CARA MENGATASI OVERTHINKING DENGAN TRAVELING

Overthinking atau dikenal juga dengan istilah paralysys-analysys adalah kondisi dimana kamu berpikir secara berlebihan tentang sesuatu hal tanpa menemukan solusi. Hal ini dapat mengakibatkan dampak buruk bagi fisik dan mental jika dilakukan secara terus menerus. Lalu bagaimana cara mengatasi overthinking seperti ini?

cara mengatasi overthinking dove meimoodaema


Di satu sisi overthinker (sebutan bagi orang yang overthinking) adalah orang yang sangat hati-hati dalam mengambil keputusan dan juga seorang problem solver yang baik. Namun di sisi lain overthinker juga bisa mengalami psychological disorder atau gangguan psikologis karena pemikiran yang berlebihan tersebut dan dapat memicu  kecemasan (anxiety).

APA DAMPAK BURUK OVERTHINKING

1. Susah tidur

Ini yang akan kamu alami, kamu akan kesulitan untuk tidur, karena kamu terus memikirkan dan menerka-nerka apa yang akan terjadi, padahal belum tentu semuanya terjadi seperti apa yang kita pikirkan.

2. Lambat mengambil keputusan

Biasanya overthinker akan terus-terusan berpikir tanpa mengambil tindakan. Sehingga waktunya habis hanya dengan berpikir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi tanpa mengambil keputusan.

3. Melihat hal mudah menjadi rumit

Cemas berlebihan akan membuat kamu melihat sesuatu yang simpel alias mudah menjadi hal yang rumit. Kamu membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan sesuatu yang mudah, memikirkan banyak kemungkinan-kemungkinan, solusi yang inginnya sesuai dengan rencana, sehingga membuatnya terlihat rumit.

4. Kesehatan organ tubuh terganggu

The Health Size menjelaskan salah satu dampak buruk dari overthinking adalah terganggunya organ tubuh. Mulai dari pencernaan, komponen otak, organ jantung, kesehatan kulit, serta akan mengganggu metabolisme tubuh.

5. Tidak percaya pada diri sendiri

Kamu akan selalu meminta pendapat orang lain untuk semua urusanmu. Karena overthinking dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Dalam jangka waktu lama, kamu akan kehilangan kepercayaan terhadap diri kamu sendiri.

6. Fisik selalu merasa lelah

Selain kesehatan organ tubuh, overthinking akan membuat fisik kamu cepat lelah. Karena waktumu terlalu banyak dihabiskan untuk mencemaskan sesuatu. Karena ketika orang berpikir tentang sesuatu secara berlebihan maka akan memicu hormon kortisol, yaitu hormon penghasil stress. Hal ini akan berdampak pada fisik yang cepat lelah.

CARA MENGATASI OVERTHINKING

Setelah kamu tahu dampak buruknya, tentu saja kamu harus mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemasmu yang berlebihan tersebut.

1. Cari penyebab cemasmu

langkah pertama untuk menyembuhkan rasa cemasmu yang berlebihan adalah mencari pemicunya. Setelah kamu tahu penyebabnya, maka selesaikan segera mungkin.

2. Ikhlaskan masa lalu

Kadang kita selalu berpikir berlebihan karena kita mempunyai masa lalu yang kurang baik. Coba ikhlaskan masa lalu yang mengganggumu. Lepaskan semuanya. Yakinkan hati pelan-pelan untuk meyakinkan diri bahwa kedepannya kita akan lebih baik.

3. Olahraga

Hormon endorfin yang dihasilkan dari kegiatan olahraga akan membuat kamu terus bahagia. Lakukan olahraga secara rutin untuk terus memicu hormon endorfin mengalir terus di tubuh kamu. Agar kamu selalu bahagia.

4. Lakukan hal yang kamu sukai

Salah satu cara ampuh untuk menurunkan overthinking kamu adalah dengan melakukan apa yang kamu sukai. Dengan kamu menghabiskan waktu untuk hal yang menyenangkan maka tidak ada lagi buat kamu mencemaskan sesuatu.

5. Membaca

Membaca akan membuat kamu fokus tentang sesuatu. Pilihlah bacaan sesuai minat dan hobimu. Jika kamu suka novel bacalah novel. Atau jika kamu suka dengan buku filsafat, maka bacalah buku-buku tersebut. Hal ini akan mendistraksi pikiranmu tentang hal-hal yang tidak penting untuk kamu pikirkan.  

6. Menulis

Menulis adalah salah satu cara positif untuk mengurangi overthinking kamu. Menulis akan membantumu menyalurkan pikiran dan ide-ide kreatifmu. Sehingga tertuang menjadi sesuatu yang bermanfaat.

7. Perbanyak bergaul dengan orang-orang positif

Raih energimu dengan banyak bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi. Energi positif yang mereka pancarkan akan menarikmu dalam semangat baru dan pastinya membuat kamu jadi lebih produktif.

8. Hargai semua usahamu

Overthinking biasanya akan membuat kamu tidak percaya diri sehingga kamu menganggap diri kita tidak mempunyai kemampuan apa-apa. Sehingga semua usaha yang sudah kamu lakukan tidak pernah kamu hargai.

Maka mulai sekarang, ubah mindset-nya, tanamkan pada diri kita untuk mulai cintai diri kita, hargai diri kita yang sudah berjuang dalam banyak hal. Selalu ucapkan terima kasih kepada diri kita sendiri.

9. Perbanyak doa dan bersyukur

Mendekatkan diri dengan Tuhan menjadi solusi paling penting menurut saya untuk mengatasi overthinking dalam hidup kita. Dekat dengan sang pencipta membuat kita lebih tenang dan semakin berpasrah diri, maka kebahagiaan dan ketenangan itu semakin dekat. Jadi buat kamu yang sedang dalam tahap overthinking, mulai dekatkan diri dengan Tuhan dan perbanyak doa. Trust me, it will helps you feel better.

10. Meditasi

Meditasi dikenal memberikan efek menenangkan dan salah satu terapi untuk membuat pikiran kamu lebih tenang dan lebih positif. Makan rutinlah melakukan meditasi untuk pelan-pelan menurunkan rasa cemasmu.

Atau dengan menerapkan konsep mindfulness. Teknik meditasi ini berfokus pada perhatian dan penerimaan dan juga fokus pada hal apa yang ada di depan mata kita.

11. Perbanyak traveling

Traveling akan membuat pikiranmu lebih terbuka. Traveling akan membuat kamu banyak melihat dunia. Membuat kamu lebih banyak bersyukur, memperluas wawasanmu, memperkaya pengalaman kamu. Sehingga pola pikirmu lebih terbuka.

Traveling akan membuat kamu menemukan sesuatu yang berbeda dalam melihat sebuah masalah. Dan tentunya membuat kamu lebih positif. Pastinya hal ini akan membuat kamu lebih menghargai diri sendiri dan juga orang lain. Perlahan overthinking kamu akan terkikis.

12. Rawat tubuh dan kulitmu kamu dengan baik

Tips terakhir cara mengatasi overthinking adalah dengan melakukan perawatan terhadap kulit kita. Kulit yang sehat akan membuat kamu terlihat segar. Perlahan juga akan membuat kepercayaan diri kamu semakin meningkat. Tentu saja overthinking-nya pun perlahan berkurang.

Nah, bagian kulit yang harus dijaga salah satunya adalah kulit ketiak. Buat kamu yang hobi traveling di alam bebas, berkeringat sudah jadi sahabat baik.  Namun gimana caranya pada saat traveling tapi ketiak kita tetap wangi?

Kamu bisa memilih Dove Deodorant Antiperspirant. Ada 9 varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kulit ketiak kamu. Mulai dari mengurangi bau badan bahkan sampai mengurangi keringat berlebih di ketiak kamu. Kamu juga bisa memilih mau yang roll on atau yang spray. Pilih sesuai selera kamu.

Nah, pastinya dengan menjaga kulit ketiakmu, kamu akan merasa lebih nyaman meski berada di udara panas. Pastinya kamu akan lebih enjoy dengan kegiatan traveling kamu. Dan Paling penting dengan percaya diri yang kamu miliki karena kulit ketiakmu sehat dan wangi, bakalan mengurangi overthinking kamu juga, pastinya. 

KESIMPULAN

Overthinking menjadi salah satu pemicu ketidakbahagiaan dan ketidaksuksesan kamu. Jadi hindari hal-hal yang dapat memicunya. Perbanyak kegiatan yang positif untuk membuat kamu terdistraksi dari overthinking tersebut. Kamu harus mencari cara mengatasi overthinking tersebut. Salah satunya adalah dengan traveling dan rawat fisik kamu dengan baik. 

Kamu punya pengalaman menangani pikiran negatif kamu, yuk share pengalaman kamu di kolom komen. Siapa tahu caramu bermanfaat buat orang lain. Let's spread love and positive vibe.


34 Comment

  1. Sejujurnya sekarang Saya lagi banyak overthinking karena pandemi, banyak banget yang dipikirin. Tapi seperti saranmu di tulisan ini, memang harus dikurangi, karena lagi ga banyak traveling akhirnya traveling virtual dulu, atau kelilinng kota tapi ga turun dari mobil

    ReplyDelete
  2. Kalo dr ciri2 di atas, aku bukan overthinking sih :D. Mungkin Krn tuntutan kerjaan, aku jadi terbiasa utk ambil keputusan cepat di saat urgent mei. Apalagi kalo ada anak buah yg tergantung Ama keputusan atasannya.

    Naaah traveling itu beneeer banget bisa mengatasi overthinking begini. Ini gara2 udh lamaaa bgt aku ga traveling, mempengaruhi mood ku banget, yg ujung2nya ngaruh jg ke problem solving. Jd lebih lamaaa hahahha. Kacaaau memang kalo kelamaan libur -_-

    ReplyDelete
  3. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik ya Mbak Mei. Dari kecil kita sudah diajarkan hal itu. Begitu pula dalam hal berpikir atau memikirkan sesuatu, jangan terlalu berlebihan, akibatnya akan buruk pada kita. Yah traveling mudah-mudahan bisa mengatasi hal tersebut jika teman-teman sedang mengalaminya

    ReplyDelete
  4. Aku, yang suka overthingking ngangguk-ngangguk baca ini. Saat travellig pun jadi gak enjoy, masih aja mikir wkwkwk. Jangan lupa bahagia :)

    ReplyDelete
  5. Wah aku juga type orang yg sering overthinking nih, tapi pas banget dengan tips yg ditulis, caraku biar gak overthinking yaitu dengan sering travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Travelling ya bikin senang-senang aja ya Mbak, meski terkadang ada rasa overthingking tapi kalau dalam batasan wajar aman kan ya. Makasih tipsnya mbak

      Delete
  6. Saya setuju banget dengan kita harus bergaul dengan orang2 yang memberi dampak positif buat kita.
    Jangan mau bergaul dengan orang2 yang hanya memberi efek buruk buat kita.

    ReplyDelete
  7. Aku kadang masih overthinking, tapi sudah nggak sesering dulu. Bener banget, banyakin bersyukur dan berdoa bisa mengurangi hal itu. Aku sdh mulai bisa menghargai diri sendiri, sekecil apapun yang berhasil aku lakukan. Thanks ya dek, untuk remindernya

    ReplyDelete
  8. wah kalo dilihat ciri cirinya agak masuk sih tapi biasanya kalo aku berhubungan sama hormon biasanya pas PMS sih sering overthinking gitu

    ReplyDelete
  9. aku overthinking parah hhahaha hal yang gak perlu aku pikiran bisa tuh traveling di dalam pikiran sendiri, makanya dari pikiran yang traveling mending kitanya ya heheh

    ReplyDelete
  10. Kalau dilihat dari dampak buruknya, kayaknya aku juga overthinking nih..
    Thank you udah share cara mengatasi overthinking, kak. Kalau aku memang harus sibuk biar mengurangi overthinking, hahaha...

    ReplyDelete
  11. Tau banget sih kak Mei heheheh
    Overthinking belum apa apa kadang malah bikin hilang kesadaran ya heheh. Makasih tipsnya kak besok nggak lagi deh OT.

    ReplyDelete
  12. Beneran loo..setelah travelling, memang badan lelah.
    Tapi pikiran jadi gak rudet-rudet amat.
    Bahagiaaa ganti suasana dan melihat dunia luar sejenak.

    ReplyDelete
  13. aku lagi sering nyobain tips lainnya nih mba, salah satu cara yang dapat mengurangi overthinking buat ibu-ibu yaitu main sama anak, bener-bener ada buat mereka secara utuh jadi bisa menikmati kebersamaan

    ReplyDelete
  14. Perlu banget kurekomendasikan ini ke adekku yang masih suka overthinking nihh. Wkwkwk suka kesel kadang, aneh2 aja pikirannya. Keknya bener dia butuh piknik

    ReplyDelete
  15. Sebelumnya kayaknya aku termasuk overthinking, bawaannya cemas melulu, kalau sekarang setelah latihan bars dan release, agak lumayan sih sudah berkurang

    ReplyDelete
  16. Overthingking itu apa karena kita seorang yang perfeksionis ya, benar sekali overthingking membuat kita lelah sebab memikirkan hal terlalu detail dan njelimet kata orang jawa

    ReplyDelete
  17. Aku gak mau self diagnosed, tapi dari ciri2 nya sepertinya aku tipe orang yang juga overthinking. Selalu ingn mempertanyakan ini itu dulu sebelum mengambil keputusan..

    ReplyDelete
  18. dulu aku sering overthinking, sekarang sudah nggak lagi. sudah bisa berpikir kritis kalau otak mulai kebanyakan mikir hal yang sama tiap saat. travelling emang obat mujarab bagi banyak hal.

    ReplyDelete
  19. Overthinking memang nggak baik buat kesehatan. Terutama kesehatan mental ya mbak. Alhamdulillah aku sepertinya nggak termasuk yg overthinking kalau liat ciri2 yang disebutkan.

    ReplyDelete
  20. Overthinking efeknya emang jelek sih. Aku salah satunya yang kadang masih suka overthink. Di sisi lain, aku pas mikir something emang suka kebanyakan dan kejauhan mikirnya (ini kata Pewe). Harusnya mikir A, aku udah mikirnya kalau B gimana, kalau C seharusnya bikin apa... hahaha. Jalan-jalan dan ngejurnal, buatku work banget untuk mengatasi overthinking

    ReplyDelete
  21. Aku sering nih overthinking ke sesuatu, sampe bikin moodku berantakan bgt. Suka kesel sendiri dg pikiranku.
    Sekarang ini aku memang lg mencoba mengendalikan diri supaya gak terlalu overthink.

    ReplyDelete
  22. Yap, anxiety is my old friend mkwkw. Bener emang, aku juga kayaknya emang butuh travelling karena makin kesini, makin overthinking

    ReplyDelete
  23. Aku baca ini kok serasa ngaca ya. Aku tuh sering banget overthinking. Udah sering ditegur dan diingetin juga sama suami, tapi itulah paling susah ternyata mengendalikan pikiran ini
    Bener sih, kalau udah diajak traveling, akunya bisa jadi ngurangin overthinking, mungkin karena bahgia dan bbersenangsenang ya jadi gak sempat mikir macam-macam haha

    ReplyDelete
  24. Terakhir ini aku emang lagi ngalamin over thinking deh Kayaknya benar udah butuh Travelling banget nih

    ReplyDelete
  25. Karena lagi pandemi kebanyakan diem di rumah, aku jadi lebih overthinking mbak. Tapi semenjak mengenal gaya hidup minimalis dan mindful, sedikit-sedikit mulai ngurangin karena sibuk beres-beres. Hehe.

    ReplyDelete
  26. Membaca, menghibur diri salah satu menghilangkan rasa cemas dan yang disebutkan Kak Mei cocok semua. Makasih Kak.

    ReplyDelete
  27. Kadang suka bingung dengan orang yang overthingking, apa apa yang mudah dijadikan sulit dan segala sesuatu yang sulit dipikir mendalam. Lebih baik menjalani hidup dengan santai ya mbak

    ReplyDelete
  28. Mbakk terimakasih sudah menulis artikel ini. Aku adalah overthinker yang selalu tidur jam 2 atau jam 3 pagi dan itu berdampak besar sama kesehatanku . Bener bener sedih

    ReplyDelete
  29. Kalo aku overthinking justru pas saat mau nulis. Mikirin dulu skema nulisnya mau kayak gimana pas menjelang tidur 😂

    ReplyDelete
  30. Overthinking itu mengganggu banget, tapi sering banget muncul haha. Bisa dicoba nih tipsnya buat mengurangi overthinking.

    ReplyDelete
  31. Overthinking ternyata punya efek yang nggak baik ya buat tubuh kita. Alhamdulillah aku sampai hari ini jarang banget overthinking

    ReplyDelete
  32. harus dibasmi overthingking ini memang ya kak, padahal kenyataannya nggak begitu menyeramkan.
    Makasih kak Mei banyak cara mengatasinya ya

    ReplyDelete
  33. aku itu orangnya overthinking banget mba, bahkan dulu aku sampe pergi ke theraphyst. dulu aku aja takut mandi, karena takut diluar itu tibatiba ada maling atau bahkan ada bencana alam :(

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.