DANAU SEGARA ANAK: KEINDAHAN DANAU DI GUNUNG RINJANI

Danau Segara Anak adalah salah satu atraksi wisata yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sama halnya ketika mengunjungi Gunung Mahameru, semua orang akan menikmati indahnya Ranu Kumbolo. Begitu pula ketika mengunjungi Gunung Rinjani, semua pendaki akan menjadikannya salah satu atraksi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung. Lalu apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Segara Anak?

danau segara anak


Tentang Pesona Keindahan Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah danau yang terletak di Area Taman Nasional Gunung Rinjani. Segara Anak sendiri berasal dari bahasa Suku Sasak yang artinya anak laut. Danau ini tepatnya berada di kawah Gunung Rinjani. Berada di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan mempunyai luas sekitar 1100 ha. Kedalaman Danau Segara Anak sekitar 230 meter.

Danau ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Rinjani sekitar tahun 1257 M. Letusannya yang maha dahsat telat membentuk sebuah kaldera yang kemudian dipenuhi dengan genangan air. Uniknya lagi di tengah danau dengan air yang sangat bening ini telah membentuk sebuah anak Gunung Rinjani, yang diberi nama Gunung Barujari.

Untuk dapat menikmati keindahan danau indah ini, para pendaki hanya bisa melewati tiga jalur pendakian yaitu jalur Sembalun, jalur Torean, dan jalur Senaru. Cara ke danau Segara Anak melalui Jalur Torean adalah jalur paling cepat untuk mencapai danau ini karena tidak harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Segara Anak

Lalu apa saja yang bisa para pendaki atau pengunjung lakukan di danau yang menjadi incaran tempat berkemah saat ke Gunung Rinjani.

1. Menikmati Danau Segara Anak

Pertama, kamu dapat menikmati pemandangan luas danau Segara Anak itu sendiri. Danau ini memiliki air yang dingin, bersih, dan sangat jernih sehingga ikan-ikan terlihat dengan jelas. Waktu saya ke sana, saya dapat mengambil ikan-ikan itu dengan tangan di pinggiran danau karena saking jernihnya dan ikannya yang sangat banyak.

2. Berkemah

Semua pendaki dapat berkemah di tempat ini sesuai dengan waktu yang diizinkan oleh pihak taman nasional. Kamu dapat berkemah di sekitar danau Segara Anak. Dan jika kamu beruntung dan tidak sedang penuh, pengunjung dapat memilih lokasi kemping di pinggir danau. Suasananya akan membuat para pengunjung tenang dan betah, karena langsung menghadap danau.

3. Menikmati sunset dan sunrise

Pengunjung juga dapat menikmati matahari tenggelam dan terbit pada sore dan pagi hari. Saat membuka tenda yang dipasang di pinggir danau, pengunjung akan langsung menyaksikan keindahan emas matahari saat terbit atau pun tenggelam. Bayangkan betapa indahnya. Minum teh atau kopi manis, di pinggir danau sambil menikmati udara segar dan ditemani matahari yang kekuningan. Membuat siapapun betah.

4. Memancing

Memancing di danau ini diperbolehkan selama memancingnya dengan menggunakan kail dan tidak merusak apapun di danau dan sekitarnya. Artinya harus tetap menjaga kelestarian danua ini. Para pendaki dapat membawa alat pancing ketika akan berkunjung ke danau ini. Ada berbagai jenis ikan di danau ini yang dapat dimakan dengan ukuran yang sangat besar-besar.

5. Photography

Buat para pengunjung pecinta photography, Danau Segara Anak adalah danau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berphoto. Dengan segala keindahannya, pengunjung dapat mengambil berbagai photo dari berbagai lokasi tentang keindahan tempat ini. Mulai dari photo keindahan Gunung Bajari, danau Segara Anak, hutan, air panas, sampai dengan view keseluruhan danau ini.

6. Mandi di Pemandian Air Panas: Air Kalak dan Goa Susu

Tidak jauh dari danau, terdapat sebuah pemandian air panas. Jaraknya mungkin sekitar 500 meter dari area danau. Namanya Air Kalak dan satu lagi adalah Goa Susu jaraknya sekitar 1 km dari danau Segara Anak. Karena sudah sore, saya tidak sempat mengunjungi Goa Susu. 

Pengunjung dapat menapaki jalan kecil dan sedikit terjal dengan turunan yang hanya cukup untuk satu orang untuk menuju air panas Air Kalak. Jadi kamu wajib berhati-hati untuk turun ke tempat ini.

Air Kalak dan Goa Susu ini juga menjadi salah satu tempat sakral bagi warga Suku Sasak dan umat Hindu di Lombok dan dipercaya jika air panas tersebut dapat mengobati penyakit kulit. Sehingga pengunjung wajib berhati-hatilah dalam bersikap termasuk cara berbicara. Bersikaplah sopan untuk perilaku dan ucapan.

7. Menikmati Gunung Barujari

Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan di danau ini adalah menikmati keindahan gunung Barujari yang terletak di tengah danau. Gunung ini sering disebut sebagai anak Gunung Rinjani. Untuk menikmati keindahan Gunung Barujari secara keseluruhan pengunjung dapat menikmatinya ketika mendaki puncak Gunung Rinjani ketika cuaca cerah.

8. Menyaksikan upacara Adat

Wettu Telu adalah upacara adat yang diadakan di pinggir danau Segara Anak di waktu-waktu tertentu untuk menghormati Dewi Anjani yang dianggap sebagai penunggu Gunung Rinjani oleh masyarakat suku Sasak yang beragama Hindu di Lombok.

Selain itu ada juga tradisi suci yaitu Mulang Pakelem yaitu uapacar untuk memanggil atau menurunkan hujan. Masyarakat akan membuat sesajen sebagai bentuk menghormati dan bentuk rasa syukur atas semua berkah dan nikmat yang diberikan.

Itu dia beberapa kegiatan atau aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Danau Segara Anak di Taman Nasional Gunung Rinjani. 

9 Comment

  1. Beneran cakep ya Danau Segara Anak ini. Paling enak kayanya camping di bawah langit dan bintang-bintang. Kalau butuh ikan, tinggal mancing aja kali ya

    ReplyDelete
  2. Saya senang deh kalau lihat danau. Di Sumbar ada danau cantik juga di daerah Solok. Moga langkah saya bisa kayak mba mei, yg melihat danau2 indah di negeri ini.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, indah sekali ini mbak pemandangannya.. Kalo kesini rasanya duduk selonjoran sambil menikmati pemandangan rasanya tentrem ya hehe

    ReplyDelete
  4. indah banget yaa ciptaan Tuhan. semoga gak banyak oknum nakal yang membuang sampah sembarangan di danau segara anak ini yaa

    ReplyDelete
  5. Waah asyik babyet ya kemah disana trus mandi air panas. Kalau inget rinjani nih inget jaman2 kuliah sama teman2 kesana ngebolang.

    ReplyDelete
  6. Masyallah indahnya...aku dulu sampai mau menamakan anakku Rinjani, eh ternyata anakku suka pakai nama pena Rinjani

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, keren banget ya Mbak dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Segara Anak ini ya.

    btw, ngomongin Gunung Rinjani, jadi ingat ada teman Blogger Bandung yang dulu pernah naik ke Gunung Rinjani pas lagi hamil, anaknya lahir cewek dan diberi nama Jani, Rinjani :D

    ReplyDelete
  8. masyaAllah mbak, cantik banget ya danau di gunung Rinjani, kapan saya bisa ke sana. Lha naik gunung aja gak pernah kayaknya challenge banget ini bisa lihat danau segara anak dari dekat ya dan berkemah di sana menikmati sunset sunrise. Duh impian banget.

    ReplyDelete
  9. senang banget bisa mendaki diusia tak lagi muda, zaman aku kuliah sering naik2 bukit dan masuk hutan, lihat ini masya Allah berasa ikutan berpetualang ke Gunung Rinjani

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.