JENIS-JENIS ALAT PEMANAS AIR LISTRIK

Pernah ga sih sepulang traveling, atau pulang kantor itu malam hari? Apalagi mengingat jalanan yang super macet, atau pekerjaan yang sedang deadline? Mengharuskan kita pulang malam. Dan rasanya sampai rumah untuk membuat badan segar kembali adalah mandi dengan air hangat. Sehingga kebutuhan alat pemanas air listrik menjadi hal penting.

alat pemanas air listrik


Jenis-jenis alat pemanas air listrik

Meskipun masih menjadi kebutuhan sekunder, bagi sebagian orang alat pemanas air listrik adalah kebutuhan yang cukup penting. Mereka ingin mempunyai akses pada sesuatu yang dapat membuat rileks atau menghibur setelah lelah bekerja. Dan mandi air panas bisa menyegarkan badan dan pikiran yang lelah.

Di antara beragam jenis pemanas air untuk kamar mandi, alat pemanas air bertenaga listrik banyak menjadi pilihan. Hal itu karena kepraktisannya dimana listrik mudah didapat sepanjang waktu dan cukup terjangkau harganya. Berbeda dengan yang bahan bakar gas, batubara, atau panas matahari yang kadang bisa sulit mendapatkan bahan-bahan bakar tersebut.

Setidaknya ada dua jenis alat pemanas air listrik yang populer yaitu:

  1. Alat pemanas air listrik yang menggunakan tangki.
  2. Alat pemanas air listrik tanpa tangki atau dikenal dengan nama tankless water heater.

Alat pemanas air listrik yang masih menggunakan tangki dinilai kurang praktis bahkan bisa boros. Karena cara kerjanya air harus ditampung dulu di dalam tangki, lalu dipanaskan, setelah itu dipakai untuk mandi. Jadi ada jeda waktu cukup lama yaitu harus menunggu terutama ketika air dipanaskan.

Karena air panas yang tersedia sebatas daya tampung tangki maka sewaktu-waktu saat mandi air panas bisa habis. Harus mengisi dan memanaskan air lagi jika ingin melanjutkan mandi air panas. Memang bisa saja diatasi dengan menggunakan tangki air berukuran besar, namun tetap saja tidak bisa menyediakan air secara kontinyu.

Sebenarnya memilih alat pemanas air listrik disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri, namun penggunaan alat pemanas air listrik tanpa tangki lebih banyak memiliki keunggulan.

Cara menghemat saat menggunakan alat pemanas air listrik

Sebelum membahas mengenai keunggulan alat pemanas air listrik tanpa tangki, kita akan membahas terlebih dahulu kekurangan dari penggunaan pemanas air listrik.

Air yang dipanaskan bisa terjadi pemborosan jika tidak segera digunakan. Jadi sebaiknya jika anda memanaskan air untuk mandi misalnya, segeralah untuk menggunakannya. Dan berikut beberapa alasan yang wajib kamu hindari agar air yang dipanaskan tidak terjadi pemborosan.

  1. Saat memanaskan air sambil menunggu melakukan aktivitas lain. Dan lupa bahwa sedang memanaskan air untuk mandi, beberapa jam kemudian baru ingat. Maka hindari melakukan aktifitas bersamaan dengan memanaskan air.
  2. Karena memang sengaja terus memanaskan air agar sewaktu-waktu siap digunakan. Misalnya sebelum berangkat ke gym memanaskan air agar waktu pulang bisa langsung mandi air panas. Semua bisa menyebabkan pemborosan karena listrik dinyalakan terus menerus. Maka hanya panaskan air ketika akan digunakan saja.
  3. Pemasangan alat pemanas air memakan tempat terutama oleh tangki airnya. Apalagi jika tangki air yang digunakan adalah yang berukuran besar. Selain boros karena kondisi air yang melimpah, maka akan boros juga dalam menyerap energi listriknya. 

Maka untuk menghemat listrik dan biaya selama penggunaan alat pemanas air listrik, hindari ketiga hal di atas.

Beberapa keunggulan menggunakan pemanas air listrik tanpa tanki

Lalu apa saja keunggulan pemanas air listrik tanpa tangki dibandingkan dengan pemanas konvensional dengan tangki. 

  1. Dapat menyediakan air panas kapan saja akan digunakan. Karena cara kerjanya adalah dengan memanaskan air secara langsung. Air yang mengalir melalui alat pemanas akan langsung dipanaskan saat itu juga sehingga tidak perlu menunggu lama.
  2. Lebih hemat energi dan tentunya juga lebih hemat biaya. Penggunaanya cukup menyalakan pemanas dan didapatkan air panas saat itu juga. Tidak perlu menunggu air terisi untuk kemudian dipanaskan. Maka potensi terjadinya pemborosan air dan energi sangat kecil.
  3. Pemasangannya tidak memakan tempat karena tidak menggunakan tangki. Pada umumnya tankless water heater ukurannya kecil dan ringan.

Champs Industrial memproduksi tankless water heater yang berkualitas. Mampu memanaskan air setiap saat dilengkapi dengan pengaturan suhu yang mudah, dan terdapat pilihan mode pancuran air.

Ditambah lagi memiliki teknologi canggih Lumiflo yang menggunakan sinar UV-C untuk memurnikan air, sehingga mandi lebih tenang dengan air yang lebih sehat.

Jadi sepulang kantor malam tidak perlu repot lagi jika ingin mandi menggunakan air panas, bisa langsung nyalakan alatnya tanpa harus menunggu lama. Air panas langsung menyala. Kamu pernah menggunakan alat pemanas air listrik dari Champs Industrial? Buat kamu yang pernah menggunakan alat pemanas air listrik ini, boleh banget sharing pengalamannya di kolom komentar.

3 Comment

  1. bisa jadi jauh lebih hemat dan praktis ya Mbak, alat pemanas tanpa tanki itu. Cocok nih ama yang punya anak kecil atau orang tua yang udah gak tahan dengan air dingin, kayak Mamaku kalau mau mandi atau wudhu pun sekarang pakai air hangat.

    ReplyDelete
  2. belum pernah pakai alat pemanas listrik untuk mandi air hangat mbak, kalau di rumah, kalau pengen mandi air hangat, ya ngerebus air dulu hihihi
    kalau pengalaman waktu tinggal di Jepang sih, semua rumah sudah otomatis ada instalasi untuk pemanas air terutama di musim dingin kan bener bener perlu air hangat secara otomastis ya, biasanya sih sudah terhubung sama saluran gas. gasnya juga sama gas tabung, tapi secara reguler mereka mengganti secara periodik, kita gak perlu telpon kalau gas habis.

    ReplyDelete
  3. Seumur hidup belum pernah punya nih saya alat pemanas listrik. pernah make pas di luar negeri, di Indonesia, di wilayah kami, sejauh ini belum dibutuhkan alat pemanas sir. Makasih infonya Mbak Mei.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.