October 20, 2017

Kisah Secangkir Cokelat Manis di Griya Cokelat Nglanggeran

Berbicara pesona Desa Wisata Nglanggeran, memang tiada habisnya. Desa Wisata yang menang dalam penghargaan ISTA 2017 kategori Ekonomi ini masih menyisakan banyak tempat yang wajib dikunjungi. Setelah Gunung Api Purba, Kampung Pitu dan Embung Nglanggeran, berikutnya bagi anda pecinta kakao dapat mengunjungi Griya Cokelat yang diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 2 Desember 2016.

welcome



Di depan pintu masuk disediakan gazebo untuk menikmati seduhan kakao

Griya Cokelat yang merupakan home industry ini berdiri dari hasil kerjasama masyarakat Desa Nglanggeran dengan LIPI dan BI. Coklat-coklat ini diproduksi menjadi berbagai olahan makanan dan minuman siap saji dengan berbagai variasi. 

beberapa contoh oalahan kakao menjadi makanan dan minuman

Seperti serbuk coklat yang siap seduh, olahan makanan seperti dodol, pisang yang disalut dengan coklat dan lainnya, bagi penikmat coklat disini juga disediakan olahan coklat batangan yang sudah dikemas dengan cantik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

salah satu contoh olahan coklat bubuk yang sudah dikemas

olahan kakao dalam bentuk dodol

Selain sebagai galeri penjualan, tempat ini juga merupakan tempat produksi beberapa olahan kakao dengan konsep yang sederhana. Beberapa daerah juga melakukan studi banding mengenai pengolahan coklat di tempat ini.

Selain dijual di galeri ini, pengurus juga menjualnya dibeberapa tempat oleh-oleh di Yogyakarta dan teman-teman dapat memesannya juga melalui akun instagramnya @griya.cokelat.nglanggeran

Nah bagi teman-teman pecinta kakao, wajib banget deh mampir ke tempat ini jika berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, selain itu juga teman-teman sudah berkontribusi mendorong ekonomi warga desa ini.

 Nah bagaimana, penasaran kan….

17 comments:

  1. Wah aku belum pernah cobain. Ini dijualnya di satu area sama dengan obyek wisata Nglanggeran kah mbak??? Dulu pas kesana soalnya kyknya blm ada sih. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ry bukanya Desember 2016, arahnya pas mau keluar

      Delete
  2. Ini di sebelah mananya Nglanggeran si mb? Udah lama nggak main-main ke gunungkidul. Pesen coklatnya via online aja bisa nggak ya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mereka ada IG nya ko, ini arah keluar sih saat mau pulang

      Delete
  3. Itu coklat lokal ya mba? Wah, kalau iya musti mampir nih kesana. Selain biar kita relax juga membantu kedai orang biar lbh dikenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba punya masyarakat sana, betul Mba kita bantuin promosi produk lokal

      Delete
  4. Woooo baru tau kalo di Nglangeran ada griya cokelat ini. Lumayan nih buat santai2 sambil liat2 pemandangan di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba abis keliling Ngelanggeran, trekking ke Gunung Api Purba atau Kampung Pituk bisa mampir ke sini

      Delete
  5. Gunungkidul yang dulu sangat terpencil, kini makin berkibar ya..
    Dan aku baru tahu kalo disana ada produksi coklat yang kece ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba baru dibangun akhir Des 2016, produk lokal mereka, bagus untuk pengembangan ekonomi masyarakat sana. Bisa beli online juga

      Delete
  6. Bisa coba ini pecinta coklat, rasanya tidak terlalu manis ya?

    ReplyDelete
  7. Hhm penasaran nih gimana rasanya, aku penggemar coklat nih mbak... apa lagi minuman coklatnya, suka yang ada pait-paitnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di coba ke sana Nis, banyak macamnya ada juga yang pahit-pahit gitu temanku sempat beli waktu itu

      Delete
  8. Saya tu termasuk cukup sering ke nglanggeran, tapi belum pernah sekalipun mampir ke tempat ini. Cuma lewat saja. Tapi kalau minum coklatnya pernah, dibawain teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba Mba kesana asik deh sore-sore minum coklatnya di teras sambil lesehan ehheeh

      Delete
  9. Coklatnya enak ga Mei? Lebih pait atau lebih kental kalau dipakai minuman? Penasaran euy jadinya.

    ReplyDelete