TIPS MENJADI PRIBADI YANG MENARIK ALA TRAVELER

Menjadi seorang female solo traveler adalah sebuah tantangan. Memaksa saya untuk mudah beradaptasi dan berbaur. Paling penting membentuk karakter untuk selalu menjadi pribadi yang menyenangkan. Karena kita akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Untuk menjadi traveler yang menarik, ada tipsnya. Nah, bagaimana tips menjadi pribadi yang menarik ala traveler? Yuk disimak.


tips menjadi pribadi yang menarik



1. Menyebar energi positif dengan senyum

Senyum itu mempunyai energi positif. Setiap kali bertemu dengan orang baru termasuk saat traveling, saya akan selalu tersenyum kecil dengan mereka. Sejauh ini mereka selalu membalas dan akhirnya kalau kami sesama traveler, akan berakhir dengan mengobrol.

2. Bersikap ramah

Siapa yang tidak senang dengan sikap ramah yang diberikan ke kita? pasti semua orang akan suka hal ini. Keramahan akan membuat orang lain nyaman dan kalau kamu melakukan ini saat traveling, ini akan menambah teman kamu loh. Nah ini dia salah satu cara menjadi pribadi yang menarik ala traveler yang wajib kamu miliki.

3. Bersikap sopan

Sopan santun menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi pribadi yang disukai banyak orang. Tidak hanya dari kata-kata tapi juga dari sikap atau perilaku, serta cara kita berpakaian. Dengan bersikap sopan maka orang lain akan segan juga dengan kita. Perilaku sopan juga mencerminkan karakter dan pribadi kita.

Hal ini juga berkaitan dengan etika do dan don't saat berkunjung ke daerah atau negara lain. Lakukan riset mengenai aturan dan larangan sebuah lokasi wisata. Sehingga kita tahu mengenai sopan santun di tempat yang akan kita kunjungi. 

4. Buka mata dan buka telinga

Saat kamu traveling, biasanya kita akan bertemu dan mengobrol dengan wisatawan lainnya. Nah, saat mereka sedang bercerita. Bisa tentang keluarganya, perjalanan yang pernah mereka lakukan, atau hal lainnya.  

Ambilah sikap menjadi pendengar yang baik. Kita bisa menimpali atau bertanya sesekali saja di waktu yang tepat, sebagai bentuk bahwa kita sedang menyimak pembicaraan tersebut. Lakukan juga kontak mata saat kita berbicara dengan mereka.

Hal ini akan membuat mereka merasa diperhatikan dan tahu bahwa kita fokus dengan mereka.

5. Tunjukan sikap membantu dan empati

Menjadi pribadi yang menyenangkan salah satunya ditunjukan dengan perilaku senang membantu atau berempati terhadap kondisi orang lain. Pernah mengalami waktu mendaki gunung, bertemu dengan beberapa pendaki dari Jepang. Ada 1 orang yang sakit dan saya bantu membawakan tasnya. Mereka sangat berterima kasih.

Pas esoknya hampir menuju puncak dan waktu sudah sore hari, saya hampir ketinggalan dan orang-orang Jepang itu sudah jauh di depan saya. Tiba-tiba ada 1 orang yang turun dan temani saya. Apa yang kita tanam itu yang akan kita petik. Jadilah traveler bijak, salah satunya dengan memberikan bantuan ke sesama traveler.

6. Berteman dengan siapa saja

Saat kita traveling, kita akan bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang daerah bahkan negara. Berbaurlah dengan mereka semua. Setiap orang memang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Ambil yang baiknya saja.

Jadilah pribadi yang fleksibel yang bisa masuk ke mana saja, namun tetap dalam koridor baik. Bisa dipastikan bahwa kita akan menjadi pribadi yang menarik di mata orang lain.

7. Selalu menyebut nama

Terlihat kecil, tapi berdampak besar. Saya sendiri senang kalau saat mengobrol orang menyebut nama kita. Begitupun, saat mengobrol dengan sesama traveler, menyebut nama mereka akan membuat mereka merasa dihargai karena kita mengingat nama mereka. Ini juga termasuk sopan santun.

Cara ini bisa kamu lakukan juga dalam kehidupan sehari-hari. Dan yakin, kita akan dipandang sebagai pribadi yang menarik dan menyenangkan oleh traveler lain.

8. Kendalikan ego

Ini cara menjadi pribadi yang menarik ala traveler lainnya, yang menurut saya sangat penting. Pada saat kita melakukan traveling dan bertemu banyak orang, banyak hal yang kadang tidak sejalan dengan pemikiran dan keinginan kita. 

Salah satunya caranya adalah kendalikan ego kita. Kita tidak bisa memaksa orang lain mengikuti apa maunya kita. Kita juga tidak ingin terus-terus mengikuti maunya orang lain. Solusinya? Bicarakan baik-baik dengan mereka, cari jalan tengah yang win-win solution.

9. Dapat dipercaya dan diandalkan

Saat traveling kadang kita menemukan sahabat traveler yang lebih dekat dibandingkan dengan lainnya. Biasanya mereka akan bercerita hal-hal yang sifatnya lebih pribadi. Mereka bisa dikatakan mulai nyaman dan mempercayai kita. Jagalah kepercayaan mereka, simpan rapi apa yang sudah mereka ceritakan ke kita.

Sering juga saat traveling kita mengalami kesulitan. Termasuk orang lain. Biasanya ada beberapa orang yang membutuhkan bantuan kita. bantulah semampu yang kita bisa. Ketika kita bisa diandalkan saat orang lain kesulitan, secara perlahan kita sudah menjadi pribadi yang menyenangkan dan menarik buat orang lain.

10. Menghargai privasi orang lain

Kalau kamu seorang solo traveler, kamu akan sering bertemu dengan traveler lain dan akhirnya kita bergabung misalnya menginap di satu dormit. Saat bergabung dengan mereka ini, tunjukan kita menghargai privasi mereka.

Salah satunya tidak  bertanya hal-hal yang bersifat pribadi, tidak menggunakan barang-barang milik mereka, tidak mengganggu istirahat mereka, fokus saat mereka berbicara dengan kita, atau hal lainnya.

11. Asertif: tanamkan sikap prinsip

Saat kita bergaul dengan orang lain, termasuk saat traveling tunjukan bahwa kita punya prinsip terhadap hal-hal yang benar dan salah. Jika benar katakan benar dan sebaliknya. Karena dengan berani berpendapat seperti ini artinya kamu punya prinsip hidup.

Jangan hanya jadi penurut. Biasanya tipikal orang seperti ini malah kurang dihargai oleh orang lain karena dianggap tidak mempunyai prinsip hidup. So,  mana pilihan kamu?

12. Hindari mengkritik orang lain.

Saat kamu sedang traveling, hindari melakukan kritik terhadap sesama traveler lainnya. Apalagi kamu melakukannya di depan umum. Selain tidak sopan ini juga akan membuatnya malu dan tersinggung.

13. Bersikap humoris

Orang akan sangat senang dengan orang-orang yang humoris. Dimanapun mereka berada selalu membuat orang lain tersenyum atau tertawa. Sesekali saat berbaur dengan orang lain atau pada saat traveling kamu juga bisa berkelakar atau melakukan lelucon yang bisa membuat orang lain tertawa.

Saya sering menemukan ini saat traveling. Tapi ingat ya jokes atau leluconnya tetap dalam koridor yang sopan. Jangan berlebihan. Jangan bercanda yang berkaitan dengan hal sensitif. Seperti fisik orang lain, status, agama, ras, suku, negara, atau budaya suatu tempat.

14. Selalu bersikap rendah hati

Ingat rendah hati bukan rendah diri ya. Orang akan sangat senang jika kita mempunyai pribadi yang rendah hati. Mereka akan nyaman dengan kehadiran kita. Ingat prinsip padi kian berisi kian merunduk, kita bisa menerapkan ini saat kita sedang bergaul dengan orang lain, termasuk saat traveling.

15. Selalu berpikir positif

Nah, buat saya paling penting dari cara menjadi pribadi yang menarik ala traveler adalah selalu berpikir positif. Saat kita berpikir positif energinya akan tersebar ke lingkungan dan orang-orang sekitar kita.

Saya pernah membaca buku What Do You Think What You Think karangannya Jeremy Stangroom dan Julian Baggini didalamnya menyebutkan bahwa apa yang kita pikirkan maka itu yang akan terjadi. Jadi mari kita selalu berpikir positif agar semua yang terjadi tetap hal positif termasuk juga menyebar ke orang sekitar kita.

Dari 15 cara di atas mana yang belum kamu terapkan? Yuk, mulai sekarang bisa dicoba. Apalagi buat kamu yang hobby traveling, cara di atas dijamin bermanfaat banget. I have applied all these tips when I traveling and it works.

Selain cara di atas, saya juga mempunyai satu tips tambahan agar kita menjadi pribadi yang menarik termasuk untuk para traveler. Apa itu? Yaps menjaga penampilan fisik. Salah satunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Saya merekomendasikan Close Up untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi kamu. Saat ini Close Up mempunyai varian cukup banyak yaitu ada 9 varian. kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

tips menjadi pribadi yang menarik


Untuk membuat nafas segar atau membuat gigi putih kamu makin putih. Pastinya, semuanya akan membuat kamu lebih percaya diri. Ini cocok banget buat kamu yang suka solo traveling.

tips menjadi pribadi yang menarik


Itu dia 15 tips menjadi pribadi yang menarik ala traveler versi Meimoodaema. Kalau kamu mempunyai cara atau tips lain terkait dengan pribadi yang menarik dan menyenangkan saat kamu bergaul, yuk bisa tulis di kolom komen. Siapa tahu bisa bermanfaat buat orang lain.

43 Comment

  1. Traveler sering kali bertemu dengan traveler dari tempat lain. Perlu memang menjaga sikap karena bertemu orang-orang yang "senasib", ya. Btw jadi ingat pernah ada traveler kondang yang membawakan materi di daerah saya. Waktu itu dia menyebutkan "menghormati budaya' tempat yang didatangi tapi saya gak sreg-nya dia (perempuan) kok bawa materi dengan celana yang super pendek sampai nyaris di pangkal paha padahal di tempat kami orangnya gak ada yang datang ke tempat acara seperti itu, mendengarkan materi dengan menggunakan celana super pendek. Hal ini sangat mengganggu bagi saya waktu itu karena sebenarnya cara berpakaian kan juga menunjukkan budaya dan biasanya orang yang bercelana super pendek ke tempat seperti itu malah aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Mei, kok saya kebayang ya poin-poin ini bisa menjadi satu buku. Buku2 traveling selalu ada pasarnya di negara kita. Pernah nyoba nulis buku traveling?

      Delete
  2. Menjadinseorangbsolo traveller pastinya penuh banyak tantangan. Bertemu dengan orang baru. Pengalamannya juga akan lebih banyak, karena bebas memilih destinasi, bisa mengambil keputusan cepat.

    Setujua sekali kak, untuk menjadinornagbyangbterbuka, mudah bergail, api tetap memiliki orinsip dan saling menghormati prinsip serta privasi orang lain.

    Perlu dicatat baik-baik 15 hal berkaitan dengan travelling. Pasti suatu saat akan bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya OK semua nih. Kalau aku sih sama juga kurang lebih seperti ini. Buka mata dan telinga paling penting menurutku.

    ReplyDelete
  4. lengkap sekali kak itu tipsnya, kalau aku pilih tiga yah kak yang paling penting untuk bergaul ketika traveling itu : ramah, sopan dan berfikir positif

    ReplyDelete
  5. Tulisan yang inspiratif. Setuju banget, bukan cuma traveler yang harus pakai adab seperti di atas.

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali tipsnya mba Mei, perlu diingat-ingat ini. Satu per satu harus mulai diterapkan, Mengingat nama ini penting, kadang aku masih suka lupa menyebut nama. Oke mba Mei, makasih tipsnya sangat bermanfaat :))

    ReplyDelete
  7. Jadi kangeen naek gunung lagi. Kalau lagi naek gunung ketemu sama orang baru yang ramah, saling membantu, berempati. Ciri khas kalau ketemu sesama pendaki selalu nyapa dan senyum. Jadi semamgaat buat nyampek puncaknya, berasa rame² gitu naek gunungnya 👍👍👍

    ReplyDelete
  8. Keren bgt ya jadi solo female traveler. Kalau saya ini couple traveller, pasti beda ya tips ramah tamahnya. Biasanya kalau couple tak lagi banyak berinteraksi dengan orang lain, cenderung lebih private jadinya. Tapi untuk tips jaga penampilan tetap saja penting, jangan sampai orang di sekitar bubar karena bauk nafas tak sedap ya hahaha.. Nice artikel mbak, siapa tahu suatu waktu saya solo travell bisa diterapkan tips di atas.

    ReplyDelete
  9. Ramah, sopan da berpikir positif, sepertinya itu sangat perlu ketika menjadi seorang traveler ya kak.. terimakasih sudah menulis ini.. ulasanyannya lengkap sekaliii...

    ReplyDelete
  10. Tipsnya sangat bermanfaat sekali, dan saya yakin jika kita bisa mengaplikasikannya ketika melakukan traveling, bukan hanya diri sendiri yang happy tapi orang-orang disekitar juga ikutan happy

    ReplyDelete
  11. Traveller kan melakukan travelling ke tempat yang bukan daerahnya, penting bgt nih 15 poin ini diterapkan, biar selama traveling segala aspeknya bisa dinikmati ;)

    ReplyDelete
  12. rasanya keren ya jadi traveler itu, tapi traveler yg baik hati dan peduli sekitar yaa.. makasih atas pencerahan nya :D

    ReplyDelete
  13. asertif ini penting banget ya mbak, jadi bekal buat kita kalau merantau ke luar gitu. Biar kita tetap berpegang teguh pada apa yang sudah kita pelajari tapi tetap bisa membaur dengan orang lain dgn mudah..

    ReplyDelete
  14. Kupikir kalau semua traveler punya pemikiran seperti inii pasti alam jadi ngga keganggu juga yaa mba. Terlebih pas ada kasuss yg sempet viral dlu, suami ninggalin anak istri karena mau traveling zz

    ReplyDelete
  15. Yang aku suka dari jiwa traveller adalah jiwa survivenya sehingga bisa bertahan dalam kondisi apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu biasanya sesama traveler mau berbagi informasi selama perjalanan. Walau baru kenal.

      Delete
  16. One my dreams yang belum kesampaian, jadi solo traveler, you are so lucky. Btw, tips diatas bisa juga diterapkan dalam berhubungan atau berkomunikasi dengan siapa aja ya. Well noted

    ReplyDelete
  17. Kendalikam ego, termasuk bersikap empati ini sih yang kurasa jadi kunci banget kalau traveling.

    Jujur Kak, selama ini aku masih belum berani solo traveling. Seringnya paling nggak ya berdua. Dan mengendalikan ego jadi kuncinya biar akur selama di jalan.

    ReplyDelete
  18. Asli memang nggak susah menerapkan tips tersebut, kadang ego masih tinggi dan empati bersembunyi
    traveler justru lebih peka karena telah mengenal dunia salut sama mereka

    ReplyDelete
  19. Saya rasa bukan cuma traveler saja, setiap orang yang memiliki kepribadian seperti yang 15 hal yang Mbak sebutkan diatas pasti akan menjadi pribadi yang menarik dan banyak disukai orang. Btw benar nih kita akan merasa lebih dihargai kalau disebut nama :)

    ReplyDelete
  20. Tipsnya keren kak. Memang yg simpel itu sering kita lupakan ya, padahal berarti banget, seperti senyum dan sebut nama.

    ReplyDelete
  21. bener banget, kalo kita traveling tapi sikapnya arogan, penduduk lokal juga pasti kurang sreg...

    ReplyDelete
  22. Traveling bertemu dengan penduduk setempat, saling menghargai budaya dan sopan santun dengan sendirinya menempa prilaku traveler ya mba, apalagi mba Mei yang jam terbang travelingnya sudah banyak, pasti punya tips untuk tampil menjadi pribadi yang menarik salah satunya menjaga kebersihan mulut dan gigi :)

    ReplyDelete
  23. kata orang sih ya, kepribadian seseorang sesungguhnya akan terlihat saat travelling hahaaa bener kan ya mba :)

    ReplyDelete
  24. Menjadi traveler itu seru sekali ya mbak. Terima kasih ya untuk tipsnya bisa dicoba tuh nanti.

    ReplyDelete
  25. wah makasih banyak lho kak sharingnya. Saya sebagai pemula dalam dunia traveling sangat terbantu. Menjalin hubungan sesama traveler bikin perjalanan makin berkesan ya kak :)

    ReplyDelete
  26. Jadi traveller ini memang asik juga ya... tapi jangan lupa dengan sikap2nya seperti yang udah dipaparkan.
    Btw jadi traveller juga salah satu imipan saya 😅

    ReplyDelete
  27. jadi traveller itu pengalaman yang emang bener keren deh kak salut, btw makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  28. Penting banget menjaga attitude apalagi jika berada di negeri orang yaa, kak Mei.
    Karena membawa nama baik bangsa juga.
    Untuk lebih percaya diri ketika senyum, jangan lupa menggunakan Close Up.

    ReplyDelete
  29. Lengkap banget kak tipsnya. Sangat bermanfaat buatku yg jarang touring hehehe, emang attitude dmn2 harus dijaga intinya

    ReplyDelete
  30. Lengkap banget kak tipsnya. Sangat bermanfaat buatku yg jarang touring hehehe, emang attitude dmn2 harus dijaga intinya

    ReplyDelete
  31. Menyebutkan nama lawan bicara kita itu memang ampuh ya mba..
    Dulu ketika awal masuk sekolah, atau awal kuliah, atau awal ikut suatu komunitas, intinya bertemu teman-teman baru, ketika guru atau dosen atau temen baru, mereka ngajak kita ngobrol dan menyebutkan nama kita, rasanya seneng, rasanya spesial, wah ternyata mereka mengingat nama kita

    ReplyDelete
  32. Makasih Mba Mei atas tips-tipsnya. Sebagai traveller pemula ala ala ini bermanfaat banget buat bekel bersosialisasi.

    ReplyDelete
  33. Tipsnya semuanya sangat bermanfaat, selalu sua kalo kak Mei ngasih tips lengkap banget
    Alhamdulillah meski belum jadi traveller beneran beberapa hal di atas aku banget eheheh.

    ReplyDelete
  34. Makasih buat tips dan sekaligus sebagai reminder kalau ntar travelling lagi nih, pernah traveling bareng temen yang maunya nurutin ego-nya dia mulu dan itu gak asyik akhirnya jalan sendiri2 hihi

    ReplyDelete
  35. Btw aku bacanya sambil ngangguk2 mbak. Bener banget sih poin2 di atas mesti kita terapkan. Kl aku masih jarang manggil orang dg namanya, hhh, boleh nih mulai sekarang ku terapkan

    ReplyDelete
  36. Bersikap humoris ini agak susah saya terapkan. Bagaimana ya ga bisa lucu-licuan gitu sih
    Kalau coba, dibilang nya malah garing, hehehe

    ReplyDelete
  37. Di antara semua varian close up saya paling suka yang whitening. Nafas pun semakin segar. Gigi juga semakin putih.

    ReplyDelete
  38. Aku pernah ke suatu tempat yg orangnya kurang ramah gitu tapi tetap ya aku menunjukkan sikap ramah kepada penduduk setempat. Tahu diri istilahnya ya mbak

    ReplyDelete
  39. Bersikap positif thinking nih pentinga banget saaat traveling walaupun tetap kedepankan kewaspadaan ya ,,namanya tempat baru pasti banyak ketemu orang baru dan kebiasaan baru heheh

    ReplyDelete
  40. Se-introvert2 nya traveler memang biasanya mereka ini ramah ya. Temen2ku yang suka traveling selain ramah dan adabnya baik, wawasannya juga luas. Jadi seneng deket2 sama traveler. Semoga meski bukan traveler, aku juga bisa ngikutin hal2 baik dari mereka aah.

    ReplyDelete
  41. Salut deh ama Mbak Mei, ternyata sudah menerapkan tips-tips di atas yah, terutama yang menyebut nama orang yg diajak bicara, meski sederhana tetapi penting lho itu, tanda kita care ama dia

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.