PENGGUNAAN DATA DALAM HUMAN RESOURCE DAN BAGAIMANA HRIS MENYAJIKANNYA

Di dalam perusahaan, data memainkan peranan penting. Termasuk juga dalam human resource, kehadiran data akan memainkan peranan penting yang membantu HR dan manajemen dalam kegiatan hariannya.

Saking pentingnya data, penggunaan HRIS sampai menjadi sangat penting. Mari simak penjelasan berikut untuk tahu seberapa penting data sampai bagaimana HRIS menampilkan data tersebut.

manfaat data human resources


Pentingnya Data dalam Human Resource Perusahaan

Data adalah bagian yang sangat penting dalam kegiatan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan. Pengumpulan, analisis, dan pengelolaan data yang tepat dapat memberikan manfaat besar bagi keberhasilan strategi SDM dan pengambilan keputusan di berbagai aspek.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa data penting dalam kegiatan SDM di perusahaan:

Perekrutan dan Seleksi

Data dapat membantu mengidentifikasi tren dan karakteristik yang paling sukses dalam karyawan yang berhasil. Dengan hal ini, perusahaan dapat melakukan seleksi yang lebih tepat dan efektif dalam mencari kandidat yang paling cocok dengan posisi yang dibutuhkan.

Pengembangan Karyawan

Penggunaan data juga akan sangat membantu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dengan menganalisis keterampilan dan kekurangan karyawan, perusahaan dapat merancang program pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka.

Evaluasi Kinerja

Mengukur seberapa efektif dan efisienkah seorang karyawan bekerja juga tidak lepas dari data. Dengan data inilah nantinya HR akan mengevaluasi kinerja karyawan, menilai pencapaian tim dan individu. Serta memberikan dasar bagi HR untuk memberikan feedback.

Kompensasi dan Tunjangan

Data tentang tingkat kompensasi, tunjangan, dan insentif di industri dan pasar kerja dapat membantu perusahaan menentukan kompensasi yang adil dan kompetitif bagi karyawan.

Manajemen Kinerja

Data kinerja dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan area yang perlu perbaikan. Ini membantu manajer memahami kekuatan dan kelemahan karyawan serta mengambil langkah-langkah untuk mengoptimalkan produktivitas dan kinerja.

Analisis Turnover

Perusahaan perlu memiliki data mengenai turnover karyawan. Hal ini penting untuk membantu perusahaan memahami mengapa karyawan meninggalkan organisasi. Ini membantu dalam mengidentifikasi masalah potensial dalam lingkungan kerja atau kebijakan perusahaan yang dapat mempengaruhi retensi.

Perencanaan Suksesi

Data dapat membantu dalam mengidentifikasi calon-calon potensial untuk posisi manajemen atau posisi penting lainnya dalam perusahaan. Ini membantu dalam merencanakan suksesi dan mengelola transisi organisasi.

Analisis Kepuasan Karyawan

Data dari survei kepuasan karyawan membantu perusahaan memahami persepsi dan pandangan karyawan terhadap budaya perusahaan, manajemen, dan lingkungan kerja secara keseluruhan.

Pada akhirnya, data membantu perusahaan membuat keputusan yang didasarkan pada informasi yang akurat dan faktual. Dengan menganalisis data yang relevan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, retensi karyawan, dan keseluruhan strategi SDM untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.


Bagaimana HRIS Menampilkan Informasi

HRIS adalah salah satu teknologi yang semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan data-data penting yang berkaitan dengan human resource. Berikut ini bagaimana HRIS menampilkan data:

Dashboard

HRIS biasanya memiliki dashboard utama yang menampilkan ringkasan informasi penting dalam bentuk grafik, angka, dan indikator kinerja. Ini memberikan gambaran cepat tentang kesehatan organisasi dan status karyawan.

Tabel dan Daftar

Data HRIS sering disajikan dalam bentuk tabel atau daftar, yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi dalam format yang terstruktur. Ini dapat berupa daftar karyawan dengan nama, jabatan, atau status pekerjaan.

Profil Karyawan

Setiap karyawan memiliki profil pribadi di HRIS yang berisi informasi seperti data kontak, riwayat pekerjaan, pelatihan, dan kinerja. Ini membantu pengguna untuk melihat detail lebih lanjut tentang karyawan.

Itulah pentingnya data dan bagaimana software HRIS membantu Anda menyajikan data penting dalam pengelolaan human resource.

18 Comment

  1. Kalau data dalam perusahaan ini memang sangat penting dan harus dijaga juga ya, Mbak. jadi bagus sekali kalau pakai sofware HRIS saja yang bisa membantu menyajikan data penting dengan tampilan yang lebih lengkap.

    ReplyDelete
  2. manfaat data utk perusahaan banyak banget ya. data yg dikumpulkan dan dianalisi bisa jd modal perushaan utk lebih maju

    ReplyDelete
  3. Bagus juga ya bisa memantau karyawan lewat HRS, dengan demikian pekerjaan HRD jadi lebih efisien.

    ReplyDelete
  4. software ini bakalan ngebantu banget ya buat para HR untuk menyeleksi karyawan. semua data yang dibutuhkan bisa disajikan dan HR tinggal memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan aja. keren

    ReplyDelete
  5. Kelola soal data pegawainya jadi lebih mudah ya dengan software ini. Jadinya untuk bagian HR gak perlu repot semisal nanti mau laporan atau menyajikan data

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata banyak sekali manfaat dari HRIS ini, banyak informasi yang bisa didapatkan di sana.

    ReplyDelete
  7. ini nih. data di bagian HRD memang krusial sih. akan lebih mudah kalau ada teknologi yang bisa mempermudah urusan data kayak HRIS begini..

    ReplyDelete
  8. Wah, canggih nih. Dengan adanya HRIS, data-data SDM jadi lebih tertata yah.

    ReplyDelete
  9. Suamiku HRD sih cuma gatau pakai software HRIS ini atau tidak. Cuma memang dia ada kalanya pakai software cuma entah buat data atau penggajian

    ReplyDelete
  10. Data itu sumber cuan sih kalo perusahaan bs mengatur dgn baik. Mknya human resource berperan penting dlm menangani sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Kalo HR bgs, output karyawan jg psti bgs tuh.

    ReplyDelete
  11. Jadi tertarik buat perusahaan tempatku kerja makai HRIS, apalagi di HRDnya. Data personal tiap karyawan kan ada tuh, banyak banget. Biar mudah dan cepat untuk mengolah datanya, bisa nih makai HRIS.

    ReplyDelete
  12. Pake HRIS sangat mmbantu sekali dlm dunia kerja bisa ngelola data, profil karyawan dan kebutuhan lainnya untuk perusahaan.

    ReplyDelete
  13. Kalau ada HRIS, kinerja HRD makin ringan ya..
    Selain memang menggunakan sistem, ketelitiannya uda pasti terjamin serta keamanan rahasia sebuah perusahaan akan bank data tersebut.

    ReplyDelete
  14. Keberadaan HRIS membantu banget ya, dengan penyajian data yang terstruktur jadi lebih mudah pula menganalisinya...

    ReplyDelete
  15. Baru tahu saya soal HRIS
    Biasanya juga cloud atau sejenisnya
    Ternyata masih butuh banyak belajar aku soal sistem

    ReplyDelete
  16. Data emang penting banget buat bagian HRD supaya bisa melakukan evaluasi kinerja dan lainnya. Wah, mantul ya kak kalau pakai software HRIS jadinya memudahkan HRD dalam menampilkan dan mengolah data karyawan

    ReplyDelete
  17. Menggunakan HRIS akan semakin memudahkan perusahaan dalam mewujudkan tujuan memiliki SDM Profesional. Pastinya urusan data jadi makin mudah dan makin rapih.

    ReplyDelete
  18. HRD RS pun wajib punya nihh, kemarinn pas ikutan nimbrung rapatnya suami sama temen kerjanya emang kita tuh perluu kayak begini, HRIS bikin gampang urusan HRD

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.