Looking for My Article

01 January 2017

Berkunjung Ke Bukit Pergasingan Sembalun Lombok

Tentang Bukit Pergasingan Sembalun Lombok

Pesona Bukit Pergasingan Sembalun Lombok memang tidak diragukan lagi. Pemandangan indah dari atas bukit ini sangat mempesona, anda dapat menyaksikan keindahan Rinjani. Selain itu pemandangan hijau berupa hamparan sawah dan rumah penduduk menjadi salah satu pesona yang ditawarkan bukit yang tingginya 1.670 mdpl ini. Tempat ini cocok untuk camping. Pas banget berkunjung ke bukit ini pada musim panas, Maret 2016, jadi suasananya enak banget, langitnya lagi biru.


Hanya membutuhkan 2 -3 jam saja untuk dapat mencapai bukit indah ini dari Desa Lawang, desa terakhir sebelum menuju bukit ini dan anda cukup berjalan kaki saja dari desa tersebut.






Waktu saya ke sana tempat ini memang belum ramai dikenal banyak pendaki, kami ditemani seorang kawan asli warga sana. Kami menginap dirumahnya dan mendaki bukit ini dengan bayaran seikhlasnya untuk kas desa. Namun saat ini informasinya katanya sudah dikelola dengan baik oleh Sembalun Development Community Centre (SDCC).



Jalan dari desa Lawang menuju tempat ini masih berupa jalan bebatuan, jika anda ini menghemat tenaga bisa menggunakan jasa ojek atau pick up untuk menuju pintu masuk.





Dari pintu masuk anda akan menyusuri jalan setapak untuk menuju Bukit Pergasingan Sembalun Lombok ini. Sepanjang jalan pemandangan hijau menemani anda, jalanannya memang cukup terjal dan menanjak jadi siapkan stamina anda karena kemiringan jalan menuju puncak ini bisa mencapai 60-70 derajat. Ada sekitar 100 lebih tangga siap mengantarmu menuju puncak ini.






Jadi apa saja yang bisa dilakukan di bukit ini:

1. Menikmati sunset
2. Menikmati sunrise
3. Berkemah
4. Menyaksikan milky way
5. Menikmati pemadangan Gunung Rinjani
6. Menikmati pemandangan hijau berupa hamparan sawah
7. Berfoto ria di antara pepohonan kering dengan binatang milik warga


yang camping ternyata hanya kami, berasa bukit milik sendiri :)


Bukit Pergasingan Sembalun Lombok memang tidak begitu luas dan tidak berbentuk datar, namun di atas puncak ini anda dapat mendirikan tenda dan menunggu matahari terbenam atau terbit dengan ditemani beberapa binatang sapi milik warga yang memang mencari makan di sekitar bukit ini.










Bisa anda bayangkan, menyaksikan sunset atau sunrise sambil minum teh hangat sembari menikmati Rinjani yang sangat memukau dari Bukit Pergasingan Sembalun Lombok. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan heheh, oh ya jangan lupa bawa air dari bawah ya karena di atas puncak ini tidak ada sumber air.





Serukan? pasti pengen kan?
Yuk, let's go....

41 comments :

  1. foto petak2 sawahnya indah sekali mba, kebayang sore2 minum kopi sambil ngobrol sama teman di sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw Lombok tu salah satu destinasi impian suami selain Bali dan Derawan hehehee

      Delete
  2. Lombok memang tak ada habisnya. Makin dieksplor makin mencuat kekayaan alamnya. Yang terkenal di sana terasiring ya Mbak. Cuman waktu ke Lombok saya tak sampai mendaki ke sini. Semoga ada kesempatan lagi berkunjung ke Lombok

    ReplyDelete
  3. oemjii ini cantik banget pemandanganya yaa, bisa liat gunung yang ketutup awan kaya giniii, aaah jadi pengen cobain camping atau naik gunung, penasaran banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng banget ya kayanya liat hamparan sawah ijo ijo kaya gini, udah lama ih nggak liat sawah kaya gini hehehe,

      Delete
  4. kamu ketemu sapi kok berani deket-deket gitu si
    aku takut diseruduk :|

    ReplyDelete
  5. ah envy banget aku liat foto-fotonya mba mei, sungguh pemandangannya cantik banget, kebayang gimana nyamannya selama disana y mba.

    ReplyDelete
  6. woww keren banget tempatnya, pemandangannya hijau semua. Bikin mata sejuk banget. Ini sih perjalanan yang panjang dan lelah, disegarkan lagi karena pemandangan kaya gini :)

    ReplyDelete
  7. Masya Allah pemandangannya indah banget ya mbak apalagi lihat sawahnya yang berkotak-kotak gitu. Kapan yaa saya bisa liburan ke sana?Hihi

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, indah banget! Aku lihat foto-fotonya aja udah bisa bayangin seger dan sejuk udaranya.. semoga ada kesempatan berkunjung ke bukit pergasingan ini, aamiin!

    ReplyDelete
  9. Bisa di coba ini untuk backpack hemat keluar kota. Jadi kangen mada2 dulu suka naik gunung deh

    ReplyDelete
  10. lihat dunia yang begitu indah ini, gimana gak berdecak kagum ya sama ciptaan tuhan... apalagi itu awannya diatas Masya Allah bangettt

    ReplyDelete
  11. seru!!! aku pengen ngerasain liat sunset di sana. pasti asik banget. eh tapi sunrise juga asik. apa seharian aja dari pagi sampai sore di sana ya? biar puas menimatinya.

    ReplyDelete
  12. Mei, seru bangettt sihhh... bikin mengkhayal tingkat tinggi :D
    Pemandangannya bagus banget, ciptaan Tuhan memang luar biasa indah...

    ReplyDelete
  13. Foto petak sawahnya cakep bangeud ya. Jadi keliatan artistik gituh 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lagi pengen rekreasi yg relaxing, tempatnya bisa jadi salah satu destinasi nih

      Delete
  14. Masya Allah indah banget.... Semoga pandemi corona cepat selesai, lalu kita bisa jalan-jalan lagi menikmati keindahan alam.

    ReplyDelete
  15. Keren banget deh pemandangan alamnya. Apalagi yang camping di situ lagi sepi ya ga ada orang lain, pasti rasanya nenangin bgt.

    ReplyDelete
  16. Wow harus naik 100 tangga ya. Tapi kece banget pemandangannya yah. Seger ijo-ijo. Seperti di film-film deh.

    ReplyDelete
  17. Dari dulu pengen banget ke Sembalun..apa daya cuma bisa sampai Lombok aja. Kudu masukin bucket list nih, semoga setelah wabah corona ini bisa mujudin tuk pergi kesana.

    ReplyDelete
  18. Jadi keinget drama Korea yg suka ke bukit2 gini trus jejeritan deh melepas beban di dada. Abis itu lega bangettt... Mantul trackingnya Mbak Mei... ke bukit pengasingan sembalun ya

    ReplyDelete
  19. Pengen banget berkemah kalau ada kesempatan seperti ini. Tempatnya nyantai banget dan nyaman. Makasih rekomendasinya mbaa

    ReplyDelete
  20. Sungguh mempesona banget apalagi bisa lihat juga rinjani dari kejauhan yah. Sepertinya untuk buang kegalauan patah hati boleh juga main ke bukit pergasingan ini.

    ReplyDelete
  21. Wah pemandangannya indah banget, jadi tertarik pengin ke sana kalau wabah corona ini sudah hilang nanti.

    ReplyDelete
  22. Wow kemiringannya sampe 60 derajat. Oleng dikit bisa terguling, mesti pake sepatu yang cakram nih solnya. Btw cantik mbak pemandangannya. Kalo milky way nya keliatan tiap malam apa gimana mbak?

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, dari foto aja bisa berasa banget gimana terpukaunya sama 'karya' Allah yang Maha Indah. Bisa hiking, masih jadi mimpi aku nih. Kalo anak-anak udah pada mandiri, pengen bisa hiking berdua suami.

    ReplyDelete
  24. wah pemandangannya hijau sekali, bikin mata jadi seger pasti memandangnya. Melihat sunrise dan sunset diats bukit pasti indah ya, saya belum pernah :D

    ReplyDelete
  25. Subhanalloh pemandangannya indah sekali, perjalanannya terbayar lunas ya pas lihat bukit-bukit menawan ini. Ahh rindu alam bebas jadinya, bosen di rumah terus, tapi ya harus sabar.

    ReplyDelete
  26. Bukit Pergasingan Sembalun ini emang cakep ya mbak apalagi lihat hamparan berwarna hijau yang memanjakan mata aduhaiii. Selalu bersyukur pada Allah atas indahnya alam kita

    ReplyDelete
  27. waaa lombok, salah satu tempat yang pengen banget aku kunjungi juga nih Mbak Mei, semoga suatu saat nanti bisa berkunnjung kesana jugaa hehehe

    ReplyDelete
  28. Masya Allah begitu buka artikel mba Mei langsung disuguhi view bukit yang cantik banget, saya kalau kesana bisa gak pengen pulang ini mba, betah banget :)

    ReplyDelete
  29. seumur-umur aku belum pernah liat milkyway huhuhu.. kebayang indahnya gimana ya, pasti gak berhenti aku memuja sang Pencipta deh

    ReplyDelete
  30. kalau suami.liat pasti pengen naik gunung lagi. saya kalau diajak mau sih, kan sama yg tersayang. pastinya jg aman. kalau belum kenal, saya takut. hehe

    ReplyDelete
  31. mba mei kok foto2nya di aku ngga muncul ya?ngeblank gitu, ah aku penasaran sama foto2 dan viewnya deh mba

    ReplyDelete
  32. jika covid suda berlalu, pengen banget mampir kesana :')

    ReplyDelete
  33. ngga sabar corona cepat selesai, biar aku bisa jalan jalan paling ngga ke puncak buat liat yang ijoijo kayak ginii :")

    ReplyDelete
  34. Salah satu destinasi wisata yang kepingin banget aku kunjungi. Tadinya sempat kepikiran mau baby moon ke sini, qadarullah ada pandemi begini. Semoga pandemi-nya cepat berlalu. Aamiin.

    ReplyDelete
  35. Milky way itu kaya apa yaa...?
    Pasti kaya yang di foto desktop laptop gitu yaa..?
    Aku salut, kak....bisa mendaki dengan kemiringan yang sangaaat...
    Makan atau minum apa, kak..yang bisa langsung mengembalikan stamina?

    ReplyDelete
  36. Seumur-umur aku belum pernah lihat milky way secara langsung. Pengen gitu sekali-kali liat langsung, indah banget kayaknya..

    ReplyDelete
  37. Aku belum pernah ke sana, tapi liat fotonya di sini aja uda adem banget rasanya. Uda kangen sama alam, semoga pandemi ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  38. Pemandangannya keren gila! Sumpah!

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top