TIPS AMAN MEMILIH HOTEL SAAT SOLO TRAVELING

Keamanan dan kenyamanan pada saat menginap menjadi hal yang sangat penting buat aku pribadi. Dulu aku sempat kerja yang mengharuskan keliling ke beberapa kota di Indonesia setiap bulan bahkan ada kalanya sebulan bisa 3-4 kali berpindah dari hotel satu ke hotel lainnya. Meski selalu mendapat hotel-hotel berbintang tetapi keamanan tetap harus diperhatikan, karena kejahatan bisa terjadi dimana saja. Terlebih perempuan rentan banget soal keamanan.




Pengalaman makin bertambah ketika sering menjadi female solo traveler yang sering travelling ke daerah-daerah asing baik di dalam ataupun di luar negeri dan pastinya penginapannya bermacam-macam tidak selalu mendapat fasilitas hotel berbintang.

Nah aku punya banyak tips aman memilih hotel saat solo travelling? beberapa berdasarkan pengalaman atau kadang aku suka nonton film-film traveling or adventure gitu, jadi insight sih dan aku terapin deh saat aku traveling, kuy cekidot:

1. LOKASI HOTEL

Penginapan yang berlokasi di keramaian cenderung lebih aman, karena hal ini berkaitan dengan dengan  ketersediaan fasilitas keamanan dan jaringan internet yang mudah diakses, sehingga lebih mudah untuk meminta bantuan, tapi hati-hati juga saat memilih hotel di red district area ya hehehe.



nama dan alamat hotel

2. PILIH HOTEL BUKAN KELAS MELATI

Kalau pergi travellingnya sendirian better pilih hotel, jangan kelas melati untuk keamanan, harganya memang cenderung lebih mahal. Berbeda jika kamu memang suka berpetualang ya, biar ketemu banyak orang dan make a friend kamu bisa nginap di bunk bed. Ini pun tetap ada tipsnya.

3. CEK HARGA

Pastikan harga yang tertera cukup masuk akal, kamu percayakan dengan istilah "ada kualitas ada harga". Kalau harganya di rasa ga masuk akal, patut dipertanyakan. Tapi sebelumnya browsing dulu mengenai harga-harga penginapan di daerah yang dituju, bisa jadi harganya sangat murah karena memang di lokasi tersebut harganya memang sekitar itu.

4. BACA REVIEW 

Patikan cek review orang terkait dengan penginapan tersebut, tapi jangan terlalu percaya dengan review 100% apalagi penginapan tersebut bukan penginapan yang punya nama atau terkenal seperti hotel bintang. Karena aku punya pengalaman buruk soal ini, reviewnya bagus semua, pas ke sana, ternyata itu adalah kawasan prostitusi.

Better tanya teman yang sudah pernah ke sana atau telepon hotelnya langsung, dan tanya lingkungan sekitarnya dekat apa saja, lakukan beberapa trik supaya mereka berkata jujur dengan kondisi lingkungan di sana. 



baca review hotel

5. BERITAHU ORANG TERDEKAT

Nah setelah kamu dapat penginapannya di mana, pastikan kamu memberitahukan keluarga atau teman terdekat bahwa kamu menginap di lokasi tersebut. Ini sangat penting untuk keselamatanmu, lagi-lagi buat jaga-jaga keselamatan kita ya, in case lost contact mereka tahu lokasi terakhir kita di mana, dan share location saat sudah sampai di penginapan.

6. JANGAN UPLOAD NAMA HOTEL & LOKASI HOTEL DI SOSMED

Tidak bisa dipungkiri, teman sosial media kita tidak hanya dari kalangan yang kita kenal saja kan, bisa jadi follower kita bukan orang-orang yang kita kenal. 


alamat hotel


Nah ini penting banget, saat menginap bukan kita kepedean bakal ada yang ngechekin kita di mana aja, niat orang kita tidak tahu kan, so jangan pernah memberitahukan lokasi dan nama hotel kamu menginap di sosial media demi keamananmu. 

Kalau mau pamer nginap di hotel mahal nanti aja ya setelah check out hehehe. Ini masuk dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling yang wajib dilakukan ya guys.

7. SAAT CHECK IN, SELALU DEKAT DENGAN BARANG PRIBADI

Pernah nonton film yang tasnya sengaja dituker oleh seseorang saat di resepsionis hotel? si penjahatnya sengaja menukar dan kemudian berpura-pura mengantarkan ke kamar kamu, serem kan.

So, jaga barang kamu dengan baik, agar terhindar dari kejahatan macam ini. Ini masih mending kalau dia ternyata mengambil beberapa barang atau dokumen penting kamu, sudah bisa dibayangkan kejahatan apa aja yang bisa dia lakuin kan?.

8. BAYAR HOTEL SECARA ONLINE

Ini biasa aku lakuin untuk menghindari diminta kartu kredit atau debit di hotel, karena bisa jadi ada orang yang berniat kurang baik saat melihat kartu kredit atau debit kita, karena saat ini kartu debit atau debit bisa dilihat dari warna kartunya. Kalau kamu pengguna platinum bisa jadi incaran buat orang yang berniat jahat, apalagi kamu terlihat sendirian. Atau kamu bisa membayarnya secara cash.



pembayaran hotel

Atau pernah melihat film yang identitas tamunya saat check out diketahui oleh seorang penjahat perempuan, dan saat pemilik kartu pergi, beberapa saat kemudian perempuan jahat ini memesan hotel menggunakan identitas perempuan tadi dan bilang ingin menginap kembali dengan alasan ada pekerjaan dadakan, ga mau kan kalau tagihannya masuk terus ke rekening kita?

Hati-hati juga saat memberikan kartu identitas kepada resepsionis hotel, jangan pernah melepas pandangan kamu kemana saja identitas kamu bergerak. Jika kamu menginap di luar negeri better kamu sudah siapkan paspor kamu, jadi tinggal kasih saat diminta tanpa harus mengeluarkan aslinya.

9. SAAT CHECK IN, BERITAHU UNTUK 2 ORANG

Nah ini salah satu andalan aku dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling, saat di resepsionis selalu bilang buat berdua mau ditanya atau tidak, kalau fasilitas kamar kita memang untuk berdua ya, ini untuk menjaga, seandainya ada yang berniat kurang baik, mereka akan mikir dua kali karena tahunya kamu berdua tidak sendirian.

Kadang aku suka meminta orang-orang terdekat untuk meneleponku pas depan resepsionis, biar orang sekitar tahu bahwa kita in control, jadi lo jangan macam-macam ya ma gw hehehe.



tips aman memilih hotel

10. PILIH KAMAR TIDAK TERLALU BAWAH DAN ATAS, MINTALAH DEKAT LIFT

Aku pernah baca satu artikel, kamar yang cukup atas lebih aman dari kejahatan, mungkin karena akses si penjahat terlalu jauh juga kan, selain itu menghindari kebisingan. Pengalaman aku dengan alasan keamanan pernah minta di lantai 2, eh saat malam berisik dari lobby dan resepsionis kedengeran banget dan cukup mengganggu.

Selain itu meminta kamar yang mendekati lift menurut aku sih cenderung aman, jika terjadi apa-apa kita mudah untuk turun dan di sana banyak dipasang CCTV, so lebih aman kan?

11. SAAT DIANTAR PETUGAS KE KAMAR

Jika diantar oleh petugas penginapan, pastikan dia hanya mengantar sampai pintu depan saja, jangan biarkan petugas masuk dan aku biasanya akan tetap membuka pintu sebelum dia pergi. Tipsnya, kalau dia nanya butuh apa-apa, aku akan selalu bilang, "tunggu temanku dulu datang ya mas, biar nanti kalau butuh apa-apa biar sekalian, dia sebentar lagi sampai" nah kalau ada yang berniat jahat mikir dua kali kan hehehe. 

Satu lagi biasanya kalau ada petugas masuk, dia kan depan kamar ya, aku biasanya berpura-pura seolah-olah ada orang di kamar hehehe

12. CEK KONDISI KAMAR

Pernah baca berita tentang cermin yang terlihat cermin sebenarnya dia kayak pintu akses ke sebelah kamar lain atau bahkan menghubungkan dengan kamera CCTV? Nah salah satu dari tips aman memilih hotel saat solo travelling versi aku yaitu pastikan check kondisi kamar kamu.



tips aman solo traveling

Apa saja itu?.
a. Kondisi pintu, bisa dikunci apa enggak, terus grendelnya berfungsi baik apa enggak, kalau enggak langsung minta pindah kamar.
b. Kalau menginap sendirian biasanya aku akan memilih jenis kamar hotel, yang ada sambungan teleponnya, agar mudah kalau ada apa-apa menghubungi resepsionis.
c. Pastikan di setiap sudut kamar tidak terletak barang yang dicurigai, misalkan CCTV atau camera tersembunyi, aku biasanya ngecek di kamar mandi, di belakang tv, di dalam lemari dan pintu.
d. Pastikan juga ya tempat tidur kita aman, pernah lihat rekaman pembunuhan yang ternyata jasadnya disimpan di dalam kasur kan, so ini juga buat keamanan kita guys, bukan buat nakut-nakutin.
e. Pastikan balkon kamar hotel kita tidak bisa diakses oleh kamar sebelah, jika bisa pastikan kunci pintu balkon kamar kita, ini pernah ngalamin niy, bahwa balkon kamar kita bisa dimasuki oleh kamar sebelah dan kalau ga dikunci balkon bahaya kan?.

13. HINDARI KAMAR CONNECTING DOOR

Kalau aku pribadi merasa gak aman aja, kalau misalkan kamar ada connecting door-nya, even dikunci pasti akan minta pindah kamar, jika terpaksa penuh, pastikan pintu itu aman terkunci dan biasanya simpan barang besar entah koper atau meja kamar, atau barang yang kalau jatuh berisik, jadi kalau ada yang masuk kita bisa langsung bangun.



14. SIMPAN BARANG BERHARGA DEKAT DENGAN KITA

Seandainya terjadi apa-apa, lebih mudah untuk menghubungi orang-orang terdekat, jika resepsionis tidak bisa dihubungi. Masukan semua barang berharga dalam satu tas, kalau kita harus keluar karena alasan keselamatan misalkan force major atau hal lainnyakita tinggal meraihnya dan langsung keluar.

15. SELALU KUNCI KAMAR

Beruntung dari kecil sudah terbiasa dengan nasehat ibu, kalau masuk kamar atau rumah selalu langsung kunci, apalagi pas lagi menginap di hotel. Jadi refleks aja tiap kali masuk rumah atau kamar aku akan otomatis mengunci pintu. Good habit.

Aku selalu bilang jika sedang dinas atau travelling, dan ibu biasanya akan selalu mengingatkan untuk hati-hati dan selalu langsung kunci pintu kamar. Ini salah satu hal wajib yang aku lakuin dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling. Meskipun kamu menginap di hotel berbintang ya.


16. JANGAN BUA PINTU SEMBARANGAN

Saat ada yang mengetuk kamar kamu, jangan langsung buka, lihat dahulu pengintai di balik pintu, siapa yang datang. Pernah ada yang mengetuk kamar berkali-kali, aku tidak pernah membukanya jika tidak janjian dengan orang lain. Karena petugas hanya akan datang jika kita memanggilnya, so patut curiga ya kalau ada yang mengetuk pintu. Apalagi sampai berkali-kali dan tidak mengeluarkan suara. Jika mereka bilang itu petugas, tapi kamu tidak merasa memanggilnya, telepon resepsionis terlebih dahulu.




17. JANGAN TERPANCING SUARA

Kalau kamu mendengar suara berisik di dekat kamar kamu, jangan langsung keluar untuk menegurnya, beritahu resepsionis untuk membantu menegurnya. Kenapa? Karena modus kejahatan zaman sekarang bermacam-macam. Bisa saja mereka sengaja berisik untuk memancing kamu keluar dan tahu kamu sendirian di kamar.

Aku pernah mengalaminya waktu malam-malam di hotel, mereka berisik sekali dan ternyata baru pulang dalam kondisi mabuk, untungnya aku belum sempat keluar kamar. Nah aku biasanya akan menelepon resepsionis untuk membantu menegur mereka.

18. JIKA KUNCI KAMAR HILANG, MINTA GANTI KAMAR BARU

Saat check in aku selalu minta kunci dua-duanya, satu simpan di dompet, satunya lagi sebagai lampu. Jika kamu kehilangan kunci kamar, minta kamar baru sebagai penggantinya, kalau kuncinya ditemukan orang lain terus mendorong mereka berbuat jahat, kan repot, so harus sejeli ini ya temans.

19. JANGAN TERIMA TAMU DI DALAM KAMAR

Nah hindari menerima tamu di kamar ya guys, kecuali memang orang-orang yang sangat kamu kenal baik, dan yakin kamu bakal aman. Lakukan di lobby saja atau di luar misal di resto hotel dan pastikan kondisi ramai. Ini biasanya aku tetap pertimbangkan, karena kita ga tahu kan orang berubah baik dan jahat dalam hitungan detik.


tips aman di hotel

20. SELALU BERPAKAIAN SOPAN MESKI DALAM KAMAR

Ini juga penting guys, untuk menghindari saat ada force major yang mengharuskan kita keluar kamar dengan cepat, selain itu ya jaga-jaga jika ada petugas yang datang ke kamar untuk mengantar pesanan kita.

21. JANGAN MUDAH PERCAYA

Jika tetangga sebelah kamar meminta tolong, mending kamu kasih tahu resepsionis saja. Apalagi sedang travelling di tempat asing. Bukan mengajari antipati tapi lebih hati-hati. Pernah dengar ada yang minta tolong dan ternyata malah dia yang dituduh? nah ini yang aku maksud, be smart guys.


tips aman solo traveling

22. SEDIAKAN SEMPROTAN CABAI

Terdengar klasik tapi aku selalu bawa ini kemana-mana buat keamanan. Buat jaga-jaga ga cuman aku bawa saat di hotel sih, tapi pas jalan-jalan juga hehehe.

Nah itu tips dari aku, kebanyakan ya but this is real base on my experience ya guys, mungkin pengalaman orang beda-beda, jika ada yang menganggap berlebihan rasanya tak apa-apa, lebih baik menghindari daripada kejadian kan?

So be aware buat kamu yang suka menginap di hotel sendirian ya dan bisa ikutin beberapa tips dari aku ini. Jangan lupa juga ketahui etika ketika menginap di hotel, biar aman dan nyaman.

Hope will be useful

happy travelling...


87 Comment

  1. thanks tipsnya mbak, saya kalau berdua suami berani nginap di hotel murah, tapi kalau sama anak ga berani hahaha dan 1 tipsnya, betul banget ga boleh share di medsos, saya dimanapun ga pernah share di medsos, yg saya share itu pasti sudah lewat hahaha :) apalagi untungnya saya bukan tipe yang suka megang2 hape dimanapun kapanpun, pegang hape kl udah selonjoran di rumah aja hehehee

    ReplyDelete
  2. Safety. Salah satu alasan aku ga pernag berani solo traveler. Pernahnya berdua ke singapura sama teman. Sekalinya ke LN langsung berdua doank. Hahaha. Untung ada kenalan di sana yang bersedia menjadi guide wkwkwk...

    ReplyDelete
  3. Yes safety always come first ya mbak, tapi aku baru tahu ternyata ada connecting door surem juga nih

    ReplyDelete
  4. thanks mbaa..ini tips and tricks buat traveling dan stay di hotel manapun yaa..soalnya memang kita harus waspada dan jaga selalu keselamatan kita

    ReplyDelete
  5. Nah aku belum pernah nih solo traveling, padahal Maret kemarin kalau sesuai dengan jadwal baru mencoba untuk solo traveling. Makasih ya Mei untuk tips-tipsnya, aku biasanya kalau pesan kamar tuh ngecekin mulai dari review dan cari sebanyak mungkin informasi tentang penginapan dan daerah sekitarnya.

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali tipsnya meski sedang traveling harus memilih hotel yang tepat dan aman buat penggunanya.

    ReplyDelete
  7. Kaaa.. aku kau tanya,untuk poin 18. Jika kunci kamar hilang, minta kamar baru, apa artinya mengeluarkan biaya menyewa kamar lagi atau meminta pergantian tanpa di kenakan biaya?

    ReplyDelete
  8. Waah..terima kasih mbaa.. penting banget nih tipsnya utk aku yg kadang2 harus pergi sendirian
    Langsung catet2 deh..

    ReplyDelete
  9. ini tipsnya sagat berguna sekali mbak apalagi kalau bepergian seorang diri ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Tips yang bagus banget nih Mba. Aku pernah sih Solo Traveling dan pernah dapat kamar yang horor. Pintu kebuka sendiri, entah pihak hotel atau memang horor beneran, malam itu juga aku minta pindah kamar

    ReplyDelete
  11. Tipsnya lengkap banget Mba Mei. Tapi selama ini semprotan cabainya masih belum dipakai kan? He, he, serem juga sih kalo adà yang pulang dalam keadaan mabuk.

    ReplyDelete
  12. Tipsya sungguh bermanfaat, kak...
    Bahkan untuk hal-hal yang selama ini aku gak sangka. Kaya kalau kunci kamar hilang, lebih baik minta kamar baru atau jangan mudah terpancing dengan suara.

    Aku gak pernah solo travelling juga siih...sejak punya anak-anak.
    Ada rasa gak nyaman.

    ReplyDelete
  13. Setuju mba kalau aku dinas sendirian kupastikan hotelnya yg berkelaslah ga mau yg abal2 ngeri soalna..

    Tentang kamar connecting door itu bener bgt aku pernah dpt mba dan was2 pgn pindah lg full huah pagi2 aku dah check out jadina hahaha

    ReplyDelete
  14. Wah berguna banget tipsnya. Sering solo traveling kak? Keren ih berani banget. Btw semprotan cabe beli di mana kak?

    ReplyDelete
  15. Wah senengnya bisa travelling keberbagai daerah hingga ke luar negeri. Oya makasih banget tipsnya, sangat lengkap dan juga detail. Bisa jadi panduan nih kalau nanti saya travelling dan ingin cari tempat menginap

    ReplyDelete
  16. Gak kerasa udah baca sampe tips 22. Bagus semua tipsnya mbak. Dan memang harus diperhatikan. Tapi aku blm berani buat pergi2 sendiri. Selama ini, kalau nginap hotel pasti sama suami. Semoga selalu dijaga Tuhan ya.

    ReplyDelete
  17. Makasih ya kak, nice tips. Ada niat untuk solo travel jadi bnr" membantu banget tips ini apalagi buat aku yg belum pernah jalan" sendiri. :)

    ReplyDelete
  18. Jangan sampe salah masuk hotel pas lagi sendirian. Serem deh bisa salah sangka orang. Hahaha. Makasih mba rekomendasinyaa

    ReplyDelete
  19. aku juga kalau lagi bepergian ga upload nama lokasi on the spot, karena takut terjadi sesuatu ya mba

    ReplyDelete
  20. Noted tipsnya mbak. Aku ga pernah solo traveling, tapi ini pasti berguna kalau pergi bareng keluarga kecil jugaa

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah terpikirkan untuk bawa Semprotan cabai nih, bakal masuk dalam daftar bawaan kalo traveling nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Unik juga idenya ya Mbak. Jangan sampai bocor aja di tas. Bisa-bisa pedas semua penghuni tasnya. Keren lah antisipasinya.

      Delete
  22. Beberapa tipsnya sederhana tapi jarang dilakukan. Thank banget udah diingetin kak. Aku belum pernah solo traveling sih. But this is so useful.

    ReplyDelete
  23. Banyak banget tipsnya dan semuanya penting banget, ada beberapa yang belum kuterapkan kak. Asli banget ya kudu hati-hati apalagi kalau sendirian. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Kalau nginep di hotel jg kami biasanya aplodnya setelah balik hehe, jd gak aplod saat liburan :D
    Kalau solo traveling nginep di hotel hmmm kyknya blm pernah, tapi emang yg terbaik gtu ya jgn kasi tau lokasimu lha intinya, lagian kan mau menikmati liburan

    ReplyDelete
  25. Kalau solo trip belum pernah tapi tidur sendiri di kamar hotel pernah cuma kan tetap ada temannya di kamar lain.
    Tips solo tripnya aku ingat baik-baik untuk jaga-jaga ya. Saat check ini boleh gak sih pura2 bilang sama petugasnya nanti ada satu teman lagi yang datang jadi nginap berdua hihihi jadi parno kan aku.

    ReplyDelete
  26. Bener bnget mba dari semua tips dan trick nya , apalagi liat pasilitas ny dl ni, trua harga nya juga, pingin na sih harga oje dan fasilitas ny juga oke hehhe

    ReplyDelete
  27. Mbak Mei, masyaallah lengkap sekali, jadi pengingat banget ini scr kan emang lebih baik antisipasi kaya gini ketimbang udah terjadi kita mah ga bisa berbuat apa2 lagi ya... makasih banyak ya Mbak... this is so useful

    ReplyDelete
  28. Kalau saya bakal lama di cari review karena sering cari hotel budget, keamanan dan kebersihan paling penting deh

    ReplyDelete
  29. bener-bener harus perhatikan keamanan ya saat sendiri. Btw aku biasanya kalau jalan-jalan gitu, upload sosmednya pas udah pulang atau udah selsai. Jadi aku biasanya tag hotel dan dimana mana lokasinya gitu..

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah aq sebelum nikah beberapa kali Solo travelling baru Indonesia aja paling jauh aceh sama padang . Kalo NTB pulang ke kampung alm. Ayah, aq tipe penakut tapi ga tau kalo solo travelling enak aja dan alhamdulillah selama aq jalan2 sendiri selalu ditolong sama orang lain. Sempet kejadian pas ke padang pulangnya udha kesorean karena batas mobil dari bukit tinggi ke padang jam 4 karena perjalanan menempuh kuranv lebih 3 jam. Akhirnya ga lama ada yg kasih tau naik helf ternyata pas didalam sisa 1 slot dan penumpang sempet ada yg bilang ga usah takut ini penumpang asli bukan penjahat karena aq tampangnya kayak takut naik helf . Kalo aq pas solo travelling ga pernah berhenti mulutku berzikir 😂🤣 soalnya selalu dapat pesen sama mama kalo kita lagi sendiri di kota orang, zikir aja terus

    ReplyDelete
  31. Kalimat ini maksudnya gimana Mei : Jika kamu menginap di luar negeri better kamu sudah siapkan paspor kamu, jadi tinggal kasih saat diminta tanpa harus mengeluarkan aslinya. <--- maksudnya sediakan fotokopi kah?

    ReplyDelete
  32. Bener nih kak,kalo lokasi hotelnya di tempat keramaian jadi kalo ada apa2 kita gampang minta tolongnya ya,aku pernah dong zonk nginepnya deket kuburan,huhu,g nyrenyak tidurnya.

    ReplyDelete
  33. Saya sudah pernah koment, tapi gpp ingin koment lagi. Sedih juga selama pandemi rencana saya mau ke solo lagi sementara tertunda. Padahal Solo itu kotanya asyik lho. Saya aja tahun lalu ke sana rasanya ga mau balik , hehehe

    ReplyDelete
  34. Sebisa mungkin pilih akses-akses yang ramai ya Kak Mei, biar menjaga diri tetap aman eheheh
    pemandangannya dari atas aduhai, kangen ngetrip jadinya.

    ReplyDelete
  35. Yang paling berkesan bagi saya adalah no. 6, soalnya pernah baca di mana gitu, karena dia update berada di mana, jadilah dia korban pembunuhan 😣

    ReplyDelete
  36. Waaah sepakat bgtt. Semua poin di atas memang pas bgt buat kita yg sering sol traveling.. Cm poin terakhir aku nggak pernah bawa nih. Bolehlah buat jaga2 besok kl pas nginep di hotel bawa cairan cabe. Hhh
    Buat senjata kl ada org jahat

    ReplyDelete
  37. harus banget ini dilakukan tipsnya saat corona udah hilang nanti.

    ReplyDelete
  38. wah tips seputar keamana solo travelin ini banyak jg ya. aku kalau ga terpaksa banget ga mau nginap di hotel sendirian loh. kecuali perjalanan dinas yang terpaksa bgt atau diundang jadi pembicara perempuan satu2nya. tp klo bisa aku minta tmn sekamar haha

    ReplyDelete
  39. Wah bermanfaat banget Mbak tipsnya, memang keamanan diri harus jadi prioritas banget, dikit-dikit curiga gapapa ya, apalagi
    Bmbuat kita perempuan . Duh, ngeri juga denger cerita Mbak yang ada pemabuk itu. Jadi intinya harus hati-hati banget ya.

    ReplyDelete
  40. Benar banget tipsnya mba. Kalau memilih hotel kudu selektif apalagi solo traveler ya kan. Aku juga suka sendiri nih mengenai di hotel mau keluar kota atau didalam kota.

    ReplyDelete
  41. Tips nya keren dan bermanfaatvbanget niy mbak. Selama ini, klo nginep di hotel aku gak sedetail itu lho. Apalagi mengenai cek kasur dan pilih kamar dekat lift. Duh jadi pengen bisa bepergian lagi. Semoga segera pulih kondisi saat ink biar hasrar travelling bisa tersalurkan 🤩

    ReplyDelete
  42. Saya bukan tipe yang enjoy melalukan solo travelling, rasanya kayak bakal celingak celinguk gitu deh. Ahahaha....

    ReplyDelete
  43. Saya biasanya pilih hotel yg lokasinya ramai. Jadi enggak ngerasa sepi, apalagi saat solo travelling. Ngeri kalau lokasinya Di tempat remang remang.

    ReplyDelete
  44. Saya biasanya pilih hotel yg lokasinya ramai. Jadi enggak ngerasa sepi, apalagi saat solo travelling. Ngeri kalau lokasinya Di tempat remang remang.

    ReplyDelete
  45. Banyak ya tipsnya lengkap. Sip. Saya belum pernah nginep sendirian, sih. Bareng terus sama suami dan anak. Saya suka hotel dengan cityview pas malam, cantik deh kelap kelip lampunya. Pengennya sih dekat ke pantai or gunung gitu biar makin betah lihatnya pas pagi or malam hari.

    ReplyDelete
  46. Lengkap banget tipsnya mba, sejauh ini aku belum pernah nginep hotel sendirian apalagi solo traveling. Biasanya kemanapun selalu sepaket, but makasih banyak akhirnya jadi tahu celah-celah kejahatan di hotel mba..

    ReplyDelete
  47. Wah banyak ternyata tipsnya, q tambahin Mbak

    Usahakan klo nginap di hotel jangan sendirian, tapi berdua lebih aman.

    Tapi jangan berdua dg pacar ya lebih bahaya wkwkwkw

    ReplyDelete
  48. Lengkap banget, mba. Selama ini, saya belum pernah solo travelling. Namun, info ini juga bisa diterapkan ketika ditinggal seorang diri di hotel karena teman sekamar kita lagi keluar.

    ReplyDelete
  49. Safety is number one. Tipsnya mba so good utk keselamatan kita. Makasiy byknmba

    ReplyDelete
  50. Sepakat mbaa
    Jangan terlalu percaya dg review
    Jadi ingat perjalanan saya tahun lalu dr jakarta ke malang, mampir solo
    Nginep d hotel dekat bandara hasil baca review-an orang2
    Hasilny rada kecewa krn enggak sesuai harapan hehe

    ReplyDelete
  51. Terima kasih untuk tipsnya mbak, tapi sepertinya aku nggak bakalan solo traveling hahaha minimal pergi sama suami karena aku tipe traveler yang butuh teman perjalanan

    ReplyDelete
  52. Sangat bermanfaat
    Belum pernah nyobaik solo traveling
    kayaknya seru yah

    ReplyDelete
  53. wah lengkap banget mba, nggak cuma pas solo traveling sih emang kalau pilih hotel harus detail biar nggak kuciwa. kalau aku emang suka liat review orang karena biasanya ini yang paling jujur

    ReplyDelete
  54. Noted banget ini catetannya buat saya dan memang itu yang terjadi ...

    ReplyDelete
  55. emang banyak yg harus kita antisipasi ya Kak, gak boleh abai dan cuek akan hal yg mungkin terlihat kecil tapi justru malah nantinya bisa jadi malapetaka buat kita. noted nih tips amannya, makasih ya Kak :)

    ReplyDelete
  56. Waah terima kasih infonya. Memang sangat harus hati-hati dimana berada, agar tidak menyesal kemudian

    ReplyDelete
  57. Ternyata bukan cuma aku ya yang hobi cek ada CCTV enggak heheee..
    Biasanya klo nginep di hotel dan mau mandi, aku suka iseng cek pojok ruangan di toilet dari atas sampai bawah. Memastikan aja ada CCTV atau enggak. Serem sih klo sampai ada. Amit-amit.
    Btw, thx infonya ya, mbak.

    ReplyDelete
  58. Yaampun, ini benar, Mbak

    hati-hati juga saat memilih hotel di red district area

    Jadi ingat sewaktu mahasiswa kan nginap di hotel melati, teman nyari hotelnya yang ternyata banyak perempuan PSK-nya. Masa' teman saya hampir ditawar orang ya ampppuuun.

    ReplyDelete
  59. Dulu aku deg degan kalau pesen hotel.online
    Jaman masih gaptek banget. Sekrng udh santai banget pesen online malah ketagihan tinggal.klik klik aja..hehehe

    ReplyDelete
  60. Tipsnya betul banget. Perlu cara2 melindungi diri sendiri dengan cara-cara di atas dalam solo traveling

    ReplyDelete
  61. makasih tipsnya, kalau solo traveling mah lbh sering saat amsih gadis.

    ReplyDelete
  62. Hemm, tipsnya bikin degdeguan yah. Pertama kali solo traveling keluar negeri, saya gak banyak kepikiran banyak hal kayak gini soal penginapan. Saya pilih dorm, bawa tas sebiji doang, dan yang penting nyediain locker dan reviewnya genuine. Padahal ya bisa aja ada hal-hal gak diinginkan tapi males mikirinnya hahahaha.

    Btw penasaran, pengalaman kamu yang tau kawasan itu tempat prostitusi, gimana taunya kah? Terus kamu pindah gak?

    ReplyDelete
  63. Nah lokasi nih bener banget Kak, Aku biasanya pilih lokasi yg seramai mungkin, enggak apa apa kantong tipis yg ptg ngerasa nyaman. Apalagi lokasinya dekat dg destinasi yg kita tuju, ya sdh lah, aman banget tuh.

    ReplyDelete
  64. Noted banget. Kepikiran setelah nanti pandemi mereda pengen mbolang hihi
    Jd bisa siap2 kalau udh tau trik dan tip supaya tetap aman meski bobok di hotel sendirian. No 1 noted banget bilng aja nginep berdua. Hihi

    ReplyDelete
  65. Duh ... Belum pernah ke solo nih. Semoga suatu saat rezekinya bs kesana. Btw tq tipsnya mba, sepertinya gak cuma ditempat murah ya, menginap di manapun butuh kewaspadaan.

    ReplyDelete
  66. Tipsnya mantap banget. Btw kayaknya seru juga yaa solo Travelling. Aku sering tahu cerita orang-orang yang melakukan solo Travelling. Tertarik juga tapi enggak mungkin aku bisa nglakuinnya haha

    ReplyDelete
  67. lengkap banget mba Meeeei, kan ini tuh ceritanya solo travelling jangan sampe malah berbalik jadi ancaman ya buat kita. Ga pernah kepikiran lho kalo check in bilangnya buat berdua. Lengkap bgt!

    ReplyDelete
  68. solo traveling itu seru yaaa, tapi harus waspada juga sih, demi keamanan kita.
    kan horor kalau jadi diteror dan kita gak bisa menikmati perjalanannya ya.
    makasih tips2nya ya Kak :)

    ReplyDelete
  69. wah antisipasi tingkat tinggi bangegt ya mbak untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  70. Aku masih nggak berani mbak kalau nginap sendirian gini. Jangankan sendirian, berdua sama teman perempuan aja masih dag dig dug. Baru tenang kalau sama suami. Ibaratnya, orang mau ngapa-ngapain, ada yang jagain gigu.

    ReplyDelete
  71. Kalau sudah pernah menginap biasanya memang akan ada cerita ya, bahwa sudah pernah menginap di sini nih, di situ

    ReplyDelete
  72. Tidak mengupload lokasi hotel saat kita check in. Ini harus diperhatikan ya..karena terkadang semua ingin disebarkan di media sosial, jadi hal privasi macam ini pun kebabalasan untuk disebarkan. 🙈

    ReplyDelete
  73. Thanks tipsnya mbak. Mantul banget, eh lengkap banget. Ngeri banget ya sekarang orang banyak modusnya.

    ReplyDelete
  74. Terima kasih tipsnya, Mbak. Benar sekali, hati-hati banget ketika mau berbagi informasi di sosial media. Nggak usah terlalu diumbar yang nggak perlu daripada memancing hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  75. Saya belum pernah dan kayaknya gak berani deh solo traveling. Tapi tips-tipsnya lengkap banget. Semoga mereka yang melakukan solo traveling senatiasa dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  76. Gak pernah kepikiran bawa semprotab cabai nih, Mba. Penting juga ya untuk jaga-jaga. Btw, makasih banget Mba Infonya, sekarang jadi tahu deh kalau mau solo traveling apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memesan hotel atau penginapan. Memang ya kejahatan itu beragam dan kita perlu waspada.

    ReplyDelete
  77. Waah benar sekali mbak. Saya pernah nginep sendiri terpaksa sih karena harus ngejar sekolah waktu itu... Deg-degan dan nggak bisa tidur hahaha

    ReplyDelete
  78. memang cara ampuh untuk milih hotel itu ya liat liat reviewnya ya mba, dari sit kita bisa tau kualitas hotel, fasilitas dll nya. Tapi keren mba bisa soloto traveling kemana mana.

    ReplyDelete
  79. Semua tipsnya ok banget nih.

    Kalo alasanku gak pernah solo traveling padahal pengen banget ngerasain, karena takut tidur sendiri di hotel, hehe...

    ReplyDelete
  80. Aku belum pernah solo traveling karena tak kunjung berani. Namun bila suatu saat punya kesempatan (akhirnya aku berani) akan memperhatikan tips di atas dengan serius Mbak. Tapi walaupun belum pernah solo traveling, beberapa tips di atas bermanfaat banget kala kita jalan mandiri bersama keluarga. Terima kasih ya

    ReplyDelete
  81. Tips nya jelas dan bermanfaat banget. Saya juga suka Baca review orang. Makin banyak review makin jelas buat Saya memutuskan menginap atau tidak di hotel itu

    ReplyDelete
  82. Aku deg-degan bacanya Mei selama ini aku santai soalnya kalau di hotel tapi memang jarang banget sendirian nginapnya dan paling dalam kota...memang harus waspada ya apalagi negara lain..

    ReplyDelete
  83. Megang banget kak Mei topiknya travelling begini.
    Memang kita kerap memilih hotel berdasarkan rating dan review. Gak bakal nyangka yaa...kalau ternyata zonk nya gituu...

    ReplyDelete
  84. untuk solo travelling di saat sudah punya anak mungkin agak susah cari waktunya yaa.. tapi kalo travelling bareng anak, seru juga tuh.. bisa me time juga.. hehe..

    ReplyDelete
  85. Kalo pas traveling sendirian biasanya aku pilih hotel yang lokasinya strategis dan rame, biasanya lebih mahal tapi it's oke ga masalah buatku, yang penting keamanan dan kenyamanan terjaga. Pernah nginep di hotel kelas melati malah gabisa istirahat karena suasana kamarnya ga nyaman

    ReplyDelete
  86. nice tips mba.. lengkap banget ulasannya...
    aku jarang solo traveler sih, mba
    cuma kalo nginep di hotel sendiri di kota sendiri mah sering, haha

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.