Skip to main content

Tips Aman Memilih Hotel Saat Solo Travelling

Keamanan dan kenyamanan pada saat menginap menjadi hal yang sangat krusial buat aku pribadi. Dulu aku sempat kerja yang mengharuskan keliling ke beberapa kota di Indonesia setiap bulan bahkan ada kalanya sebulan bisa 3-4 kali berpindah dari hotel satu ke hotel lainnya. Meski selalu mendapat hotel-hotel berbintang tetapi keamanan tetap harus diperhatikan, karena kejahatan bisa terjadi dimana saja. Terlebih perempuan rentan banget soal keamanan.



Pengalaman makin bertambah ketika sering menjadi female solo traveler yang sering travelling ke daerah-daerah asing baik di dalam ataupun di luar negeri dan pastinya penginapannya bermacam-macam tidak selalu mendapat fasilitas hotel berbintang.

Nah aku punya banyak tips aman memilih hotel saat solo travelling? beberapa berdasarkan pengalaman atau kadang aku suka nonton film-film traveling or adventure gitu, jadi insight sih dan aku terapin deh saat aku traveling, kuy cekidot:

1. Lokasi hotel
Penginapan yang berlokasi di keramaian cenderung lebih aman, karena hal ini berkaitan dengan dengan  ketersediaan fasilitas keamanan dan jaringan internet yang mudah diakses, sehingga lebih mudah untuk meminta bantuan, tapi hati-hati juga saat memilih hotel di red district area ya hehehe.



2. Pilih hotel bukan kelas melati
Kalau pergi travellingnya sendirian better pilih hotel, jangan kelas melati untuk keamanan, harganya memang cenderung lebih mahal. Berbeda jika kamu memang suka berpetualang ya, biar ketemu banyak orang dan make a friend kamu bisa nginap di bunk bed. Ini pun tetap ada tipsnya.

3. Check Harga
Pastikan harga yang tertera cukup masuk akal, kamu percayakan dengan istilah "ada kualitas ada harga". Kalau harganya di rasa ga masuk akal, patut dipertanyakan. Tapi sebelumnya browsing dulu mengenai harga-harga penginapan di daerah yang dituju, bisa jadi harganya sangat murah karena memang di lokasi tersebut harganya memang sekitar itu.

4. Lihat review 
Patikan cek review orang terkait dengan penginapan tersebut, but tapi jangan terlalu percaya dengan review 100% apalagi penginapan tersebut bukan penginapan yang punya nama atau terkenal seperti hotel bintang. Karena aku punya pengalaman buruk soal ini, reviewnya bagus semua, pas ke sana, ternyata itu adalah kawasan prostitusi. Better tanya teman yang sudah pernah ke sana atau telepon hotelnya langsung, dan tanya lingkungan sekitarnya dekat apa saja, lakukan beberapa trik supaya mereka berkata jujur dengan kondisi lingkungan di sana. 



5. Beritahukan orang terdekat
Nah setelah kamu dapat penginapannya di mana, pastikan kamu memberitahukan keluarga atau teman terdekat bahwa kamu menginap di lokasi tersebut. Ini sangat penting untuk keselamatanmu, lagi-lagi buat jaga-jaga keselamatan kita ya, in case lost contact mereka tahu lokasi terakhir kita di mana, dan share location saat sudah sampai di penginapan.

6. Jangan upload lokasi dan nama penginapan di sosial media
Tidak bisa dipungkiri, teman sosial media kita tidak hanya dari kalangan yang kita kenal saja kan, bisa jadi follower kita bukan orang-orang yang kita kenal. 




Nah ini penting banget, saat menginap bukan kita kepedean bakal ada yang ngechekin kita di mana aja, niat orang kita tidak tahu kan, so jangan pernah memberitahukan lokasi dan nama hotel kamu menginap di sosial media demi keamananmu. Kalau mau pamer nginap di hotel mahal nanti aja ya setelah check out hehehe. Ini masuk dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling yang wajib dilakukan ya guys.

7. Saat check in, dekatlah dengan barang pribadi kita
Pernah nonton film yang tasnya sengaja dituker oleh seseorang saat di resepsionis hotel? si penjahatnya sengaja menukar dan kemudian berpura-pura mengantarkan ke kamar kamu, serem kan. So, jaga barang kamu dengan baik, agar terhindar dari kejahatan macam ini. Ini masih mending kalau dia ternyata mengambil beberapa barang atau dokumen penting kamu, sudah bisa dibayangkan kejahatan apa aja yang bisa dia lakuin kan?.

8. Bayar hotel dengan online
Ini biasa aku lakuin untuk menghindari diminta kartu kredit atau debit di hotel, karena bisa jadi ada orang yang berniat kurang baik saat melihat kartu kredit atau debit kita, karena saat ini kartu debit atau debit bisa dilihat dari warna kartunya. Kalau kamu pengguna platinum bisa jadi incaran buat orang yang berniat jahat, apalagi kamu terlihat sendirian. Buat pede ya tapi lagi-lagi mengantisipasi lebih bagus lagi.



Atau pernah melihat film yang identitas tamunya saat check out diketahui oleh seorang penjahat perempuan, dan saat pemilik kartu pergi, beberapa saat kemudian perempuan jahat ini memesan hotel menggunakan identitas perempuan tadi dan bilang ingin menginap kembali dengan alasan ada pekerjaan dadakan, ga mau kan kalau tagihannya masuk terus ke rekening kita? Hati-hati juga saat memberikan kartu identitas kepada resepsionis hotel, jangan pernah melepas pandangan kamu kemana saja identitas kamu bergerak. Jika kamu menginap di luar negeri better kamu sudah siapkan paspor kamu, jadi tinggal kasih saat diminta tanpa harus mengeluarkan aslinya.

9. Saat check in, bilang untuk berdua
Nah ini salah satu andalan aku dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling, saat di resepsionis selalu bilang buat berdua mau ditanya atau tidak, kalau fasilitas kamar kita memang untuk berdua ya, ini untuk menjaga, seandainya ada yang berniat kurang baik, mereka akan mikir dua kali karena tahunya kamu berdua. Kadang aku suka meminta orang-orang terdekat untuk meneleponku pas depan resepsionis, biar mereka tahu bahwa kita in control, jadi lo jangan macam-macam ya hehehe.



10. Pilih kamar tidak terlalu bawah dan atas, dan mintalah mendekati lift.
Aku pernah baca satu artikel, kamar yang cukup atas lebih aman dari kejahatan, mungkin karena akses si penjahat terlalu jauh juga kan, selain itu menghindari kebisingan. Pengalaman aku dengan alasan keamanan pernah minta di lantai 2, eh saat malam berisik dari lobby dan resepsionis kedengeran banget dan cukup mengganggu.
Selain itu meminta kamar yang mendekati lift menurut aku sih cenderung aman, jika terjadi apa-apa kita mudah untuk turun dan di sana banyak dipasang CCTV, so lebih aman kan?

11. Saat masuk kamar
Jika diantar oleh petugas penginapan, pastikan dia hanya mengantar sampai pintu depan saja, jangan biarkan dia masuk dan aku biasanya akan tetap membuka pintu sebelum dia pergi. Tipsnya, kalau dia nanya butuh apa-apa, aku akan selalu bilang, "tunggu temanku dulu datang ya mas, biar nanti kalau butuh apa-apa biar sekalian, dia sebentar lagi sampai" nah kalau ada yang berniat jahat mikir dua kali kan hehehe. Satu lagi biasanya kalau ada petugas masuk, dia kan depan kamar ya, aku biasanya berpura-pura seolah-olah ada orang di kamar hehehe

12. Cek kondisi kamar
Pernah baca berita tentang cermin yang terlihat cermin sebenarnya dia kayak pintu akses ke sebelah kamar lain atau bahkan menghubungkan dengan kamera CCTV? Nah salah satu dari tips aman memilih hotel saat solo travelling versi aku yaitu pastikan check kondisi kamar kamu.



Apa saja itu?.
a. Kondisi pintu, bisa dikunci apa enggak, terus grendelnya berfungsi baik apa enggak, kalau enggak langsung minta pindah kamar.
b. Kalau menginap sendirian biasanya aku akan memilih jenis kamar hotel, yang ada sambungan teleponnya, agar mudah kalau ada apa-apa menghubungi resepsionis.
c. Pastikan di setiap sudut kamar tidak terletak barang yang dicurigai, misalkan CCTV atau camera tersembunyi, aku biasanya ngecek di kamar mandi, di belakang tv, di dalam lemari dan pintu.
d. Pastikan juga ya tempat tidur kita aman, pernah lihat rekaman pembunuhan yang ternyata jasadnya disimpan di dalam kasur kan, so ini juga buat keamanan kita guys, bukan buat nakut-nakutin.
e. Pastikan balkon kamar hotel kita tidak bisa diakses oleh kamar sebelah, jika bisa pastikan kunci pintu balkon kamar kita, ini pernah ngalamin niy, bahwa balkon kamar kita bisa dimasuki oleh kamar sebelah dan kalau ga dikunci balkon kita bahaya kan?.

13. Hindari kamar yang connecting door
Kalau aku pribadi merasa gak aman aja, kalau misalkan kamar ada connecting door-nya, even dikunci pasti akan minta pindah kamar, jika terpaksa penuh, pastikan pintu itu aman terkunci dan biasanya simpan barang besar entah koper atau meja kamar, atau barang yang kalau jatuh berisik, jadi kalau ada yang masuk kita bisa langsung bangun.



14. Simpan HP dan barang berharga dekat kita
Seandainya terjadi apa-apa, lebih mudah untuk menghubungi orang-orang terdekat, jika resepsionis tidak bisa dihubungi.
Masukan semua barang berharga dalam satu tas, kalau kita harus keluar karena alasan keselamatan misalkan force major atau hal lainnyakita tinggal meraihnya dan langsung keluar.

15. Selalu kunci kamar
Beruntung dari kecil sudah terbiasa dengan nasehat ibu, kalau masuk kamar atau rumah selalu langsung kunci, apalagi pas lagi menginap di hotel. Jadi refleks aja tiap kali masuk rumah atau kamar aku akan otomatis mengunci pintu. Good habit. Aku selalu bilang jika sedang dinas atau travelling, dan ibu biasanya akan selalu mengingatkan untuk hati-hati dan selalu langsung kunci pintu kamar. Ini salah satu hal wajib yang aku lakuin dalam tips aman memilih hotel saat solo travelling.



16. Jangan buka pintu sembarangan
Saat ada yang mengetuk kamar kamu, jangan langsung buka, lihat dulu dari kamera pengaman, siapa yang datang. Pernah ada yang mengetuk kamar berkali-kali, aku tidak pernah membukanya jika tidak janjian dengan orang lain. Karena petugas hanya akan datang jika kita memanggilnya, so patut curiga ya kalau ada yang mengetuk pintu.



17. Jangan terpancing suara
Kalau kamu mendengar suara berisik di dekat kamar kamu, jangan langsung keluar untuk menegurnya, beritahu resepsionis untuk membantu menegurnya, kenapa? karena modus kejahatan zaman sekarang apa aja, bisa aja mereka sengaja berisik untuk memancing kamu keluar dan tahu kamu sendirian di kamar. Aku pernah mengalaminya waktu malam-malam di hotel, mereka berisik sekali dan ternyata baru pulang dalam kondisi mabuk, untungnya aku belum sempat keluar kamar. Nah aku biasanya akan menelepon resepsionis untuk membantu menegur mereka.

18. Jika kunci kamar hilang, minta kamar baru
Saat check in aku selalu minta kunci dua-duanya, satu simpan di dompet, satunya lagi sebagai lampu. Jika kamu kehilangan kunci kamar, minta kamar baru sebagai penggantinya, kalau kuncinya ditemukan orang lain terus mendorong mereka berbuat jahat, kan repot, so harus sejeli ini ya temans.

19. Jangan terima tamu di kamar
Nah hindari menerima tamu di kamar ya guys, kecuali memang orang-orang yang sangat kamu kenal baik, dan yakin kamu bakal aman. Lakukan di lobby saja atau di luar misal di resto hotel dan pastikan kondisi ramai. Ini biasanya aku tetap pertimbangkan, karena kita ga tahu kan orang berubah baik dan jahat dalam hitungan detik.



20. Selalu berpakaian sopan meski saat di kamar
Ini juga penting guys, untuk menghindari saat ada force major yang mengharuskan kita keluar kamar dengan cepat, selain itu ya jaga-jaga jika ada petugas yang datang ke kamar untuk mengantar pesanan kita.

21. Jangan mudah percaya
Jika tetangga sebelah kamar meminta tolong, mending kamu kasih tahu resepsionis saja. Apalagi sedang travelling di tempat asing. Bukan mengajari antipati tapi lebih hati-hati. Pernah dengar ada yang minta tolong dan ternyata malah dia yang dituduh? nah ini yang aku maksud, be smart guys.




22. Bawa semprotan cabai
Terdengar klasik tapi aku selalu bawa ini kemana-mana buat keamanan. Buat jaga-jaga ga cuman aku bawa saat di hotel sih, tapi pas jalan-jalan juga hehehe.

Nah itu tips dari aku, kebanyakan ya but this is real base on my experience ya guys, mungkin pengalaman orang beda-beda, jika ada yang menganggap berlebihan rasanya tak apa-apa, lebih baik menghindari daripada kejadiankan?

So be aware buat kamu yang suka menginap di hotel sendirian ya dan bisa ikutin beberapa tips dari aku ini.


Hope will be useful
happy travelling...

Comments

  1. thanks tipsnya mbak, saya kalau berdua suami berani nginap di hotel murah, tapi kalau sama anak ga berani hahaha dan 1 tipsnya, betul banget ga boleh share di medsos, saya dimanapun ga pernah share di medsos, yg saya share itu pasti sudah lewat hahaha :) apalagi untungnya saya bukan tipe yang suka megang2 hape dimanapun kapanpun, pegang hape kl udah selonjoran di rumah aja hehehee

    ReplyDelete
  2. Safety. Salah satu alasan aku ga pernag berani solo traveler. Pernahnya berdua ke singapura sama teman. Sekalinya ke LN langsung berdua doank. Hahaha. Untung ada kenalan di sana yang bersedia menjadi guide wkwkwk...

    ReplyDelete
  3. Yes safety always come first ya mbak, tapi aku baru tahu ternyata ada connecting door surem juga nih

    ReplyDelete
  4. thanks mbaa..ini tips and tricks buat traveling dan stay di hotel manapun yaa..soalnya memang kita harus waspada dan jaga selalu keselamatan kita

    ReplyDelete
  5. Nah aku belum pernah nih solo traveling, padahal Maret kemarin kalau sesuai dengan jadwal baru mencoba untuk solo traveling. Makasih ya Mei untuk tips-tipsnya, aku biasanya kalau pesan kamar tuh ngecekin mulai dari review dan cari sebanyak mungkin informasi tentang penginapan dan daerah sekitarnya.

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali tipsnya meski sedang traveling harus memilih hotel yang tepat dan aman buat penggunanya.

    ReplyDelete
  7. Kaaa.. aku kau tanya,untuk poin 18. Jika kunci kamar hilang, minta kamar baru, apa artinya mengeluarkan biaya menyewa kamar lagi atau meminta pergantian tanpa di kenakan biaya?

    ReplyDelete
  8. Waah..terima kasih mbaa.. penting banget nih tipsnya utk aku yg kadang2 harus pergi sendirian
    Langsung catet2 deh..

    ReplyDelete
  9. ini tipsnya sagat berguna sekali mbak apalagi kalau bepergian seorang diri ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Tips yang bagus banget nih Mba. Aku pernah sih Solo Traveling dan pernah dapat kamar yang horor. Pintu kebuka sendiri, entah pihak hotel atau memang horor beneran, malam itu juga aku minta pindah kamar

    ReplyDelete
  11. Tipsnya lengkap banget Mba Mei. Tapi selama ini semprotan cabainya masih belum dipakai kan? He, he, serem juga sih kalo adà yang pulang dalam keadaan mabuk.

    ReplyDelete
  12. Tipsya sungguh bermanfaat, kak...
    Bahkan untuk hal-hal yang selama ini aku gak sangka. Kaya kalau kunci kamar hilang, lebih baik minta kamar baru atau jangan mudah terpancing dengan suara.

    Aku gak pernah solo travelling juga siih...sejak punya anak-anak.
    Ada rasa gak nyaman.

    ReplyDelete
  13. Setuju mba kalau aku dinas sendirian kupastikan hotelnya yg berkelaslah ga mau yg abal2 ngeri soalna..

    Tentang kamar connecting door itu bener bgt aku pernah dpt mba dan was2 pgn pindah lg full huah pagi2 aku dah check out jadina hahaha

    ReplyDelete
  14. Wah berguna banget tipsnya. Sering solo traveling kak? Keren ih berani banget. Btw semprotan cabe beli di mana kak?

    ReplyDelete
  15. Wah senengnya bisa travelling keberbagai daerah hingga ke luar negeri. Oya makasih banget tipsnya, sangat lengkap dan juga detail. Bisa jadi panduan nih kalau nanti saya travelling dan ingin cari tempat menginap

    ReplyDelete
  16. Gak kerasa udah baca sampe tips 22. Bagus semua tipsnya mbak. Dan memang harus diperhatikan. Tapi aku blm berani buat pergi2 sendiri. Selama ini, kalau nginap hotel pasti sama suami. Semoga selalu dijaga Tuhan ya.

    ReplyDelete
  17. Makasih ya kak, nice tips. Ada niat untuk solo travel jadi bnr" membantu banget tips ini apalagi buat aku yg belum pernah jalan" sendiri. :)

    ReplyDelete
  18. Jangan sampe salah masuk hotel pas lagi sendirian. Serem deh bisa salah sangka orang. Hahaha. Makasih mba rekomendasinyaa

    ReplyDelete
  19. aku juga kalau lagi bepergian ga upload nama lokasi on the spot, karena takut terjadi sesuatu ya mba

    ReplyDelete
  20. Noted tipsnya mbak. Aku ga pernah solo traveling, tapi ini pasti berguna kalau pergi bareng keluarga kecil jugaa

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah terpikirkan untuk bawa Semprotan cabai nih, bakal masuk dalam daftar bawaan kalo traveling nih

    ReplyDelete
  22. Beberapa tipsnya sederhana tapi jarang dilakukan. Thank banget udah diingetin kak. Aku belum pernah solo traveling sih. But this is so useful.

    ReplyDelete
  23. Banyak banget tipsnya dan semuanya penting banget, ada beberapa yang belum kuterapkan kak. Asli banget ya kudu hati-hati apalagi kalau sendirian. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Kalau nginep di hotel jg kami biasanya aplodnya setelah balik hehe, jd gak aplod saat liburan :D
    Kalau solo traveling nginep di hotel hmmm kyknya blm pernah, tapi emang yg terbaik gtu ya jgn kasi tau lokasimu lha intinya, lagian kan mau menikmati liburan

    ReplyDelete
  25. Kalau solo trip belum pernah tapi tidur sendiri di kamar hotel pernah cuma kan tetap ada temannya di kamar lain.
    Tips solo tripnya aku ingat baik-baik untuk jaga-jaga ya. Saat check ini boleh gak sih pura2 bilang sama petugasnya nanti ada satu teman lagi yang datang jadi nginap berdua hihihi jadi parno kan aku.

    ReplyDelete
  26. Bener bnget mba dari semua tips dan trick nya , apalagi liat pasilitas ny dl ni, trua harga nya juga, pingin na sih harga oje dan fasilitas ny juga oke hehhe

    ReplyDelete
  27. Mbak Mei, masyaallah lengkap sekali, jadi pengingat banget ini scr kan emang lebih baik antisipasi kaya gini ketimbang udah terjadi kita mah ga bisa berbuat apa2 lagi ya... makasih banyak ya Mbak... this is so useful

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wisata Millenial ke Stonehenge Cangkringan

Pesona wisata Jogja memang tak ada habisnya untuk menciptakan sebuah destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan dari berbagai belahan bumi Indonesia.

Gambar Stonehenge Cangkringan di Yogyakarta belakangan ini mulai ramai menghiasi sosial media. Daya tarik wisata ini mulai dibuka pada awal tahun 2017. The power of social media membuat destinasi wisata ini langsung hits di kalangan milenial sampai usia sepuh. Daya tarik wisata buatan hampir mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris.


Saya bertiga dengan teman-teman sekitar pukul 04.00 sore menggunakan kendaraan roda empat, cuacanya kurang bersahabat alias mendung pas kami tiba, jadi Gunung Merapinya tidak terlihat dengan jelas. Dengan modal menggunakan google map, malah kami kesasar ke hutan-hutan dan hanya jalan setapak untungnya masih muat untuk mobil meski bebatuan :).
Sebelum pulang saya sempatkan tanya pada petugas karcis, untuk rute yang mudah lewat mana, petugasnya kasih dua alternatif jalan.




Tempat ini bisa dipergunakan jug…

Mau Mandi Parfum Setiap Hari, Pakai Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Melakukan olahraga yang membutuhkan ketangkasan fisik seperti trekking, wall climbing, latihan menembak, jogging, bersepeda, dan berkuda adalah aktivitas yang rutin aku lakukan dan tentunya memicu keringat yang berlebih. Nah sebagai perempuan yang aktif dalam kegiatan di luar ruangan dan berkaitan dengan alam bebas, pastinya butuh nutrisi yang lebih buat kulitnya, sering juga khawatir soal bau badan kulitnya jadi kering. Tapi itu dulu... Sekarang kawatir itu sudah hilang setelah bertemu sahabat baru yang selalu nenangin kalau habis berkeringat, yapppp Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Sabun ini membuat aku merasa mandi parfum setiap hari.



By the way, sejak pertengahan tahun 2019, Vitalis mulai melakukan penetrasi produk parfumnya ke body wash yang punya high quality moisturizer. Nah penasaran kan varian body wash-nya seperti apa? Ternyata Vitalis Perfumed Moisturizing Body Washmembuat 3 pilihan varian yang punya manfaat masing-masing yang dibutuhkan kulit, tentunya dengan vitali…

Gunung Kerinci, Pesona Gunung Tertinggi Di Sumatera

Siapa yang tak mengenal Gunung Kerinci, gunung tertinggi yang pertama kali didaki oleh Von Hasselt bersama Veth pada tahun 1877 ini berada di daerah perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi, merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dan menjadi salah satu bucket list para penikmat ketinggian dari berbagai belahan Indonesia bahkan dunia. Gunung dengan nama lain Korinci, Gunung Gadang, Berapi Kerinci dan Puncak Indrapura ini juga menjadi rangkaian seven summit Indonesia. Beruntung saya dapat mengunjungi tempat ini pada Oktober 2013, pada saat musim cerah.

Gunung Kerinci,yang mendapat julukan atap Sumatera ini masih tergolong aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009 dan mempunyai ketinggian 3.805 mdpl (meter di atas permukaan laut) serta berjenis gunung berapi bertipe strato vulcano. Lokasi gunung ini berada di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Makin bikin penasaran niy gunung tertinggi di Sumatera ini.

Hari ke-1 Saya bersama teman-teman lainnya mendarat di bandara Sultan Thaha…