Looking for My Article

20 June 2020

Menaikan Page View Dengan Liebster Award

Nulis kali ini agak sedikit berbeda, aku dikasih tantangan sama mba Yus buat nulis tentang Liebster Award. To be honest, aku sebenarnya belom begitu banyak tahu tentang Liebster Award, usut punya usut, aku cari informasi banyak soal ini.



Terima kasih mba Yus sudah memberikan tantangan yang berfaedah ini, senang sekali menulisnya jadi banyak pengetahuan juga soal Liebster Award ini dan menambah konektivitas dengan para blogger lainnya.

Apa itu Liebster Award?

Simpelnya adalah penghargaan yang diberikan oleh seorang blogger ke blogger lainnya dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi dengan cara bertukar backlink.

Hasil dari penelusuran, ternyata tantangan Liebster Award ini menurut saya sangat bagus ya, selain mempromosikan blog sendiri juga menjalin silaturahmi dengan blogger lainnya. Apalagi dengan adanya tukar backlink blog, bisa membantu menaikan DA/PA kita, pas banget buat aku sebagai newbe blogger. Seru juga ternyata ya.

Dan kegiatan Liebster Award ini ternyata tidak hanya di Indonesia tetapi juga dilakukan oleh bloger-bloger di dunia. Sejarahnya memang berasal dari blogger-blogger di Belanda, kemudian berkembang dan dilakukan oleh blogger-blogger di dunia.

The Rule of Liebster Award

  • Mengucapkan terima kasih kepada pemberi tantangan atau pemberi anugerah Liebster Award.
  • Menyematkan link tulisan tangan Liebster Award dari si pemberi tantangan. Link tulisan ya bukan hanya alamat blognya saja.
  • Menuliskan 7 fakta tentang diri sendiri.
  • Menjawab 7 pertanyaan yang diajukan oleh pemberi tantangan Liebster Award.
  • Menantang 7 blogger lainnya untuk melakukan hal yang sama. Kalau mentoknya tidak sampai 7 juga tidak apa-apa.
  • Memberi 7 pertanyaan kepada blogger yang kita anugerahi Liebster Award.
  • Menyisipkan alamat blog dari 7 blogger yang kita anugerahi award.
  • Menulis poin 1 sampai 7 tersebut ke dalam blog masing-masing, dan jangan lupa menyisipkan logo Liebster Award didalamnya.

Tujuh Fakta tentang diri sendiri


1. Solo Traveler

Aku tipe perempuan aktif di luar ruangan, dan travelling menjadi salah satu hobby yang paling menyenangkan buat aku. Pergi traveling bersama teman-teman sangat menyenangkan, tapi dengan solo traveling akan lebih banyak lagi pengalaman serunya.


2. Suka dengan olahraga ekstrim

Hal yang jarang banyak orang tahu adalah, aku tipe perempuan yang senang dengan olahraga memacu adrenalin. Paragliding, berkuda, menembak, diving, wall climbing, trekking kerap dengan kehidupan aku sehari-hari. Sangat menyenangkan saat melakukan kegiatan-kegiatan itu.


3. Anak rumahan dan suka me time

Nah ini pasti ga bakal banyak yang percaya, secara hobby aku adalah jalan-jalan, pasti dikiranya anaknya suka bersosial, suka hangout, ga betah tinggal di rumah. It's totally wrong. Aku ini keluar kalau hanya untuk jalan-jalan saja, sesekali saja nongkrong sama teman, kecuali dengan pasangan lebih sering. Selebihnya akan diam di rumah, sibuk di kamar dengan dunia maya, membaca, browsing, menulis, bermain dengan keponakan, mendengarkan musik, bercengkrama dengan orangtua.


4. Punya stok empati tinggi

Nah, karena hobby aku naik gunung, banyak yang beranggapan aku strong inside and outside. Kenyataannya, aku adalah tipe orang yang mudah menangis bukan karena cengeng tapi melihat orang sedih, melihat orang berbuat kebaikan sekecil apapun pasti nangis, bahkan melihat orang dengan prestasi aja nangis karena terharu. 

Thank to my God, secara psikologi katanya ini bagus karena artinya aku punya empati yang lebih besar. Meski kelihatannya cuek di luar dan point positif-nya adalah aku jadi lebih berhati-hati dan lebih baik memperlakukan orang lain.

5. Tidak suka berkata dan mendengar kata-kata kasar

Salah satu yang tidak aku suka saat ada orang yang berkata kasar dan mengeluarkan kata-kata kasar, I am really hate them kalau dengar orang berkata kasar. Why, karena itu salah satu bentuk tidak menghargai orang lain dan diri sendiri. Definitely I never do that. Exactly, sangat tidak nyaman kalau ada yang berkata kasar ke aku.

6. Feminim

Banyak yang mengira karena hobby-nya naik gunung sering dikira tomboy. Aku memang suka memakai pakaian casual tapi tetap feminim. Dress atau rok itu pakaian yang paling aku suka. Pakai sepatu flat, yang cewek banget, it's me.


7. Tidak suka berbau kebohongan dan kekerasan

Masih bagian dari empatinya yang tinggi, aku paling tidak suka sesuatu hal yang berkaitan dengan kebohongan dan kekerasan apapun alasannya, bahkan cuman bentak atau suara tinggi gitu. So, if you read this article, never do that. So, nonton film pasti yang film keluarga, drama romantis, atau komedi. Kecuali kalau nonton ke bioskop bareng orang lain ngikut aja sih, paling pas adegan yang berkaitan dengan darah-darah atau kekerasan gitu tutup mata hahaha.

List 7 pertanyaan dari mba Yus

1. Mengapa kamu membuat blog, sebutkan alasannya.

Blog menjadi salah satu alternatif untuk bisa berbagi secara mudah. Awalnya hanya membuat catatan harian perjalanan saja, tapi lama-lama karena banyak yang suka nanya itenary, budget, tips atau apapun tentang traveling, akhirnya aku merasa dengan menulis blog bisa bermanfaat buat orang lain.

2. Apa yang kamu lakukan untuk mengusir rasa bosan saat di rumah saja.

Definitely I never feeling bored stay at home, karena memang aku anak rumahan. Karena banyak yang bisa aku lakukan saat stay at home. Bermain dengan keponakan, video call dengan teman-teman atau keluarga lainnya, memasak, bercocok tanam, menulis blog, browsing-browsing di internet, belajar bahasa baru di inet, membaca, mendengarkan musik, nonton, membuat kerajinan, belajar bareng keponakan. Mungkin itu yang aku biasa lakukan.

3. Apa sih makanan favoritmu.

Seafood, all kind of seafood I love it and Salmon definitely.


4. Hal bersemangat apa yang bikin kamu bersemangat setiap hari.

Family. Berawal dari mereka aku punya mimpi dan harapan yang besar, aku menjadi punya rencana hidup yang jelas setiap hari, apa yang akan aku lakukan.

5. Sebutkan sebuah tempat di Indonesia yang paling kamu suka, sampai kamu mempunyai impian bisa tinggal di sana.

Derawan, punya view yang cantik. Berharap suatu hari aku punya resort atau tanah atau villa di sana, sehingga bisa menjadi salah satu tempat aku berlibur dalam waktu yang lama dengan keluarga selain di Jakarta.

6. Pernah nggak mempunyai perbedaan budaya atau yang disebut shock culture di sebuah tempat baru, coba ceritakan.

Pernah, saat tinggal di sebuah negara hampir satu bulan dan banyak warga negara lain yang tinggal di sana juga. Overall, I love this country. Hanya saja banyak yang suka sembarangan meludah dan berdahak dan sepertinya itu hal biasa buat mereka. Definitely feeling shock ya, karena di negara kita bukan sebuah budaya di depan umum melakukan itu. Apalagi aku termasuk orang yang care soal kebersihan, so ini sangat membuat tidak nyaman.

Pernah juga saat berkunjung ke salah satu negara, melihat ada pasangan gitu, terus tiba-tiba perempuannya diambil oleh laki-laki lain dan laki-laki yang mengambil perempuan itu memberikan sejumlah uang ke pasangan perempuan itu, dan dia menerima dengan muka tanpa dosa. Pas balik hotel, aku tanya sama pemilik hotel, "you will realize every day", jawabnya. Oh my God.

7. Jika sedang bepergian, barang apa yang wajib kamu bawa.

Jaket/sweater/syal karena badanku sensitif dengan dingin..

Blogger yang aku challenge buat ikutan nulis Liebster Award adalah Mba Vika pemilik akun www.thetownstory. com yang  hobby nonton film drakor ini juga senang dengan photography.

List 7 pertanyaan untuk blogger terpilih:


Buat Mba Vika yang sudah bersedia untuk menerima challenge dari aku, thank you so much mba dan semangat menulisnya.

46 comments :

  1. Bener mbak acara Liebster Award ini sangat bagus untuk menjalin silaturahmi antar sesama blogger.
    Wah keren nih mbak kegiatan olahraganya. Pasti banyak pengalaman berharga dan menyenangkan yang didapat dari kegiatan olahraga ini, terutama yang naik gunung. Kalau saya ini tipe penakut. Jadi kalau olahraga paling jalan pagi sama senam.

    ReplyDelete
  2. Keren dan seru pastinya pengen deh cobain acara liebster award

    ReplyDelete
  3. Menjadi seorang blogger ternyata tidak semudah seperti yang ada di pikiran. Sama halnya seperti mananam pohon. Disiram, dipupuk, serta dirawat dari hama dan seterusnya...
    Semoga saya bisa seperti teman-teman semua

    ReplyDelete
  4. Wah mba Mei pernah sebulan tinggal di Nepal ya..Ga kebayang tinggal di negeri orang dan jauh dari keluarga. Mungkin saya tidak sekuat mba Mei.

    ReplyDelete
  5. Dengan postingan Liebster Award ini pula saya jadi lebih kenal Mbak Mei. Unik banget kepribadiannya ternyata. Saya orang rumahan, gak bosan di rumah tapi gak suka traveling apalagi olahraga ekstrem. 😅

    ReplyDelete
  6. Jadi tertarik dengan Liebster Award setelah baca tulisannya kak, dan jadi tahu ternyata kakak walaupun suka olahraga extreme tapi tetep dandan feminim ya

    ReplyDelete
  7. Nah tulisan seperti in akan kusimpan dulu dan ku pelajari kalau udah mau aktif ngeblog lagi.. salut denagn petualangannya, sangat mendebarkan dan berkesan

    ReplyDelete
  8. Pertama tahu tentang Liebster Award ini dari Kak Mugniar. Eh, ternyata jadi banyak yang membahasnya.

    Mbak kereeen ... Aku sangat suka kuda dan pengen banget punya kuda. Kalau belum kesampaian, minimal pernah mencicipi menunggang kuda, deh. Semoga suatu saat kesampaian, yaaa. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Saya juga ikut Liebster Award tapi sedikit beda yah dengan Liebstre Award ini. Kalau yang saya dapat atau dinominasikan oleh bloger-bloger Makassar, itu pertanyaannya ada 11, fakta tentang diri juga 11. Anyway, ini menarik dan menambah informasi tentang mbak

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu nih mba tentang Liebster Award seperti ini. Bagus juga ya dan menambah pengalaman juga serta motivasi menulis. Dan yang dibutuhkan ya naikkan PV blog :)

    ReplyDelete
  11. Haha sudah aq jawab tantangannya mba. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  12. Wah sebagai blogger pemula aku baru tahu ada award macam ini mbak, jadi pengen ikutan deh

    ReplyDelete
  13. waaa cock nih buat aku yang masih pemula di dunia blog ini hihih aku baru tau soal liebster award inii, jadi makin kepo deh pengen buka hehe

    ReplyDelete
  14. selain infonya menarik, gambar yang disajikan juga cantik mba, apalagi informasi soal menaikan pv ini penting banget.

    ReplyDelete
  15. Menarik nih saling bertukar backlink. Aku save artikel mu Mba. Untuk aku baca-baca lagi

    ReplyDelete
  16. Award yang satu ini pernah kondang di tahun 2013-2015 mba.. aku juga pernah dapat dan seru memang karena banyak yang saling berkunjung. Swlamat udah menang yaaa

    ReplyDelete
  17. Seru banget challenge nya mba! menurutku kalo nulis gini bisa buat kita lebih mengenal diri sendiri, pas baca aku jadi teradar kalo aku suka di rumah juga hihi

    ReplyDelete
  18. mba Mei aku mau dong ikutan Liebster Award ini, gimana sih cara memulainya wkwk. Seru banget ini, buat bangkitin semangat ngblog aku yg sempat turun bebas nih. Aku baru tau kalo mba Mei anak rumahan, secara travel person banget hihi

    ReplyDelete
  19. Oh...aku pikir penerima Liebster Award ini harus 10 orang.
    Aku juga jadi ingat belum nulis tema yang diberikan kak Anna.
    Selamat ya, kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget sama Liebster award yang mempererat pertemanan antar nara blog.
      Dengan begini, kita bisa saling support selalu.

      Delete
  20. Di suatu masa aku juga pernah ditawari oleh teman blogger untuk dapat Liebster Award ini, tapi akunya enggak mau hehehee.. Aku tipe ga terlalu suka mengungkap sesuatu tentang diri sendiri yang diajukan lewat pertanyaan orang lain. :) Aku hanya mau cerita sesuatu yang memang aku ingin bagi ke orang lain lewat blog. Hehee.... sounds rewel ya, tapi aku tetap menghargai persahabatan yang ditawarkan temanku itu tanpa melanjutkan tantangan.

    ReplyDelete
  21. Wah seru banget nih challenge-nya jadi bisa berbagi pengalaman dan hal-hal seru, hingga bisa menjadi bahan tulisan yang menarik! Pi aku juga penyuka seafood loh tapi agak dikurangin nih takut kolesterol hehehe

    ReplyDelete
  22. Ya ampunn jd ke inget uda jaman dulu bgt ak juga sering ikut liebster award gini . Seru sih bisa nambah konten dan naikin da pa blog jg hehe

    ReplyDelete
  23. Aku tadinya mikir kalau jawaban tentang tempat wisata kesukaannya adalah Papua, ternyata nggak ya, Derawan. Surely hrs pergi ke Derawan juga buat visit bareng keluarga after this pandemic.

    ReplyDelete
  24. Wah seru nih, kalau dulu kami nyebutnya "Arisan blogger" dan karena program seperti ini jd saling kenal sesama bloger2 mbak. Apalagi kalau kopdar udah jd kyk akrab seolah udah sering ketemu lama hehe

    ReplyDelete
  25. aku jadi keinget jaman awal2 ngeblog tahun 2010 mbak, liebster award ini udah lama banget loh dipakenya, saya juga dulu sempet beberapa kali dapat dari blogger luar tapi udah lama jadi aku sudah lupa, skrg teringat lagi jadinya hahaha

    ReplyDelete
  26. wuah aq pernah baca postingan seperti ini tp baru tahu kl istilahnya liebster award, seru yah mba jd ada cerita baru yg bisa kita share terutama untuk personal kita

    ReplyDelete
  27. Kangen banget sama Liebster award. Dulu awal2 ngeblog ada yang kasih aku LA juga, tapi kayaknya beda sama format yang sekarang. Trus semangat ngeblog kakak! 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan2 utk LA sebenarnya bagus juga yah. Bisa sebagai napak tilas ataupun lebih mengenal diri sendiri

      Delete
  28. omg aku juga dulu pernah ikut Liebster Award pas awal awal ngeblog hahaa sekarnag udah jarang rasanya ya pada mainan ini di blognya

    ReplyDelete
  29. Aku jadi ingat belum bikin tulisan mengenai Liebster Award.
    Unik yaa..
    Dan pasti menyenangkan karena saling memberi pertanyaan untuk dijawab blogger yang menerima Liebster Award.

    ReplyDelete
  30. Ternyata kalo nangis karena hal sepele tuh berarti punya empati yang tinggi yaaaa. Huhuu, aku pun liat orang seneng/sedih bisa ikutan nangis mbak, either nangis terharu ikut seneng atau nangis sedih kayak ikut ngerasain pilunya.

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah ikut Liebster Award ini hehehe. Anw itu pengalaman yang culture shock benar benar bikin shock yaaa.

    ReplyDelete
  32. Baru tahu ini aku Liebster Award. Seru juga nih challengenya saling tukar backlink Mba. Jadi bisa bantu juga ya bantu sesama leader

    ReplyDelete
  33. Tahun 2007 awal ngeblog aku banyak dapat award-award begini, dulu suka banget karena menambah teman jadinya. Kesini-sini baru tau kalau ini bisa jadi memperbaiki DA/PA yah hehehe, sayangnya g ada yang ngetag sekarang hahahaha.

    ReplyDelete
  34. Aku baru tau banget nih ada Awards kayak gini. Kelihatan banget newbienya. Hihi

    ReplyDelete
  35. pertama kali baca soal liebster award lupa di blognya mba siapa, aku masih bertanya-tanya "gimana daftarnya", ehh ternyata ini semacam penghargaan dari blogger untuk blogger, aku mendefinisikannya kayak gitu.
    berart si penerima tantangan nggak bakalan nyangka kalo dia bakal dapat tantangan seperti ini ya
    aku pas baca pertama kali itu, jadi mikir, saking banyaknya blogger di dunia perbloggeran ini, kayaknya giliranku buat dapet liebster ini hanya nol koma sekian persen mungkin ya
    aku anaknya juga cengeng alias gampang nangisan juga mba, baca berita aja bisa keluar air mata hehe

    ReplyDelete
  36. saya lupa kapan pertama kali dapat liebster award ini hehee tapi bener sih jadi makin banyak temen sejak dapet penghargaan itu :)

    ReplyDelete
  37. aku baru tahu tentang liebster award ini juga pas blogwalking, wah kalo gini kita lebih banyak tahu tentang sifat asli teman teman ya

    ReplyDelete
  38. Kalau aku suka banget bacain tentang jalan-jalan yang kamu tulis. Kalau aku sendiri menulis blog selain untuk curhat waktu pertama kali itu dan sekarang ingin berbagi pengalaman. Selain itu juga ingin meninggalkan jejak di dunia digital.

    ReplyDelete
  39. Wah beneran gak ketebak loh mba mei itu anak rumahan karena sukanya traveling terus. Aku pikir tipe org yg gak betah dirumah loh :)

    ReplyDelete
  40. Ahh jadi pengen ikutan ini juga hihi. Toss mbak aku juga anak rumahan lho hehe..

    ReplyDelete
  41. Aku belum bikin ini hahah inget aku dapet Mba tapi lupa mulu mau nulis. Selamat Kak dapet award

    ReplyDelete
  42. Serius nih aku malah baru tahu nih mba infonya tentang liebster awards ini

    ReplyDelete
  43. Aku gak ikutan tp baca2 aja hehe.
    Dulu pernah ada juga seperti ini tp bukan award lbh kyk nyebutin bloger yg menginspirasi siapa. Lumayan kalau namanya tercantum biaa nambah pengunjung baru gtu hehe

    ReplyDelete
  44. Sebuah tantangan seru ya mba. Alhamdulillah dapet award aku sampe sekarang belum tak tulis hiks. Ada deadline ga sih liebster award ini?

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top