GUNUNG BUKIT RAYA, GUNUNG TERTINGGI DI PULAU KALIMANTAN (PART 1)

Bukit Raya, pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pendaki Indonesia atau bahkan untuk pendaki dari luar, karena masuk dalam Seven Summit-nya Indonesia. Gunung ini merupakan gunung yang ketinggiannya paling rendah dibandingkan dengan gunung yang masuk kategori Seven Summit Indonesia lainnya yaitu sekitar 2.278 mdpl, namun siapa sangka kalau rutenya lumayan menguras kesabaran karena lumayan panjang.

akhirnya sampai puncak......
picture taken by Mifta

Kami berangkat bulan Agustus tahun ini, dimana musimnya masih musim kemarau. Setidaknya meminimalisir bertemu dengan penghuni sejati gunung ini, yap “sang pacet si penguasa gunung ini”. Binatang ini tidak berbahaya, namun cukup bikin gemas kalau sampai masuk-masuk ke kaki dan menempel di tubuh kita. Serta bentuknya yang kenyal-kenyal bikin geli kalau sampai nempel di kulit.

Berawal dari postingan di sebuah group pendaki, saya daftar untuk gabung, namun ternyata sudah full kuotanya. Tetiba menjelang hari H dikabarin ada slot kosong, thanks to my God, selalu indah pada waktunya. Seperti biasa, tak ada satupun yang saya kenal sebelumnya, namun justru ini yang bikin seru, ketemu temen-temen baru.

HARI KE-1 (JAKARTA - PONTIANAK - NANGA PINOH)

Kami berangkat bersebelas orang, ada yang dari Jakarta, Semarang, Surabaya dan saya sendiri berangkat dari Kalimantan karena sedang ada pekerjaan di kota ini. Untuk menuju tempat ini, dapat menggunakan pesawat ke Bandara Internasional Supadio Pontianak dengan jarak tempuh sekitar 1,5 – 2 jam dengan rate tiket pesawat 500-1 juta, tergantung waktu kapan membelinya dan maskapai yang digunakan.

Meeting point kami di Pool Damri Pontianak yang ada di Jalan Pahlawan Kota Pontianak, tempat ini dipilih karena dekat dengan bandara dan juga salah satu tempat penjualan tiket Damri ke Nanga Pinoh yaitu lokasi terakhir kendaraan darat sebelum ke Rantau Malam yang merupakan desa terakhir sebelum pendakian.

Dari Bandara dilanjutkan ke Pool Damri menggunakan taksi lokal dengan tarif sudah ditentukan sesuai tujuan, kalau banyakan bisa shared cost dan jadi lebih murah. Teman-teman juga bisa menggunakan kendaraan online namun harus jalan jauh keluar, karena transportasi online masih belum boleh masuk ke bandara ini, ya sama seperti di kota-kota lainnya dimana bandara menjadi salah satu zona merah untuk transportasi online.

Kontak Damri Pontianak
Pict taken by Om Maw

Sampai di Pool Damri, teman-teman bisa langsung membeli tiket Damri dengan harga Rp. 175.000 per orang. Tiket bisa juga dipesan jauh-jauh hari sebelumnya melalui telepon. Keberangkatan ke Nanga Pinoh hanya ada satu kali setiap pukul 07.00 malam dari Terminal Soedarso.

Pool Damri ini bukan tempat keberangkatan, namun hanya untuk pembelian tiket saja. Masih sekitar 10-15 menit lagi dari tempat ini untuk menuju terminal keberangkatan yaitu Terminal Soedarso. Tapi jangan khawatir teman-teman, Pool Damri ini menyediakan jasa antar gratis ke Terminal Soedarso dengan menggunakan mobil elf.

Sambil menunggu diantar ke Terminal Soedarso, teman-teman juga bisa beristirahat di Pool Damri ini. Ada ruang tunggu di lantai 2, ada tempat tidurnya juga, lumayan kan bisa istirahat leyeh-leyeh, gratiiiiiiissss. Ada toilet, mushola juga. Nah kalau mau cari makanan atau wifi bisa geser ke sebrang, ada cafe yang terkenal di Jakarta dan Yogyakarta buka di sini, lumayan kan bisa wifi-an :)

suasana ruang tunggu Pool Damri di Jl. Pahlawan Pontianak
pict taken by Om Ihsan

ada musholanya juga buat penumpang yang hendak beribadah

Sore sekitar pukul 17.30an kami diantar ke Terminal Soedarso. Sekitar 10 menit kami sudah sampai. Pukul 07.00 malam, bus sudah berangkat menuju Nanga Pinoh. Fasilitas Damrinya cukup memuaskan, AC yang super sejuk, selimut, tempat duduk slipper yang empuk yang bisa dinaikan dan diturunkan kursinya jadi bisa tidur nyaman tuh, ada buat charge, toilet, wifi dan dikasih snack juga loh, nyamanlah pokoknya.

depan-belakang - Om Maksun, Om Ridwan, Me, Om Ihsan, Om Komeng, Mels, Dims, Om Maw, Mifta, Bina, Om Rudy. Interior Pool Damri, wefie dulu sebelum perjalanan 9 jam ke Nanga Pinoh
pict taken by Om Riswan

Perjalanan akan ditempuh sekitar 8-9 jam sampai Nanga Pinoh. Pukul 11.00 malam bus sempat berhenti di Desa Sosok sekitar ½ jam untuk istirahat dan makan. Pukul 11.30 malam bus kembali melaju dan kami tidur lagi ya teman-teman, buat persiapan trekking yang katanya panjang sekali rutenya dan juga katanya harus bungkuk-bungkuk sebelum ke puncak, have a nice sleep.

HARI KE-2 (NANGA PINOH SUNGAI SERAWAI - DESA JELUNDUNG)

Pukul 03.40 pagi kami tiba di Terminal Nanga Pinoh. Suasananya cukup dingin dan masih sepi hanya ada beberapa bus yang baru sampai dari kota lainnya. Kami istirahat di warung depan terminal sambil menunggu angkot yang akan mengantar kami ke dermaga.

Di sekitar terminal ini ada masjid, warung makan, swalayan seperti Alfamart/Indomaret, ATM, toilet juga ada. Bisa untuk membeli beberapa kebutuhan logistik. Untuk sayuran bisa dibeli di pasar tradisional Nanga Pinoh dekat dermaga Sungai Serawai.

Dermaga Sungai Serawai. Pasarnya sangat lengkap. Dari sembako sampai pakaian pun ada. Setelah makan, sholat dan rapi-rapi, pukul 06.00 pagi kami berangkat dengan menggunakan satu angkot menuju Dermaga Sungai Serawai. Sekitar 10 menit kami tiba di dermaga menuju Sungai Serawai.

suasana pagi Pasar Tradisional di Dermaga Sungai Serawai

Dua orang dari kami mengurus perizinan Simaksi. Lainnya loading barang dan perempuannya belanja logistik untuk kebutuhan kami beberapa hari. Untuk gas kami beli di Kota Pontianak, ada di beberapa toko dan swalayan karena di Pasar Nanga Pinoh khawatir tidak ada.

Tepat pukul 08.00 pagi kami berangkat ke Sungai Serawai dengan menggunakan speed boat yang hanya muat maksimal 7 orang termasuk nakhoda, sehingga kami harus pesan 2 speed boat. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 5 jam termasuk istirahat makan di rumah makan terapung di sepanjang Sungai Serawai.

wefie dulu di atas speed boat di Dermaga Sungai Serawai
pict taken by Om Maw

sekitar pukul 10.00 pagi kami sempat berhenti untuk makan

Pukul 01.00 siang, kami tiba di Sungai Serawai. Dilanjutkan dengan menggunakan Klotok untuk menuju Desa Rantau Malam, yaitu desa terakhir atau basecamp sekaligus di desa ini juga dilakukan ritual adat sebelum melakukan pendakian. Ada sedikit kendala mengenai Klotok yang kami pesan, sehingga pukul 03.00 sore kami baru berangkat menuju Desa Rantau Malam dan kami berangkat dengan 2 buah Klotok.

bentuk klotok yang kami tumpangi untuk menuju Desa Rantau Malam

Karena musim kemarau arus air sangat kecil sehingga Klotok yang kami tumpangi tidak bisa berjalan dengan cepat. Akibatnya kami tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Rantau Malam. Sekitar pukul 07.40 malam kami tiba di desa ini. Sementara 1 klotok lagi yang teman kami tumpangi, baru tiba pukul 10.00 malam. Akhirnya kami memutuskan untuk berhenti menginap di Desa Jelundung.

Jadi total perjalanan kami adalah 9 jam perjalanan darat ke Nanga Pinoh, 5 jam lewatin sungai ke Serawai, dan 7 jam perjalanan sungai lagi, menuju Desa Glundung, total 21 jam darat dan sungai, maboooooookkkkkkk.

Eits, jangan senang dulu, masih ada perjalanan offroad-nya juga berjam-jam, sebelum melakukan pendakian, seruuuu bangetttt, pokoknya, penasaran????

46 Comment

1. Mantap tulisannya dan lanjutkan ceritanya nunggu sambil ngopi enak nih

ReplyDelete
  2. Wow....lama bener perjalanannya. Aku ga sanggup mbayangin. Dah ahhh baca ceritamu ajahh..

Replies
    1. Ya begitulah Mba, gunungnya bukan yang paling tinggi dibanding seven summit lainnya, tapi perjalanannya luar biasa 😂😂😂😂 tapi seruuuu

Delete
  3. Aahh paceeet!! Jadi ingat mandi pake basahan di tengah hutan, dalam keadaan penuh busa sabun lari terbirit-birit gara2 ni binatang, kenyaaalnya bikin aku milih mending nggak mandi sekalian😂

1. Hahahaha pas aku ke sana musim kemarau, pacetnya pada bobbobo cantik 😂😂😂

Delete
  4. Kalau masih muda, jalan2 masih semangat ya. Terus melanglang buana ya beb kasih cerita yg banyak ke kami2 ya.

Replies
    1. siappppp mba panutankue, semoga Allah kasih terus kesempatan buat aku untuk bisa berkeliling dunia menikmati keindahannya :)

Delete
  5. MAsyaAllah perjalannya beneran butuh perjuangan esktra ini mbaa. Hehhe. Salut ya dan kalau perjalanan gini emang harus kompak terus mba :)

1. ya betul mba makanya harus hati2 pilih temen

Delete
  6. Wah ini sih pengalaman yang berharga dan selalu terkenang ya mba, perjuangannya keren banget

7. Aku malah baru tau soal bukit ini. Seru sekali ya perjalanannya

1. seru banget mba pokoknya

Delete
    2. Benar2 bukit perjuangan, ya. Ke sananya kudu naik bus, ngepool dulu, trus naik perahu, ntar jalan ber-jam2 pula. Fiuh..

8. Seru banget travellingnya. Molzania kepingin juga hiking ke gunung. Tapi gak bisa bawa kursi roda ya pasti jalannya gak rata.

Replies
    1. semangat kaka cantik, sekarang ada beberapa gunung yang sudah ramah dengan yang pakai kursi roda, you can do it mba, i trust you, selalu ada jalan buat orang-orang yang percaya diri dan yakin :)

Delete
  9. Manteppp kak, udh smpe ke tanah pinoh welcom to borneo yaa, aku juga sudah sampai ke bukit itu, perjalanannya memang perlu PR yang berat tp itu kehapus pas indah nya pemandangan disana

1. ya mba betul banget, wah mba udah ke sana juga ya, seru kan

Delete
  10. Wih mbak, kalau ga ada jiwa petualangan pasti minta pulang ya heuheu aku tu ga bisa kayaknya perjalanan darat dan sungai lama banget. Hebat mbak mei

1. terima aksih Mba Sri, malahan seru bikin nagih kalau udah sekali

Delete
  11. Wah lokasi wisata nya ternyata terjangkau dengan transportasi umum penghubung dari Brunei Darussalam ya?dekat dengan perbatasan luar negeri dong? jadi penasaran banyak turis asing juga nggak ya di sana?

Replies
    1. ketemu hanya 1 orang pas saya seminggu di sana, gunung ini maish jarang karena aksesnya memang masih sulit mba

Delete
  12. Wow perjalanannya panjang banget ya. Cuma mereka yg emang punya jiwa petualang kuat yg sanggup nempuh proses seperti ini 😂

1. yang hobby aja yang suka tantangan hehehhe

Delete
    2. Iya. Kalo aku sukanya yg lgsg cepet nyampe kak 😂. Kalo perjalanan panjang rasanya ga sabar

13. Waduuuh kaaa hebat banget 21 jam total perjalanan ini, aku aja d kereta 15jam rasanya teler lho

1. seru soalnya bisa lihat yang unik, segar, hijau dan ga ada di kota

Delete
  14. asyik deh bisa istirahat dulu di pool damri. perjalanan panjang menguras tenaga tapi senang kalau akhirnya jadi sampai tempat tujuan

ReplyDelete
  15. Aaaawww marimar mau bgt melakukan prjalanan panjang kyk gini. Pasti seru dan asyik bgt apalagi prjalannanya bs ditempuh dgn tansportasi umum ��

Replies
    1. bisa bangetttt ayo mba sambil makeupan di sana malahan makin ga berasa ehhehe

Delete
  16. MasyaAllah Tabarakallah, indah sekali ya, aku jadi pengen juga mbak melihat langsung Bukit Raya Perjuangan ini

17. kapan aku bisa nyusul ya, udah kepo cerita part dua nya ditunggu om hehe

18. pagi-pagi di pasar tradisional sesepi itu kak? Yaampun kok beda banget sama di Jakarta ya bisa dipenuhin banyak manusia:((

1. ya sepi kayak gitu mba jadi kalau belanja tenang bangetetettete

Delete
  19. waduh ruang tunggunya sampe di lengkapi kasur segala ya :) ditunggu part 2 nya mbak

Replies
    1. yes nyaman banget jadi ya pergi ke gunung terus tiduran di sana habis kecapekan hiking hehe.. terus bisa sekalian sholat juga ada mushollanya kan?

Delete
  20. Seru banget kak ceritanya. Tp part 1 ini baru opening nya aja ya.. hehe pengen tau kelanjutannya deh.

ReplyDelete
  21. mampir blog kakak tuh bikin happy deh, apalagi di tengah WFH ini dan gak bisa kemana-mana.. berasa lagi liburan online wkwk XD Ditunggu part selanjutnya kaak ^^

22. perjalanannya benar - benar terasa yaa mba..luamyan jauh namun setelah tiba pemandangan dan pengalamannya luar biasa

23. aku sampe ikutan merinding bayangin perjalanannya seru bangettt haha walaupun capek ya mba perjalanan darat sungai :')

ReplyDelete
  24. Nyaman banget kalau ruang tunggunya dilengkapi kasur juga, tapi yg terpenting bisa berpetualang kayak gini bikin hepi banget pokoknya

25. Kok seru yaa bacanya. Menanti part 2 nih. Selalu suka baca kisah traveling

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.