TIPS PARALAYANG DI ATAS GUNUNG SALJU NEPAL

Paralayang adalah salah satu olahraga yang memacu adrenalin. Olahraga di atas ketinggian ini sangatlah menyenangkan sekaligus juga menegangkan. Pertama kali saya mencobanya di Bogor. Sangat menyenangkan terbang bebas di atas ketinggian dengan menyaksikan pemandangan indah dibawahnya. Saya mencobanya kembali saat ke Nepal. Agak berbeda, karena paralayangnya disuguhi pemandangan es bersalju, indah.

paralayang di sarangkot nepal


Karena keduanya beda musim, dan ingat kita berasal dari negara 2 musim, kondisi tubuh kita butuh adaptasi saat di udara salju. saat di Indonesia dengan udara panas sementara di Nepal dengan hawa berrrr yang super dingin. Kebetulan memang saya waktu ke sana sedang musim dingin. Supaya ga ngalamin seperti saya kedinginan serta kehilangan dokumentasi, jadi saya ingin sharing mengenai tips paralayang di atas gunung bersalju dimanapun tidak hanya di Nepal atau India atau negara es lainnya.

Tips yang ingin saya bagikan, tidak hanya terkait dengan safety, tapi juga perlengkapan bahkan alat dokumentasi yang bisa teman-teman siapkan untuk kenyamanan selama di atas. Karena perlengkapan yang nyaman, membuat kita lebih tenang berada di ketinggian. Apa saja tipsnya, let's ccheck it out. 

GUNAKAN OPERATOR RESMI

Tips pertama berkaitan dengan keamanan diri dan ini paling penting, Pastikan kamu memilih operator yang sudah mempunyai sertifikat atau izin operasi. Biasanya di Nepal jika mereka resmi akan memiliki kantor sendiri. Dan kita bisa berkunjung ke kantornya langsung untuk pendaftaran.

Atau jika kamu bingung, kamu bisa bertanya ke tempat atau hotel kita menginap biasanya mereka akan bekerjasama dengan beberapa agen tour terpercaya dan mereka tahu betul mana operator yang aman dan tidak. Tapi pastikan juga kamu mencari track record-nya operator di internet ya. Saat ini sosial media sangat mudah untuk mencari informasi. Ingat safety first. Mahal sedikit biayanya tapi jaminan keamanan tinggi, worth it.

PASTIKAN ASURANSI KESELAMATAN

Selain mempersiapkan asuransi selama perjalanan mulai dari berangkat sampai pulang lagi ke rumah, kita juga wajib memperhatikan asuransi keselamatan pada saat melakukan kegiatan ekstrim seperti ini. 

Pastikan ke pihak operator bahwa biaya yang kita keluarkan untuk paralayang ini sudah termasuk asuransi keselamatannya juga. Dan kebetulan operator yang saya gunakan kemarin sudah termasuk biaya asurnasi keselamatan juga. Kita lakukan ini sebagai antisipasi untuk hal-hal yang tidak kita harapkan.

PERHATIKAN CUACA DAN ANGIN

Setelah mememilih operator yang kredible, keamanan kedua yang wajib kamu perhatikan adalah melihat situasi cuaca dan angin. Jangan paksakan diri untuk tetap melakukan paralayang jika cuaca dan angin sedang tidak bagus. Pihak operator akan mengembalikan uang kamu full ketika terjadi pembatalan karena force majeure.

JAGA KOMUNIKASI DENGAN PILOT TANDEM

Setelah kamu terbang di atas, pastikan tetap berkomunikasi dengan pilot tandem kamu. Beritahu mereka jika kamu merasa kurang nyaman seperti pusing atau mual. Mereka tahu yang terbaik buat kamu. Entah turun atau melakukan atraksi lebih pelan, atau menurunkan ketinggian.

Jangan paksakan diri untuk tetap di atas. Untuk alasan safety, ikuti arahan dari pilot tandem kita ya, baik saat take off  maupun saat landing.

SIAPKAN ALAT DOKUMENTASI

Nah ini wajib banget ya jangan lupa bawa kamera atau ponsel kamu untuk mengambil dokumentasi. Meskipun nanti kita akan mendapatkan dokumentasi foto dan video dan tour agent. Tapi rasanya menggunakan milik sendiri lebih bebas. Jangan lupa baterainya diisi dulu dan siapkan memori sebanyak-banyaknya ya.

paralayang di nepal meimoodaema


GUNAKAN MASKER / BUFF

Karena udaranya dingin otomatis angin yang berhembus juga sangat dingin. Hidung hampir mampet karena hembusan udara ini. Saat itu saya tidak membawa masker ataupun buff untuk melindungi hidung, jadilah saya kena pilek selama di atas karena udaranya memang sangat dingin. Sehingga tidak total menikmati pemandangan indah karena agak sedikit meler dan pusing. Jadi jangan lupa bawa masker atau buff untuk melindungi hidung kamu.

GUNAKAN ALAS KAKI YANG AMAN

Gunakan alas kaki yang aman seperti sepatu. Selain melindungi kamu dari hawa dingin saat di atas, juga akan melindungimu saat landing, karena biasanya saat turun kita akan berlari dengan posisi kaki sebagai tumpuan. Ingat ya kaki ga ada yang jual, jadi lindungi semaksimal mungkin.

Kamu juga bisa menggunakan kaos kaki, untuk membuat kaki kamu lebih hangat. Percayalah dinginnya menusuk sampai tulang kaki.

GUNAKAN PENUTUP KEPALA

Selain untuk menahan hawa dingin, juga untuk melindungi kepala kita, karena helm yang kita gunakan bekas orang. Buat saya sih ini wajib banget. Karena dinginnya memang berrrr banget. Penggunaan tutup kepala bermanfaat untuk membuat telinga kamu lebih hangat, dan ini membuat kamu lebih nyaman.

GUNAKAN PAKAIAN YANG TERTUTUP DAN HANGAT

Gunakan jaket tebal. Kenapa? Karena saat kita sudah melayang di atas, udaranya sangat dingin meskipun matahari terik. Ingat, kita sedang terbang dengan pemandangan gunung salju Himalaya. Bukan daerah Bogor yang dinginnya mungkin masih di atas 15 derajat. 

Menusuk sampai ke tulang dinginnya. Jadi daripada kamu tidak nyaman dan akhirnya tidak menikmati pemandangan di atas karena dingin, maka gunakan jaket atau pakaian hangat lainnya.

SIMPAN BARANG BERHARGA DENGAN AMAN

Sebenarnya pihak operator melalui tim pilotnya, menawarkan saya jika ingin menitipkan barang-barang penting kita seperti kamera, HP, dompet atau lainnya. Namun saya memilih menyimpannya sendiri di tas kecil dan membawanya terbang. 

Pertama, karena di tas ada paspor, uang dan kartu-kartu penting lainnya, rasanya saya merasa lebih aman kalau saya membawanya saja ke atas. Tapi simpan dengan rapi pastikan tas kita tertutup dengan baik. Jadi pastikan barang-barang disimpan dengan rapi dan aman.

HATI-HATI DENGAN ALAT DOKUMENTASI

Biaya yang kita keluarkan untuk sekali paralayang sudah termasuk dengan dokumentasi. Namun jika kamu ingin mengambil dokumentasi sendiri, pastikan kamera atau HP yang kamu gunakan tersimpan aman alias tidak berpotensi jatuh saat sudah di atas. Karena potensi kamera jatuh itu cukup tinggi juga. So, kamu harus melakukan tindakan preventif untuk hal ini. Semisal memberi pengikat di ponsel yang akan kamu gunakan dan melilitkannya di lengan atau di leher kamu.

BACKUP DOKUMENTASI DARI OPERATOR

Setelah kamu selesai, pihak operator akan memberikan dokumentasi paralayang kamu dalam bentuk CD. Pastikan kamu sudah membackupnya ke memori card, HP, atau clouds kamu. 

Untuk menghindari resiko CD hilang atau rusak, seperti kejadian yang menimpa ke saya. Semua dokumentasi yang diberikan oleh operator dalam bentuk CD hilang entah di mana. Sedih banget guys, ga ada memori saat terbang menikmati pegunungan salju Himalaya.

Itu dia, tips paralayang di atas gunung salju saat di Nepal. Tips ini bisa kamu terapkan di mana saja, tinggal menyesuaikan. Semoga yang ingin melakukan paralayang di Sarangot, Nepal atau di negara salju lainnya segera menyusul ya.

Happy traveling.

16 Comment

  1. Waw.. keren dan asyik banget Mbaak. Sudah pernah merasakan paralayang, di negeri orang lagi. Semoga saya juga ada kesempatan mengikuti jejaknya yang seru hehehe..

    ReplyDelete
  2. Membayangkannya aja uda excited banget, kak Mei..
    Mungkin takut dan merinding di awal yaa.. Dengan persiapan mental dan apa yang sudah kak Mei tuliskan di atas, maka paralayang di atas gunung salju menjadi pengalaman tak terduga.

    ReplyDelete
  3. Subhanallah masyaallah, tidak terbayangkan itu kalau pas lagi musim salju dinginnya. Tapi seru juga pasti itu kegiatan paralayangnya...

    ReplyDelete
  4. Wah. Lengkap banget tipsnya, Mbak. Semoga aku ada rezeki ke Nepal. Jadi ingin ke sana juga, xixixi.

    ReplyDelete
  5. Setdah ini benar-benar olahraga yang memicu adrenalin dan kudu mengalahkan faktor X. Apalagi paralayang di Nepal, medannya lebih menantang ya, Mbak Mei.

    ReplyDelete
  6. Asyik yah kalau bisa kek gitu xixi salah satu impian banget nih aku pengen main paralayan juga sebelum anak jadi dua wkwkwk semoga bisa tercapai, tipsnya oke kak, jadi bahan pertimbangan banget

    ReplyDelete
  7. Kayaknya saya nggak punya nyali untuk paralayang deh hehe

    ReplyDelete
  8. jadi pengen mba 😍 exicted banget pastinya 🤗

    ReplyDelete
  9. Keren banget, mbak sudah sampai himalaya. Paralayang ini semacam terjun payung kan ya? Jadi ingat sama Yoon se Ri di drama cloy

    ReplyDelete
  10. Waah seru banget paralayang ya mbak ... Apalagi di luar negeri nih, kebahagiaan yang berlipat-lipat ya mbak

    ReplyDelete
  11. Wow, paralayang di musim salju. Nger-ngeri sedap.

    ReplyDelete
  12. Wah keren mbak, soalnya Paralayang bagi aku yang takut ketinggian adalah olahraga yang sangat-sangat dihindari makanya aku seneng banget kalau ada yang bisa menaklukan olahraga yang termasuk antimainstream ini khususnya untuk kaum wanita.

    ReplyDelete
  13. Masy Allah, beruntungnya orang2 yg punya kesempatan menikmati belahan bumi Allah dengan cara yg berbeda.
    Seru pastinya, tapi aku sendiri merasa gak berani mbak. Setinggi itu..hehe

    ReplyDelete
  14. kayanya main paralayanh ini asikbanget ya belum pernah wkwkwk apalagi kalo di atas gunung salju gini

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.