PERSIAPAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DENGAN KOMPETENSI GLOBAL

Bank Dunia memprediksi bahwa Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi negara ketujuh terbesar di dunia sebagai negara yang akan memiliki bonus demografi. Pada masa ini 70% masyarakatnya berada dalam usia produktif. Masa ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mencetak sumber daya manusia dengan memiliki kompetensi global. Sehingga siap memasuki dunia kerja tingkat lokal maupun internasional. 

kurikulum internasional


Kurikulum Internasional x Kompetensi Global

Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung hal ini adalah dengan memberikan dukungan penuh kepada kampus atau sekolah yang menerapkan kurikulum internasional.

Lalu apa kaitannya kurikulum internasional dengan kompetensi global? Sangat erat. Salah satu pilar untuk mencapai kompetensi global, harus didukung sejak di awal pendidikan. Salah satunya melalui kurikulum internasional.

Dukungan pemerintah dalam hal ini, menjadi salah satu start point terbaik dalam mendukung generasi muda yang siap dalam memiliki kompetensi global dan siap bekerja di pasar internasional.

Selain itu pasar global MEA yang sudah dimulai sejak tahun 2018, menuntut negara-negara ASEAN untuk siap menghadapi persaingan global tingkat ASEAN bahkan dunia. Oleh karena itu semua pihak di negara kita harus berlari kencang untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi global. Sehingga siap bersaing di dunia kerja internasional.

Kecerdasan yang wajib dimiliki dalam menghadapi persaingan global

Berbicara soal kesiapan dalam menghadapi dunia kerja tingkat dunia, kecerdasan yang harus dimiliki oleh calon pekerja ini tidak hanya berkaitan dengan high-tech, tetapi juga dengan high-touch. Belakangan kecerdasan yang sangat ditonjolkan dalam dunia kerja adalah Kecerdasan Intelektual atau Intelligence Quotient (IQ). Namun semakin berkembangnya waktu ternyata kecerdasan intelektual ini tidak sebanding dengan kinerja atau prestasi kerja yang dihasilkan.

Kecerdasan baru pun berkembang yaitu kecerdasan emosi atau Emotional Quotient (EQ). Orang yang memiliki kecerdasan emosi tinggi, ditemukan bahwa kinerja kerjanya cenderung sangat baik. Namun sayangnya kecerdasan emosi ini tidak dimiliki semua orang. Sehingga tidak maksimal jika dijadikan rujukan sebagai penentu kompetensi seseorang.

Perkembangan kecerdasan semakin luas dengan lahirnya kecerdasan spritual atau Spritual Quotient (SQ) dan kecerdasan dalam menghadapi tantangan atau Adversity Quotient (AQ). Menurut Zohar dan Marshal (2000), orang-orang yang memiliki kecerdasan SQ ditandai dengan sikap yang cenderung fleksible, adaptif, proaktif, memiliki kesadaran tinggi, memiliki kemampuan menghadapi dan memanfaatkan kesulitan menjadi peluang, serta menjalankan prinsip hidup yang didasari dengan nilai-nilai, dan memiliki visi misi hidup yang jelas.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan spritual ini, cenderung lebih siap dalam menghadapi rintangan dan tantangan. Termasuk dalam menghadapi dunia kerja yang penuh dengan persaingan dan tantangan. Sehingga sikap yang dimilikinya berupa adaptif, proaktif, fleksible akan mengantarkan mereka dengan mudah masuk ke dunia kerja global. Orang-orang ini mampu beradaptasi dan menghadapi cultural barrier, language barrier lebih mudah..

Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Dengan Kompetensi Global

Lalu apa saja persiapan untuk menghadapi dunia kerja agar memiliki kompetensi global?

kompetensi bekerja


1. Tingkatkan kemampuan komunikasi (Bahasa dan Public Speaking)

Bahasa menjadi kompetensi global pertama yang wajib dikuasai untuk menghadapi dunia kerja global. Karena orang-orang yang akan berinteraksi dengan anda adalah orang dari seluruh dunia yang memiliki bahasa yang berbeda. Sehingga anda wajib menguasai bahasa asing sebagai bahasa universal untuk dapat berkomunikasi dengan baik.

Kompetensi global ini termasuk di dalamnya adalah kemampuan public speaking. Kompetensi ini wajib dikuasai karena ketika anda bekerja, anda akan sering melakukan komunikasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

2. Tingkatkan kemampuan dalam Teamwork dan Leadership

Bekerja dengan banyak orang dari berbagai negara mengharuskan anda memiliki kemampuan teamwork yang mumpuni. Karena anda tidak bisa bekerja sendirian. Anda akan selalu berinteraksi dengan seluruh pekerja dari berbagai latar belakang di dunia.

Selain itu kemampuan memimpin juga harus dimiliki. Kemampuan memimpin di sini tidak hanya sebagai kepala tetapi juga mampu memimpin diri sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Lebih dari itu jiwa kepemimpinan anda juga dituntut untuk menghasilkan kinerja kerja yang maksimal bagi perusahaan. Dan jika anda memiliki posisi penting dalam sebuah perusahaan, kemampuan anda memimpin ini sangat dibutuhkan untuk mengatur proses kerja. Sehingga tujuan perusahaan tercapai.

3. Tingkatkan kemampuan Individual Resilience

Adaptif merupakan bagian dari individual resilience. Anda harus mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan berbagai macam latar belakang. Anda dituntut mampu beradaptasi dan mingle dengan budaya yang beranekaragam.

Kemampuan lain selain adaptif adalah kemampuan sebagai problem solver, creative thinking, critical thinking. Kemampuan-kemampuan tersebut akan membantu anda dalam menghadapi persaingan global dunia kerja.

4. Belajar di kampus dengan Kurikulum Internasional

Salah satu persiapan lain dalam memiliki kompetensi global adalah dengan mempersiapkan masuk ke sekolah atau pendidikan internasional yang menerapkan kurikulum internasional. Di sekolah atau kampus dengan standar pendidikan internasional, persiapan untuk memiliki komptensi bekerja sudah dipersiapkan sejak awal masuk. Sehingga selama perkuliahan anda ditempa untuk memiliki daya saing global yang mumpuni. Dan ketika anda lulus, anda siap memasuki dunia kerja global.

Bersama Sampoerna University, Kompetensi Global Dalam Genggaman

Kampus Indonesia yang memiliki kurikulum internasional adalah Sampoerna University. Kampus swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ini adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Sampoerna University sudah bekerjasama dengan banyak kampus kelas dunia, salah satunya adalah  University of Arizona, di Amerika Serikat.

Pendidikan Internasional di Sampoerna University
Sumber: Sampoerna University


Sampoerna University memiliki enam target kompetensi tingkat perguruan tinggi berdasarkan rubrik NILAI yang dikembangkan oleh Association of American Colleges & Universities yang menjadi landasan pendidikan umum dan mata kuliah inti. Keenam kompetensi tersebut adalah Berpikir Kritis, Komunikasi yang Efektif, Pemahaman Etika, Pembelajaran Global, Literasi Digital, dan Literasi Kuantitatif.

Sampoerna University memiliki banyak keunggulan yang akan membantu mengantarkan anda memasuki dunia kerja internasional dengan mudah, yaitu:

  1. Menerapkan kurikulum internasional Amerika Serikat yang merupakan kurikulum terbaik di dunia.
  2. Kurikulum internasional dengan biaya lokal.
  3. Memiliki program terkurasi yang siap menghadapi pasar global.
  4. Kurikulum Amerika Serikat sepenuhnya dilakukan di Indonesia.
  5. Tim Akademik Fakultas berkelas dunia dan 70% memiliki gelar doktor.
  6. 94% lulusan Sampoerna University sudah bekerja dalam waktu 3 bulan.
Itu dia beberapa keunggulan Sampoerna University sebagai sekolah pendidikan internasional. Keunggulan tersebut akan mengantarkan seluruh peserta didiknya mampu bersaing secara global dan memiliki kompetensi bekerja yang mumpuni.

Bagaimana, apakah sudah siap memasuki dunia kerja internasional dengan kompetensi bekerja yang sesuai permintaan pasar global? Apakah kompetensi bekerja sudah anda kuasai? Jika belum, jangan berhenti belajar, terus tingkatkan kemampuan atau kembali sekolah di universitas yang memiliki kurikulum internasional seperti Sampoerna University.

Referensi:

Badan Pusat Statistik. Proyeksi Penduduk, Mercusuar Pembangunan Negara. bps.go.id. pada https://www.bps.go.id/KegiatanLain/view/id/85, diakses pada 17 Februari 2023.

Kementrian PPN/Bappenas. 2016. Perekonomian Indonesia Tahun 2016 : Prospek dan Ekonomi. bappenas.go.id. Pada https://www.bappenas.go.id/files/9914/6460/2962/Perekonomian_Indonesia_Tahun_2016.pdf, diakses pada 17 Februari 2023.

Sampoerna University. 2023. The Sampoerna Difference. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/mengapa-sampoerna-university/, diakses pada 18 Februari 2023.

UNFPA Indonesia. 2015. Policy Memo Taking Advantage of The Demographic Dividend in Indonesia: A Brief Introduction to Theory and PracticeIndonesia. unfpa.org. Dalam  http://indonesia.unfpa.org/application/assets/publications/Buku_Policy_Brief_on_Taking_Advantage_on_Demographic_Dividend_02c_(2).pdf, diakses pada 17 Februari 2023.

Zohar, D. & Marshall, I. 2000. SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik Untuk Mmemaknai Kehidupan. Mizan. Bandung.

26 Comment

  1. setuju sekali untuk mendukung kompetensi global harus didukung dari awal pendidikan sehingga anak terbiasa punya daya saing global

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget nih misi dari Sampoerna University mencetak lulusan berkualitas yang mampu bersaing di dunia industri. Kurikulum sudah standar Internasional. Dijamin mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dapat gelar dari dua negara sekaligus. Great job 👍👌

    ReplyDelete
  3. Tidak dipungkiri ya, zaman bergerak cepat. Dunia kerja semakin menuntut SDM yang memiliki keterampilan kompetitif. Jika dibekali dengan keterampilan berstandar internasional SDM di Indonesia akan lebih sia menghadapi persaingan global

    ReplyDelete
  4. Mau tak mau kita memang harus siap menghadapi persaingan di dunia global dengan cara meningkatkan kompetensi kita, dan kurikulum internasional di dunia pendidikan idealnya akan membantu para siswa dan atau mahasiswa untuk memiliki kompetensi-kompetensi yang diperlukan menghadapi dunia global ini

    ReplyDelete
  5. Betul banget. Pemerintah sekarang mendukung kampus menggunakan kurikulum internasional. Jadi hasilnya lebih memenuhi kompetensi global, ya

    ReplyDelete
  6. Kehadiran Sampoerna University ini benar-benar membantu dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten sesuai standar internasional. Apalagi sekarang banyak perusahaan yang mempersyaratkan kompetensi global

    ReplyDelete
  7. Menurutku juga gitu sih. Memilih kampus tuh juga menjadi tolok ukur kita bisa bersaing di dunia kerja atau nggak. Soalnya kan kalau kuliahnya di luar negeri atau minimal di kampus yang sudah menerapkan kurikulum internasional bakal lebih mudah menghadapi dunia kerja gitu deh.

    ReplyDelete
  8. Kemampuan bahasa udah jadi kebutuhan yang harus banget terpenuhi buat di jaman now, karena ini jadi bekal buat hadapi dunia kerja.

    ReplyDelete
  9. sampoerna university memang menjadi kampus idaman deh ya pada akhirnya.. karena memberikan kurikulum internasional dan mnejadi satu2nya yang mengambil dari arizona university loh

    ReplyDelete
  10. Setuju! salah satu cara mengasah kompetensi global adalah dengan cara kuliah di universitas yang menerapkan kurikulum internasional seperti SU yaa

    ReplyDelete
  11. Setuju banget kalau ingin punya standar kompetensi global wajib banget punya wawasan internasional salah satu caranya dengan kuliah di kampus yg sudah menerapkan kurikulum internasional

    ReplyDelete
  12. komunikasi sih emang jadi kunci dalam segala hal. ini bisa jadi pondasi skill di dunia kerja

    ReplyDelete
  13. Bisa kerja secara teamwork ini penting banget lho. Nyatanya di dunia kerja sekarang ini butuh kerja sama yang luar biasa. Dalam satu team kudu kompak biar misi tercapai.

    ReplyDelete
  14. Dunia kerja memang butuh persaingan global kak. Makanya harus siap agar dapat kerja sesuai impian.

    ReplyDelete
  15. Bagaimanapun kompetensi global ini penting untuk dilatih sih ya, Mbak. Dan Sampoerna University menjadi kampus pilihan terbaik saat mempersiapkan masa depan yang lebih baik ya Mbak

    ReplyDelete
  16. Untuk dapat bersaing secara global kita juga perlu mempersiapkan kompetensi global yang bisa di dapatkan sejak kuliah. Komunikasi yang baik jadi salah satu contoh kompetensi bekerja yang wajib dimiliki

    ReplyDelete
  17. Suka tidak suka, persaingan dunia kerja global pasti lebih ketat dan menantang. Harus mempersiapkan diri dari sekarang nih, dengan pendidikan berbasis kompetensi dan kurikulum internasional.

    ReplyDelete
  18. Dengan meningkatkan kemampuan atau skills yang dimiliki ketika memasuki dunia kerja, maka bisa dengan mudah mengikuti kompetensi global yang kini semakin sengit. Diantara kemampuan yang harus dimiliki selain adaptif dan mudah bekerjasama juga kemampuan bahasa, baik lisan maupun pasif.

    ReplyDelete
  19. Lima tahun yang lalu, mungkin persaingan dunia kerja belum sekeras sekarang, tapi untuk saat ini, tanpa bekal kompetensi global rasanya makin sulit. Minimal harus menguasai bahasa asing.

    ReplyDelete
  20. Iya nih, kehidupan yang trus melesat maju, dibutuhkan SDM yang semakin terupgrade jg. Salah satunya yah memilih pendidikan berkualitas, termasuk lewat kurikulum iternational yang notabenenya lebih bisa digunakan di mana pun dan memperluas kesempatan berkarir

    ReplyDelete
  21. Keren kurikulum Sampoerna University. Terselip doa ada di antara satu dari tiga anak bisa kuliah di sana. Aamiin.

    ReplyDelete
  22. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Top banget, nget, Sampoerna University. Kurikulum internasional dan lulusan dapat double degree. Yang mau kuliah, nih, harus jadi pilihan prioritas.

    ReplyDelete
  23. Ya Allah, gedungnya kerenn banget, sih. Aku sampai merinding gini.
    Memang, salah satu persiapan meraih kompetensi global adalah melalui pendidikan dengan kurikulum internasional. Minimal tahu dulu kecakapan atau skill apa yang dibutuhkan agar kita makin PD bersaing di tingkat dunia.

    ReplyDelete
  24. Siapa yg tidak ingin kuliah dan menimba ilmu di Sampoerna University. Menurut saya ketika hendak kuliah, memang calon mahasiswa harus tahu bagaimana kualitas perguruan tinggi yang akan dimasukinya.

    ReplyDelete
  25. teamwork dan leadership, yang kadang luput dari perhatian sebagian orang. karena mau sepintar apapun kalau ga bisa kerja sama ya bubarr ya nanti di dunia kerja.

    ReplyDelete
  26. Di era globalisasin ini memiliki kompetensi global memang penting ya, kalau nggak ya kita bakal tertinggal. Nah, menarik nih kurikulum yang ditawarkan Sampoerna Indonesia karena dapat mencetak lulusan yang dapat berdaya saing global

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.