TIPS MEMILIH TAS GUNUNG UNTUK PENDAKIAN

Salah satu kenyamanan dalam sebuah pendakian adalah ketepatan dalam memilih ukuran tas gunung atau dikenal dengan istilah keril atau carrier. Ketika anda keliru memilihnya, maka akan membuat perjalananmu kurang nyaman atau justru akan sangat mengganggu. Sehingga penting sekali mengetahui jenis tas yang akan anda pilih ketika melakukan sebuah pendakian. Dan ini dia beberapa tips memilih tas gunung untuk pendakian.

tips memilih tas carrier


Tips Memilih Tas Gunung Untuk Pendakian

Ini dia beberapa tips dalam memilih tas gunung untuk melakukan pendakian, terutama bagi pendaki pemula.

1. Pilih ukuran sesuai dengan lama pendakian

Pilih ukuran keril sesuai dengan kebutuhan atau lama pendakian. Jika hanya sekedar trekking seharian, cukup gunakan tas dengan ukuran 10 - 30 liter. Jika perjalanan memakan waktu 2-4 hari bawalah keril antara 30 liter sampai ukuran tas carrier 60 liter. Namun jika perjalananmu lebih dari 4 hari maka bisa menggunakan tas carrier 70 liter atau ukuran 50 - 80 liter.

2. Pilih keril yang memiliki rongga punggung

Keselamatan dalam pendakian merupakan hal yang paling utama. Salah satunya gunakanlah keril yang memiliki rongga punggung. Tas jenis ini akan meminimalisir punggung sakit. Biasanya tas jenis ini memiliki frame yaitu plat besi penyangga  tas carrier sebagai bantalan punggung dan terasa lebih empuk.

Tas yang memiliki rongga punggung akan membantu anda berjalan dengan nyaman, karena memiliki sirkulasi udara, sehingga punggung anda tidak akan terasa panas atau gerah. Lebih penting tas jenis ini akan membantu punggung anda tidak terasa mudah pegal dan capek, karena rongga punggung ini berfungsi untuk menopang atau menyangga beban tas yang anda bawa.

3. Pilih tas karena fungsi bukan fashion

Beberapa pendaki pemula, termasuk saya awal-awal membeli tas gunung bukan karena fungsinya. Namun karena modelnya yang cantik, warnanya yang menarik, padahal secara fungsi useless banget.

Pada saat dipakai ternyata kurang nyaman, bahkan beratnya lumayan. Kompartemennya minim, kapasitas tidak sesuai. Akhirnya tidak terpakai. Jadi hindari membeli tas gunung karena fashion, tapi belilah sesuai dengan fungsi yang anda butuhkan.

4. Pilih tas gunung yang waterproof

Pertimbangan penting lainnya adalah pilihlah tas gunung yang waterproof. Ini sangat penting, karena cuaca di gunung sangat unpredictable. Bisa panas dan hujan kapan saja, atau kabut, dan lainnya. 

Jika pun turun hujan, ketika tas sudah waterproof ini akan sangat aman. Dimana isi tas tidak akan terkena basah. Jangan hanya mengandalkan rain cover, tapi tas yang anda miliki sudah didesain dengan bahan watrerproof sehingga tetap aman meskipun tanpa rain cover. Atau untuk cuaca panas anda juga bisa membeli tas yang didesain dengan bahan anti UV. Perlindungan seperti ini juga membuat tas anda lebih awet.

5. Pilih tas gunung yang asli dan terpercaya

Pilih produk tas gunung yang asli, jangan membelinya yang KW. Pilih juga produk yang sudah terpercaya alias banyak digunakan para pendaki lainnya dimana kualiatasnya sudah terbukti.

Harganya memang cenderung pricey, tapi menurut saya tidak masalah, karena biasanya produk-produk seperti ini awet dan tahan lama. Sehingga anda tidak perlu sering-sering membeli tas gunung karena cepat rusak.

6. Pilih jenis tas pendakian yang lebih ringan

Kemajuan teknologi mampu menciptakan jenis tas yang nyaman dan aman untuk pendakian dengan desain yang cukup ringan. Tas ringan ini biasanya terbuat dari bahan-bahan yang premium. Dengan alasan kenyamanan, mahal sedikit tidak masalah, yang penting aman dan nyaman saat digunakan.

7. Pilih tas gunung sesuai dengan ukuran tubuh

Belilah tas yang ukurannya sesuai dengan ukuran atau bentuk tubuh, sehingga nyaman saat menyatu dengan tubuh. Terutama bagi perempuan, sekarang sudah banyak tas yang didesain untuk para pendaki perempuan dengan label women series. Beli lah tas jenis ini agar perjalanan pendakian anda semakin nyaman. Karena tas-tas women series dibuat disesuaikan dengan anatomi tubuh perempuan.

8. Pilih tas gunung yang memiliki banyak fitur tambahan

Saya biasanya memilih tas gunung yang memiliki fitur banyak. Kenapa? karena saya tidak suka menenteng tas-tas kecil tambahan saat pendakian, ribet. Jadi memilih tas dengan banyak fitur tambahan sangat penting buat saya.

Misalnya top lid yaitu tas kepala carrier. Punya saya kebetulan dapat dilepas sehingga dapat dijadikan tas juga. Saya gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang akan saya perlukan selama perjalanan.

Selain itu ada juga tas-tas kecil lainnya di samping atau di depan tas. Kebetulan saya memiliki tas dengan fitur lengkap ini. Kita dapat menyimpan barang-barang penting agar mudah dijangkau saat dibutuhkan. Ada juga load filter yaitu untuk mengencangkan ketika carrier selesai dipacking. 

Fitur lain yaitu bagian bawah ada tempat penyimpanan rain cover, bagian bawah lainnya ada zippernya, sehingga mempermudah untuk menyimpan jas hujan dan mudah untuk diambil tanpa harus membongkar carriernya. Selain itu juga perhatikan fitur tali pinggang, dada, dan bahu.

9. Sesuaikan dengan ukuran torso

Pertama saya membeli tas gunung, teman saya langsung bertanya ukuran torso atau batang tubuh belakang saya. Hal ini sangat penting agar kita dapat memilih tas sesuai dengan ukuran torso kita, karena saat perjalanan nanti bagian tubuh ini lah yang akan menyangga beban carrier yang kita bawa.

10. Pilih desain yang membuat nyaman

Jika tadi harus mempertimbangkan fungsinya, namun bukan berarti anda abai dengan desainnya. Terutama bagi perempuan, desain ini biasanya sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri anda. Namun tentu saja setelah fungsinya sesuai dengan kebutuhan dan keamanan.

Pilih warna tas yang sesuai dengan selera anda, namun lebih disarankan dengan warna-warna yang eye catching sehingga mudah terlihat seperti warna merah atau orange dan lainnya. Atau desainnya yang menarik bagi anda, sehingga ketika menggunakannya anda lebih percaya diri, nyaman, dan happy. Kamu juga bisa mencari jenis carrier untuk pemula.

Itu dia beberapa tips memilih tas gunung untuk pendakian, khususnya bagi para pendaki pemula. Jika adna mempunyai tips lainnya tentang memilih tas gunung, boleh banget sharing di kolom komentar.

27 Comment

  1. Jadi tas keril itu lebih ke fungsinya aja ya, nggak peduli modelnya kayak gimana. Apalagi juga harus memperhatikan kesehatan dan kesalamatan diri. Penting banget nih ke-10 tips di atas. Makasih ya atas tipsnya, jadi tau nih cara memilih tas gunung yang baik. Nice post

    ReplyDelete
  2. Penting banget memang mempertimbangkan beberapa hal saat memilih barang, utamanya memilih barang sesuai dengan fungsinya. Seperti memilih tas gunung. Jangan sampai nanti hanya pertimbangan fashion dan warna, ternyata saat dikenakan malah menambah beban bagi tubuh karena ga ringan. Membaca tulisan ini jadi tahu pertimbangan lain dalam memilih tas selain dari fungsinya.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah beli nih, tapi dapat banyak insight. Penting juga ya memilih tas sesuai ukuran tubuh. Aku kira kalau tas gunung harus beli yg ukuran gede biar muat banyak

    ReplyDelete
  4. saya baru tau kata carrier di bahasa Indonesi itu keril, hehe makasi kak informasinya. Memang harus cermat dan butuh persiapan ya sebelum mendaki karena perjalanan pasti akan memakan waktu jadi sebaiknya pilih tas punggung yg sesuai

    ReplyDelete
  5. Saya suka produk Eiger mbak untuk koleksi tas gunung...Selain banyak pilihan modelnya, merk ini juga nyaman untuk dibawa saat naik gunung. Terimakasih tipsnya...penting banget memperhatikan tips diatas agar kita nyaman saat naik gunung.

    ReplyDelete
  6. Daku tuh membayangkan kalau tas gunungnya besar badan kitanya kecil, deuh sesuatu ya kak. Soalnya pernah daku jajal mau pakai tas punya Abang tua, itu besarnya dan juga lumayan beratnya hehe. Memang ukuran tas ini perlu disesuaikan.

    ReplyDelete
  7. Mna Mei ga dikasih foto, cuma pengen ngecek aja sih tas aku bener ga ya...beli pas diskonan sih tapi memang bedaa sama tas ransel biasa, ada besi penyangga gitu.

    Memang kalau dipake lebih nyaman ya..(gusti yeni)

    ReplyDelete
  8. Wah saya jadi ingat salah seorang teman yang hobinya mendaki gunung pas weekend. Katanya sering lihat dan bawa turun bunga edelweis. Tapi nggak tau saya dibohongi engga soalnya bunganya ga pernah nyampe ke saya padahal beberapa kali sempat janji wkwk.

    ReplyDelete
  9. Daku belum pernah naik gunung nih tapi penasaran seperti apa asyiknya?
    Kirain beli tas untuk naik gunung itu, makin besar makin bagus, ternyata tergantung dari durasi pendakian ya.

    Kakak sudah pernah naik gunung mana aja?

    ReplyDelete
  10. memang ya pilih keril tuh harus personal banget sama badan kita, secara klo naik gunung tuh jalan kaki dan bawa kerilnya lumayan lama dan berat jg, jadi harus senyaman dan seringan mungkin sesuai kebutuhan. waterproof juga penting banget sih, apalagi di pegunungan kan lembab serta banyak tetesan air yaa

    ReplyDelete
  11. Untuk tas traveling,aku sendiri memilih yang kualitasnya bagus, dan memang agak pricey, sejauh ini nggak kecewa, karena tas juga bisa dibilang invest juga karena mungkin sering dipakai.
    Pemilihan bahan juga perlu diperhatikan.
    Aku juga punya tas yang keliatannya kecil, tapi belum diisi apa apa udah berasa berat banget. Nah pas diisi pakaian buat seminggu misalnya, astagahh berat banget

    ReplyDelete
  12. Keren Mbak... Hampir semua tas, sandal dan jaket bermerek ini, kualitas produk menjadi pilihan untuk memilih merek tersebut...

    ReplyDelete
  13. Makasih tipsnya mbak. Emang bener tas gunung harus fungsional ya, bukan sekadar bagus modelnya. Tas gunung biasanya muat barang banyak ya.

    ReplyDelete
  14. Iya,tas gunung harus pilih yang asli dan nyata kualitasnya
    Agar tetap nyaman saat dibawa mendaki ya mbak

    ReplyDelete
  15. kak, kan diatas pilih kapasitasnya sesuai dengan lamanya kita naik gunung ya, tapi juga kudu milih yang ukurannya sesuai sama ukuran tubuh kita, itu kalau misal mau lama gitu naik gunungnya tapi badan kita kecil bisa kah bawa dua ransel gitu kak?

    ReplyDelete
  16. Saya pernah angkat Carrier tapi tidak tahu bagaimana, tulang punggungnya masih saja terasa sakit nih, semoga kelak mendapat tas punggung yang bikin nyaman seluruh badan

    ReplyDelete
  17. Setuju banget kak
    Saya paling suka tas yang banyak fitur tambahan ya berupa kantong-kantong kecil kompartemen barang
    Jadi kita bisa dengan mudah mengelompokkan barang bawaan sesuai fungsi Dan kebutuhan selama perjalanan. Apalagi saat naik Gunung ya, pastinya lebih enak kalau barang bawaan ada dalam satu gendongan, tak perlu nenteng2 lagi deh

    ReplyDelete
  18. Nyesel deh sudah beli tas tanpa membaca artikel ini dulu. Ternyata tas yang terbeli gak sesuai dg kebutuhan dan kenyamanan

    ReplyDelete
  19. Noted banget ini tipsnya, siapa tahu suatu hari nanti beneran bisa naik gunung akunya. Udah pengen banget dari pas masih sekolah tapi belum kesampaian. Aku beneran baru tahu kalau tas gunung yang ada keril berongga itu fungsinya penting banget

    ReplyDelete
  20. Makasih kak tipsnya jadi tau nih tentang tas gunung, selama ini yang diperhatikan cuma model saja ternyata salah ya

    ReplyDelete
  21. Tips di atas menurutku juga berlaku untuk pemilihan carrier yang buat backpacker, Kak. Karena dalam kondisi ngebackpack dengan sering berpindah lokasi + tetap panggul ransel besar, perlu banyak penyesuaian biar gak sampai bikin tulang belakang cidera.

    ReplyDelete
  22. Belum pernah naik gunung
    Tapi info ini bisa kusampaikan ke sodara sepupu yang hobinya selalu naik gunung
    Semoga jadi referensi

    ReplyDelete
  23. Buat aku yg bukan pendkai gunung ini cukup memberi insight sih, karena ternyata pilih tas buat naik gunung juga bnayak pertimbangan ya

    ReplyDelete
  24. Wah, makasih buat tipsnya, sangat ngebantu sekali. Apalagi.buat orang yg enggak pernah naik gunung kayak aku,mana ngerti ginian, pasti asal beli aja.

    ReplyDelete
  25. Pilih tas yang juga ramah di kantong Mba.. hehe.. tapi yang paling penting sih emang fungsinya yah. Percuma murah doang tapi cepat rusak ketika dibawa mendaki gunung.

    ReplyDelete
  26. banyak hal yang harus diperhatikan ya Mbak sebelum membeli tas gunung itu, yang pastinya fungsi dan kenyamanan jadi kunci ya.
    jadi penasaran, Mbak Mei punya berapa tas gunung ya sampai sekarang ini? :D

    ReplyDelete
  27. Karena merupakan kegiatan outdoor jadi perlu banget memilih tas gunung yang cocok sesuai dengan kebutuhan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.