GUNUNG SEMERU, GUNUNG TERTINGGI DI PULAU JAWA

Gunung Mahameru atau dikenal dengan nama Semeru atau Meru, merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang mempunyai ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menjadi impian banyak pendaki karena keindahan alamnya.

puncak mahameru

Selain puncaknya yang indah, Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke tempat ini. Selain itu, Gunung Semeru juga mempunyai beberapa danau cantik yang dapat memanjakan mata wisatawan saat berkunjung ke gunung ini seperti Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Darungan atau Ligo Lekisi, Ranu Kuning dan Ranu Kumbolo yang menjadi ikon gunung ini.

Gunung ini kian mencuat namanya setelah film 5 cm melakukan shooting di tempat ini. Beruntung 8 tahun lalu diberikan kesempatan menginjakan kakiku di puncak gunung maha dewa ini.

HARI KE-1 (JAKARTA - SURABAYA - RANUPANE)

Hari pertama kami berangkat dari Jakarta menuju Surabaya dengan tujuan akhir adalah Ranu Pane. Waktu itu memilih jalur Ranu Pani Tumpang sebagai titik awal keberangkatan, dari Jakarta kami menggunakan pesawat ke Surabaya dan titik point bertemu dengan teman-teman di Pasar Tumpang menuju Ranu Pani dengan menggunakan jeep.

HARI KE-2 (RANUPANE - RANU KUMBOLO)

Dari Ranu Pani kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 1 , disini tempat terakhir pemeriksaan dan pengurusan izin masuk. Saat ini pendakian menuju Gunung Semeru sudah dapat dilakukan secara online, waktu aku dan teman-teman pertama ke sana tahun 2012 masih on the spot untuk pendaftarannya.

Selesai pemeriksaan kami lanjutkan menuju Pos 1 dan berakhir di Danau Ranu Kumbolo untuk berkemah. Sampai di Ranu Kumbolo kami langsung mendirikan tenda di sini. Malamnya bersiap untuk summit.

HARI KE-3 (RANUKUMBOLO - PUNCAK)

Untuk menuju puncak film 5 cm ini, perjalanannya lumayan menantang, kita akan melewati beberapa pos namun memiliki pemandangan yang sangat indah, sehingga pasti tidak begitu terasa lelahnya. Dari Ranu Pani sampai Ranu Kumbolo, kondisi jalan masih lumayan mudah. Kemudian dari Ranu Kumbolo harus melewati Cemoro Kandang, Jambangan, Kalimati, Kelik, baru akan sampai pada Puncak Mahameru.

Kelik merupakan batas vegetasi di gunung ini, yaitu batas tumbuhnya berbagai pepohonan. Dari Kelik menuju puncak buat saya adalah rute terberat, karena harus melewati jalanan yang lumayan menanjak, berpasir, dan berbatu.

Ranu Kumbolo

Sebelum menuju puncak Gunung Semeru, pendaki akan melewati danau yang populer sampai di dunia ini. Pada musim kemarau air danau ini sedikit surut. Warnanya yang biru karena saking dalamnya memberikan pesona tersendiri, dikelilingi pohon dan rerumputan yang hijau menambah keindahan danau ini.

Jangan coba-coba membuang sampah di danau ini apalagi merusak ekosistem airnya dengan menggunakan produk kimia, kalau tidak mau kena semprot sama pendaki lain ya hehehe, lebih dari itu adalah demi kelangsungan keindahan danau ini. Saat itu kami menginap 1 malam di danau yang sangat indah ini.

Tanjakan Cinta

Nah ingat dong di film 5 cm, ada juga adegan berjalan di tanjakan ini kan, sekitar Ranu Kumbolo ini, wisatawan juga dapat menikmati berjalan menuju tanjakan cinta yang sangat terkenal dengan mitos cintanya. Mitosnya temen-temen bisa meminta sesuatu saat berjalan di tanjakan ini dan jangan menengok ke belakang sampai ke puncak punggungan atas.

Bahkan katanya kalau pasangan pergi ke tempat ini akan abadi. Benar atau tidak tergantung kepercayaan masing-masing, tapi permintaan saya di tanjakan ini belum terkabul sampai hari ini heheheheheheeh.

Oro-oro Ombo

Letaknya berada di belakang tanjakan cinta setelah Ranu Kumbolo. Anda dapat menikmati hamparan luas padang rumput seperti taman teletubies yang dipenuhi dengan tumbuhan Verbena brasiliensis, warnanya ungu sehingga kebanyakan orang mengiranya adalah tanaman lavender, padahal sangat berbeda, tanaman ini juga dapat mematikan tumbuhan lainnya melalui penyebaran bunganya, maka stop untuk memetiknya.

Di tempat ini anda dapat ber-selfie atau ber-wefie ria, pemandangannya yang sangat instagramable saat mekar menjadi i spot favorit para pendaki.

Puncak Gunung Semeru

Dari Ranu Kumbolo kami melanjutkan perjalanan menuju Kalimati, dari Kalimati inilah kami mulai menyusuri puncak Semeru pada pukul 11 malam.

puncak mahameru meimoodaema

Pengalaman saya, 1 langkah berjalan mundur lagi 2 sampai 3 langkah karena jalanan berpasir. Saya mencoba berjalan merangkak agar tidak terus-terusan mundur, persis seperti di film 5 cm itu.

Trekking pole rasanya sudah tidak berfungsi lagi, mungkin webbing akan sangat bermanfaat saat itu. Selain itu harus berhati-hati karena bebatuan besar mengancam kapan saja, menggelinding dari atas, ya seperti film 5 cm itu.

Dalam kondisi dingin saya berjuang keras untuk tetap melangkah menuju puncak Gunung Semeru. Satu jam terakhir sampai puncak, saya hampir menyerah, nafas saya rasanya sudah mau habis, kaki sudah kaku kedinginan, namun teman perjalanan saya terus menyemangati.

Finally jam 7 pagi saya sampai ke puncak para dewa ini, yap Gunung Semeru dengan penuh perjuangan, ya Tuhan ini adalah puncak pertama saya yang masuk dalam seven summit Indonesia, thank to Allah, untuk semua nikmatnya.

Betapa indah ciptaan Tuhan, maka nikmat mana lagi yang kamu dustakan Mei.

HARI KE-4 (PUNCAK - RANU KUMBOLO)

Setelah puas berfoto di puncak, kami memutuskan untuk segera turun, mengingat waktu sudah menunjukan pukul 9 pagi. Asap gunung Semeru mulai keluar, dan itu katanya berbahaya kalau sampai terhirup lama. AKhirnya kami memutuskan untuk turun.

Kami turun dengan santai. Kami berhenti cukup lama di di batas pasir Semeru sembari bersenda gurai dengan teman lainnya. Kami juga berfoto sepuasnya di padang sabana Oro-oro Ombo.

oro-oro ombo ranu kumbolo

Sekitar pukul 1 atau 2 siang kami sampai di Danau Ranu Kumbolo. Kami memutuskan untuk menginap kembali di danau indah ini. Sayang saja rasanya jika harus pulang cepat-cepat karena kapan lagi bisa menikmati indahnya danau yang dikelilingi rumput kuning ketika musim kemarau.

HARI KE-5 (RANU KUMBOLO - SURABAYA)

Esok hari kami bangun sekitar pukul 5 pagi, tak sabar ingin menikmati matahari terbit di danau Ranu Kumbolo, yang katanya sangat cantik. Benar saja, kami menikmati matahari terbit berwarna merah, pink, sampai akhirnya menguning keemasan. Meskipun kedinginan kami memaksakan diri keluar tenda untuk mengambil beberapa foto.

sunrise di ranu kumbolo

Setelah puas menikmati pemandangan indah itu, kami mulai memasak, sarapan, dan berkemas untuk segera turun. Sekitar Pukul 8 pagi kami mulai turun dengan tujuan terakhirnya adalah di Surabaya.

Sore hari kami tiba di Kota Surabaya, kami mulai berpisah untuk pulang ke kota masing-masing. Ada yang menggunakan pesawat, ada juga yang menggunakan kereta api. Sedih rasanya selama 5 hari bersama mereka, ada ikatan kebersamaan yang rasanya sulit untuk dilepas.

Saya memutuskan untuk menginap di Surabaya 1 malam, mengingat pesawat saya baru keesokan.

INFORMASI TAMBAHAN

Harga tiket masuk (update per Juni 2019)

harga tiket masuk menuju Semeru per 1 Juni 2019
sumber: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS).

Waktu tempuh perjalanan

Ranu Kumbolo ke Cemoro Kandang     ±  1,5 jam
Cemoro Kandang ke Kalimati                 ±  3-4 jam
Kalimati ke Puncak Semeru                     ±  6-8 jam

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Musim kemarau, pemandangan di sepanjang jalan akan berwarna kuning kecoklatan indah dan langit akan terlihat biru indah. Berkunjunglah antara bulan Mei sampai Juli untuk melihat pemandangan matahari yang cerah di salah satu gunung seven summit Indonesia ini. Musim hujan, anda akan menyaksikan pemandangan hijau serta Ranu Kumbolo yang berkabut indah, dan Oro-oro Ombo yang sedang bermekaran. Jadi kamu suka yang mana?

Karena termasuk salahs atu gunung tertinggi di Indonesia, jangan lupa siapkan fisik dan mental untuk mendakinya. Lakukan olahraga yang tepat sebelum pendakian, akan tetap aman dan nyaman.

See you in my other journey, guys......

105 Comment

1. Masya allah indah banget ranu kumbolo jadi ingat film pendaki 5cm kalau tidak salah judulnya.

Keindahan ini anugrah yang maha kuasa. Suka sekali dengan sikap para pendaki ngomel jika ada yang buang sampah sembarangan. Jaga keindahan jangan di kotori sampah

1. ya Mba indah banget bikin nagih dan betah trekking ke sini

Delete
  2. ya ampun indah banget ya pemandangan sekitar gunung tu, waktu SMA pernah pengen mendaki, trus saking excitednya, besoknya sakit perut krn gugup :( batal deh, sedih

ReplyDelete
  3. Ya Allah, baca postingan ini jadi kangen banget sama Ranu Kumbolo. Dulu tahun 1994 dan 1995 aku ke sana Mei, yang tahun 94 ga sampai puncak karena udah kesiangan. Makanya diulang lagi tahun 95. Luar biasa memang Semeru ini, salah satu gunung yang asyik dijadikan tujuan trip beberapa hari. Ga enak kalau cepet2 di sana. Setiap kali ke sana sampai 2 kali buka tenda, menikmati banget pokoknya. ;)

Replies
    1. yaa Allah Mba tahun segitu entah aku masih ngapain ya hehehehe, ayo Mba balik lagi ke sana heheh baguss

4. Akuuu...
    Kemarin ke Bromo.
    ((bangga banget main ke gunung, maklum yaa...aku anaknya penakut))

Tapi jauh berbeda keadaan Bromo sama Semeru yaa...
    Di Bromo banyak sampah...sampai sedih lihatnya.
    Semoga para wisatawan, traveller atau apapun itu namanya yang berkunjung, bisa saling menjaga dan menghormati alam.

Next,
    Semeru.

Goo...gooo~

Replies
    1. Semeru bersih saat ini kurang paham harusnya ya makin bersih, semangat mba ke sana ayo ayo

Delete
    2. Eh...eh, jadi Semeru sama Bromo ini satu kawasan...gitu kah?
      Kayanya dingin yaah...brrr~

3. ya masuk dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS) mba

Delete
  5. indah banget ya ampuun.. pengen deh naik gunung lagi.. kayaknya udah 5 tahun lebih dari terakhir naik gunung :")

ReplyDelete
  6. Sepertinya aku ingin mencanangkan kalau tahun 2020 pengen sesekali ikutan naik gunung deh. Aku belum pernah sama sekali, dan lihat kamu bisa naik gunung gini jadi kepengen banget.

7. Ingin sekali rasanya naik gunung. Tapi kok ya pas diajakin temen, eh nyiut lagi nyalinya loh ;(

1. heeeh cobain mba, sekali abs itu ketagihan hehehe

Delete
  8. Bak negeri di atas awan ya mba. Oemandangannya cantik banget dari puncak gunung 😍

ReplyDelete
  9. suami ke sini cuma sampai ranu kumbolo ajah. wkwwk. ternyata fisiknya belum sekuat mbak. pulang3 malah meriang

1. heheeh nanti suruh coba lagi Mba pasti bisa

Delete
  10. Masya Allah tabarakallah aku jadi pengen juga naik gunung Semeru ini ingin melihat langsung semua Jejak Jejak Petualang disana

ReplyDelete
  11. memang deh gunung semeru itu kalau aku baca dari cerita banyak orang memang memiliki keindahan yang hakiki, love your story mba

12. Ah kalau liat postingan mbak MEi itu suka takjub dan rasanya ingin ikutan berpetualangn menjelajah gunung. Tapi apadaya saya hanya bisa menikmati cerita dan foto2 indahnya ini. Sehat2 terus yaa mbak MEi biar bisa terus menjelajah.

Replies
    1. aamiin allahuma aamiin Mba Tian, terima aksih doanya, doa yang sama buat Mba ya

Delete
  13. Om dan sepupuku tuh beberapa kali naik gunung semeru. Pengen juga aku mba tapi blm tahu apakah bisa ada kesempatan atau ga

ReplyDelete
  14. kalo dengerin orang ceirta ke semeru tuh kepo banget sama ranu kumbolo, enak banget kayaknya camp di sana huhu

15. Pokoknya kalau aku BW ke ulasan punya Mba Mei, aku selalu takjub dengan perjalanan yang Mba Mei lakukan. Mendaki ke gunung A,B,C atau traveling ke pulau A,B,C. Sukses selalu mba, semoga aku juga bisa traveling layaknya dirimu ^_^

Replies
    1. siapp Mba terima kasih, aamiin akudoakan semoga Mba bisa travelling ke tempat-tempat impian ya

Delete
  16. Mbaaak, Ranu Kumbolonya kok indah banget sih? Suka. Akuu jadi pengen nyobain ke sini, hihihi. Tapi mau jajal latihan joging atau hiking aja dulu deh. :)))

ReplyDelete
  17. gunung yang sangat indah dan juga serasa ingin ke sana mendaki gunung ini...

18. Keren banget kak pengalamannya, saya jadi terinspirasi untuk kesana!

19. Waahh indaaah sekali yaa, saya belum pernah mendaki gunung hehe. Tapi setelah baca artikel ini saya jadi tertarik jugaa..

ReplyDelete
  20. Ini adalah salah satu gunung yang belum sempat kusambangi kak. Padahal kepingin banget ke sini karena pemandangannya yang indah dan banyak sekali hal-hal yang bisa dipelajari (maklum dulu mantan anak Biologi). Kak Mei punya rekomendasi nggak kalau mau naik gunung sama anak2 usia 5-10 tahun enaknya ke mana ya?

Replies
    1. Ke Andong, Papandayan, Prau aman untuk anak-anak menurut saya, karena jalurnya aman dan ajrak tempuhnya juga ga terlalu lama, cocok buat anak-anak

Delete
  21. aku penasaran sama permohonan mbak Mei di tanjakan cinta hahahaa bisikin donk apa *kepo
    Verbena ini indah tapi mematikan loh mbak buat tanaman lainnya

Replies
    1. doanya belom terkabul mba udah bertahun-tahun, doakan saja ya Mba semoga dikabulkan hehehe aamiin allahuma aamiin

Delete
    2. aaamiiinnn, semoga segera di wujudkan ya mbak sama Tuhan, doa yang terbaik buat mbak Mei

22. ngga bosen baca ceritanya karena aku emang pengen banget dateng ke semeru ini, cuma belom dapet izin buat kesana:')

1. one day you will be there mba Putri, yakin saja

Delete
  23. Gila viewnya bagus bagus banget ya kak. Dari dulu aku pengen daki gunung tapi belum kesampean.

24. aku suka pemandangannya. viewnya itu loh bagus banget. kece sist foto2nya

25. Semeru identik bgt yah mba sm film 5 cm... cita-cita banget bisa kesana, mudah2an ada kesempatan bisa kesana sm suami dan anak2, karena indah banget pemandangan alamnya

1. aamiin mba, one day pasti mba bisa ke sana sama kelaurganya hehe

26. Kalo pemandangannya sekeren itu kyknya ga takut lg deh naik gunung 🤭

ReplyDelete
  27. ranu kumbolo terbaik sih pemandangannya, aku pengen setidaknya sekali seumur hidup ke sana. nanti deh bareng pasangan aku heheh

Replies
    1. aamiin mba, pasti bisa ke sana, sangat mungkin untuk bisa ke sana ko mba, semangat

Delete
  28. Wowww seru banget ya kak naik gunung, aku jadi pengen juga, palimg seneng liat langit biru yangbrasanya tuh dekett banget. tapi itu yang di tanjakan cinta dan kawan kawan kok fotonya kuning banget ya kak, kesiangan atau emang sengaja diefek begitu.

Replies
    1. ya aslinya begitu mba mau musim kemarau, aku bulan Mei kalau ga salah ke sana, jadi musim peralihan hijau ke kuning, dan itu udah mau mulai coklat-coklat tumbuhannya

Delete
  29. Aku pngn juga sekali2 memdaki gunung gini, pngn lihat alam ,lihat sunrise juga. Semoga suatu saat nanti terwujud hehe.

1. aamiin mba, you will reach it one day mba

Delete
  30. DUh Mbak Mei ini, bikin aku berdecak kagum gak henti-henti. Mbak Mei itu goal aku semasa muda dulu. Naik gunung, nyebrang pulau, dan jelajah alam ke sana ke mari. Sehat-sehat selalu ya, Mbak Mei 😍

Replies
    1. terima kasih mba blogger panutan aku, aamiin allahuma aamiin Mba, doa yang sama juga buat mba ya

Delete
  31. strong banget kamu mbaaak! aku mau naik gunung tapi kok ya masih mikir-mikir, takut enggak kuat ditengah jalan haha pemandangannya indah banget yaa

1. fisiknya string, hatinya yang rapuh mba heheheheh

Delete
  32. ternyata gunung semeru indah banget yaa.. jadi pengen juga ah kesana walau cuma nyampe bukitnya XD Harus olahraga dulu nih biar kuat naiknya XD

ReplyDelete
  33. Hahaha tanjakan cinta ini memang epic banget. Entah benar entah tidak yaa.... Aku dua kali ke Semeru, yang terakhir barengan dengan gebetan yang sekarang jadi suami lho Mei. Tunggu aja hingga doamu terkabulkan. ;)

Replies
    1. ka Unik aku belom pernah pergi sama dia sih, tapi aku berdoa sama dia hahahah, mudah-mudahan ya doanya dikabulkan dan dia jadi pasangan hidupku, aamiin allahuma aamiin, serius banget ini aamiinnya hahahah

Delete
    2. Aamiin aamiin... kalau emang jodoh tak lari kemana Mei. Itu dulu ya aku masih remaja sih ya pas naik Tanjakan Cinta. Ya antara percaya ga percaya, iseng aja sih. :))

34. ahh indahnya mbak baca dan liat-liat foto pemandangannya langsung auto refresh mata dan jiwa semoga suatu hari aku bisa kesana

ReplyDelete
  35. bagus banget ini pemandangannya, kapan ya bisa punya hunia dengan view cantik seperti ini #berkhayal jadinya hehe

36. seneng banget liat tenda yang warna warni gitu ya mbak, dalam pikiran aku tu kalo muncak ga seramai ini, atau mungkin tergantung gunungnya juga sepertinya yaaa

37. menjelang sunrise nya paraah bagus banget! Kalau kakak bilang itu di luar negeri pun kayaknya aku percaya deh, gak nyangka itu di Indonesia..

ReplyDelete
  38. Ya Allah pemandangannya indah sekali ya mbak, keren ih mbak mei nanjaknya sudah sampai gunung Semeru��

39. MasyaAllah pemandangannya bagus banget :D suka deh mba mei suka share foto-foto pemandangan di gunung, secara saya gak mungkin naik gunung hehehe jadi bisa menikmatinya saja melalu foto

40. Wow keren banget pengalamannya Mba sudah sampai di puncak Semeru. Kalo saya pengalamannya cuma ke puncak Bromo itupun gak sampai atasnya..

ReplyDelete
  41. Nah semeru ini sering jadi pilihan om dan sepupuku, mba. Mereka aksesnya dari Surabaya juga kan lebih deket. Pengen banget suatu saat aku mendaki juga dan berharap bisa terwujud

42. Oww pos pemeriksaannya ga langsung di Ranupani ya? Kalau dulu aku masih di situ, yg ada tulisannya TNKS Bromo-Tengger-Semeru. Yawla Meiiii... aku kangen lihat Oro-Oro Ombo itu. Trus tanjakan cinta hahaha... dulu aku percaya banget loh ga nengok2 ke belakang, pas naik kedua kali ke Semeru bareng pacarku. Kok ya ndilalah awet sampai suami-istri sekarang. :))
    Ih kangen banget sama Semeru.

ReplyDelete
  43. syahdu banget melihat danau dengan hamparan rumput hijau itu mba mei, aku mau kesana juga. terakhir berani mendaki itu usia 18 tahun, sebelum sakit, jadi sekarang banyak khawatirnya huhu

44. Pas baca judul tulisan ini, saya langsung teringat salah satu lagu DEWA 19, Mbak. Mahameru.. Puncak abadi para dewa hehehe.
    Seru ya, Mbak Mei, bisa menaklukkan Mahameru. Apalagi sepanjang jalan, banyak tempat-tempat menarik yang bisa disinggahi. Sayang saya tidak muda lagi, jadi riskan naik gunung hehehe.

ReplyDelete
  45. Wah seru banget Mbak Mei, bisa sampai ke puncak gunung semeru ya,, kayak berada di negeri awan ya, hihi... keren deh masih muda petualangannya sudah banyak

46. Sebagai orang Surabaya menyesal belum pernah mendaki Gunung Semeru. Pingin bangeet, padahal ke Bromo naik motor udah bolak balik. Ah, semoga kesampaian menginjak tanah puncak Semeru

47. Mahameru ini impian banget. Yang ada di buku 5 cm kan? Agendakan ah sama suami. Kalau anak-anak sudah bisa ditinggal. Hehe. Cakep euy tanjakan cintanya

ReplyDelete
  48. Wahh...seneng ya bisa sampe puncak Mahameru. Jadi inget lagunya Dewa19 hehehe. Pengen banget bisa nanjak juga nih.

49. Masya Alloh indahnya. Bahagia banget yah mba bisa mencapai puncak gunung gitu. Aku dulu bermimpi bisa naik gunung. Hahahah cuma sekedar impian deh..ga bakalan sanggup soalnya. Senengnya udah bisa terobati dengan mengikuti perjalanan mba🥰

50. Aku tuh pengen banget nih bisa menikmati puncak semeru ,melihat pemandangannya yang super indah dan menggoda untuk dikunjungi kesana. Melihat Semeru begini terus teringat kemampuan diri mampu tidak hingga ke puncahknya,huhuhu

51. Wahhh hebat sekali bisa sampai ke puncaknya ��

Pasti lelahnya tergantikan dengan pemandangannya yang indah banget ��

52. Aku selalu mengagumi Semeru apalagi Ranu Kumbolonya. Semeru terkenal juga dengan anginnya yang kencang tp pemandangannya luar biasa.Jd kangen dengan view gunung ini

ReplyDelete
  53. Alhamdulillah pemandangannya subhanallah sekali ya setelah menempuh perjalanan yang melelahkan terbayar juga

54. waaa cukup ramai dan banyak tenda tenda pendaki yaa ternyataaa, pemandanganya cantik banget, bikin betah mata pemandang yang ijo ijo gini hihhi

55. Pemandangannya bagus. Menjadi favorit utama para pendaki juga. Akan ada kepuasan tersendiri jika pendaki berhasil sampai puncak Semeru, seperti mahasiswa lulus sarjana hehe

ReplyDelete
  56. Subhanallah... Indaaaah sekali ya mba pemandangan dari atas sana. Ingiiin sekali bisa menikmatinya langsung, apadaya sepertinya itu hal yg tak mungkin bagiku di usia skg..haha.. Yo wis, tak menikmati foto2mu saja.. Terima kasih sudah berbagi kenangan indah ini mba..

57. Aku bacanya sambil bayangin film 5 cm. Semeru tu terkenal sekali ya, cakepnya pemandangan.

Saluut buat mba nya yang fisiknya kuat sekali, jalan panjang dan lama begitu.

ReplyDelete
  58. mba nya kewreennn ������ jadi inget lagunya dewa yg Mahameru.. Seindah ini yah mba .

beberapa waktu yg lalu temen sempet ada yang ngajakin tapi ke ranu kumbolo aja �� eehh udah keburu ada si c-19 ini

doakan yah mba, suatu saat saya bisa ke sini ��

ReplyDelete
  59. Sungguh perjalanan yang menyenangkan, meskipun capek pasti tidak akan terasa. Soalnya pemandangannya benar-benar memanjakan mata. Wah saya jadi kepengen untuk ke sana juga. Oya makasih atas tipsnya, ini bisa jadi panduan bagi yang ini berkunjung ke sana. ..

60. Selalu salut sama yang sanggup mendaki gunung. Apa lagi setinggi Semeru ini. Sesuai lah keindahan dan kepuasan yang didapat dengan usaha mencapaianya. Btw, yang motoin pinter ambil angglenya. Bagus2 fotinya nih.

61. Mbak ini gunungnya ga terlalu tinggj kah ? Sebab aku udh agak trauma naik puncak Bromo, hehehe. Sepertinya tertarik aku utk berkunjung kesana.

ReplyDelete
  62. Mbak Mei strong girl, ya. Keren lho bisa muncak kayak gini. Saya sudah tak sanggup lagi. Pernah pengen tapi akhirnya ya nggak jadi juga, karena beberapa hal. Lihat foto dan cerita ini jadi seneng banget, berasa ke sana

63. Keren mbak, selalu salut sama pendaki gunung. Apalagi cewek. Petualang bgt... Top deh

64. Oh My God... indah sekaliii. thaankyou sudah memanjakan mataku hehe. btw, bisa bawa keluarga ngga sih mendaki ke gunung semeru?

ReplyDelete
  65. Cantik banget sunset di Ranu Kumbolonya, masyaallah takjub saya, huhuu... Btw jadi senapsaran apa nihh permintaan Mba Mei yg belum dikabulin pas lewar tanjakan cinta, kepo dehh

66. gilaaa....sumpah keren banget pemandangan diatas gunungnya, apalagi danau ranau Kumbolo nya,,, spot foto disana sepertinya asik banget....

67. Lengkap sekali artikel tentang gunung Semeru, mulai dari biaya, waktu tempuh, dan semua hal yang diperlukan oleh pendaki. Mungkin, sekarang mendaki gunung masih dibatasi akibat korona

ReplyDelete
  68. Dari dahulu aku pingin banget naik gunung Semeru ini, semenjak ada novel 5 cm keinginan tersebut bertambah. Namun tidak pernah kesampaian. Dengan baca tulisan ini sambil lihat gambar yang ditampilkan Alhamdulillah bisa mengobati rasa ingin kesana

69. Ya ampppuuuun indah bangeeeet. Pemandangan alam negara kita tuh ya enggak kalah sama luar negeri. Kalau saja lebih banyak film-film angkat keindahan alam negara kita beserta kearifan lokalnya. Trus film itu digunakan sebagai ajang promosi dan propaganda kebesaran negara kita seperti yg sudah dilakukan Korsel lewat drakor-drakornya. Pasti keren banget!

70. Keren banget mba bisa melihat indahnya sunset di depan danau lagi, lihat perkemahannya juga rapi banget yang bikin pertanyaan saya itu mandinya di mana ya mba?

ReplyDelete
  71. Indah banget pemandangannya. Perjuangan berat mencapai puncak akhirnya beroleh jejak indah untuk dikenang.
    Saya pernah nonton filmnya. Waduh banget mendaki gunung tempat batu-batu berjatuhan.

Mahameru memang menawan.

ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.