DESTINASI WISATA ALAM DI RUSIA

Moskow yang terkenal dengan boneka Matrioskanya ini mempunyai destinasi wisata alam yang cantik dan menarik. Karena negara ini memang 60% adalah hutan. Keindahan alamnya inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan dunia. Sehingga banyak traveler yang menjadikan negara penemu permainan tetris ini menjadi salah satu bucket list traveling.

Tahun 2013 saya bersama teman mengumpulkan informasi tempat wisata alam terbaiknya sebelum mengunjungi negara Paman Putin ini. Karena saya suka gunung, pastinya destinasi wisata alam menjadi incaran. Dan berikut adalah rekomendasi tempat wisata alam di Moskow yang wajib kamu kunjungi dijamin setelah melihatnya bakal bikin kamu berdoa suatu hari bisa ke sana.

DANAU BAIKAL

Berwisata ke alam masih menjadi pilihan utama buat saya. Dan Danau tertua dan terdalam di dunia ini menjadi pilihan yang sangat rekomended untuk kamu kunjungi. Danau dengan kedalaman 1.637 meter ini sudah masuk dalam warisan dunia yang disahkan oleh UNESCO pada tahun 1996.

danau baikal di rusia
Foto: https://www.thedailybeast.com/

Kamu bisa mendaki, panjat tebing, menyusuri gua, memancing, atau bahkan sekedar menikmati pemadangan indah di sekitar danau ini. Apalagi pada saat musim salju, kamu bisa menikmati hamparan salju di danau ini. Kamu juga bisa bermain ski di sekitar kawasan danau indah ini. Dijamin kamu bakal betah menghabiskan waktu kamu di tempat eksotis ini.

GUNUNG ALTAI

Gunung yang dikenal dengan nama lain Shambhala Rusia ini mempunyai dari tarik wisata menggoda termasuk saya yang suka dengan suku-suku etnik. Karena di tempat indah ini kita bisa menikmati bercengkrama dengan suku Telengite yang hidup secara nomaden dan merupakan suku terkecil di Moskow.

altai di rusia
Foto: https://www.visitrussia.com/

Pegunungan yang menghubungkan Mongolia dan Siberia ini mempunyai beragam flora dan fauna yang membuat pemandangannya semakin indah. 

GUNUNG ELBRUS

Sebagai pecinta gunung, tentu saja gunung menjadi tempat wisata yang pertama kali saya cari ketika hendak mengunjungi negara tertentu. Dan siapa yang tak mengenal gunung berketinggian 5.642 mdpl ini. Gunung tertinggi di Benua Eropa ini menjadi favorit para pendaki dunia dan siapapun tentu saja ingin mencoba mengunjunginya.

 

gunung elbrus di rusia
Foto: Kozak_Kadr https://www.istockphoto.com/

Kabar baiknya sekarang sudah tersedia cable car untuk menuju gunung Elbrus. Para pendaki dapat menaiki cable car sampai ketinggian 3.800an mdpl. Dari ketinggian ini pendaki baru mulai melakukan pendakian. Bismillah bisa menginjakan kaki di gunung tertinggi di Benua Eropa ini secepatnya aamiin.

KAMCHATKA

Adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika ke negara beribukota Moskow ini. Kamchatka sendiri merupakan semenanjung yang memiliki keindahan alam yang sangat eksotik. Untuk bisa menjelajah tempat indah ini kamu wajib mengurus surat izin dari pemerintah sekitar.

kamchatka rusia
Foto : https://www.smartresize.com/

Di semenanjung ini kamu bisa menikmati pemandangan fauna beruang yang jumlahnya justru lebih banyak daripada jumlah penduduk di sana. Hua, penasaran banget ya pengen lihat.

YAKUTIA

Merupakan salah satu bagian wilayah timur Rusia yang terkenal dengan dinginnya.  Tepatnya di Kota Oymyakon, wilayah Yakutia, Siberia. Bahkan masuk sebagai tempat paling dingin di dunia. Di musim semi saja dinginnya bisa mencapai -30 derajat. Dan musim salju bisa mencapai -62°C. Bahkan pernah terjadi suhu terdinginnya pada tahun 1938 mencapai -77,8°C.

pakaian lokal suku di yakutia
Foto: ASB63 https://www.istockphoto.com/

Kota yang kaya akan budaya ini memiliki keindahan alam dan keunikan suku asli sana. Baju yang mereka kenakan juga menjadi ciri khas tersendiri. Ini yang membuat saya tertarik untuk mengunjunginya. Meskipun akses menuju tempat ini masih terbilang cukup sulit.

Di kota kecil ini, kamu bisa melihat endemik negara adidaya ini seperti Anjing Husky dan Kuda Siberia secara langsung, yang kulitnya mirip dengan selimut tebal dan hangat. Kamu juga bisa menikmati aurora di tempat ini.

kuda yakutia siberia
Foto: Spiridon Sleptsov https://www.istockphoto.com/

Saat mengunjungi Yakutia jangan lupa juga mengunjungi kerajaan Permafrost-nya yang terletak di Ust-Kut. Dimana kerajaan ini terbuat dari es dan letaknya ada di dalam gua. Kerajaan inilah yang menjadi daya tarik wisata utama di Kota Yakutia ini. Bismillah soon ke sana.

kingdom of fermafrost rusia
Foto: https://russiatrek.org/


YAMAL

Rekomendasi wisata alam lainnya adalah Yamal. Wilayah ini berada di sebelah Timur Laut Moscow dan berjarak sekitar 2.317 KM. Penduduk yang ada di wilayah ini memiliki sekitar 20 kelompok etnis. Diantaranya adalah etnis Komi Izhemtsy, Khanty, Nenets, Selkups. Beberapa dari mereka hidup secara nomaden. 

Beberapa etnis ini dalam kesehariannya menggunakan pakaian khas mereka, berbulu tebal dan berwarna gelap. Karena memang cuacanya di sana dingin sekali. Di tempat ini kamu juga akan menyaksikan kehidupan binatang berupa rusa kutub yang hidupnya berpindah-pindah untuk mencari makan dan minum ketika musim berganti.

suku nenet di yamal
Foto: https://www.56thparallel.com/

Salah satu suku yang terkenal di Yamal ini adalah Suku Nenets. Suku yang hidup secara nomaden ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dunia yang berkunjung ke kota ini. Mereka menggunakan pakaian tradisional yang berwarni warni. Berbeda dengan suku adat lainnya. Penasaran kan mau melihat dan bercengkrama dengan mereka?.

Sumber:

https://www.visitrussia.org.uk/
https://www.56thparallel.com/
https://russiatrek.org/
https://www.istockphoto.com/
https://www.thedailybeast.com/

7 Comment

  1. Aki seketika jatuh cinta pada danau Baikal, Kamchatka, anjing Husky dan kuda Siberia

    MasyaaAllah, ini sisi lain keindahan ciptaan Tuhan yang belum pernah saya tau dan baru lihat lewat artikel ini.

    Terharu akutu

    ReplyDelete
  2. Pemandangannya emang indah indah dan beda banget sama di sini ya.. yang jelas harus siap denan perubahan suhu yang drastis kalau ke sana

    ReplyDelete
  3. rusiaaa jadi bucketlist akuu kakk...
    makasih sharingnya kalau gustiyenifamtrip semua medan suka mulai laut gunung kota danau hajar deh.

    ReplyDelete
  4. Duh indah banget ya semua destinasi wisata yang dibilang sama Kak Mei. Semoga suatu hari nanti bisa ada kesempatan kesana. Beneran bikin mupeng dech

    ReplyDelete
  5. Rekoemndasi tempat yang ada di Rusia ini kalau lihat fotonya adalaha destinasi yang menarik buat dikunjungi. Apalagi unik=unik juga.

    ReplyDelete
  6. Cantiknya spot wisata di Rusia ini. Semoga ada rezeki menjelajahi bumi Allah ke Rusia ini. Someday. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Wah pemandangannya indah semuaa.. Btw aku tertarik banget sama kuda siberia-nya, lucuukk bangett yaa mba

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.