Lebih Baik Berkat Adanya Dukungan Teknologi dan Internet

Dilansir dari situs teknologi, teknologi dan internet sangat membantu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan internet banking atau e-banking dari bank tempat Anda menyimpan uang.

Dengan memiliki layanan tersebut anda dapat dengan mudah memantau pengeluaran dan pemasukan serta membayar tagihan-tagihan bulanan secara online kapan saja dan dimana saja. Selain itu, dengan adanya layanan internet cepat dari IndiHome, Anda dapat mengakses informasi keuangan dengan lebih cepat dan efisien.

Manfaat Internet IndiHome

IndiHome adalah layanan internet cepat dari Telkom Indonesia yang memiliki banyak manfaat dalam mengelola keuangan. Dengan akses internet yang super cepat, Anda dapat mengakses informasi terkini seputar investasi, pasar saham, dan produk keuangan lainnya kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi perbankan dengan aman dan mudah melalui internet banking dari bank-bank yang bekerja sama dengan IndiHome. Sangat memabntu bukan?

IndiHome


Urusan biaya, IndiHome juga menawarkan berbagai paket-paket hemat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti paket TV dan internet dengan harga terjangkau. Dengan begitu, penghasilan bulanan Anda dapat dimanfaatkan dengan lebih efektif untuk mengatasi kesulitan keuangan dan meningkatkan kecerdasan finansial.

Tak kalah penting, IndiHome juga dapat membantu Anda dalam pengelolaan keuangan sehari-hari. Dengan akses internet yang cepat, Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi pembayaran tagihan bulanan secara online kapan saja. Hal ini akan membantu Anda menghemat waktu dan biaya dalam perjalanan ke bank atau tempat pembayaran tagihan lainnya.

IndiHome juga menyediakan layanan belanja online yang aman dan nyaman bagi semua pelanggannya. Anda dapat membeli produk-produk kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya transportasi dan pengeluaran yang tidak perlu.

Dalam mengelola keuangan, penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan efektif. Dengan adanya dukungan teknologi dan internet, Anda dapat lebih mudah dan efisien dalam mengatasi kesulitan keuangan dan meningkatkan kecerdasan finansial. Oleh karena itu, manfaatkanlah layanan-layanan dari IndiHome dan jangan ragu untuk mengembangkan keterampilan keuangan agar keuangan Anda menjadi lebih sehat dan teratur.

Upaya dalam meningkatkan kecerdasan finansial adalah hal yang penting dalam mengatasi kesulitan keuangan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan finansial, seperti mengetahui pengeluaran dan pemasukan, belajar investasi, mengurangi hutang, mengembangkan keterampilan keuangan, dan mempersiapkan tabungan darurat.

Disamping itu, dukungan teknologi dan internet membuat pengelolaan keuangan dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Maka dari itu, manfaatkanlah layanan-layanan dari IndiHome untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan sehari-hari. Dengan begitu, keuangan Anda akan semakin teratur dan sehat.

40 Comment

  1. Mengurangi hutang dan mempunyai tabungan darurat itu penting banget buat berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kondisi keuangan kita atau usaha yang kita rintis sedang kritis.

    ReplyDelete
  2. IndiHome memang sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari, ya mbak Mei. Belanja online maupun bertransaksi jadi lebih aman menggunakan internet IndiHome.

    ReplyDelete
  3. Mengelola keuangan kini semakin bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang, mengingat dengan adanya internet bisa mempelajari juga literasi keuangan berhubungan dengan mengelola keuangan, menentukan skala prioritas, dan lain sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, beruntung banget dimasa sekarang kita jd bs belajar kapan saja dan tentang apa saja, terbantu dg fasilitas internet yg didukung oleh IndiHome. Mana ibu rumah tangga jg bs cari cuan dan belajar investasi pula, mantap ..

      Delete
  4. Bener, Mbak. Adanya teknologi memungkinkan kita belajar banyak hal mengenai tips mengelola keuangan dan investasi yang menguntungkan, terutama dengan adanya sinyal cepat dan stabil dari IndiHome.

    ReplyDelete
  5. Saya gen millenial yang sempat merasakan masa-masa ketika internet belum menyebar luas seperti sekarang. Kalau mau mengakses inet harus ke warnet dengan penggunaan yang dibatasi waktu :). Di masa kini, penyebaran internet sudah sangat masif. Seharusnya tak ada lagi alasan susah belajar (apapun termasuk soal finansial) karena bahan belajar sangat mudah diakses dengan internet.

    ReplyDelete
  6. Agar tujuan keuangan bisa tercapai maka seseorang harus memiliki kecerdasan finansial, yang sangat membantu agar seseorang terhindar dari kesulitan keuangan, dan kecerdasan finansial juga juga harus dimiliki seorang ibu rumah tangga lho dan berkat internet ibu rumah tangga bisa dengan mudah mempelajarinya.

    ReplyDelete
  7. Saya terjun di dunia blog ini buat hobi pada awalnya tapi lama-lama bisa mengatasi kesulitan keuangan juga ternyata. Hehe.... Artinya, saat kita mengalami kesulitan keuangan, daya kreatifitas akan meningkat ya.

    ReplyDelete
  8. Mencatat pengeluaran dan pemasukan itu penting banget ya. Jadi ingat waktu aku jadi kasir di kantor. Jadi semua dicatat dulu baru diinput ke sistem. Alhamdulillah sekarang banyak aplikasi keuangan dan semakin mudah dengan Indihome.

    ReplyDelete
  9. Paketan yang disiapkan IndiHome banyak ya sehingga memudahkan pelanggan untuk memilihnya sesuai kebutuhann sehingga memudahkan untuk memuat konten

    ReplyDelete
  10. Betul sekali, saya rasakan ini. Berkat adanya internet, wawasan saya akan kecerdasan finansial meningkat. Di sosial media banyak sekali akun yang secara khusus membahas ttg pengelolaan keuangan yang bagus. Mulai dari bagaimana pencatatan keuangan yang baik, membuat anggaran belanja yang hemat, cara simulasi menabung bagi IRT, cara investasi yang menguntungkan dan masih banyak lagi. Sosial media kalau kita gunakan secara positif pasti banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  11. seneng banget karena putra-putri saya udah kenal manajemen keuangan dan investasi. Itu yang bikin ortu happy dan tenang mengisi hari-hari sebagai pensiunan, hahaha ....

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang memang penting melek finansial dan mengatur keuangan agar tidak kesulitan keuangan di kemudian hari. Aku sendiri rada menyesal baru belajar mengatur keuangan belakangan ini saja, andai saja dari dahulu

    ReplyDelete
  13. investasi tuh yang cukup penting ya kak, saya lagi belajar soal ini. soalnya banyak banget pilihannya dan harus pintar serta jeli juga karena kalo gak bisa terjerambat pemipuan investasi. literasi keuangan terlebih di era digital jadi hal yang cukup penting

    ReplyDelete
  14. penting banget nih tahu cara mengelola uang. dengan IndiHome, moga makin banyak yang melek finansial, ya

    ReplyDelete
  15. Sampai sekarang, walaupun udah lama berumah tangga, masih pe-er nih untuk mencatat dengan rapi setiap pemasukkan-pengeluaran. Apalagi aku juga baru belajar investasi nih...

    ReplyDelete
  16. setuju kak, internet juga bagi saya membantu banget utk mengelola keuangan. melalui internet juga jd banyak tahu informasi bagaimana cara mengelola keuangan yg baik

    ReplyDelete
  17. Sebisa mungkin menghindari utang, tapi kalau kepepet bener, utang harus dipakai untuk produktif biar bisa diputer, dipakai modal, jadi bikin semangat untuk lunasi hutang dan jualan tetap jalan

    ReplyDelete
  18. Hutang harus bisa dimanajemen dengan baik, jangan sampaimengalami kesulitan keuangan jadi gali lubang tutup lubang. Cerdas finansial harus dipelajari dan dikuasai dengan baik. Ilmunya banyak di internet.

    ReplyDelete
  19. Salah satu pengaturan keuangan yang paling terasa adalah ketika ada beban hutang dalam keuangan. Sebaiknya mencukupi apapun yang dibutuhkan sesuai dengan pemasukan yang ada ini kondisi yang amat ideal sih ya..

    ReplyDelete
  20. 5 poin di atas sudah tepat dan pas sekali, Mbak Mei. Saya pun berusaha terus menerapkan 5 hal di atas. Karena kunci utamanya memang dari mencatat pemasukan dan pengeluaran. Membeli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.
    Dan Alhamdulillah sekarang ada mobile banking yang membantu saya bayar ini itu. Jadi hemat tenaga dan transport juga.

    ReplyDelete
  21. Tidak bikin pinjaman lagi adalah salah satu usaha saya supaya terbebas dari kerugian finansial. Ya hidup sesuai kebutuhan saja dan nabung ketat untuk memenuhinya itu yg saya lakukan

    ReplyDelete
  22. Kayaknya yang bisa saya lakukan hanya nomor 1 dan 3. Duh, masalah investasi dan dana darurat itu penting. Masalah keuangan gini memang harus kerjasama antara suami istri..

    ReplyDelete
  23. Mengurangi hutang itu gak hanya membantu biar pengelolaan finansial lancar aja ya, tetapi juga membuat hati berangsur-angsur plong karena berkurangnya beban. Malah sebisa mungkin ndak berhutang ya

    ReplyDelete
  24. Ilmu nih, harus tahu banget memang cara-cara untuk mengatasi kesulitan keuangan agar kondisi finansial kita tetap stabil dan tetap tenang serta bijak ketika menghadapi masalah keuangan

    ReplyDelete
  25. mengelola keuangan jadi hal wajib sih saat ini. apalagi keadaan perekonomian yang baru bangkit membuat kita harus rutin mencatat dengan tepat. Untung sekarang sudah banyak aplikasi bagus yang bisa dimanfaatkan

    ReplyDelete
  26. aku pun selalu coba upgrade literasi keuangan dan pencatatannya, suka banget nontonin tips2 finansial di TikTok, Tentu semua lancar karena akses internet hihi

    ReplyDelete
  27. Untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat memang perlu menerapkan tips-tips di atas.

    ReplyDelete
  28. Pengelolaan keuangan rumah tangga jg sangat penting sih. Kita bisa belajar dr pemasukan dan pengeluaran sehari hari

    ReplyDelete
  29. Kalo mau kaya, resepnya sederhana: naikin jumlah penghasilan dan kurangi pengeluaran. Plus kita hrs tahu utk investasi sih. Tipsnya bgs bgt tuh buat ngingetin kita utk selalu menjaga keuangan.

    ReplyDelete
  30. Selain membuat catatan yang baik pada pemasukan dan pengeluaran, bisa juga belajar investasi,sehingga pemasukan bisa bertambah.

    ReplyDelete
  31. mengelola tabungan darurat yang sampai saat ini masih PR untukku. Soalnya pentihg banget mengingat kejadian pandemi beberapa tahun lalu

    ReplyDelete
  32. Kecerdasan finansial itu penting
    Agar kita bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik ya mbak

    ReplyDelete
  33. Utang niiiih yang mesti diwaspadai banget. Di dunia aja utang bisa jadi pemutus persahabatan dan persaudaraan, juga bisa bikin keuangan keluarga berantakan. Di akhirat lebih ngeri lagi.

    ReplyDelete
  34. PR ku dari dulu nih, untuk bisa mengelola keuangan yang baik huhu. Pelan-pelan aku sudah mulai sih, terutama untuk tidak melakukan hutang.

    ReplyDelete
  35. setuju banget sama tipsnya mbak, apalagi yang mengurangi utang ya. karena utang ini disadari atau nggak, memang sangat mengganggu keuangan sih

    ReplyDelete
  36. Aku setuju banget sama poin pertama dimana kita harus bisa memanage pemasukan dan pengeluaran. Kayak, itu inti dari pengaturan keuangan nggak sih? kalau nggak ada pemasukan ya nggak bisa memperhitungkan pengeluaran. Pengeluaran pun jangan terlalu bocor, nanti nggak bisa memplotkan kebutuhan lain!

    ReplyDelete
  37. Tabungan darurat ini penting banget sih kataku. bener. Soalnya pernah ngalamin juga dan betapa membantunya tabungan darurat ini hahaha

    ReplyDelete
  38. cara mengatur keuangan itu emang susah2 gampang ya. dan kita harus belajar ilmunya agar tujuan keuangan kita bisa tercapai. dan saya setuju sekali bahwa dengan adanya internet aktivitas mengatur uang bisa jadi lebih praktis dan lebih memudahkan.

    ReplyDelete
  39. Mengelola keuangan memang penting banget, saat ini aku lagi berusaha rutin mencatat pengeluaran dan pemasukan. Biar tahu juga kalau ada kebocoran.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.